Follow Us

  • Share

    Yang Baru & Seru di Momen Graduation ALTA Batch 2, Simak Yuk!

    Hai semuanya! Sudah pada kenal dan tahu program belajar koding gratis atau Coding Bootcamp Alpha Tech Academy?

    Kali ini, Alpha Tech Academy sudah punya generasi kedua yang lulus di akhir bulan April 2019 kemarin, lho! Bisa dibilang Batch 2 dari Alpha Tech Academy ini adalah Batch yang cukup spesial. Sebab, di periode Batch 2 ini, banyak yang baru dari Alpha Tech Academy. Apa aja sih? Berikut ini ulasannya untuk kamu.

    1. Terbagi Menjadi 2 Program: Full-Stack Engineer & Quality Engineer

    Di Alpha Tech Academy Batch 1, baru tersedia satu program pembelajaran yaitu Full-Stack Engineer. Sementara di Batch 2 ini, sudah tersedia dua program pembelajaran yang bisa dipilih para mentee dan calon mentee di generasi atau Batch berikutnya, yaitu Full-Stack Engineer & Quality Engineer.

    Full-Stack Engineer Program adalah program pelatihan yang akan memberikan kamu kesempatan untuk belajar dan berlatih menjadi Sofware Engineer profesional dalam waktu 3 bulan. Kamu akan belajar banyak tentang bahasa pemrograman, membuat konsep back-end apps microservice dan client-side apps, dan merilis sendiri aplikasi atau situs buatanmu. Setelah lulus dari program ini, kamu akan bergabung ke dalam Tim Software Engineer dari Alterra.

    Quality Engineer Program adalah program pelatihan yang akan memberikan kamu kesempatan untuk belajar dan berlatih menjadi Quality Engineer dalam waktu 3 bulan. Kamu akan belajar banyak tentang software testing, bahasa pemrograman, analisis software serta langkah-langkah mengevaluasinya untuk memastikan kualitas dari sebuah produk yang akan dirilis. Nah, setelah lulus, kamu juga akan bergabung ke dalam Tim Quality Engineer dari Alterra.

    2. Alpha Tech Academy Resmi Berubah Nama Menjadi Alterra Academy 

    Diresmikan oleh Mas Ananto Wibisono, CEO dari Alterra, per 11 April 2019 kemarin, Alpha Tech Academy resmi berganti nama menjadi Alterra Academy (ALTA), yang sejalan dengan rebranding perusahaan menjadi Alterra Group. Jadi, kalau Batch 1 & Batch 2 masih menggunakan nama Alpha Tech Academy, buat Batch 3 nanti sudah resmi menjadi Alterra Academy, yaa.

    Nah, buat kamu yang tertarik di bidang IT dan ingin menjadi profesional tech talent, kamu bisa mendaftar dan bergabung dalam Alterra Academy Batch 3 yang pelatihannya akan berlangsung bulan Juni sampai September 2019. Untuk pendaftarannya, saat ini masih dibuka hingga 25 Mei 2019. Silakan cek di https://academy.alphatech.id/ untuk informasi selengkapnya seputar pendaftaran.


    Alterra Academy Batch 2: Februari – April 2019

    Alterra Academy Batch 2 2019

    Kalau di Batch 1 ada 700 orang yang mendaftar ALTA, di Batch 2, antusiasmenya terlihat semakin tinggi, sebab jumlah pendaftar 3 kali lipat lebih banyak: ada sekitar 2.000 orang. Sementara, total yang lolos seleksi dan resmi menjadi mentees ALTA Batch 2 ada sekitar 30 orang. Kurang lebih sama dengan Batch 1, program pelatihan di ALTA terbagi atas 3 fase pembelajaran, yaitu:

    1. Fase pertama adalah fase fundamental, di mana peserta atau mentees mempelajari dasar-dasar dan bahasa pemrograman, logic, hingga problem solving. 
    2. Fase kedua adalah fase software development & testing, di mana peserta atau mentees diberikan materi pembelajaran mengenai konsep-konsep pengembangan dan pengujian sebuah aplikasi yang akan dirilis.
    3. Fase ketiga adalah fase final project, di mana peserta atau mentees akan diminta berkolaborasi dalam tim. Untuk program Full-Stack Engineer, setiap tim akan diminta untuk menciptakan sebuah aplikasi yang bisa memberikan banyak manfaat. Sementara untuk program Quality-Engineer, setiap tim diminta untuk melakukan langkah-langkah testing pada aplikasi dan berbagai produk digital di Alterra.

    Di setiap fase pembelajaran, ada ujian serta penilaian yang diberikan oleh mentor kepada para mentees untuk menentukan layak atau tidaknya setiap mentee untuk lanjut ke fase berikutnya.

    Ada 17 Mentees yang Lulus dari Program Full-Stack Engineer ALTA Batch 2

    Karena satu dan lain hal, graduation ALTA Batch 2 terbagi menjadi dua tahap: 11 April 2019 untuk Full-Stack Engineer dan 25 April 2019 untuk Quality Engineer. Untuk Full-Stack Engineer, total ada 17 mentees yang lulus. 17 mentees ini kemudian terbagi menjadi 5 tim yang masing-masing terdiri atas 3-4 orang. Pada momen kelulusan, setiap tim masing-masing mempresentasikan hasil final project-nya yang berupa situs atau aplikasi di depan para mentor.

    Graduation dibuka dengan sambutan dari Iswanul Umam, selaku head master atau Academy Lead Alterra, kemudian dilanjutkan dengan presentasi final project dari setiap tim yang ada di program Full-Stack Engineer.

    Alterra Academy Batch 2 - Software Engineer

    1. Tim 1: Kick off Buddies

    Tim Kick Off Buddies mempresentasikan demo aplikasi untuk mencari partner berolahraga bersama bagi mereka yang mau berolahraga tapi tidak memiliki partner. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk memesan tempat olahraga, misalnya lapangan futsal.

    2. Tim 2: Coffeetalism

    Tim Coffeetalism menciptakan sebuah aplikasi yang diperuntukkan bagi para pecinta kopi untuk bisa mengeksplorasi biji kopi baru yang tersedia di berbagai kedai atau coffee shop. Jadi, kalau kamu lagi ingin minum kopi Flores Bajawa, aplikasi ini akan menunjukkan berbagai kedai atau kafe yang menyediakan kopi ini.

    3. Tim 3: Lahanku 

    Tim Lahanku menciptakan dan mempresentasikan demo aplikasi yang bisa membantu pemerintah dalam melihat potensi lahan yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Nantinya, setiap pemilik lahan, petani, stakeholder, hingga pencari lahan dan produk tani bisa menggunakan aplikasi ini sesuai dengan kebutuhannya masing-masing. Misalnya, pemilik lahan bisa menginventaris hasil produk taninya ke dalam aplikasi ini untuk memudahkan para pencari produk tani.

    4. Tim 4: Bimbel Buddies

    Sementara itu, Tim Bimbel Buddies mendemokan sebuah aplikasi khusus bagi para pelajar & pengajar yang bisa lebih memudahkan kegiatan les atau bimbel. Mulai dari memilih mata pelajaran, mengerjakan latihan soal, mengecek hasil evaluasi belajar, dan lain sebagainya.

    5. Tim 5: Relieve 

    Tim terakhir, yaitu Tim Relieve mendemokan sebuah aplikasi konsultasi atau tempat curhat bagi mereka yang merasa depresi, kosong, sedih, dan lain sebagainya. Tidak hanya sekadar tempat curhat, aplikasi Relive juga akan membantu memberikan solusi atau rujukan konsultasi ke psikolog bagi pengguna yang membutuhkan.

    Alterra Academy Batch 2 2019

    Masing-masing kelompok diberi waktu presentasi sekitar 30 menit beserta sesi masukan dan tanya jawab dengan para mentor. Mentor-mentor yang ada di Alterra Academy adalah para profesional di bidangnya masing-masing. Sebagian besar mentor merupakan tech specialist dan juga senior developer/ engineer di Alterra Group.

    Final project yang dipresentasikan merupakan project yang dikembangkan sekitar 1 minggu lamanya oleh para mentees. Dalam waktu 1 minggu itu, para mentees bekerja keras dan berkolaborasi dalam timnya masing-masing untuk membuat sebuah aplikasi siap pakai sesuai dengan tema atau jenis aplikasi yang sudah terpilih.

    Dengan berbekal ilmu dan pengetahuan yang sudah didapat selama pelatihan dari para mentor, para mentees mengasah kreativitas dan kemampuannya dalam final project ini, mulai dari coding hingga berhasil membuat sebuah produk berupa aplikasi. Saat presentasi final project, para mentees tidak hanya menjelaskan mengenai latar belakang atau ide dari pembuatan aplikasi tersebut, melainkan juga mempresentasikan demo aplikasinya masing-masing.

    Ada 8 Mentees yang Lulus dari Program Quality Engineer ALTA Batch 2

    Alterra Academy Batch 2 2019

    Satu minggu setelah kelulusan mentees Software Engineer, tepatnya pada 25 April 2019, giliran mentees Quality Engineer yang mempresentasikan final project-nya di hadapan para mentor. Kalau mentees Software Engineer menciptakan produk berupa aplikasi, 8 mentees Quality Engineer yang terbagi dalam dua tim ini memiliki final project uji coba atau testing kualitas dan kelayakan produk yang dimiliki Alterra Group, salah satunya adalah aplikasi Sepulsa. Mulai dari fitur login, transaksi, hingga aneka metode pembayaran yang dimiliki Sepulsa.com

    Alterra Academy Batch 2 - Quality Engineer

    Pendaftaran Alterra Academy Batch 3 Dibuka hingga 25 Mei 2019

    Buat kamu yang tertarik ikutan Alterra Academy, pendaftaran Batch 3 masih dibuka hingga 25 Mei 2019. Selain akan mendapat banyak ilmu dan pengetahuan mengenai teknologi dari para ahli di bidangnya, kamu juga akan mendapat banyak keuntungan lainnya dengan mengikuti program ini. Di antaranya:

    1. Uang saku setiap bulan selama masa pelatihan berlangsung.
    2. Biaya akomodasi ditanggung penuh mulai dari biaya sewa tempat tinggal selama di Malang hingga biaya tiket perjalanan ke Malang apabila kamu berasal dari luar kota.
    3. Kesempatan bergabung dan bekerja di Alterra Group setelah lulus pelatihan.
    4. Apabila tidak lulus dalam salah satu fase pelatihan, kamu tidak perlu mengembalikan segala biaya fasilitas yang sudah diberikan.

    Kapan lagi bisa ikut pelatihan belajar koding gratis, dapat uang saku, dan dimentori langsung oleh para profesional di bidangnya? Nah, jangan sampai kelewatan ya. Segera daftarkan dirimu melalui academy.alphatech.id.

    Beli Pulsa

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah