Follow Us

  • Share

    Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Resmi yang Benar Terbaru!

    Mungkin Anda merasa lelah atau tidak tahan dengan beban kerja yang berlebihan? Ingin cari suasana baru di tempat kerja yang lain, gaji nggak pernah naik, mungkin juga ingin berpindah ke ranah usaha sendiri ?

    Sebelum memutusan untuk resign dari pekerjaan Anda, ada suatu hal yang harus dilakukan terlebih dahulu. Caranya adalah dengan membuat surat pengunduran diri atau surat resign.

    Memang tidak bisa di hindari, bekerja di tempat yang itu-itu aja selama bertahun-tahun bisa jadi sangat membosankan bagi kita. Alasan lain adalah, ada juga yang ingin resign karena merasa tertekan di kantor yang sekarang atau mungkin merasa di perlakukan tidak adil oleh atasannya.

    Untuk Anda yang mengalami hal serupa dan mau tau caranya membuat surat pengunduran diri yang baik dan benar, simak langsung ulasannya di bawah ini!


    Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Surat Pengunduran Diri

    1. Tujuan yang Jelas

    Terangkan alasan dan tujuan mengapa Anda mengundurkan diri dari perusahaan. Entah itu mau memulai usaha sendiri atau mencoba peruntungan di pekerjaan yang baru.

    2. Buat dengan Bahasa yang Sopan

    Meskipun alasan Anda resign dari pekerjaan sekarang adalah akibat dar manajemen perusahaan yang buruk, Anda tidak perlu menuliskan hal tersebut di surat resign.

    Surat resign dibuat untuk tetap menghargai kedua belah pihak walaupun sudah tidak bekerja sama lagi. Maka dari itu, buat surat resign dengan bahasa yang sopan dan jangan menyalahkan salah satu pihak.

    3. Ucapkan Terima Kasih dan Maaf

    Dalam surat resign, Anda perlu mengucapkan terima kasih sebagai tanda syukur karena telah diberi kesempatan pernah bekerja di perusahaan tersebut.

    Jangan lupa juga untuk mengucapkan maaf atas kesalahan yang pernah Anda lakukan. Cara ini akan membuat Anda terlihat profesional dan lebih menghargai satu sama lain.


    Contoh Surat Pengunduran Diri yang Benar

    Jakarta, 15 Februari 2021

    Kepada Yth,

    HRD Manager Sinar Abadi

    Jl. Jalan apapun itu jalurnya

    Jakarta Selatan

    Dengan Hormat,

    Melalui surat ini, saya Joko Subianto bermaksud mengundurkan diri dari PT. Sinar Abadi sebagai Marketing Executive, terhitung mulai dari tanggal 31 Oktober 2017.

    Saya sangat berterimakasih atas kesempatan dan kepercayaan yang telah diberikan oleh perusahaan untuk bekerja di PT. Sinar Abadi. Adapun alasan saya mengundurkan diri karena sekarang saya ingin memulai usaha sendiri.

    Saya juga memohon maaf kepada seluruh rekan karyawan dan manajemen PT. Sinar Abadi apabila selama bekerja saya melakukan kesalahan, baik itu yang disengaja ataupun yang tidak disengaja.

    Saya berharap PT. Sinar Abadi semakin sukses dan berkembang pesat. Demikian surat pengunduran diri ini saya buat. Atas perhatian yang diberikan saya ucapkan terima kasih.

    Hormat Saya,

    Joko Subianto


    Baca Juga :

    Beli Pulsa di Sepulsa

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah