Follow Us

  • Share

    Tutorial Transfer Uang Langsung Dengan Menggunakan ATM BRI

    Dahulu, transaksi perbankan masih terbatas melalui customer service atau teller. Seiring kemajuan zaman, transaksi finansial beralih melalui mesin-mesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri) dan online banking. Kini, melalui mesin ATM, Anda bisa melakukan banyak transaksi. Mulai dari transfer uang antarbank, membeli pulsa ponsel, membayar tagihan listrik dan air, membayar biaya kuliah, hingga membayar pajak.

    Adapun BRI sebagai bank tertua di Indonesia telah lama memberikan kemudahan bertransaksi finansial bagi nasabahnya melalui mesin-mesin ATM, tidak terkecuali transfer uang antarbank. Cara transfer uang lewat ATM BRI sangat mudah. Lebih jelasnya, simak langkah-langkahnya di bawah ini.

    Cara transfer uang dari ATM BRI

    Masukkan kartu ATM ke dalam slot kartu atau mulut mesin ATM : Pastikan Anda memasukkan kartu ATM dengan benar. Umumnya di dekat mulut mesin ATM terdapat gambar keterangan posisi yang benar saat memasukkan kartu. Jika Anda memasukkan kartu dalam posisi terbalik, kartu akan keluar lagi atau mesin tidak dapat memproses transaksi.

    Masukkan nomor PIN : Setelah kartu ATM masuk dengan benar, pada layar mesin ATM akan tampak perintah untuk memasukkan nomor PIN. Pastikan Anda mengetikkan 6 digit PIN yang benar. Tiga kali salah memasukkan nomor PIN, kartu ATM Anda akan terblokit otomatis. Jika hal ini terjadi, Anda harus mengurus pemblokiran kartu ATM ke kantor cabang BRI terdekat.

    Pilih bahasa : Pilihlah bahasa yang Anda kuasai. Umumnya, pada mesin ATM BRI hanya tersedia pilihan Bahasa atau Bahasa Inggris saja.

    Pilih ‘transaksi lain‘ lalu ‘pengiriman‘ : Setelah masuk ke menu transaksi, terdapat berbagai pilihan transaksi yang bisa Anda lakukan. Jika ingin mentransfer uang, pilihlah menu ‘transaksi lain’, kemudian pilih ‘pengiriman’.

    Pilih bank tujuan : Setelah menekan tombol ‘pengiriman’, akan muncul menu dialog mengenai tujuan bank yang akan Anda transfer. Jika rekening tujuan bukan merupakan rekening BRI, Anda harus memasukkan kode bank terlebih dahulu di depan nomor rekening tujuan. Kalau Anda tidak hafal kode bank tujuan, Anda bisa mengeceknya dengan menekan tombol ‘kode bank‘ pada bagian kanan bawah layar. Setelah menemukan kode bank yang dituju, Anda bisa memilih tombol ‘masukkan kode bank‘ untuk kembali ke menu ‘nomor rekening tujuan‘. Umumnya, Bank BRI akan membebankan biaya transfer jika tujuan transfer ke rekening selain BRI.

    Masukkan nomor rekening tujuan : Pada layar menu, tampak setrip-setrip yang akan terisi angka saat Anda mengisi nomor rekening tujuan. Setelah Anda memastikan nomor rekening tujuan benar, tekanlah tombol ‘yes’.

    Masukkan nominal uang yang akan ditransfer : Setelah memasukkan nomor rekening, Anda akan diminta untuk menuliskan jumlah uang yang akan ditransfer. Untuk transfer melalui ATM BRI dalam satu hari, nominal maksimal yang diperbolehkan untuk tiap rekening nasabah BRI, yaitu sebagai berikut: kartu Classic Rp. 20.000.000,00, kartu Gold Rp. 50.000.000,00, dan kartu Platinum Rp. 75.000.000,00. Jika kamu sudah memasukkan nominal yang akan ditransfer, tekan tombol ‘yes’.

    Cek nama penerima : Pada tahap akhir, Anda akan menemukan keterangan pada layar yang berisi nama pemilik rekening tujuan, nomor rekening tujuan, serta nominal uang yang akan ditransfer. Jika semua data yang tertera sudah benar, Anda bisa menekan tombol ‘benar‘. Proses transfer pun selesai.

    Simpan bukti transfer : Setelah proses transfer selesai, mesin akan mengeluarkan bukti transfer. Simpanlah bukti transfer tersebut sebagai bukti sah transaksi finansialmu.

    Keluar dari menu transaksi : Setelah semua proses transfer selesai, pada layar akan muncul pertanyaan apakah Anda sudah selesai bertransaksi atau ingin melakukan transaksi yang lainnya. Pilihlah ‘tidak’ jika Anda sudah selesai bertransaksi dan ambil kartu ATM yang keluar dari mesin.

    Tips aman mengirim uang menggunakan melalui ATM BRI

    tips aman melakukan transfer dengan atm bri

    Nah, mudah bukan cara transfer uang lewat ATM BRI? Tidak butuh antrean yang panjang untuk menyetorkan uang ke teller di bank. Apalagi ATM BRI kini bisa ditemukan di mana-mana. Proses transaksi finansial pun menjadi semakin mudah dan cepat.

    Namun, Anda juga harus berhati-hati saat bertransaksi lewat ATM. Banyak oknum-oknum tidak bertanggung jawab yang sering memanfaatkan kelemahan nasabah yang sedang bertransaksi lewat mesin ATM. Nah, berikut ini tips yang bisa Anda ikuti agar aman bertransaksi melalui ATM.

    • Jangan memberikan kartu ATM maupun nomor PIN kepada orang lain.
    • Gantilah nomor PIN secara berkala.
    • Tinggalkan mesin ATM jika kartu ATM sulit masuk ke mulut mesin saat bertransaksi.
    • Periksalah bagian mulut mesin ATM. Jika dirasa ada yang aneh atau tidak wajar—contohnya ada benda mencurigakan seperti ATM skimmer yang melekat pada mulut ATM, segera tinggalkan mesin ATM dan laporkan hal tersebut pada pihak bank.
    • Mintalah nomor Call Centre yang resmi pada petugas bank, kemudin hafalkan atau simpan. Hindari menghubungi nomor yang tertera pada mesin ATM atau brosur-brosur, ataupun menerima saran dari orang lain jika Anda memiliki masalah dengan kartu ATM Anda. Untuk mencegah penipuan, segera hubungi nomor resmi Call Centre BRI: 14017.
    • Waspadalah jika melakukan transaksi di lokasi ATM yang sepi. Jika Anda harus bertransaksi di malam hari, pastikan Anda ditemani seseorang atau pilihlah ATM yang dijaga oleh petugas keamanan.

    Nah, sekarang Anda sudah tahu cara transfer uang lewat ATM BRI dan bertransaksi lewat ATM yang aman. Semoga tips di atas bermanfaat, ya!

    Baca juga

    Top Up Brizzi

    1 Komentar

    • Tomi Nurhidayat
      August 18, 2019 at 9:13 pm

      Atm skimmer itu apa ya ?

      Balas Komentar

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah

    1 Komentar

    • Tomi Nurhidayat
      August 18, 2019 at 9:13 pm

      Atm skimmer itu apa ya ?

      Balas Komentar