Follow Us

  • Share

    Penggunaan Internet dalam Game Online

    Kemajuan teknologi dan informasi yang amat pesat beberapa dekade terakhir telah mengubah wajah dunia seutuhnya. Sebut saja industry retail, industry makanan, hingga industri transportasi. Saat ini seluruhnya dibangun atas dasar online.

    Bukan latah, tapi hal ini memang merupakan suatu langkah yang harus diambil setiap perusahaan dan industri di masa kini. Hal ini pula lah yang kemudian mengubah wajah dunia gaming seutuhnya.

    Jika di masa lalu kita hanya bisa bermain bersama teman di satu tempat yang sama, maka di masa sekarang jarak bukanlah suatu halangan untuk bermain bersama. Bahkan jika dulu bermain bersama terbatas hanya untuk dua sampai empat orang, saat ini jumlah pemain yang bisa bermain bersama dalam satu permainan nyaris tanpa batasan.

    Mulai dari konsol, komputer, hingga mobile gaming. Seluruh lini seakan tidak mau kalah menciptakan pengalaman bermain di dunia maya.

    Tapia da satu pertanyaan penting, terutama kamu yang biasanya merupakan para fakir kuota. Berhubung bermain game online tentu memakan kuota data mu, sebenarnya seberapa besar sih penggunaan internet dalam game online?

    Cek juga: 10 figur paling dihormati di dunia gaming!


    Transfer Data dalam Game Online: Besarkah?

    Hal yang akan kami ungkapkan selanjutnya mungkin akan membuatmu terkejut. Sebut game-game dengan nama besar seperti Counter Strike: Global Offensive, Playerunknown’s Battleground, hingga misalnya Battlefield online.

    Battlefield Online

    Seluruh contoh game yang kami sebutkan di atas merupakan game dengan kualitas grafik maupun kualitas suara yang tinggi dan renyah. Atau sebut saja misalnya Grand Theft Auto Vyang terkenal dengan salah satu game terbaik di zaman ini.

    Ternyata dengan seluruh spek game yang tinggi, tidak membuatnya boros akan kuota internetmu! Jika kamu melakukan streaming video 4K selama 1 jam, kamu akan memakan 7 GB kuota mu, dan 125 MB jika kamu mendengarkan audio HQ selama 1 jam.

    Sementara kalau kamu bermain game online, kamu hanya memakai sekitar 10 MB hingga 250 MB saja per jam! Intinya semakin banyak jumlah pemain yang bermain bersama kamu, maka akan semakin besar kuota yang kamu gunakan.

    Berdasarkan klaim-klaim yang ada, kami berhasil menghimpun beberapa penggunaan transfer data per jam nya pada game-game terpopuler di masa kini. Pertama-tama penggunaan data game Battle Royale terpopuler PlayerUnknown’s Battlegrounds yang ternyata hanya menggunakan data 40 MB per jam!

    Game serupa yakni Fornite hanya menggunakan data sebesar 100 MB per jam, Overwatch sebesar 135 MB per jam, dan yang tertinggi adalah Counter Strike: Global Offensive yang menggunakan data sebesar 250 MB per jam.

    CS-GO


    Mengunduh Game?

    Nah mungkin kamu baru tahu bukan? Ternyata dibandingkan beberapa entertainment lainnya yang bisa kamu nikmati di internet, penggunaan internet dalam game online jauh lebih sedikit. Tapi ada hal lain terkait penggunaan internet dalam game online yang ternyata benar-benar memakan kuota. Apakah itu?

    Tentu saja sesuai dengan subjudul artikel ini, salah satu aktivitas yang memakan kuota tertinggi adalah proses pengunduhan game itu sendiri. Jika di satu hingga dua dekade lalu, ukuran game di PC hanya berkisar antara 1-5 GB saja, saat ini banyak game kelas AAA yang memakan kapasitas lebih dari 50 GB!

    Sebut saja misalnya The Witcher III yang memakan 45 GB kuota mu, atau Watch Dogs 2 yang berukuran 50 GB, hingga GTA V yang berukuran 70 GB dan Call of Duty Infinite Warfare yang berukuran 70 GB!

    Dengan melihat besarnya ukuran game-game ini, kami tidak menyarankan kamu untuk melakukan pengunduhan menggunakan internet ponsel mu ya! Karena jelas-jelas kapasitas ini jauh di atas kuota yang disediakan provider telekomunikasi saat ini.

    Baca juga: Deretan Game Online Terpopuler 2022


    Bagaimana dengan DLC?

    Nah inilah sebenarnya bagian yang ambil andil paling besar dalam penggunaan internet di Game. Seringkali DLC justru memiliki besaran yang jauh lebih tinggi dari game itu sendiri saat pertama kali kamu beli.

    DLC yang tidak jelas

    Sebut saja salah satu yang paling terkenal yakni Minecraft, yang menurut beberapa orang di dalam forum game pernah melihat map yang berukuran lebih dari 1 TB! Jika itu terlalu ekstrim, maka kamu bisa melihat Gears of War 4 yang membengkak ukurannya menjadi 350 GB setelah DLC nya diunduh.

    Downloadable Content Gears of War 4

    Nah jadi inilah sebenarnya hal yang paling memakan banyak kuota internetmu. Kami amat menyarankan bagi kamu yang rutin bermain game sambil terkoneksi ke internet menggunakan layanan internet dengan data dasar unlimitedsehingga tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan.

    Baca juga: Cara Gampang Menjadi Streamer Sukses


    Bagaimana cara Menurunkan Kuota Penggunaan Internet Dalam Game Online?

    Apabila kamu merupakan seseorang yang memiliki kemampuan terbatas terkait ketersediaan kuota, ada beberapa tips dan trik yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan, atau lebih tepatnya mengendalikan kuota penggunaan internet dalam game online.

    Langkah pertama tentu saja turunkan kualitas dari game yang kamu mainkan. Cara termudah adalah dengan menurunkan resolusi game yang kamu mainkan. Kemudian turunkan kualitas render dan resolusi tekstur game yang kamu mainkan.

    Settingan Grafik PUBG

    Jika kamu masih mau menghemat penggunaan kuota mu, maka kamu bisa menurunkan atau bahkan mematikan pengaturan anti aliasing dan anisotropic filtering di dalam game yang kamu mainkan.

    Setelah itu, apabila kamu tetap saja ingin menurunkan kuota dalam game online, kamu bisa mencoba mematikan suara dari game tersebut. Alih-alih kamu juga bisa mematikan in game voice chat, namun tentu saja langkah ini mungkin akan menyebalkan bagi rekan setim mu di dalam game.

    Langkah lainnya adalah dengan cara melakukan pengawasan terhadap transfer data. Nah mungkin saat ini belum ada aplikasi khusus yang menyediakan pengawasan terhadap penggunaan data di dalam game.

    Namun kamu bisa mencari banyak aplikasi yang memiliki fungsi untuk membatasi lalu lintas data internet yang kamu miliki. Dengan cara ini, kamu bisa benar-benar membatasi penggunaan internet dalam game online mu. Hal ini akan sangat berguna terutama apabila kamu bermain game online melalui ponsel mu.

    Satu tips khusus lagi bagi kamu yang bermain online gaming. Pastikan kamu berhati-hati terhadap autoplay video, apalagi yang memiliki kualitas video cukup tinggi. Hal ini tentu saja akan memakan kuota internetmu.

    Selain itu matikan pula auto update game di ponselmu, dan pastikan dengan cermat bahwa ponsel mu hanya akan melakukan update apabila sedang tersambung dengan WiFi. Jika tidak, siap-siap kamu kehabisan kuota di tanggal muda, menyeramkaan.

    Terakhir kamu harus rajin-rajin membaca peringatan yang muncul di dalam game, terutama peringatan yang berkaitan dengan perintah untuk mengunduh DLC dan hal-hal lain yang berhubungan dengan game yang kamu mainkan.

    Sebagaimana yang telah kami jelaskan sebelumnya, DLC merupakan salah satu konten yang memakan kuota internet paling besar. Maka dari itu pastikanlah kamu menggunakan WiFi Broadband di rumah yang umumnya sudah memiliki kuota unlimited.

    Nah itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang penggunaan internet dalam game online. Selain itu kami pun telah memberikan tips agar penggunaan internet dalam game online bisa lebih minimal. Selamat bermain!

    Beli Voucher Game

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah