Follow Us

  • Share

    Cara Unlock Modem Bolt dengan Mudah

    Dalam keseharian kita, penggunaan internet mungkin sudah menjadi hal yang esensial. Sementara itu semakin lama mobilitas kita juga semakin meningkat, sementara kuota internet mungkin terbatas jika hanya mengandalkan operator seluler. Bagi kamu yang tinggal di kota besar mungkin banyak menemui jaringan WiFi gratis yang bisa kamu manfaatkan.

    Nah tapi bagi sebagian orang pun hal ini belum cukup. Karena memang, di DKI Jakarta saja misalnya yang notabene ibukota. WiFi gratis masih merupakan barang yang cukup langka. Biasanya untuk menikmati fasilitas ini kita diharuskan membeli secangkir minuman si empu nya WiFi.

    Hal ini tentunya berimplikasi kepada tingginya angka peminat modem yang merupakan suatu komoditas yang sangat bermanfaat bagi penggunanya. Beberapa provider berlomba-lomba untuk memproduksi jaringan internet yang dijual sepaket bersama modemnya, sebut saja smartfren, Bolt, telkomsel, Indosat, hingga XL.

    Solusi ini kami pikir cukup baik. Hanya saja ada kekurangan yang sangat terasa bagi pengguna masing-masing modem. Kekurangan ini adalah terbatasnya area cakupan wilayah modem tersebut. Salah satu solusi untuk mengatasi hal ini adalah dengan cara unlock modem, dan untuk kali ini kami hanya akan membahas cara unlock beberapa modem dari pabrikan bolt saja.

    Perlu diingat karena cara unlock modem bolt ini berarti mengubah firmware yang telah dibuat oleh si produsen. Artinya dari sisi hukum, kamu telah melanggar UU hak atas kekayaan intelektual disini.

    Nah, kamu akan dikenai sanksi sesuai UU yang ada apabila memanfaatkan hal ini untuk kepentingan ekonomis, alias komersil. Maka kami disini tidak akan menanggung segala jenis akibat yang kamu terima setelah mengikuti cara-cara unlock modem bolt yang kami ajarkan ini.


    Cara unlock modem Bolt Movi Max MV1

    bolt movimax - cara unlock modem bolt

    Pertama-tama, kamu harus mengunduh firmware Unlock MoviMax MV1 bolt V016 yang bisa kamu cari di mesin pencari Google. Setelah mengunduh firmware tersebut kamu bisa meletakkannya dimanapun selama mudah dicari tidak menjadi masalah.

    Selanjutnya, kamu boleh mengaktifkan modem Bolt Orion dan segera colok modem tersebut ke computer menggunakan kabel data yang telah tersedia. Seharusnya secara otomatis computer kamu akan memulai untuk menginstall driver default modem tersebut, namun jika ternyata ada hal-hal tertentu yang menyebabkannya gagal, maka kamu bisa menginstall driver default secara manual.

    Caranya adalah dengan masuk ke drive CD Bolt, kemudian kamu bisa mencari file dengan nama autorun.inf. Setelah ketemu silakan klik kanan dan klik install. Jika telah sukses menginstall silakan masuk ke tampilan user Bolt melalui browser kamu, masuk ke address 192.168.1.1

    Setelah itu, kamu bisa memasukkan password admin default milik modem yakni admin, atau password lainnya jika kamu memang telah mengganti password. Carilah menu drop down setting dan kamu bisa langsung klik ke software upgrade.

    Setelah itu, kamu bisa klik browser di tampilan menu software update, dan bisa langsung cari file *.bin yang telah  diunduh sebelumnya. Setelah menemukkan file tersebut silakan klik upgrade dan tunggu sebentar sampai modem kamu selesai melakukan upgrade firmware.

    Kamu harus menunggu proses yang tidak terlalu lama ini dan jangan sekali-sekali mencabut modem dari komputer saat proses ini berlangsung. Jika sudah selesai, artinya kamu berhasil melakukan unlock modem bolt. Silakan kamu ganti kartu selain dari kartu bolt untuk mencobanya.

    Beberapa catatan penting adalah cara ini ternyata tidak bisa jika kami coba pada modem yang telah menggunakan firmware versi V022.


    Cara unlock modem bolt Huawei E5372s


    Kali ini kami akan membagi ke kamu cara unlock modem bolt seri Huawei E5372s. Sama seperti sebelumnya, sebelum dapat melakukan unlock modem ini, kamu harus terlebih dahulu melakukan pengunduhan file firmware Huawei E5372s yang juga bisa kamu cari sendiri di mesin pencari Google.

    Selain itu ada beberapa persiapan khusus yang harus dilakukan sebelum unlock modem jenis ini. Persiapan tersebut diantaranya adalah harus mematikan antivirus apapun yang kamu punya karena file ini secara otomatis dapat terdeteksi sebagai antivirus oleh beberapa antivirus sehingga ada baiknya kamu mematikan antivirus demi berlangsungnya proses unlock ini.

    Kembali lagi seperti cara sebelumnya, sebelum bisa melakukan proses upgrading ini, tentunya kamu harus melakukan install driver modem ini. Kali ini kamu harus melakukannya secara manual yakni dengan mencari drive CD Bolt E5372s di lapto. Kamu bisa lakukan klik kanan pada file AutoRun  di dalam drive modem ini dan pilih run as administrator.

    Seharusnya kamu akan masuk ke menu instal driver modem ini. Lalu bisa klik next terus hingga modem selesai menginstall drivenya.

    Seharusnya kamu akan memasuki tampilan seperti di atas ini jika kamu telah selesai dan berhasil melakukan instalasi driver modem ini. Selanjutnya kamu dapat melakukan langkah-langkah unlock modem bolt.

    Langkah pertama untuk unlock modem bolt kamu adalah dengan klik kanan file firmware Huawei E5372s yang telah diunduh dan klik Run as administrator untuk memulai instalasi file tersebut. Setelah itu klik Accept the agreement dan klik start.

    Seperti biasa, kamu bisa menunggu sebentar sehingga modem yang telah tercolok ke laptop atau komputer kamu terdeteksi oleh perangkat lunak ini untuk segera dilakukan pembaruan firmware. Tunggu hingga muncul tampilan seperti di bawah dan klik finish.

    Jika telah berhasil melakukan unlock modem bolt yang kamu miliki ini, kamu bisa segera mencoba memasukkan kartu SIM selain dari kartu bolt ke dalam modem untuk mengetahui apakah unlock yang kamu lakukan berhasil atau tidak.


    Cara unlock modem bolt ZTE MF90

    Untuk melakukan unlock modem ini, kamu dapat mengunduh program DC Unlocker Client 2017 yang bisa kamu cari di mesin pencari Google. Setelah melakukan ini kamu bisa dengan mudah mencolokkan modem ke computer kamu dan setelah terdeteksi bisa klik kanan pada file DC Unlocker Client yang telah kamu unduh dan klik Run as administrator.

    Nah setelah muncul tampilan seperti di atas, kamu bisa langsung pilih ZTE modems pada menu Select manufacturer dan pilih Auto detect (recommended) pada menu select model. Setelah itu, kamu bisa klik ikon kaca pembesar yang terletak di bawahnya.

    Pindah ke sebelah kanan, kamu boleh klik server lalu silakan masukkan user name serta password yang kamu kehendaki. Kemudian, bisa klik check login. Terkadang akan muncul kode error code-12 yang sebenarnya dapat diabaikan saja.

    Selanjutnya kamu bisa klik unlocking dan bisa segera klik tombol unlock. Nah, sekarang ambil modem ZTE MF90 kamu dan klik tombol indikator reset selama sekitar 5 detik. Jika sudah dilakukan, kamu bisa cabut modem dari laptop dan segera mencoba mengganti kartu SIM modem kamu dengan kartu SIM yang kamu kehendaki.

    Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu dan jangan menyalahgunakan, ya!

    Baca Juga : Cara Registrasi Modem XL GO dengan Mudah 

    Beli Pulsa

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah