Follow Us

  • Share

    Cek Cara Pengaduan Keluhan PLN Terbaru di Sini!

    Hampir semua masyarakat di Indonesia menggunakan jasa PLN sebagai penyedia listrik utama. PLN merupakan sebuah Badan Usaha Milik Negara yang mengelola listrik di Indonesia.

    Dalam kehidupan sehari-hari, tak jarang kita mengalami gangguan atau hal-hal yang tidak diinginkan terkait pemakaian listrik. Contohnya seperti seringnya mati listrik disuatu wilayah, mati listrik mendadak di rumah, dan sebagainya.

    Kehidupan kita juga sangat bergantung pada listrik. Bila terjadi masalah sedikit saja terkait listrik, maka dapat mengganggu pekerjaan atau kegiatan sehari-hari.

    Apa yang harus dilakukan saat terjadi gangguan listrik di rumah Anda? Jangan khawatir, sebaiknya segera lakukan pengaduan ke PLN secara online. Caranya juga sangat mudah. Penasaran? Simak langsung ulasannya di bawah ini.


    1. Pengaduan PLN Online

    Melakukan pengaduan terkait masalah listrik yang Anda alami, sekarang bisa dilakukan dengan sangat cepat tanpa harus mendatangi kantor PLN langsung.

    Yang pertama, Anda bisa membuat pengaduan lewat website PLN di web.pln.co.id. Pilihlah menu kontak yang terletak di kanan atas. Isi formulir dengan lengkap dan benar kemudian ajukan, maka pengaduan Anda akan segera diproses.

    Selain melalui website, PLN juga membuka akses lewat media sosial seperti Facebook dengan nama PLN 123, Twitter di @pln_123, serta email ke alamat pln123@pln.co.id. Perlu diketahui bahwa layanan kontak PLN 123 memberikan pelayanan 24 jam setiap hari.

    Adanya kontak PLN pusat yang bernomer 123, tak hanya berfungsi untuk mempermudah proses pengaduan, tapi juga bisa menumpas korupsi dengan menghilangkan kebiasaan pungutan biaya tambahan oleh petugas, hingga percaloan.

    Kontak PLN pusat 123 ternyata tidak hanya menampung informasi keluhan atau pengaduan pelanggan saja. Layanan lain yang disediakan antara lain adalah pengurusan keperluan daya listrik seperti ingin pasang baru dan mengatasi gangguan listrik lainnya.

    Sementara untuk aplikasi, Anda bisa mencoba untuk menggunakan PLN Kita, PLN Siaga, atau PLN Daily.

    Tapi, Anda mungkin harus agak sedikit bersabar ketika menggunakan app dari PLN ini karena selain interface-nya yang tidak jelas dan kurang user-friendly, app keluaran PLN ini juga nampaknya tidak begitu banyak membantu menyelesaikan keluhan Anda.

    Baca Juga


    2. Pengaduan PLN Lewat Telepon

    Saat listrik bermasalah di waktu yang kurang tepat, misalnya malam hari, tentu tidak mungkin lagi bagi Anda menunggu lama. Kasus seperti ini biasanya membutuhkan penanganan yang cepat. Ketika Anda mengalami situasi tersebut, Anda dapat melakukan pengaduan lewat telepon dengan nomor pengaduan PLN 123.

    Dalam beberapa kasus, Anda perlu menyertakan kode area terlebih dahulu supaya bisa tersambung dengan operator apabila mau melakukan panggilan lewat ponsel.

    Jadi formatnya adalah kode area+123, barulah Anda dapat terhubung dengan PLN. Ikuti saja petunjuk dari operatornya dan Anda dapat langsung mengajukan keluhan atau pengaduan mengenai permasalahan listrik yang terjadi di rumah Anda.


    Jenis-Jenis Gangguan Listrik

    Ada banyak jenis gangguan listrik yang hadir dalam kehidupan Anda. Mari ketahui jenis-jenis dari gangguan listrik di rumah agar Anda memahami apa yang sebenarnya terjadi pada listrik di rumah Anda.

    1. Power Failure

    Gangguan listrik yang pertama adalah power failure. Power failure adalah kondisi matinya sumber listrik pusat (utama). Gangguan tersebut umumnya dikenal dengan mati lampu atau mati listrik.

    Apabila ada perlengkapan elektronik di rumah Anda tengah beroperasi saat terjadi mati listrik, gangguan yang satu ini dapat berdampak pada kerusakan alat-alat elektronik. Beberapa sebab listrik mati adalah pemadaman bergilir, beban berlebih, dan hubungan arus pendek.

    2. Power Surge

    Power surge atau spike terjadi jika tiba-tiba voltase naik melebihi angka 100% dalam waktu singkat.

    Penyebab terjadinya spike kemungkinan adalah petir yang menyambar serta kita yang tiba-tiba mematikan perlengkapan listrik yang bebannya cukup berat. Terjadinya power surge juga berdampak pada kerusakan peralatan listrik.

    3. Power SAG

    Power SAG terjadi ketika voltase turun tiba-tiba. Dari yang mulanya 220 volt, bisa turun hingga 80%.

    Terjadinya power SAG juga dapat membuat peralatan listrik rusak, lho. Penyebab gangguan ini yaitu pengoperasian alat elektronik yang mempunyai daya agak besar atau di atas daya listrik rumah Anda.

    4. Over Voltage

    Over voltage adalah kondisi tegangan listrik yang melewati batasan normal dalam kurun waktu cukup lama dan kerap terjadi (bisa setiap hari). Keadaan over voltage membuat alat elektronik jadi panas dan cepat rusak.

    5. Under Voltage

    Under voltage adalah kebalikan dari over voltage. Under voltage juga biasa disebut dengan brown out yang merupakan berkurangnya tegangan listrik yang bisa terjadi beberapa menit hingga berhari-hari.

    6. Frequency Variation

    Frequency variation adalah frekuensi listrik yang naik turun atau tak stabil dan berdampak pada kerusakan alat elektronik.

    7. Electrical Line Noise

    Electrical line noise adalah gangguan gelombang listrik yang disebabkan oleh frekuensi radio, sambaran petir, atau instalasi listrik kurang baik.

    8. Switching Transient

    Switching transient adalah turunnya voltase dalam kurun waktu sangat cepat (hanya beberapa nano detik saja), lebih cepat dari kasus spike.

    Nah, itu dia beberapa cara pengaduan PLN online maupun lewat telfon. Proses pengaduan sampai penanganan masalah listrik bisa jadi agak makan waktu, tapi tetap akan terselesaikan cepat atau lambat. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi Anda, ya!

    Baca Juga:

    Beli Token Listrik

    86 Komentar

    • Ade oktaria nur
      August 20, 2019 at 10:23 pm

      Ini rumah saya ma tetangga saya mati listrik cuman 2 rumah mohonbantuan’y
      Awal’y sayakira sepaneng turun….eh gak tau’y listik padam dan saya kira mati lampu kok gak tau’y cuman 2 rumah ya….alamat saya Ds.karang asem.kab.sumber.kec.plumbon rt01/01 depan batalion arhanud se14

      Balas Komentar
    • Eddy
      August 21, 2019 at 8:29 pm

      Saya ada keluhan dari pihak PLN,,saklar listrik di rumah saya di lepas dan saya telp pihak PLN tidak ada respon sama sekali,,saya merasa kecewa oleh pihak PLN lambat respon tapi bayar listrik harus tepat waktu dan pelayanan dari pihak PLN pun tidak ada sama sekali..terlalu slow respom dan apabila ada keluhan langsung di tindak lanjuti jangan hanya folow2 saja dan kita juga perlu kerja nyata bukan hanya pemanis bibir…

      Balas Komentar
      • Hartadi
        February 6, 2021 at 9:22 pm

        Nasib yg sama menimpa diriku hari ini…..operator 024 123 jawabannya seperti mesin….. PLN tolong operatornya di training Customer Satisfaction bukan sekedar CS saja…

        Balas Komentar
      • Joko
        October 19, 2021 at 1:58 pm

        Gue lagi ranked jangan mati lah tod lagi lawan badut

        Balas Komentar
    • Sukamto
      August 22, 2019 at 7:57 am

      Tagihan listrik bulan agustus kok terlalu besar 10 X lipat dari boasa nya.

      Balas Komentar
    • Andhika
      August 23, 2019 at 3:00 am

      Di cikupa tanggerang jalan raya Serang desa bojong hari ini sudah 4x mati tolong dong di perbaikin soalnya bisa merusak elektronik saya kulkas komputer dll

      Balas Komentar
    • ADE SULAELY
      August 23, 2019 at 9:22 pm

      Agak lelah saya dengan pengaduan dan tanggapan dari pihak PLN yg kurang responsip… meteran di rmah saya melibihi angka meteran yg ada di PLN CIKARANG SELATAN… tapi kenapa baru sekarang setelah saya komplain baru ada pemberi tauhan tentang kekurangan tagihan yg mencapai cukup lumayan angka nya buat saya..

      Balas Komentar
    • Junaidi
      August 24, 2019 at 6:17 pm

      Tolong di perhatikan rt.06/06 slalu mati tiba2 tolong di benahi turun lampu cara tiba yg begini klo ada masyarakat ngeluh alasan gardu lama2 nnti gardu PLN sy bakar percuma pringatan dr PLN gk ada selembaran hampir setiap hari mati tolong di benahi begini barang rusak klo mati lampu terus siapa yg mai tangging jawab ini pringatan buat PLN

      Balas Komentar
    • Yogi
      August 27, 2019 at 12:29 am

      Thanks PLN sejam lalu mati lampu daerah saya susukan kec Ciracas gang makmur saya telpon ga sampe15 menit orang PLN datang dan lampu langsung nyala thanks atas sigap nya dan cepat sampe sucses slalu

      Balas Komentar
    • Lia
      August 27, 2019 at 12:31 am

      Sering mati lampu dan ini malem mlem juga mati . Jadi ga bisa beristirahat

      Balas Komentar
    • hendra Suhartono
      August 27, 2019 at 4:21 am

      Says mau mnyampaikan keluhan kelistrikan di rumah saya alamat.jln masjid al-munir Gg Mawar rt 12 / 02 no.4kel Kec Makasar Jakarta Timur indicator warning pd listrik utama nyala menyebabkan PCB slalu turun /jeklek

      Balas Komentar
    • Bonar
      August 27, 2019 at 7:39 am

      Rumah jl A . Yani I blok A. No 20 Rawamangun benerapa kali mati listriknya

      Balas Komentar
    • Sri
      August 28, 2019 at 2:34 pm

      Hari ini mati lampu di Bintaro sektor 3, dalam bulan Agustus sudah 3 kali mati lampu

      Balas Komentar
    • Ardiansyah
      August 28, 2019 at 4:19 pm

      Pak tolong untuk pemasngn kWh diarea Cibinong dipercepat biasanya ga smpe 10 hari kerja udh trpasng ini udh 2 Minggu blm jg alsannya stok kWh kosong gmna ini

      Balas Komentar
    • Taman sanjaya
      August 29, 2019 at 1:38 pm

      Akhir2 ini PLN sering mati, tidak jelas penyebabnya padahal harga udah tidak di subsidi lagi sy kecewa dengan pelayanan pln, tolong dong diperhatikan…

      Balas Komentar
    • Sharp2
      September 1, 2019 at 1:53 am

      Sudah menxoba melakukan pengaduan melalui PLN Mobile ternyata sangat mengecewakan. Saya pikir cepat responnya tetapi ditunggu berjam-jam tetap tidak ada balasannya.. yah akhirnya balik lagi via pengaduan call center namun setelah mendapat no aduan juga tindak lanjutnya lama juta. Oh PLN ku… mengapa engkau begitu?

      Balas Komentar
    • Supriyono
      September 1, 2019 at 3:10 pm

      NCB meteran listrik di rumah saya rusak, biasanya kl overload langsung dinaik kan NCB nya bisa ini sdh di naik kan tapi tetap tdk ada stroom, mhn bantuannya trimakasih.

      Balas Komentar
    • Melref gunadi
      September 2, 2019 at 10:02 am

      Saya punya masalah dengan tegangan tinggi diatas teras rumah saya dengan alamat komplek unand blok D1/10 No:13 ulu gadut padang.dengan jarak 50 cm diatas seng atap rumah ..apakah akan menyebabkan bahaya radiasi dan sentrum listrik..dan bisa ngak kabel tersebut dipakai kabel isolasi yg sudah dipasang di jalur utama..sebelum jatuh korban saya mohon imformasi dari bapak/ibuk PLN ,atas kerja samanya saya ucapkan tksh

      Balas Komentar
    • Tonny
      September 2, 2019 at 11:03 pm

      Malam pak, kenapa listrik di wilayah duri kepa Kebon jeruk sering padam . Seminggu bisa 2-3 kali .peralatan elektronik saya pada rusak semua. Pelayanan PLN semakin hari bukan semakin baik, malahan semakin hati semakin buruk. Mohon perhatian khusus wilayah duri kepa Kebon jeruk. Terima kasih

      Balas Komentar
    • Sulis maryono
      September 3, 2019 at 1:04 am

      Kepada pln pusat tolong di cek di jln malaka hb.rt 020 rw.006.kel.rorotan.kec.cilincing.jakarta utara.di indikasi kan di perumahan kita banyak yg menyalah gunakan listrik.trimakasih

      Balas Komentar
    • Wawan Hermawan
      September 3, 2019 at 3:08 pm

      Pembayaran Listrik Bulan September 2019 408.470, bukannya ada potongan 50-70%. padahalpemakaian sehemat2nya. mohon di tindak lanjuti, sekian dan terima kasih

      Balas Komentar
    • Dewi
      September 3, 2019 at 4:33 pm

      Mau tanya katanya ada kompensasi yang pemadaman tea lama tapi bulan ini saya beli token ga rubah sama aja dapatnya 72.6 pembelian 100ribu tidak ada penambahan token untuk kWh bertambah yang no pelanggannya yg ini coba kapan dapatnya 45043409668 kabarin makasih

      Balas Komentar
    • Pino
      September 4, 2019 at 11:09 am

      Saya soepeno tinggal ditempt kerja Jl Galaxy Bumi Permai f2/5_6 surabaya .begini saya memberitahukan saya dlm 1mggu ini lewat dpn rute ITS lampu jln dari dpn nyala kl malam hari trus mendekati bunderan arah mulyasari sekitar 300-500 mtr lampu jln tidak nyala dan saya pikir mati sebagian besok lewat kok masi mati kl gelap takute terjadi hal hal ga bagus di jln itu ole karena itu saya melaporkan supaya jln terang dan org kewat merasa nyaman trimakasih atas bantuannya .

      Balas Komentar
    • Yogi setiawan
      September 5, 2019 at 6:07 am

      Tidak puas dengan pelayana petugas pln desa pakalongan kecamtan sodonghilir

      Balas Komentar
    • khoerun
      September 5, 2019 at 1:59 pm

      kenapa kwh kami ada tulisan periksa

      Balas Komentar
    • narsita
      December 30, 2019 at 8:39 pm

      rumah saya pakai token listrik 1 bln cma bsa ngisi 130 sedang kan 1 rumah banyak isi nya otomatis tidak cukup kalau minta di tambah perbulan 200 kira2 bisa tidak mhn balasan nya soal nya sudah tidah bsa di isi lagi

      Balas Komentar
    • ponco sembodo
      December 30, 2019 at 9:25 pm

      saya ingin tanggapan …bagaimana pemasangan listrik terpisah di suatu unit di apartemen di area bogor dan biar ditanggani oleh pln langsung seperti di perumahan biasa

      Balas Komentar
    • Ujhe
      January 1, 2020 at 2:46 pm

      Tertanggal 1/1/20
      Padam listrik dari pagi hingga saat ini pukul 15.00
      Yg bertanggung jawab atas pihak terkait bagaimana ini? Listrik adalah kebutuhan.tolong segera respon dan progress.trima kasi

      Balas Komentar
    • Sumarto
      May 19, 2020 at 4:09 pm

      Kenapa angka d meteran beda sama angka di tagihan listrik prabayar.,
      Jadi Naik nya ampir 100%
      Tolong kasih penjelasan nya.

      Balas Komentar
    • Arya
      May 20, 2020 at 1:08 am

      Ini didaerah Cibubur mati lampu dari jam 10 sampe jam 1 malam tolong dinyalakan . Karena saya punya anak bayi tidak bisa tidur jika keadaan mati seperti ini.

      Balas Komentar
    • Firdaus
      July 10, 2020 at 10:40 pm

      Saya merasa benar 2 sangat kecewa dengan pelayanan PLN yang tidak segera melakukan perbaikan pada gangguan listrik saya dari jam 14.00-22.39 malam tidak satupun petugas datang memeriksa keadaan / gangguan yg saya alami

      Balas Komentar
    • Pengguna listrik token bukan boleh nyuri
      September 25, 2020 at 10:37 pm

      Maaf seblumnya saya mau laporan listrik di jalur saya sering mati tiba”.
      Karna kurang setrum
      Di karnakan banyak yg nyuntik/nyuri sterum untuk ngelas..
      Mohon pihak pln untuk bertidak tegas
      Kami membeli token bukan gratis.. yg lain enak tinggal pake untuk kepentingan pribadi untuk ngelas….
      Mohon dengan sangat pihak pln untuk merajia setiap kwh rumah masing.
      Alamat saya.kp sawah rt02 rw03.desa pamegarsari.kec.parung kab. Bogor.
      Di mohon dengan sangat.🙏🙏🙏

      Balas Komentar
    • Zulkifli Achmad
      October 1, 2020 at 1:59 pm

      Kami dituduh pihak PLN membuat meteran mati hingga ditagih 18 juta di Surabaya tg perak
      Sedangkan pemasangan listrik atau membegal keluarga kami tidak tahu,
      Kemana kami harus mengadu

      Balas Komentar
    • Fira
      October 4, 2020 at 6:39 pm

      Mohon ditindaklanjuti lampu pada di BTN Minasa Upa blok D 4 Makassar..
      Sudah sejak lebih belum ada perubahan..
      Terimakasih

      Balas Komentar
    • Jonsu
      October 10, 2020 at 9:07 pm

      Tdk heran PLN skrg jd jeblok,pencurian listrik dimana2 tp seolah2 tutup mata,katanya PLN merugi,kl menurut saya ya wajar ya..!! tdk ada pembenahan dr dalam,seperti pencurian tegangan yg masih marak tdk ad tindakan tegas padahal kejadianya persis banget dipinggir jalan raya (besar) masa sihh gak kedetect sama alat PLN yg katanya super canggih?? apa ada “PERMAINAN” antara pemilik bangunan dgn pejabat PLN setempat? ini jd tanda tanya besar bagi saya..krn saya selaku pelanggan PLN merasa tdk diperlakukan sama dgn yg lain…disaat pulsa token saya habis maka listrik dirumah saya padam,tp disisi lain saya menyaksikan ada pencurian listrik yg semena2..bayangin saja kontrakan 10 pintu dan didalamnya juga ada pekerjaan yg menggunakan mesin2 berdaya tinggi dgn enaknya menikmati listrik gratis (tdk bayar)
      Dsini saya sertakan alamat pelanggaranya mdh2an ini bisa membntu para petugas PLN yang lain yg masih jujur (krn saya yakin masih ada yg jujur di jajaran PLN )
      Jln.kamal raya rt.07/014 cengkareng barat,cengkareng. Saya yakin dgn alat PLN yg canggih dan petugas yg jujur ini bisa diberantas,tks

      Balas Komentar
    • Nisa Anisa
      October 11, 2020 at 9:36 pm

      MOHON DIBANTU LISTRIK TOKEN SAYA TIDAK BISA DI ISI ULANG .. KENDALA GAGAL . TROS DI LAYAR TOKEN ADA GAMBAR KUNCI . MOHON BANTUAN NYA ..ALAMAT SUKARAMI PALEMBANG

      Balas Komentar
    • Arif
      October 12, 2020 at 8:11 am

      di desa saya alamat dusun gumuk banji 2 RT 004 RW 034 desa kencong kec. kencong kabupaten JEMBER beberapa th ini Tegangan listrik semakin drop hingga 120…masyarakat sering komplen ke PLN kencong tapi tak ada penanganan yg serius..saya merasa kecewa kpd pihak PLN kencong lamban respon tp bayar harus tepat waktu..kita kerja nyata bukan manis di bibir saja

      Balas Komentar
    • fransiska
      October 27, 2020 at 10:45 am

      saya ada keluhan terhadap petugas PLN khususnya di Kecamatan Maurole Kabupaten Ende NTT. sejak tgl 29 September 2020 kami mendaftar dan membayar biaya pemasangan listrik 900 watt Rp.2.000.000 dengan satu titik lampu langsung ke kantor dan diterima oleh petugas penanggungjawab untuk wilayah tersebut yakni RIZAL. Yang membuat saya heran, biaya yang diberikan tidak sesuai dengan brosur PLN (sebelum kami membayar kami sudah konsultasi dengan petugas PLN Kabupaten Ende dan diberikan brosur biaya pemasangan terbaru plus dengan instalasi). Sampai saat ini belum realisasi karena alasan petugas PLN Kec. Maurole tersebut meteran 900 watt masih pengadaan. Selama Itu kah ????????? janji janji datang tapi tidak pernah muncul. akhirnya keluarga mengadu ke kantor setempat.. hari jumat tgl 23 Oktober 2020 petugas tersebut datang dan menawarkan listrik subsidi 450 watt ????!!! MOHON petugas PLN pusat perhatikan kerja pegawai yang berada di kecamatan. Kami bersedia membayar biaya pemasangan listrik reguler agar cepat realisasi. BUKAN mendaftar sebagai pelanggan yang subsidi. BAGAIMANA DENGAN BIAYA YANG SUDAH KAMI BAYAR ???? APAKAH UANG TERSEBUT LENYAP??

      Balas Komentar
    • Arya sakaw
      October 27, 2020 at 5:29 pm

      Mohon bantuanya kususnya buat di madura yang bertempatan di kabupatan sampang kecamatan kedungdung dari pagi mati lampu sampai saat ini blum hidup

      Balas Komentar
    • Lina
      November 3, 2020 at 10:28 am

      Tadi mlm 2 november 2020 di daerah mojoagung jawa timur mati lampu tp cm 4rmh saja krn memang aliran listriknya beda masa iyaa sampe 16.5 jam 😒
      Sdh telp sampe 3x habis pulsa habis batre tp gag ditindaklanjuti dgn alasan di proses2 trs. Katanya sdh didatangi tp gag ada org kan harusnya tau rmh yg gelap yg mana dan depan rmh itu rame msh banyak org tongkrongan kan bisa tny. Tolong yaa untuk pln/pegawainya lebih ditegasi lagi kita jg bayar listrik tepat waktu gag pernah telat dan trmasuk yg gag dapat subsidi dari pemerintah. Secara teori katanya cm 2jam langsung ditangani tp ini buktinya sampe 16.5 jam dan sy pny anak baby coba dibayangkan klo itu menimpa keluarga salah 1 pegawai pln pasti berbagai cara dilakukan kan??? Tolong lebih diperhatikan lagi. Terimakasih 🙏

      Balas Komentar
    • Asror firdaus
      November 17, 2020 at 3:45 pm

      Saya ada keluhan,,kabel JTR di depan rumah saya gelewer kira” 3meter dari tanah setelah tiang yg patah di cabut sama pihak PLN sampai sekarang belum di ganti tiangnya saya rasa PLN terlalu slow respon,

      Balas Komentar
    • wawansetiyadi190@gmail.com
      November 21, 2020 at 12:37 am

      Kenapa listrik di tmpat saya mati sedngkan tmpat tetangga saya hidup semua
      Mohon bantuany
      Alamat desa Telang makmur kecamatan muara Telang
      Jbt 3
      Blok purworejo

      Balas Komentar
      • Dimas Bimawan
        December 7, 2020 at 1:09 pm

        mungkin anda belum bayar

        Balas Komentar
    • Afif
      November 30, 2020 at 12:10 pm

      Saya ingin tanya, apa iya aturan untuk rumah kos semua meteran 5 di jadikan 1 dan tidak boleh di pasan di depan tempat masing per kamar…..
      Mohon jawabanya yg pasti….

      Balas Komentar
    • Jasa
      December 7, 2020 at 10:28 am

      Di Wilayah Kelurahan Argasunya Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon di RT.03 RW.04 Surapandan ada Kabel Tuise PLN Ke rumah dan kabel Tuise tersebut menahan pohon mangga Besar punya Tetangga, kabel Tuis PLN sudah Kencang banget apa lagi sekarang sudah mulai musim Hujan di sertai Angin besar sedangkan pohon besar punya tetangga sudah miring terbawa dahan besar, saya hawatir sewaktu2 pohon tersebut akan tumbang, sudah berkali2 diberi tahukan yang punya pohon tersebut di suruh di tebang malah mengajak ribut dan bertengkar jadi sebaiknya saya mohon bantuannya kepada petugas PLN Kota Cirebon segera menindak lanjuti Permohonan Kami Terima Kasih.

      Balas Komentar
    • Yos santoso
      December 7, 2020 at 11:56 am

      Voltase turun ditempat saya ,sdh telpon menghabiskan pulsa tp GK ada tanggapan ini cara kerja PLN gimana sih ,ada orangnya nggak sih,alamat saya ds tempurejo kresek pesantren Kediri jatim

      Balas Komentar
    • adi haryadi
      December 12, 2020 at 5:39 pm

      PLN MESTINYA BUKA PENGADUAN ONLINE VIA WA SESUAI REGIONAL WILAYAH JARINGAN
      CONTOH WA PLN JAKARTA RAYA
      WA PLN JAWA BARAT
      DLL
      SUPAYA PENGADUAN CEPAT DITANGGAPI

      Balas Komentar
    • HUDAN DARDIRI
      December 15, 2020 at 7:52 pm

      Operatornya tanya ID sebelum laporan gangguan, kita tidak sempat menghapal ID. Padahal sebelumnya langsung ditangani dan lagi nomor tlp saya sudah terdaftar di 123, operator sblumnya saya tlp langsung tau yang tlp, Oh iya… pengaduan setelah mencet no 2 lamanya minta ampun tidak diangkat operator, mana pulsanya mahal banget. Usulan saya PLN menyediakan Hotline gratis tlp dari tlp seculer. Matur terimakasih
      (Meskipun saya pesimis tulisan ini akan segera ditanggapi atau tidak sama sekali, tetap akan saya sampaikan. Keyakinan saya PLN adalah tempat basah/uang, sehingga Bukan sibuk MELAYANI tapi sibuk cari KEUNTUNGAN. Semoga keyakinan saya terbantahkan dengan kinerja yang baik. Aaaaaamiiinnn )

      Balas Komentar
    • Illa
      January 2, 2021 at 5:32 am

      Saya mau menyampaikan keluhan, sudah bayar hampir 300.000 untuk perbaikan listrik di rumah yang selalu “jepret” mati
      Tapi percuma aja gak berhasil dan uang gak kembali
      Ko jadi gini ya PLN

      Balas Komentar
    • winur
      January 2, 2021 at 7:52 pm

      Daftar pasang listrik lama, via web pln123 banyak fitur tidak berfungsi. Banyak istilah yg kurang dan tidak dipahami orang awam. Semoga pln bisa bekerja dg lebih simple.

      Balas Komentar
    • Mentari Fauzia
      January 3, 2021 at 2:58 pm

      Saya Mao tanya rumah saya pakai token listrik ada kebocoran listrik sehingga pulsa token saya cepet abis solusinya Gmna y PLN ??? Di pakai tiap hari kena 1 hari 1000 di tinggal gak di pakai apa” masie ke potong seribu . Tlong donk PLN DTG ke rumah saya . Kompleks rusun damkar Pegadungan Kalideres Cengkareng Jakarta barat RT 11 RW 05 blok f lantai 4 no 20 terimakasih PLN

      Balas Komentar
    • Vanda
      January 4, 2021 at 12:13 pm

      Sampai tanggal 5 Januari, kok tagihan belum ada ya .. Biasanya saya bayar tgl 2 setiap bulan nya sudah siap..
      Kenapa ya
      Padahal saat petugas cek di rumah ketemu dg saya..
      Mohon dibantu apa yg harus saya lakukan
      Kuatir kelupaan
      Tks

      Balas Komentar
    • Vanda
      January 4, 2021 at 12:13 pm

      Sampai tanggal 4 Januari, kok tagihan belum ada ya .. Biasanya saya bayar tgl 2 setiap bulan nya sudah siap..
      Kenapa ya
      Padahal saat petugas cek di rumah ketemu dg saya..
      Mohon dibantu apa yg harus saya lakukan
      Kuatir kelupaan
      Tks

      Balas Komentar
    • Martini
      January 11, 2021 at 10:32 am

      Assalamualaikum
      pak PLN tolong di cek listrik di daerah tajur citeureup RT03/RW03 tajur ci jere,
      Toling di lihat kondisi 1 tiang yg banyak kabel
      jadi listrik nya spaneng pak
      dgn keadaan listrik spaneng bisa merugikan banyak warga pak
      elektronik bisa pada rusak.
      aneh nya spaneng nya klo sdh jam 6

      Balas Komentar
    • Monyet
      January 14, 2021 at 8:55 pm

      Percuma loe ngadu ke pln tapi gak direspon..
      Tai anjing loe pln..
      Kalo mau pemadaman listrik ya full jangan dalam sedesa hanya padam sebagian..
      Dasar pln anjing..

      Balas Komentar
    • Radiansyah
      January 28, 2021 at 1:13 pm

      Pada tanggal 14 januari 2014 ,Tempat usaha saya listrik Mati ,setelah di cek Pulsa Token saya Posisi 0
      dana saya Isi Melalui GPN Gerbang Pulsa Nasional)Online WA….Nilai Rp.20.000 dengan SN.1722-6257-9350-8443-8630 ternyata setelah di Masukan No.SN ,Meteran Baca SUDAH TERPAKAI. dan Coba Saya Beli Lagi yanga Kedua Melalui INDOMARET dengan Nilai Rp.20.000,. SN.4109-8081-2226-5847-8060 dan di masukan No.SN —ternyata Meteran Baca SUDAH TERPAKAI……dan akhirya saya Hubungi PLN 123 ..dan petugas Menelpon dan memeberikan Intruksi agar Memasukan No…………yang diberikan tapi juga gagal….dan pada akhirnya saya minta petugas Datang ….dan Mengintruksikan saya untuk membeli Token Kembali…..serta saya beli Pulsa Token Di INDOMARET kembali senilai Rp.50.0000,. dengan SN6345.8918.9717.6709.10949……dan dimasukan /isi oleh Petugas Berhasi./Hidup……dan saya pertanyakan bagaimana dengan 2 SN saya yang tidak Masuk …merka menyarankan tanyakan dengan INDOMARET….dan saya tanayakan……pembelian kami dengan PLN tanyakan dengan PLN ?…akhirnya saya laporkan Kembali /Pengaduan ke PLN 123 …..singkat cerita saya sudah buat pengaduan ke PLN.123 …sampai 28 Januari ini belum ada Realisasi dan penjelasan Kepada saya sebagai Pelanggan…..jadi kesimpulannya ada Dugaan Kuat Bahwa PLN.Telah menjual PULSA TOKEN YANG SUDAH TERPAKAI kepada Pelangagannya…….dan Pertanyaan Urgennya….Sudah berapa banyak PLN Menjual PULSA TOKEN yang Sudah terpakai kepada pelanggannya. ?……….ditenggarai dan dapat diduga hal ini sudah banyak terjadi atau, ini adalah sebuah SINDIKAT INTERNAL….saya harap PLN Segera menyikapi agar tidak Banyak Korban Lagi….karena saya Pribadi Tidak merasa yakin PLN Menjual SN.yang sudah terpakai…..kalaupun ada ini pasti perbuatan Oknum Oknum Nakal yag bekerja sama atau ada hal lain….segera di SIKAPI…karna demi CITRA PLN

      Balas Komentar
    • Hartadi
      February 6, 2021 at 9:17 pm

      Pengaduan PLN 024 123 SANGAT TIDAK MEMUASKAN, Operatornya seperti ROBOT tidak punya wawasan, sudah laporan 18.46 sampai dengan 21.00 petugas belum juga datang…..jawabannya seperti sy ngomong sama mesin…. Super Defensif 🤔🤔

      Balas Komentar
    • MUHAMMAD AKBAR FAKHRIANSYAH
      February 6, 2021 at 9:21 pm

      Assalamu’alaikum pak, mohon maaf sebelumnya rumah saya mengalami pemadaman mohon bantuannya segera pak kalau bisa mohon sekali 🙏alamat:J.l pasaringin atas nama bapak Eko Fathoni

      Balas Komentar
    • Yenisa
      February 11, 2021 at 8:40 pm

      123 tidak cepat tanggap. Kadang di tlp berulang kali ga di angkat sampai habis pulsa wkwkwk
      Ga stand by PLN
      Nih mati lampu dr sore sampai skrg blm.nyala daerah cideng indah mau ngadu sdh tlp 5 kali ke pln ga diangkat.

      Balas Komentar
    • Pak Heriawan
      February 13, 2021 at 4:01 pm

      Rumah saya mati lampu dari kemarin. Sebelumnya sering turun kalau hujan.

      Balas Komentar
    • Pak Heriawan
      February 13, 2021 at 4:07 pm

      Assalamu’alaykum warahmatullah wabarakatuh..rumah saya mati dari kemarin. Sebelumnya kalau ada hujan sering turun. Apa harus pindah mcb? Alamat: Gg 7 Pade’an bugul lor. Panggungrejo. Terima kasih. Jazakumullah khairan.

      Balas Komentar
    • yono
      February 16, 2021 at 11:45 am

      Yth.dinas gangguan pln jaktim.
      Saat malam hari dan hujan, sy lewat jln.balai pustaka barat.srbrang no 333, atau dpn kavling kosong sdg dbangun.
      Ada tiang listrik dan pju, berhimpitan dg pohon sjenis tanjung kondisi korslet, pijaran api korsleting smpi jatuh ke trotoar jga ke dlm kavling kl 10 m.sangat membahayakan pjalan kaki.dikawatirkan juga tiangnya nyetrum apalagi jk timbul genangan air.
      Mohon periksa
      Demikian disampaikan.terimakasih atas perhatiannya

      Balas Komentar
    • Fadly
      February 19, 2021 at 12:45 am

      Tolong untuk daerah serang Banten Carenang ko gardu kisalam mati lampu

      Balas Komentar
    • Lisa
      March 2, 2021 at 10:26 pm

      Pelayanannya tidak memuaskan. Jm 6 sore smpe jm setengah 11 mlm g datang2. Ank2 pada rewel krn gelap. Ini niat melayani masyarakat pa tdk??

      Balas Komentar
    • Jamli
      March 26, 2021 at 10:01 am

      Mohon perbaikan meteran listrik, karena skring diluar turun dan dinaikkan tidak mau kembali, sehingga sampai sekarang masih mati lampu
      Alamat : Jl. Pramuka I, Blok B, RT. 6, No. 27, Kelurahan Sempaja Selatan, Kecamatan Samarinda Utara, Propinsi Kalimantan Timur, mohon perbaikannnya

      Balas Komentar
    • Untung
      April 4, 2021 at 8:51 am

      Ini sy umkm listrik di tmpat usaha sya hri ini listrik gk stabil , sdh hampir 2 jam , disini ada es cream pemasa fried chicken ampun dah hamsiong sy elektronic klo spaning naik trn , mati hdp trus bgini ..untk pimpinan pln pusat mw daerah mhn perhatikan keadaan yg sprtini kami modal usaha pas -pas an .

      Balas Komentar
    • JULI OKTORIA PARDEDE
      April 10, 2021 at 9:03 pm

      Selamat malam pak, maaf menggangu gini pak di daerah saya lampu nya mati dari tadi sore, dan saya berharap pihak PLN segera menghidupkan lampu di daerah saya, alamat kampung babakan desa tarikolot kec citeureup kabupaten bogor rt 04,rw 02 karena banyak pekerjaan saya yang tertunda akibat lampu mati dari tadi sore mohon kerja sama nya pak
      Selamat malam dan Terimakasih

      Balas Komentar
    • Wasikun eko purnomo
      April 22, 2021 at 4:45 pm

      Bpk/ ibu saya yang awam hanya mau penjelasan dari pln
      Apakan listrik daya 450 mulai bulan ini sudah mulai membayar apa belum?
      Terus terang ada selembaran datang ke rumah yg Isinya akan memutus aliran listrik di rumah saya. Sebelum dan sesudahnya saya yg jelata menghaturkan beribu ribu terimakasih

      Balas Komentar
    • Stevani
      May 4, 2021 at 7:28 pm

      Ckup membingungkan sja Hari ini Tepatnya tggl 4 Mei 2021 Meteran Listrik DiCabut bgtu sja tanpa pemberitahuan kpda kami, posisi Rmh Orgtua DiToli2, Sya Membayar melalui Ktr Pos Daerah Kota Palu, bln April kemaren ternyata sdh ndak msuk Program Gratis lgi, berarti Hya sbln sja keterlambatan, utk msuk bln berikutnya Pertggl 20 Mei dong, kok sdh main Cabut Sja, lagian diByar Cm Beban sja, Biasanya Pihak PLN konfirmasi dulu sm Tetangga, karna Posisi rmh dlam Keadaan Kosong, tiap Bln sya hya Byar Beban sja karna mmg Rmh kosong. Hrusnya ada Konfirmasi Dulu baru lakukan Tindakan Pengcabutan Meteran!!! Pertanyaan Berikutnya knpa hrus Dialihkan kilometer Token Listrik!!! Nah sementara dari kami Pelanggan Tdk Mau utk Pki Token Listrik, Tlong Buat Pihak PLN jgn Semena2 bgni dlam Bertindak.

      Balas Komentar
    • Dimas Ary prasetyo
      May 17, 2021 at 11:34 pm

      Bisa di perbaiki kinerja kerja nya g PLN BABELAN ini malam mati lampu jam 23.10 WIB mana panas klo mau pemeliharaan listrik tu siang2 jangan malam2 seperti ini orang2 mau tidur kepanasan apa lagi sy ada binatang peliharaan yg tergantung SM listrik klo smpe mati banyak peliharaan sy, sy bisa nuntut ke pengadilan untuk ganti rugi y, GIMANA SIH KINERJA KERJA NYA

      Balas Komentar
    • Dessy Kusumasari
      May 20, 2021 at 2:14 pm

      Voltage di daerah Comal Pemalang, wetan pasar voltage selalu rendah, kulkas, AC gak bisa dingin udah setengah tahun lbih dan sudah lapor ke PLN Tumbal dan Pemalang ber kali2 tapi hanya dicatat dan tidak ada petugas PLN datang sampai hari ini…bagaimana ini pelayanan PLN…mohon diperhatikan kami yang di kota kecil ini

      Balas Komentar
      • Dessy Kusumasari
        May 20, 2021 at 2:17 pm

        Saya tambahkan alamat saya Tk onderdil sepeda TLH, Jl A. Yani no 62, Comal Pemalang Jateng no HP: 087733528310, telp rumah: 0285-577486
        Mohon perhatiannya bapak2 di PLN

        Balas Komentar
    • Ade
      May 24, 2021 at 10:26 pm

      Di kampung Tanjakan RT 07 RW 03 kenapa sering mati lampu sebelah ya? Pada hal saya bayar listrik jg, nah sekarang mati lampu lagi, udah hidup langsung mati lg, tolong dibantu, tks

      Balas Komentar
    • caraservis.my.id
      June 7, 2021 at 8:34 pm

      setelah membaca artikel ini saya jadi bisa mengajukan keluhan saya pada pln walaupun saya harus kehilang 2 token karena telah saya input berkali-kali. tapi setelah petugas pln datang alhadulilah masalah terselesaikan.

      Balas Komentar
    • Mufrodi
      June 10, 2021 at 6:32 pm

      Assallamu’allaikum
      Ma’ap sebelum nya
      Knpa ya setiap bulan tagihan listrik kami semakin naik dan naik trus
      Pda hal pemakaian di kurangi tp tagihan semakin tinggi
      Kami org kecil sedikit nya kami mengeluh semakin tinggi nya ats tagihan nya.
      Dan kenapa rumah kami sering mengalami padam/mati listrik sedangkan rumah tetangga tidak pernh padam
      Padam hanya rumah kami sendiri terkadang kami bingung sendiri.
      Terimakasih.

      Balas Komentar
    • Mukhtar
      July 26, 2021 at 5:32 am

      saya sudah beli pulsa listrik 100 rb tp pas saya input nmrnya selalu gagal, pas saya coba beli yang kedua kalinya 50 rb langsung sukses pengimputannya , jadi yg 100 rb melayang saja ? tolong pihak pln perhatikan yg begini, dasaar

      Balas Komentar
    • Margono
      August 5, 2021 at 10:44 pm

      saya sudah membayar kwh 2200 , cuma kendala pada tiang listriky,apa yang saya harus lakukan,…..padahal rumah saya ditengah-tengah kota kalau dari depan membutuhkan 4 tiang listrik dan dari belakang 2 tiang listrik.(pangkalpinang ) dan saya tanya pegawaiy tdk ada jawaban.

      Balas Komentar
    • Panasan
      August 11, 2021 at 12:37 am

      Ya Ampun Mati lampu jam 12 malam waktunya org istrhat. Tlg dipercepat pak. Daerah Gubeng Kertajaya. udah PPKM lampu mati sepi pula. ngelancarin maling aja. Ada Gardu Kawasan Terang PLN tapi mati terus.🙏🏻🙏🏻

      Balas Komentar
    • rohmatalfiah@gmail.com
      August 13, 2021 at 7:37 pm

      Listrik di kontrakan saya mati di tetanga Yala tolong bantuan nya

      Balas Komentar
    • LENI MARISOL
      August 30, 2021 at 1:15 pm

      BULAN INI KENAPA BAYAR LISTRIK NAIK NYA DRASTIS,SEBELUMNYA PALING TINGGI BAYAR LISTRI 80.000 KURANG,PADAHAL PEMAKAIAN BIASA SAJA.

      Balas Komentar
    • Kt Merta Suyasa
      August 31, 2021 at 11:17 am

      ID No: 551520007484 belum di buka segel sudah bayar dan sudah lapor 124 kode lapor : T2045QR

      Balas Komentar
    • Sinamo
      September 4, 2021 at 5:16 pm

      Tolong lampu di ruko saya mati padahal di sebelah saya hidup semua tadi saya cek dan coba turuni n kontak nya ada percikan mohon batuannya

      Balas Komentar
    • Mahwa
      September 7, 2021 at 12:10 am

      Ini rumah saya ma tetangga saya mati listrik cuman 2 rumah mohonbantuan’y
      Awal’y sayakira sepaneng turun….eh gak tau’y listik padam dan saya kira mati lampu kok gak tau’y cuman 2 rumah ya….alamat saya jalan Sunter jaya 6 A puloharapan RT 021 RW 07

      Balas Komentar
    • Danish
      September 17, 2021 at 3:25 am

      Ni knpa ya pak kok saya beli token ga bisa² no tidah SAH terus,ap belom nikah jdi belom sah😁,pembatasan beli dri jm 23-01 lah ni udah jm 03 belom bisa juga beli online,coba pak pencerahan’y gimna

      Balas Komentar
    • Pelanggan PLN yg kecewa
      October 6, 2021 at 3:38 pm

      Saya kecewa sekali dengan pihak PLN karena ibu saya dikenakan denda 10 juta pdhal beliau tidak tahu menahu tentang pengiritan pulsa yg di pasang di mesin listrik di rumah beliau. Ibu sayapun tidak bekerja Dan tidak Ada pemasukan sama sekali kecuali dari anak2nya. Pihak PLN mengatakan bahwa itu hal itu bisa terjadi atas kesepakatan kedua belah pihak antara pemilik rumah dan pihak PLN pada Saat pemasangan. Ibu saya tidak tahu menahu tentang hal itu pada Saat rumah dibeli dan ibu sayapun hampir tidak prnh tinggal di rmh itu. Saya menyarankan ke pihak PLN untuk menelusuri siapa yg melakukan instalasi pertama kali Dan pihak PLN mengatakan tidak memiliki data tersebut. Hello…Jaman sekarang semua sudah terprogram di komputer Dan menurut saya tidak mungkin pihak PLN tidak tahu tentang hal tersebut. Dari pihak PLN pun tidak Ada kebijaksanaan sedikitpun. Bagaimana kita mau percaya pihak PLN untuk pemasangan listrik baru jika hal seperti ini terjadi Dan denda di bebankan kepada pemilik rumah tersebut tanpa ada kesepakatan Dan hanya bisa menakut-nakuti pelanggan. Semoga berkah ya PLN

      Balas Komentar

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah

    86 Komentar

    • Ade oktaria nur
      August 20, 2019 at 10:23 pm

      Ini rumah saya ma tetangga saya mati listrik cuman 2 rumah mohonbantuan’y
      Awal’y sayakira sepaneng turun….eh gak tau’y listik padam dan saya kira mati lampu kok gak tau’y cuman 2 rumah ya….alamat saya Ds.karang asem.kab.sumber.kec.plumbon rt01/01 depan batalion arhanud se14

      Balas Komentar
    • Eddy
      August 21, 2019 at 8:29 pm

      Saya ada keluhan dari pihak PLN,,saklar listrik di rumah saya di lepas dan saya telp pihak PLN tidak ada respon sama sekali,,saya merasa kecewa oleh pihak PLN lambat respon tapi bayar listrik harus tepat waktu dan pelayanan dari pihak PLN pun tidak ada sama sekali..terlalu slow respom dan apabila ada keluhan langsung di tindak lanjuti jangan hanya folow2 saja dan kita juga perlu kerja nyata bukan hanya pemanis bibir…

      Balas Komentar
      • Hartadi
        February 6, 2021 at 9:22 pm

        Nasib yg sama menimpa diriku hari ini…..operator 024 123 jawabannya seperti mesin….. PLN tolong operatornya di training Customer Satisfaction bukan sekedar CS saja…

        Balas Komentar
      • Joko
        October 19, 2021 at 1:58 pm

        Gue lagi ranked jangan mati lah tod lagi lawan badut

        Balas Komentar
    • Sukamto
      August 22, 2019 at 7:57 am

      Tagihan listrik bulan agustus kok terlalu besar 10 X lipat dari boasa nya.

      Balas Komentar
    • Andhika
      August 23, 2019 at 3:00 am

      Di cikupa tanggerang jalan raya Serang desa bojong hari ini sudah 4x mati tolong dong di perbaikin soalnya bisa merusak elektronik saya kulkas komputer dll

      Balas Komentar
    • ADE SULAELY
      August 23, 2019 at 9:22 pm

      Agak lelah saya dengan pengaduan dan tanggapan dari pihak PLN yg kurang responsip… meteran di rmah saya melibihi angka meteran yg ada di PLN CIKARANG SELATAN… tapi kenapa baru sekarang setelah saya komplain baru ada pemberi tauhan tentang kekurangan tagihan yg mencapai cukup lumayan angka nya buat saya..

      Balas Komentar
    • Junaidi
      August 24, 2019 at 6:17 pm

      Tolong di perhatikan rt.06/06 slalu mati tiba2 tolong di benahi turun lampu cara tiba yg begini klo ada masyarakat ngeluh alasan gardu lama2 nnti gardu PLN sy bakar percuma pringatan dr PLN gk ada selembaran hampir setiap hari mati tolong di benahi begini barang rusak klo mati lampu terus siapa yg mai tangging jawab ini pringatan buat PLN

      Balas Komentar
    • Yogi
      August 27, 2019 at 12:29 am

      Thanks PLN sejam lalu mati lampu daerah saya susukan kec Ciracas gang makmur saya telpon ga sampe15 menit orang PLN datang dan lampu langsung nyala thanks atas sigap nya dan cepat sampe sucses slalu

      Balas Komentar
    • Lia
      August 27, 2019 at 12:31 am

      Sering mati lampu dan ini malem mlem juga mati . Jadi ga bisa beristirahat

      Balas Komentar
    • hendra Suhartono
      August 27, 2019 at 4:21 am

      Says mau mnyampaikan keluhan kelistrikan di rumah saya alamat.jln masjid al-munir Gg Mawar rt 12 / 02 no.4kel Kec Makasar Jakarta Timur indicator warning pd listrik utama nyala menyebabkan PCB slalu turun /jeklek

      Balas Komentar
    • Bonar
      August 27, 2019 at 7:39 am

      Rumah jl A . Yani I blok A. No 20 Rawamangun benerapa kali mati listriknya

      Balas Komentar
    • Sri
      August 28, 2019 at 2:34 pm

      Hari ini mati lampu di Bintaro sektor 3, dalam bulan Agustus sudah 3 kali mati lampu

      Balas Komentar
    • Ardiansyah
      August 28, 2019 at 4:19 pm

      Pak tolong untuk pemasngn kWh diarea Cibinong dipercepat biasanya ga smpe 10 hari kerja udh trpasng ini udh 2 Minggu blm jg alsannya stok kWh kosong gmna ini

      Balas Komentar
    • Taman sanjaya
      August 29, 2019 at 1:38 pm

      Akhir2 ini PLN sering mati, tidak jelas penyebabnya padahal harga udah tidak di subsidi lagi sy kecewa dengan pelayanan pln, tolong dong diperhatikan…

      Balas Komentar
    • Sharp2
      September 1, 2019 at 1:53 am

      Sudah menxoba melakukan pengaduan melalui PLN Mobile ternyata sangat mengecewakan. Saya pikir cepat responnya tetapi ditunggu berjam-jam tetap tidak ada balasannya.. yah akhirnya balik lagi via pengaduan call center namun setelah mendapat no aduan juga tindak lanjutnya lama juta. Oh PLN ku… mengapa engkau begitu?

      Balas Komentar
    • Supriyono
      September 1, 2019 at 3:10 pm

      NCB meteran listrik di rumah saya rusak, biasanya kl overload langsung dinaik kan NCB nya bisa ini sdh di naik kan tapi tetap tdk ada stroom, mhn bantuannya trimakasih.

      Balas Komentar
    • Melref gunadi
      September 2, 2019 at 10:02 am

      Saya punya masalah dengan tegangan tinggi diatas teras rumah saya dengan alamat komplek unand blok D1/10 No:13 ulu gadut padang.dengan jarak 50 cm diatas seng atap rumah ..apakah akan menyebabkan bahaya radiasi dan sentrum listrik..dan bisa ngak kabel tersebut dipakai kabel isolasi yg sudah dipasang di jalur utama..sebelum jatuh korban saya mohon imformasi dari bapak/ibuk PLN ,atas kerja samanya saya ucapkan tksh

      Balas Komentar
    • Tonny
      September 2, 2019 at 11:03 pm

      Malam pak, kenapa listrik di wilayah duri kepa Kebon jeruk sering padam . Seminggu bisa 2-3 kali .peralatan elektronik saya pada rusak semua. Pelayanan PLN semakin hari bukan semakin baik, malahan semakin hati semakin buruk. Mohon perhatian khusus wilayah duri kepa Kebon jeruk. Terima kasih

      Balas Komentar
    • Sulis maryono
      September 3, 2019 at 1:04 am

      Kepada pln pusat tolong di cek di jln malaka hb.rt 020 rw.006.kel.rorotan.kec.cilincing.jakarta utara.di indikasi kan di perumahan kita banyak yg menyalah gunakan listrik.trimakasih

      Balas Komentar
    • Wawan Hermawan
      September 3, 2019 at 3:08 pm

      Pembayaran Listrik Bulan September 2019 408.470, bukannya ada potongan 50-70%. padahalpemakaian sehemat2nya. mohon di tindak lanjuti, sekian dan terima kasih

      Balas Komentar
    • Dewi
      September 3, 2019 at 4:33 pm

      Mau tanya katanya ada kompensasi yang pemadaman tea lama tapi bulan ini saya beli token ga rubah sama aja dapatnya 72.6 pembelian 100ribu tidak ada penambahan token untuk kWh bertambah yang no pelanggannya yg ini coba kapan dapatnya 45043409668 kabarin makasih

      Balas Komentar
    • Pino
      September 4, 2019 at 11:09 am

      Saya soepeno tinggal ditempt kerja Jl Galaxy Bumi Permai f2/5_6 surabaya .begini saya memberitahukan saya dlm 1mggu ini lewat dpn rute ITS lampu jln dari dpn nyala kl malam hari trus mendekati bunderan arah mulyasari sekitar 300-500 mtr lampu jln tidak nyala dan saya pikir mati sebagian besok lewat kok masi mati kl gelap takute terjadi hal hal ga bagus di jln itu ole karena itu saya melaporkan supaya jln terang dan org kewat merasa nyaman trimakasih atas bantuannya .

      Balas Komentar
    • Yogi setiawan
      September 5, 2019 at 6:07 am

      Tidak puas dengan pelayana petugas pln desa pakalongan kecamtan sodonghilir

      Balas Komentar
    • khoerun
      September 5, 2019 at 1:59 pm

      kenapa kwh kami ada tulisan periksa

      Balas Komentar
    • narsita
      December 30, 2019 at 8:39 pm

      rumah saya pakai token listrik 1 bln cma bsa ngisi 130 sedang kan 1 rumah banyak isi nya otomatis tidak cukup kalau minta di tambah perbulan 200 kira2 bisa tidak mhn balasan nya soal nya sudah tidah bsa di isi lagi

      Balas Komentar
    • ponco sembodo
      December 30, 2019 at 9:25 pm

      saya ingin tanggapan …bagaimana pemasangan listrik terpisah di suatu unit di apartemen di area bogor dan biar ditanggani oleh pln langsung seperti di perumahan biasa

      Balas Komentar
    • Ujhe
      January 1, 2020 at 2:46 pm

      Tertanggal 1/1/20
      Padam listrik dari pagi hingga saat ini pukul 15.00
      Yg bertanggung jawab atas pihak terkait bagaimana ini? Listrik adalah kebutuhan.tolong segera respon dan progress.trima kasi

      Balas Komentar
    • Sumarto
      May 19, 2020 at 4:09 pm

      Kenapa angka d meteran beda sama angka di tagihan listrik prabayar.,
      Jadi Naik nya ampir 100%
      Tolong kasih penjelasan nya.

      Balas Komentar
    • Arya
      May 20, 2020 at 1:08 am

      Ini didaerah Cibubur mati lampu dari jam 10 sampe jam 1 malam tolong dinyalakan . Karena saya punya anak bayi tidak bisa tidur jika keadaan mati seperti ini.

      Balas Komentar
    • Firdaus
      July 10, 2020 at 10:40 pm

      Saya merasa benar 2 sangat kecewa dengan pelayanan PLN yang tidak segera melakukan perbaikan pada gangguan listrik saya dari jam 14.00-22.39 malam tidak satupun petugas datang memeriksa keadaan / gangguan yg saya alami

      Balas Komentar
    • Pengguna listrik token bukan boleh nyuri
      September 25, 2020 at 10:37 pm

      Maaf seblumnya saya mau laporan listrik di jalur saya sering mati tiba”.
      Karna kurang setrum
      Di karnakan banyak yg nyuntik/nyuri sterum untuk ngelas..
      Mohon pihak pln untuk bertidak tegas
      Kami membeli token bukan gratis.. yg lain enak tinggal pake untuk kepentingan pribadi untuk ngelas….
      Mohon dengan sangat pihak pln untuk merajia setiap kwh rumah masing.
      Alamat saya.kp sawah rt02 rw03.desa pamegarsari.kec.parung kab. Bogor.
      Di mohon dengan sangat.🙏🙏🙏

      Balas Komentar
    • Zulkifli Achmad
      October 1, 2020 at 1:59 pm

      Kami dituduh pihak PLN membuat meteran mati hingga ditagih 18 juta di Surabaya tg perak
      Sedangkan pemasangan listrik atau membegal keluarga kami tidak tahu,
      Kemana kami harus mengadu

      Balas Komentar
    • Fira
      October 4, 2020 at 6:39 pm

      Mohon ditindaklanjuti lampu pada di BTN Minasa Upa blok D 4 Makassar..
      Sudah sejak lebih belum ada perubahan..
      Terimakasih

      Balas Komentar
    • Jonsu
      October 10, 2020 at 9:07 pm

      Tdk heran PLN skrg jd jeblok,pencurian listrik dimana2 tp seolah2 tutup mata,katanya PLN merugi,kl menurut saya ya wajar ya..!! tdk ada pembenahan dr dalam,seperti pencurian tegangan yg masih marak tdk ad tindakan tegas padahal kejadianya persis banget dipinggir jalan raya (besar) masa sihh gak kedetect sama alat PLN yg katanya super canggih?? apa ada “PERMAINAN” antara pemilik bangunan dgn pejabat PLN setempat? ini jd tanda tanya besar bagi saya..krn saya selaku pelanggan PLN merasa tdk diperlakukan sama dgn yg lain…disaat pulsa token saya habis maka listrik dirumah saya padam,tp disisi lain saya menyaksikan ada pencurian listrik yg semena2..bayangin saja kontrakan 10 pintu dan didalamnya juga ada pekerjaan yg menggunakan mesin2 berdaya tinggi dgn enaknya menikmati listrik gratis (tdk bayar)
      Dsini saya sertakan alamat pelanggaranya mdh2an ini bisa membntu para petugas PLN yang lain yg masih jujur (krn saya yakin masih ada yg jujur di jajaran PLN )
      Jln.kamal raya rt.07/014 cengkareng barat,cengkareng. Saya yakin dgn alat PLN yg canggih dan petugas yg jujur ini bisa diberantas,tks

      Balas Komentar
    • Nisa Anisa
      October 11, 2020 at 9:36 pm

      MOHON DIBANTU LISTRIK TOKEN SAYA TIDAK BISA DI ISI ULANG .. KENDALA GAGAL . TROS DI LAYAR TOKEN ADA GAMBAR KUNCI . MOHON BANTUAN NYA ..ALAMAT SUKARAMI PALEMBANG

      Balas Komentar
    • Arif
      October 12, 2020 at 8:11 am

      di desa saya alamat dusun gumuk banji 2 RT 004 RW 034 desa kencong kec. kencong kabupaten JEMBER beberapa th ini Tegangan listrik semakin drop hingga 120…masyarakat sering komplen ke PLN kencong tapi tak ada penanganan yg serius..saya merasa kecewa kpd pihak PLN kencong lamban respon tp bayar harus tepat waktu..kita kerja nyata bukan manis di bibir saja

      Balas Komentar
    • fransiska
      October 27, 2020 at 10:45 am

      saya ada keluhan terhadap petugas PLN khususnya di Kecamatan Maurole Kabupaten Ende NTT. sejak tgl 29 September 2020 kami mendaftar dan membayar biaya pemasangan listrik 900 watt Rp.2.000.000 dengan satu titik lampu langsung ke kantor dan diterima oleh petugas penanggungjawab untuk wilayah tersebut yakni RIZAL. Yang membuat saya heran, biaya yang diberikan tidak sesuai dengan brosur PLN (sebelum kami membayar kami sudah konsultasi dengan petugas PLN Kabupaten Ende dan diberikan brosur biaya pemasangan terbaru plus dengan instalasi). Sampai saat ini belum realisasi karena alasan petugas PLN Kec. Maurole tersebut meteran 900 watt masih pengadaan. Selama Itu kah ????????? janji janji datang tapi tidak pernah muncul. akhirnya keluarga mengadu ke kantor setempat.. hari jumat tgl 23 Oktober 2020 petugas tersebut datang dan menawarkan listrik subsidi 450 watt ????!!! MOHON petugas PLN pusat perhatikan kerja pegawai yang berada di kecamatan. Kami bersedia membayar biaya pemasangan listrik reguler agar cepat realisasi. BUKAN mendaftar sebagai pelanggan yang subsidi. BAGAIMANA DENGAN BIAYA YANG SUDAH KAMI BAYAR ???? APAKAH UANG TERSEBUT LENYAP??

      Balas Komentar
    • Arya sakaw
      October 27, 2020 at 5:29 pm

      Mohon bantuanya kususnya buat di madura yang bertempatan di kabupatan sampang kecamatan kedungdung dari pagi mati lampu sampai saat ini blum hidup

      Balas Komentar
    • Lina
      November 3, 2020 at 10:28 am

      Tadi mlm 2 november 2020 di daerah mojoagung jawa timur mati lampu tp cm 4rmh saja krn memang aliran listriknya beda masa iyaa sampe 16.5 jam 😒
      Sdh telp sampe 3x habis pulsa habis batre tp gag ditindaklanjuti dgn alasan di proses2 trs. Katanya sdh didatangi tp gag ada org kan harusnya tau rmh yg gelap yg mana dan depan rmh itu rame msh banyak org tongkrongan kan bisa tny. Tolong yaa untuk pln/pegawainya lebih ditegasi lagi kita jg bayar listrik tepat waktu gag pernah telat dan trmasuk yg gag dapat subsidi dari pemerintah. Secara teori katanya cm 2jam langsung ditangani tp ini buktinya sampe 16.5 jam dan sy pny anak baby coba dibayangkan klo itu menimpa keluarga salah 1 pegawai pln pasti berbagai cara dilakukan kan??? Tolong lebih diperhatikan lagi. Terimakasih 🙏

      Balas Komentar
    • Asror firdaus
      November 17, 2020 at 3:45 pm

      Saya ada keluhan,,kabel JTR di depan rumah saya gelewer kira” 3meter dari tanah setelah tiang yg patah di cabut sama pihak PLN sampai sekarang belum di ganti tiangnya saya rasa PLN terlalu slow respon,

      Balas Komentar
    • wawansetiyadi190@gmail.com
      November 21, 2020 at 12:37 am

      Kenapa listrik di tmpat saya mati sedngkan tmpat tetangga saya hidup semua
      Mohon bantuany
      Alamat desa Telang makmur kecamatan muara Telang
      Jbt 3
      Blok purworejo

      Balas Komentar
      • Dimas Bimawan
        December 7, 2020 at 1:09 pm

        mungkin anda belum bayar

        Balas Komentar
    • Afif
      November 30, 2020 at 12:10 pm

      Saya ingin tanya, apa iya aturan untuk rumah kos semua meteran 5 di jadikan 1 dan tidak boleh di pasan di depan tempat masing per kamar…..
      Mohon jawabanya yg pasti….

      Balas Komentar
    • Jasa
      December 7, 2020 at 10:28 am

      Di Wilayah Kelurahan Argasunya Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon di RT.03 RW.04 Surapandan ada Kabel Tuise PLN Ke rumah dan kabel Tuise tersebut menahan pohon mangga Besar punya Tetangga, kabel Tuis PLN sudah Kencang banget apa lagi sekarang sudah mulai musim Hujan di sertai Angin besar sedangkan pohon besar punya tetangga sudah miring terbawa dahan besar, saya hawatir sewaktu2 pohon tersebut akan tumbang, sudah berkali2 diberi tahukan yang punya pohon tersebut di suruh di tebang malah mengajak ribut dan bertengkar jadi sebaiknya saya mohon bantuannya kepada petugas PLN Kota Cirebon segera menindak lanjuti Permohonan Kami Terima Kasih.

      Balas Komentar
    • Yos santoso
      December 7, 2020 at 11:56 am

      Voltase turun ditempat saya ,sdh telpon menghabiskan pulsa tp GK ada tanggapan ini cara kerja PLN gimana sih ,ada orangnya nggak sih,alamat saya ds tempurejo kresek pesantren Kediri jatim

      Balas Komentar
    • adi haryadi
      December 12, 2020 at 5:39 pm

      PLN MESTINYA BUKA PENGADUAN ONLINE VIA WA SESUAI REGIONAL WILAYAH JARINGAN
      CONTOH WA PLN JAKARTA RAYA
      WA PLN JAWA BARAT
      DLL
      SUPAYA PENGADUAN CEPAT DITANGGAPI

      Balas Komentar
    • HUDAN DARDIRI
      December 15, 2020 at 7:52 pm

      Operatornya tanya ID sebelum laporan gangguan, kita tidak sempat menghapal ID. Padahal sebelumnya langsung ditangani dan lagi nomor tlp saya sudah terdaftar di 123, operator sblumnya saya tlp langsung tau yang tlp, Oh iya… pengaduan setelah mencet no 2 lamanya minta ampun tidak diangkat operator, mana pulsanya mahal banget. Usulan saya PLN menyediakan Hotline gratis tlp dari tlp seculer. Matur terimakasih
      (Meskipun saya pesimis tulisan ini akan segera ditanggapi atau tidak sama sekali, tetap akan saya sampaikan. Keyakinan saya PLN adalah tempat basah/uang, sehingga Bukan sibuk MELAYANI tapi sibuk cari KEUNTUNGAN. Semoga keyakinan saya terbantahkan dengan kinerja yang baik. Aaaaaamiiinnn )

      Balas Komentar
    • Illa
      January 2, 2021 at 5:32 am

      Saya mau menyampaikan keluhan, sudah bayar hampir 300.000 untuk perbaikan listrik di rumah yang selalu “jepret” mati
      Tapi percuma aja gak berhasil dan uang gak kembali
      Ko jadi gini ya PLN

      Balas Komentar
    • winur
      January 2, 2021 at 7:52 pm

      Daftar pasang listrik lama, via web pln123 banyak fitur tidak berfungsi. Banyak istilah yg kurang dan tidak dipahami orang awam. Semoga pln bisa bekerja dg lebih simple.

      Balas Komentar
    • Mentari Fauzia
      January 3, 2021 at 2:58 pm

      Saya Mao tanya rumah saya pakai token listrik ada kebocoran listrik sehingga pulsa token saya cepet abis solusinya Gmna y PLN ??? Di pakai tiap hari kena 1 hari 1000 di tinggal gak di pakai apa” masie ke potong seribu . Tlong donk PLN DTG ke rumah saya . Kompleks rusun damkar Pegadungan Kalideres Cengkareng Jakarta barat RT 11 RW 05 blok f lantai 4 no 20 terimakasih PLN

      Balas Komentar
    • Vanda
      January 4, 2021 at 12:13 pm

      Sampai tanggal 5 Januari, kok tagihan belum ada ya .. Biasanya saya bayar tgl 2 setiap bulan nya sudah siap..
      Kenapa ya
      Padahal saat petugas cek di rumah ketemu dg saya..
      Mohon dibantu apa yg harus saya lakukan
      Kuatir kelupaan
      Tks

      Balas Komentar
    • Vanda
      January 4, 2021 at 12:13 pm

      Sampai tanggal 4 Januari, kok tagihan belum ada ya .. Biasanya saya bayar tgl 2 setiap bulan nya sudah siap..
      Kenapa ya
      Padahal saat petugas cek di rumah ketemu dg saya..
      Mohon dibantu apa yg harus saya lakukan
      Kuatir kelupaan
      Tks

      Balas Komentar
    • Martini
      January 11, 2021 at 10:32 am

      Assalamualaikum
      pak PLN tolong di cek listrik di daerah tajur citeureup RT03/RW03 tajur ci jere,
      Toling di lihat kondisi 1 tiang yg banyak kabel
      jadi listrik nya spaneng pak
      dgn keadaan listrik spaneng bisa merugikan banyak warga pak
      elektronik bisa pada rusak.
      aneh nya spaneng nya klo sdh jam 6

      Balas Komentar
    • Monyet
      January 14, 2021 at 8:55 pm

      Percuma loe ngadu ke pln tapi gak direspon..
      Tai anjing loe pln..
      Kalo mau pemadaman listrik ya full jangan dalam sedesa hanya padam sebagian..
      Dasar pln anjing..

      Balas Komentar
    • Radiansyah
      January 28, 2021 at 1:13 pm

      Pada tanggal 14 januari 2014 ,Tempat usaha saya listrik Mati ,setelah di cek Pulsa Token saya Posisi 0
      dana saya Isi Melalui GPN Gerbang Pulsa Nasional)Online WA….Nilai Rp.20.000 dengan SN.1722-6257-9350-8443-8630 ternyata setelah di Masukan No.SN ,Meteran Baca SUDAH TERPAKAI. dan Coba Saya Beli Lagi yanga Kedua Melalui INDOMARET dengan Nilai Rp.20.000,. SN.4109-8081-2226-5847-8060 dan di masukan No.SN —ternyata Meteran Baca SUDAH TERPAKAI……dan akhirya saya Hubungi PLN 123 ..dan petugas Menelpon dan memeberikan Intruksi agar Memasukan No…………yang diberikan tapi juga gagal….dan pada akhirnya saya minta petugas Datang ….dan Mengintruksikan saya untuk membeli Token Kembali…..serta saya beli Pulsa Token Di INDOMARET kembali senilai Rp.50.0000,. dengan SN6345.8918.9717.6709.10949……dan dimasukan /isi oleh Petugas Berhasi./Hidup……dan saya pertanyakan bagaimana dengan 2 SN saya yang tidak Masuk …merka menyarankan tanyakan dengan INDOMARET….dan saya tanayakan……pembelian kami dengan PLN tanyakan dengan PLN ?…akhirnya saya laporkan Kembali /Pengaduan ke PLN 123 …..singkat cerita saya sudah buat pengaduan ke PLN.123 …sampai 28 Januari ini belum ada Realisasi dan penjelasan Kepada saya sebagai Pelanggan…..jadi kesimpulannya ada Dugaan Kuat Bahwa PLN.Telah menjual PULSA TOKEN YANG SUDAH TERPAKAI kepada Pelangagannya…….dan Pertanyaan Urgennya….Sudah berapa banyak PLN Menjual PULSA TOKEN yang Sudah terpakai kepada pelanggannya. ?……….ditenggarai dan dapat diduga hal ini sudah banyak terjadi atau, ini adalah sebuah SINDIKAT INTERNAL….saya harap PLN Segera menyikapi agar tidak Banyak Korban Lagi….karena saya Pribadi Tidak merasa yakin PLN Menjual SN.yang sudah terpakai…..kalaupun ada ini pasti perbuatan Oknum Oknum Nakal yag bekerja sama atau ada hal lain….segera di SIKAPI…karna demi CITRA PLN

      Balas Komentar
    • Hartadi
      February 6, 2021 at 9:17 pm

      Pengaduan PLN 024 123 SANGAT TIDAK MEMUASKAN, Operatornya seperti ROBOT tidak punya wawasan, sudah laporan 18.46 sampai dengan 21.00 petugas belum juga datang…..jawabannya seperti sy ngomong sama mesin…. Super Defensif 🤔🤔

      Balas Komentar
    • MUHAMMAD AKBAR FAKHRIANSYAH
      February 6, 2021 at 9:21 pm

      Assalamu’alaikum pak, mohon maaf sebelumnya rumah saya mengalami pemadaman mohon bantuannya segera pak kalau bisa mohon sekali 🙏alamat:J.l pasaringin atas nama bapak Eko Fathoni

      Balas Komentar
    • Yenisa
      February 11, 2021 at 8:40 pm

      123 tidak cepat tanggap. Kadang di tlp berulang kali ga di angkat sampai habis pulsa wkwkwk
      Ga stand by PLN
      Nih mati lampu dr sore sampai skrg blm.nyala daerah cideng indah mau ngadu sdh tlp 5 kali ke pln ga diangkat.

      Balas Komentar
    • Pak Heriawan
      February 13, 2021 at 4:01 pm

      Rumah saya mati lampu dari kemarin. Sebelumnya sering turun kalau hujan.

      Balas Komentar
    • Pak Heriawan
      February 13, 2021 at 4:07 pm

      Assalamu’alaykum warahmatullah wabarakatuh..rumah saya mati dari kemarin. Sebelumnya kalau ada hujan sering turun. Apa harus pindah mcb? Alamat: Gg 7 Pade’an bugul lor. Panggungrejo. Terima kasih. Jazakumullah khairan.

      Balas Komentar
    • yono
      February 16, 2021 at 11:45 am

      Yth.dinas gangguan pln jaktim.
      Saat malam hari dan hujan, sy lewat jln.balai pustaka barat.srbrang no 333, atau dpn kavling kosong sdg dbangun.
      Ada tiang listrik dan pju, berhimpitan dg pohon sjenis tanjung kondisi korslet, pijaran api korsleting smpi jatuh ke trotoar jga ke dlm kavling kl 10 m.sangat membahayakan pjalan kaki.dikawatirkan juga tiangnya nyetrum apalagi jk timbul genangan air.
      Mohon periksa
      Demikian disampaikan.terimakasih atas perhatiannya

      Balas Komentar
    • Fadly
      February 19, 2021 at 12:45 am

      Tolong untuk daerah serang Banten Carenang ko gardu kisalam mati lampu

      Balas Komentar
    • Lisa
      March 2, 2021 at 10:26 pm

      Pelayanannya tidak memuaskan. Jm 6 sore smpe jm setengah 11 mlm g datang2. Ank2 pada rewel krn gelap. Ini niat melayani masyarakat pa tdk??

      Balas Komentar
    • Jamli
      March 26, 2021 at 10:01 am

      Mohon perbaikan meteran listrik, karena skring diluar turun dan dinaikkan tidak mau kembali, sehingga sampai sekarang masih mati lampu
      Alamat : Jl. Pramuka I, Blok B, RT. 6, No. 27, Kelurahan Sempaja Selatan, Kecamatan Samarinda Utara, Propinsi Kalimantan Timur, mohon perbaikannnya

      Balas Komentar
    • Untung
      April 4, 2021 at 8:51 am

      Ini sy umkm listrik di tmpat usaha sya hri ini listrik gk stabil , sdh hampir 2 jam , disini ada es cream pemasa fried chicken ampun dah hamsiong sy elektronic klo spaning naik trn , mati hdp trus bgini ..untk pimpinan pln pusat mw daerah mhn perhatikan keadaan yg sprtini kami modal usaha pas -pas an .

      Balas Komentar
    • JULI OKTORIA PARDEDE
      April 10, 2021 at 9:03 pm

      Selamat malam pak, maaf menggangu gini pak di daerah saya lampu nya mati dari tadi sore, dan saya berharap pihak PLN segera menghidupkan lampu di daerah saya, alamat kampung babakan desa tarikolot kec citeureup kabupaten bogor rt 04,rw 02 karena banyak pekerjaan saya yang tertunda akibat lampu mati dari tadi sore mohon kerja sama nya pak
      Selamat malam dan Terimakasih

      Balas Komentar
    • Wasikun eko purnomo
      April 22, 2021 at 4:45 pm

      Bpk/ ibu saya yang awam hanya mau penjelasan dari pln
      Apakan listrik daya 450 mulai bulan ini sudah mulai membayar apa belum?
      Terus terang ada selembaran datang ke rumah yg Isinya akan memutus aliran listrik di rumah saya. Sebelum dan sesudahnya saya yg jelata menghaturkan beribu ribu terimakasih

      Balas Komentar
    • Stevani
      May 4, 2021 at 7:28 pm

      Ckup membingungkan sja Hari ini Tepatnya tggl 4 Mei 2021 Meteran Listrik DiCabut bgtu sja tanpa pemberitahuan kpda kami, posisi Rmh Orgtua DiToli2, Sya Membayar melalui Ktr Pos Daerah Kota Palu, bln April kemaren ternyata sdh ndak msuk Program Gratis lgi, berarti Hya sbln sja keterlambatan, utk msuk bln berikutnya Pertggl 20 Mei dong, kok sdh main Cabut Sja, lagian diByar Cm Beban sja, Biasanya Pihak PLN konfirmasi dulu sm Tetangga, karna Posisi rmh dlam Keadaan Kosong, tiap Bln sya hya Byar Beban sja karna mmg Rmh kosong. Hrusnya ada Konfirmasi Dulu baru lakukan Tindakan Pengcabutan Meteran!!! Pertanyaan Berikutnya knpa hrus Dialihkan kilometer Token Listrik!!! Nah sementara dari kami Pelanggan Tdk Mau utk Pki Token Listrik, Tlong Buat Pihak PLN jgn Semena2 bgni dlam Bertindak.

      Balas Komentar
    • Dimas Ary prasetyo
      May 17, 2021 at 11:34 pm

      Bisa di perbaiki kinerja kerja nya g PLN BABELAN ini malam mati lampu jam 23.10 WIB mana panas klo mau pemeliharaan listrik tu siang2 jangan malam2 seperti ini orang2 mau tidur kepanasan apa lagi sy ada binatang peliharaan yg tergantung SM listrik klo smpe mati banyak peliharaan sy, sy bisa nuntut ke pengadilan untuk ganti rugi y, GIMANA SIH KINERJA KERJA NYA

      Balas Komentar
    • Dessy Kusumasari
      May 20, 2021 at 2:14 pm

      Voltage di daerah Comal Pemalang, wetan pasar voltage selalu rendah, kulkas, AC gak bisa dingin udah setengah tahun lbih dan sudah lapor ke PLN Tumbal dan Pemalang ber kali2 tapi hanya dicatat dan tidak ada petugas PLN datang sampai hari ini…bagaimana ini pelayanan PLN…mohon diperhatikan kami yang di kota kecil ini

      Balas Komentar
      • Dessy Kusumasari
        May 20, 2021 at 2:17 pm

        Saya tambahkan alamat saya Tk onderdil sepeda TLH, Jl A. Yani no 62, Comal Pemalang Jateng no HP: 087733528310, telp rumah: 0285-577486
        Mohon perhatiannya bapak2 di PLN

        Balas Komentar
    • Ade
      May 24, 2021 at 10:26 pm

      Di kampung Tanjakan RT 07 RW 03 kenapa sering mati lampu sebelah ya? Pada hal saya bayar listrik jg, nah sekarang mati lampu lagi, udah hidup langsung mati lg, tolong dibantu, tks

      Balas Komentar
    • caraservis.my.id
      June 7, 2021 at 8:34 pm

      setelah membaca artikel ini saya jadi bisa mengajukan keluhan saya pada pln walaupun saya harus kehilang 2 token karena telah saya input berkali-kali. tapi setelah petugas pln datang alhadulilah masalah terselesaikan.

      Balas Komentar
    • Mufrodi
      June 10, 2021 at 6:32 pm

      Assallamu’allaikum
      Ma’ap sebelum nya
      Knpa ya setiap bulan tagihan listrik kami semakin naik dan naik trus
      Pda hal pemakaian di kurangi tp tagihan semakin tinggi
      Kami org kecil sedikit nya kami mengeluh semakin tinggi nya ats tagihan nya.
      Dan kenapa rumah kami sering mengalami padam/mati listrik sedangkan rumah tetangga tidak pernh padam
      Padam hanya rumah kami sendiri terkadang kami bingung sendiri.
      Terimakasih.

      Balas Komentar
    • Mukhtar
      July 26, 2021 at 5:32 am

      saya sudah beli pulsa listrik 100 rb tp pas saya input nmrnya selalu gagal, pas saya coba beli yang kedua kalinya 50 rb langsung sukses pengimputannya , jadi yg 100 rb melayang saja ? tolong pihak pln perhatikan yg begini, dasaar

      Balas Komentar
    • Margono
      August 5, 2021 at 10:44 pm

      saya sudah membayar kwh 2200 , cuma kendala pada tiang listriky,apa yang saya harus lakukan,…..padahal rumah saya ditengah-tengah kota kalau dari depan membutuhkan 4 tiang listrik dan dari belakang 2 tiang listrik.(pangkalpinang ) dan saya tanya pegawaiy tdk ada jawaban.

      Balas Komentar
    • Panasan
      August 11, 2021 at 12:37 am

      Ya Ampun Mati lampu jam 12 malam waktunya org istrhat. Tlg dipercepat pak. Daerah Gubeng Kertajaya. udah PPKM lampu mati sepi pula. ngelancarin maling aja. Ada Gardu Kawasan Terang PLN tapi mati terus.🙏🏻🙏🏻

      Balas Komentar
    • rohmatalfiah@gmail.com
      August 13, 2021 at 7:37 pm

      Listrik di kontrakan saya mati di tetanga Yala tolong bantuan nya

      Balas Komentar
    • LENI MARISOL
      August 30, 2021 at 1:15 pm

      BULAN INI KENAPA BAYAR LISTRIK NAIK NYA DRASTIS,SEBELUMNYA PALING TINGGI BAYAR LISTRI 80.000 KURANG,PADAHAL PEMAKAIAN BIASA SAJA.

      Balas Komentar
    • Kt Merta Suyasa
      August 31, 2021 at 11:17 am

      ID No: 551520007484 belum di buka segel sudah bayar dan sudah lapor 124 kode lapor : T2045QR

      Balas Komentar
    • Sinamo
      September 4, 2021 at 5:16 pm

      Tolong lampu di ruko saya mati padahal di sebelah saya hidup semua tadi saya cek dan coba turuni n kontak nya ada percikan mohon batuannya

      Balas Komentar
    • Mahwa
      September 7, 2021 at 12:10 am

      Ini rumah saya ma tetangga saya mati listrik cuman 2 rumah mohonbantuan’y
      Awal’y sayakira sepaneng turun….eh gak tau’y listik padam dan saya kira mati lampu kok gak tau’y cuman 2 rumah ya….alamat saya jalan Sunter jaya 6 A puloharapan RT 021 RW 07

      Balas Komentar
    • Danish
      September 17, 2021 at 3:25 am

      Ni knpa ya pak kok saya beli token ga bisa² no tidah SAH terus,ap belom nikah jdi belom sah😁,pembatasan beli dri jm 23-01 lah ni udah jm 03 belom bisa juga beli online,coba pak pencerahan’y gimna

      Balas Komentar
    • Pelanggan PLN yg kecewa
      October 6, 2021 at 3:38 pm

      Saya kecewa sekali dengan pihak PLN karena ibu saya dikenakan denda 10 juta pdhal beliau tidak tahu menahu tentang pengiritan pulsa yg di pasang di mesin listrik di rumah beliau. Ibu sayapun tidak bekerja Dan tidak Ada pemasukan sama sekali kecuali dari anak2nya. Pihak PLN mengatakan bahwa itu hal itu bisa terjadi atas kesepakatan kedua belah pihak antara pemilik rumah dan pihak PLN pada Saat pemasangan. Ibu saya tidak tahu menahu tentang hal itu pada Saat rumah dibeli dan ibu sayapun hampir tidak prnh tinggal di rmh itu. Saya menyarankan ke pihak PLN untuk menelusuri siapa yg melakukan instalasi pertama kali Dan pihak PLN mengatakan tidak memiliki data tersebut. Hello…Jaman sekarang semua sudah terprogram di komputer Dan menurut saya tidak mungkin pihak PLN tidak tahu tentang hal tersebut. Dari pihak PLN pun tidak Ada kebijaksanaan sedikitpun. Bagaimana kita mau percaya pihak PLN untuk pemasangan listrik baru jika hal seperti ini terjadi Dan denda di bebankan kepada pemilik rumah tersebut tanpa ada kesepakatan Dan hanya bisa menakut-nakuti pelanggan. Semoga berkah ya PLN

      Balas Komentar