Follow Us

  • Share

    Intip Yuk Keseruan Momen Graduation Alpha Tech Academy Mentees Batch 1!

    Banyaknya aplikasi yang bisa membuat hidup jadi lebih mudah dan cepat seperti ojek online, e-commerce, online travel agent, hingga transaksi pulsa dan PPOB seperti Sepulsa adalah salah satu contoh nyata dari pesatnya perkembangan teknologi di era digital. Perkembangan ini tentunya tidak terlepas dari peran banyak ahli atau profesional yang terlibat di dalamnya, salah satunya adalah para programmer atau engineer.

    Tidak hanya berdampak pada meningkatnya kebutuhan akan profesi programmer atau engineer di dunia kerja, pesatnya perkembangan teknologi di era digital juga membuat minat dan tren belajar coding atau bahasa pemrograman semakin tinggi. Bisa jadi, Anda salah satunya?

    Nah, oleh karena itulah, Alpha Tech Academy hadir sebagai solusi sekaligus fasilitas bagi Anda yang berminat belajar koding atau belajar lebih banyak tentang teknologi, pemrograman, hingga pengembangan aplikasi atau produk digital.

    Apa itu Alpha Tech Academy?

    Alpha Tech Academy adalah program pelatihan yang memberikan kesempatan bagi pemula untuk menjadi Tech Talent Professional dengan pembelajaran intensif selama 3 Bulan. Program pelatihan ini tidak hanya berlaku bagi orang-orang yang memiliki latar belakang pendidikan atau pengalaman di bidang IT, melainkan juga mereka yang berasal dari bidang non-IT.

    Alpha Tech Academy Batch 1: September – November 2018

    Program Alpha Tech Academy sendiri baru dimulai pertengahan tahun 2018 dan diselenggarakan oleh Alpha Teknologi Indonesia atau Alpha Tech Group.

    Untuk Batch 1, ada sekitar 700 orang yang berminat dan mendaftar seleksi untuk mengikuti program pelatihan Alpha Tech Academy di Sepulsa Lodge, Kota Malang, Jawa Timur. Dari 700 orang pendaftar, total ada 20 orang yang lolos dan resmi menjadi peserta atau mentees Alpha Tech Academy selama tiga bulan, mulai September hingga November 2018.

    Program pelatihan di Alpha Tech Academy terbagi atas 3 fase pembelajaran, yaitu:

    1. Fase pertama adalah fase fundamental, di mana peserta atau mentees mempelajari dasar-dasar dan bahasa pemrograman, logic, hingga problem solving.
    2. Fase kedua adalah fase software development, di mana peserta atau mentees diberikan materi pembelajaran mengenai konsep-konsep pengembagan sebuah aplikasi.
    3. Fase ketiga adalah fase final project, di mana peserta atau mentees akan diminta berkolaborasi dalam tim untuk menciptakan sebuah aplikasi yang bisa memberikan banyak manfaat.

    Di setiap fase pembelajaran, ada ujian serta penilaian yang diberikan oleh mentor kepada para mentees untuk menentukan layak atau tidaknya setiap mentees untuk lanjut ke fase berikutnya.

    Alpha Tech Academy Batch 1

    Nah, dari 20 orang mentees Alpha Tech Academy Batch 1, total ada 11 mentees yang berhasil lolos hingga ke fase final project hingga akhirnya resmi menjadi lulusan Alpha Tech Academy pada 6 Desember 2018.

    Sebelum setiap kelompok mempresentasikan final project-nya masing-masing di hadapan para mentor, pada 5 Desember 2018, para mentees juga melakukan geladi resik serta latihan presentasi yang dibimbing dan didampingi langsung oleh Mas Umam, Lead sekaligus Head Master di Alpha Tech Academy. Ini dia keseruannya!

     

    Alpha Tech Academy Batch 1

    Alpha Tech Academy Batch 1

    Alpha Tech Academy Batch 1

    Alpha Tech Academy Batch 1

    Presentasi Final Project & Momen Graduation Alpha Tech Academy Mentees Batch 1

    Pada 6 Desember 2018, tepatnya pukul 13.00 WIB, 11 mentees yang terbagi dalam 3 kelompok sudah bersiap-siap untuk mempresentasikan final project-nya ke hadapan para mentor. Mentor-mentor yang ada di Alpha Tech Academy adalah para profesional di bidangnya masing-masing. Sebagian besar mentor merupakan tech specialist dan juga senior developer/engineer di Alpha Teknologi Indonesia atau Alpha Tech Group.

    Masing-masing kelompok diberi waktu presentasi sekitar 30 menit beserta sesi masukan dan tanya jawab dengan para mentor. Final project yang dipresentasikan merupakan project yang dikembangkan sekitar 1 minggu lamanya oleh para mentees. Dalam waktu 1 minggu itu, para mentees bekerja keras dan berkolaborasi dalam timnya masing-masing untuk membuat sebuah aplikasi siap pakai sesuai dengan tema atau jenis aplikasi yang sudah terpilih.

    Dengan berbekal ilmu dan pengetahuan yang sudah didapat selama pelatihan dari para mentor, para mentees mengasah kreativitas dan kemampuannya dalam final project ini, mulai dari coding hingga berhasil membuat sebuah produk berupa aplikasi. Saat presentasi final project, para mentees tidak hanya menjelaskan mengenai latar belakang atau ide dari pembuatan aplikasi tersebut, melainkan juga mempresentasikan demo aplikasinya masing-masing.

    Alpha Tech Academy Batch 1

    Kelompok 1 mempresentasikan final project yang berupa aplikasi khusus untuk membantu banyak UMKM di Indonesia.

    Alpha Tech Academy Batch 1

    Kelompok 2 mempresentasikan final project yang berupa aplikasi media sosial khusus untuk anak muda yang suka berwisata kuliner.

    Alpha Tech Academy Batch 1

    Sementara itu, kelompok 3 mempresentasikan final project berupa aplikasi khusus yang bisa membantu memudahkan banyak guru dalam kegiatan belajar-mengajar.

    Mentor Alpha Tech Academy Batch 1

    Presentasi final project dipimpin dan dimoderasi langsung oleh Iswanul Umam selaku Tech Specialist sekaligus Lead/Head Master di Alpha Tech Academy. Setelah masing-masing kelompok selesai mempresentasikan project-nya, Mas Umam kemudian mempersilakan para mentor yang hadir untuk memberi masukan, kritik, hingga pertanyaan kepada para mentees. 

    Selama program pelatihan Alpha Tech Academy berlangsung, Mas Umam juga berperan sebagai mentor atau instruktur, khususnya untuk materi yang bertema dasar-dasar pemrograman, logic, database, hingga proses development.

    Mentor Alpha Tech Academy Batch 1

    Aryo Indrasmoro adalah salah satu mentor di Alpha Tech Academy. Beliau juga merupakan Project Manager di Alpha Tech Academy. Salah satu topik atau materi pembelajaran yang diberikan Aryo kepada para mentees adalah mengenai soft skills, khususnya Dasar-dasar Kepemimpinan (Basic Leadership).

    Mentor Alpha Tech Academy Batch 1

    Trimo leksono adalah salah satu mentor yang juga berprofesi sebagai Product Manager di Alpha Tech Group. Product Management mulai dari framework, UI (User Interface) dan UX (User Experience), hingga product mindset adalah materi atau topik utama yang diberikan Trimo kepada para mentees. 

    Top 3 Mentees Alpha Tech Academy Batch 1: Mentees Peraih Nilai Tertinggi

    Alpha Tech Academy Batch 1

    Setiap mentees di Alpha Tech Academy memiliki skor atau nilainya masing-masing. Penilaian ini bersumber dari banyak aspek selama proses pelatihan berlangsung mulai dari saat proses belajar, ujian, keahlian, wawancara, kolaborasi dalam tim, kemampuan adaptasi, attitude, dan masih banyak lagi yang lainnya. Dari 11 orang mentees yang lulus hingga ke fase final project, ada tiga orang yang memiliki nilai paling tinggi:

    1. Much. Arafat Al Mubarok, latar belakang pendidikan Teknik Informatika.
    2. Kania Nur Sawitri, latar belakang pendidikan Biofisika.
    3. Ahmad Yusqie Mafaza, latar belakang pendidikan Teknik Informatika.

    Semua mentees lulusan Alpha Tech Academy kemudian akan bergabung dan menjadi bagian dari Alpha Tech Group dengan kontrak kerja selama 1 tahun.

    Tertarik untuk Ikut Alpha Tech Academy Batch 2? Registrasi Masih Dibuka Sampai 31 Desember, Lho!

    Di awal tahun 2019, Alpha Tech Academy Batch 2 akan segera dimulai! Buat kamu yang tertarik untuk mengikuti program pelatihan di Alpha Tech Academy, pendaftarannya masih dibuka hingga 31 Desember 2018 ini, lho. Selain mendapat banyak ilmu dan pengetahuan mengenai teknologi dari para ahli di bidangnya, kamu juga akan mendapat banyak keuntungan lainnya dengan mengikuti program ini. Di antaranya:

    1. Uang saku setiap bulan selama masa pelatihan berlangsung.
    2. Biaya akomodasi ditanggung penuh mulai dari biaya sewa tempat tinggal selama di Malang hingga biaya tiket perjalanan ke Malang apabila Anda berasal dari luar kota.
    3. Kesempatan bergabung dan bekerja di Alpha Tech Group setelah lulus pelatihan.
    4. Apabila tidak lulus dalam salah satu fase pelatihan, Anda tidak perlu mengembalikan segala biaya fasilitas yang sudah diberikan.

    Kapan lagi bisa ikut pelatihan belajar koding gratis, dapat uang saku, dan dimentori langsung oleh para profesional di bidangnya? Nah, jangan sampai kelewatan ya. Segera daftarkan dirimu melalui academy.alphatech.id. Simak juga testimoni dari salah satu mentees di Alpha Tech Academy Batch 1 berikut ini.

    Beli Pulsa

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah