Follow Us

  • Share

    Kenali Penyebab Listrik PLN Mati

    Kejadian mati lampu atau listrik PLN Mati memang salah satu hal yang menjengkelkan, apalagi saat kita sedang menyelesaikan pekerjaan di PC atau sedang menikmati acara di televisi. Tentunya reaksi terhadap listrik PLN mati berupa banyak kicauan yang mengeluh atas layanannya yang dinilai kurang sepadan dengan kenaikan tarif listrik. Salah satu hal yang perlu dipikirkan saat listrik PLN Mati adalah dampak aliran listrik yang tiba-tiba mati terhadap perangkat elektronik. Mati lampu memanglah hal yang tidak menyenangkan.

    Walaupun kadang-kadang jadwal listrik pln mati telah ditentukan tetapi tetap saja menurunkan mood. Karena bukan hanya waktu yang terbuang, Anda tidak bisa banyak melakukan pekerjaan pada saat itu dan hiburan yang tersedia saat listrik mati juga sangat terbatas. Kalaupun Anda telah mengisi penuh batere gadget Anda, apabila lamanya listrik PLN mati melebihi atau melewati masa panjang hidup batre gadget Anda, maka Anda juga akan kehilangan hiburan.

    Pastinya urusan listrik ini terkadang terjadi diluar kontrol manusia. Agar Anda lebih mengerti mengenal mengapa listrik bisa padam, Ternyata alasannya bukan hanya kekurangan voltase atau kelebihan voltase saja tetapi cukup beragam secara teknis. Penasaran alasan apa saja yang menyebabkan listrik mati? Yuk kita cek gangguan apa saja yang menyebabkan listrik PLN mati.

    8 Jenis Gangguan yang Menyebabkan Listrik PLN Mati

    Terdapat banyak jenis gangguan listrik yang sering terjadi. Ada baiknya kita mengetahui jenis-jenis gangguan listrik yang menjadi penyebab pemadaman listrik agar lebih mengenal masalah yang terjadi dengan listrik yang ada di tempat tinggal kita.

    Power failure

    Power failure merupakan gangguan listrik yang sering terjadi, yaitu kondisi sumber listrik pusat (utama) yang mati. Kalau ada perlengakapan elektronik di rumah Anda yang sedang nyala atau beroperasi saat terjadi listrik pln mati, gangguan ini dapat berdampak pada kerusakaan alat-alat elektronik. Beberapa sebab power failure adalah pemadaman bergilir, beban berlebih dan hubungan arus pendek.

    Power Surge

    Power Surge merupakan sebuah kondisi saat tiba-tiba voltase naik melebihi angka 100% dalam waktu singkat. Hal ini disebabkan oleh petir yang menyambar serta kita mematikan perlengkapan listrik yang bebanya cukup berat. Terjadinya power surge juga berdampak pada kerusakan peralatan listrik.

    Power SAG

    Power SAG terjadi ketika voltase menurun tiba-tiba. Contohnya yang awalnya 220 volt, bisa menurun hingga 80 persen. Hal ini juga berdampak buruk pada peralatan listrik. Gangguan ini disebabkan oleh pengoperasian alat elektronik yang mempunyai daya agak besar atau diatas daya listrik rumah kita.

    Over Voltage

    Ini merupakan kondisi tegangan listrik yang melewati batas normal dalam kurun waktu yang lama dan sering terjadi atau bisa jadi setiap hari. Over Voltage bisa membuat alat elektronik menjad panas dan komputer bisa rusak hingga menghilangkan data yang ada.

    Under Voltage

    Berbeda dengan overvoltage, under voltage merupakan kondisi kurangnya tegangan listrik yang terjadi bisa hanya beberapa menit hingga berhari-hari. Sama halnya dengan gangguan listrik lainnya, kondisi ini bisa membuat alat elektronik rusak.

    Frequency Variation

    Keadaan frekuensi listrik yang naik turun atau tidak stabil dan berdampak pada kerusakan alat elektronik.

    Electrical Line Noise

    Gangguan gelombang listrik yang disebabkan oleh frekuensi radio, sambaran petir atau instalasi listrik kurang baik.

    Switching Transient

    Turunnya voltase dalam kurun waktu sangat cepat bahkan lebih cepat dibandingkan undervoltase.

    Kalau listrik PLN Mati, siapakah yang akan Anda hubungi?

    call-center-pln-123

    Ya, benar PLN. PLN menyediakan banyak wadah untuk layanan masyarakat baik secara online dan offline. Secara online, Anda dapat membacanya di tautan ini. Bahkan sekarang sudah ada aplikasi PLN lho! Jadi semakin praktis. Secara offline, Anda dapat menyalurkan pengaduan Anda ke layanan pelanggan dengan menghubungi 123.

    Kalau Listrik Anda masih mati?

    tagihan-listrik

    Wah, ini bisa jadi Anda lupa membayar tagihan PLN ! Terus juga Anda sudah lewat masa tenggat waktu sehingga listrik pln mati. Ingat lho setiap tanggal 10 tiap bulan adalah batas akhir pembayaran listrik. Berita baik untuk Anda yang mau serba praktis, kini bayar tagihan listrik bisa di Sepulsa!

    Caranya simpel, Anda cukup mengetikkan nomor handphone dan nomor ID pelanggan nanti tagihan Anda muncul. Selebihnya Anda bisa baca disini mengenai membayar tagihan PLN yang praktis dengan Sepulsa. Psst, setiap transaksi di Sepulsa, Anda bisa pilih 3 voucher belanja yang sangat menarik!

    Beli Token Listrik

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah