Follow Us

  • Share

    Berapakah Harga Power Bank yang Layak untuk Dibeli?

    Power bank saat ini ibarat pelengkap yang wajib dibawa kemana-mana oleh para pemilik ponsel cerdas. Seiring dengan berkembangnya teknologi yang dimiliki oleh ponsel-ponsel cerdas 2017, maka meningkat pula kebutuhan kita akan daya baterai. Sudah tentu tidak mungkin produsen ponsel cerdas membuat baterai berdaya tinggi namun mengorbankan ukuran ponsel. Salah satu solusi yang dapat Anda pilih adalah dengan membeli power bank.

    Ada banyak pertimbangan yang dapat dilakukan bagi Anda yang baru ingin membeli power bank, berikut kami rangkum beberapa informasi yang dapat Anda gunakan sebagai pertimbangan untuk membeli power bank Anda.

    Harga Power Bank


    Faktor Utama dalam Memilih Power Bank

    Bagi Anda yang sudah lama memanfaatkan power bank sebagai daya cadangan ponsel Anda, mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan harga-harga dan kualitas power bank. Namun kami membuat artikel ini dengan tujuan membantu Anda yang belum pernah membeli power bank.

    Kebanyakan pertanyaan yang muncul pertama kali sebelum membeli power bank adalah, berapa harga power bank yang bagus? Atau berapakah harga power bank murah yang layak untuk dibeli? Sebagaimana ketika Anda ingin membeli barang-barang lain.

    Yang sering juga menjadi pertanyaan bagi Anda yang baru pertama kali membeli sebuah power bank adalah, berapa kali sebuah power bank dapat mengisi daya baterai ponsel Anda hinga penuh. Untuk menjawab pertanyaaan itu pada dasarnya ada 3 faktor utama.

    Faktor yang pertama adalah bergantung kepada power conversion rate yang dimiliki oleh power bank tersebut, maksudnya berapa persen dari seluruh daya power bank yang dapat diubah untuk mengisi ulang baterai ponsel Anda. Rata-rata power bank saat ini memiliki power conversion rate berkisar antara 80%-90%.

    Sederhananya, power bank dengan kapasitas penyimpanan 10.000 mAh dan power conversion rate sebesar 90% berarti dapat mengeluarkan maksimal sebanyak 9.000 mAh daya untuk diisikan kepada ponsel yang Anda miliki.Faktor kedua adalah berasal dari baterai ponsel yang Anda miliki.

    Kondisi baterai ponsel yang baik sudah tentu dapat diisi daya oleh power bank dengan jauh lebih efektif dibandingkan jika kondisi baterai ponsel Anda sudah “tidak sehat” lagi.Faktor terakhir adalah siklus pengisian daya yang dimiliki power bank Anda. Hal ini bergantung kepada jenis sel baterai yang dimiliki oleh masing-masing power bank.

    Dari ketiga faktor tersebut, jika anda ingin menghitung secara matematis terkait performa sebuah power bank adalah dengan cara mengalikan kapasitas power bank dengan conversion rate dengan phone battery health rate lalu semuanya dibagi dengan kapasitas baterai ponsel.


    Mana yang Benar-Benar Anda Butuhkan

    Membeli power bank bukan hanya sekadar menghitung ketiga faktor diatas dan menimbang-nimbang harga power bank tersebut sesuai dengan uang yang Anda miliki. Sebagaimana fungsi utamanya, sebelum membeli power bank Anda harus mempertimbangkan kapasitas yang benar-benar Anda butuhkan.

    Secara umum power bank tersedia dengan ukuran 1.500 mAh, 5.200 mAh, 8.400 mAh, 10.000 mAh, 11.200 mAh, hingga 20.100 mAh. Secara kasar power bank dengan ukuran 5.200 mAh dapat mengisi satu ponsel rata-rata sekali pengisian penuh, dan seterusnya.

    Kemampuan ini dapat Anda pertimbangkan berdasarkan aktivitas harian Anda, kebutuhan dan seberapa sering Anda menggunakan gadget, hingga berapa banyak perangkat yang Anda punya.

    Hanya satu aturan umum pembelian power bank yang harus Anda pegang, jangan pernah membeli power bank bekas, karena power bank dengan sel baterai bekas sudah pasti tidak akan memiliki kualitas yang baik, karena semakin lama penggunaan power bank akan semakin memperburuk performanya.

    Meskipun harga power bank bekas akan lebih murah, kami tetap menyarankan Anda membeli power bank baru dengan harga yang “agak” lebih mahal.


    Kapabilitas Pengisian Daya USB

    Saat ini kebanyakan power bank sudah “menjual” sekaligus kabel yang menyatu dengan perangkat power bank nya. Hal ini tentu dapat menjadi salah satu pertimbangan bagi Anda, terutama bagi Anda yang mencintai kepraktisan, serta bagi Anda yang memiliki banyak perangkat setiap kali beraktivitas.

    Dengan kabel yang sudah menyatu dengan bodi power bank, tentu Anda tidak perlu membawa banyak kabel tambahan setiap kali harus bepergian.

    mophie powerstation plus - harga power bank
    Mophie Powerstation Plus

    Selain itu Anda juga bisa menyesuaikan jenis USB yang tersedia pada merk-merk tertentu. Namun pada umumnya saat ini power bank yang dijual sudah menyediakan colokan USB tipe C yang tentu menambah nilainya.

    Yang perlu diperhatikan adalah, semakin baik kualitas power bank yang dijual pada umumnya akan semakin banyak set konektor yang disediakan, misalnya tersedianya colokan charger untuk Apple sekaligus Samsung, dan Sony.

    Salah satu contoh yang dapat Anda lihat adalah Mophie Powerstation Plus. Biasanya semakin canggih kapabilitasnya maka akan sebanding dengan kenaikan harga power bank yang tersedia.


    Portabilitas

    Salah satu hal yang “dijual” oleh para produsen pembuat power bank adalah portabilitas atau kepraktisan yang dimiliki. Kelebihan dari power bank adalah, Anda dapat melakukan pengisian daya ponsel ulang bahkan sambil berjalan, tanpa harus menemukan colokan listrik di dinding.

    LinearFlux Lithium Card Pro - Harga Power Bank
    LinearFlux Lithium Card Pro

    Saat ini banyak tersedia power bank dengan berbagai macam desain mulai dari yang simple, tipis, hingga yang dapat dimasukkan ke dalam kantong baju Anda. Beberapa power bank yang menurut kami simple dan memiiki nilai portabilitas tinggi misalnya Emtec Power Pouch, Mophie Powerstation Plus, ataupun LinearFlux Lithium Card Pro.

    Meskipun demikian, seringkali beberapa pengguna power bank lebih mementingkan daya daripada ukuran dan portabilitas. Yang manapun yang Anda pilih menurut kami tidaklah masalah.

    Lebih penting perhatikan harga power bank yang Anda pilih, tidak mungkin power bank dengan daya besar, harga murah, namun memiliki kualitas yang baik. Harga power bank menurut kami tetap menjadi salah satu faktor yang dapat Anda lihat.


    Harga Power Bank

    Barangkali faktor terakhir ini lah yang paling banyak menjadi pertimbangan bagi Anda yang ingin membeli power bank baru. Kami secara umum hanya ingin mengingatkan Anda dengan idiom “ada harga ada barang”.

    Semakin mahal power bank yang dijual, selama kapasitas, portabilitas, dan durabilitasnya baik tentu saja akan lebih baik Anda beli ketimbang power bank dengan kapasitas tinggi harga murah namun portabilitas dan durabilitas yang dipertanyakan.

    Namun bukan berarti kami tidak memperkenankan Anda membeli power bank yang murah. Berbekal beberapa ilmu yang kami bagikan di artikel ini, silahkan Anda memilih power bank yang kira-kira cocok dengan diri Anda.

    Hanya saja sekali lagi, jangan pernah memilih hanya karena Anda melihat harga power bank yang sangat miring. Bukan hanya kemampuan pengisian yang dipertanyakan, bisa jadi perangkat yang Anda miliki justru malah rusak karena power bank yang Anda beli.

    Beberapa power bank dengan harga dibawah Rp300.000,- yang cocok Anda beli misalnya:

    Xiaomi Original Slim Powerbank 5.000 mAh (Rp180.000,-),

    Xiaomi Powerbank 5.200 mAh (Rp198.000,-),

    Xiaomi Powerbank 10.000 mAh Original (Rp210.000,-),

    Yoobao Magic Wand Power Bank 5.200 mAh (Rp170.000,-),

    Yoobao Master Power Bank 6.000 mAh (Rp135.000,-), ataupun

    Hippo Viure Power Bank 20.000 mAh (Rp290.000,-).

    Jadi berapakah harga power bank murah yang layak Anda beli? Jawabannya adalah terserah Anda. Semua itu bergantung kepada Anda selaku pengguna. Kami disini hanya membantu Anda untuk memilih, dan selebihnya adalah sangat bergantung kepada keseharian Anda serta jenis dan jumlah perangkat yang Anda miliki.

    Beli Pulsa di Sepulsa

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah