Follow Us

  • Share

    Cara Setor Tunai Bank Mandiri melalui ATM dan Teller

    Ada banyak dari kita yang sehari-harinya kebutuhan transaksinya mesti menggunakan bank berbeda. Misalnya, pemasukan atau gaji kita ditransfer pada Bank A tapi dalam sehari-hari seringkali mesti menggunakan bank lain untuk bayar tagihan seperti: kartu kredit atau KPR. 

    Jadi sering kali, mesti memindahkan uang dari satu bank ke bank lain. Seiring dengan kemajuan teknologi yang memungkinkan kita hanya perlu melakukan transfer lewat anjungan mesin tunai atau ATM. Sedangkan dengan cara manual yakni melakukan setor tunai ke bank yang hendak dituju. 

    Atau jika ingin cara praktis, untuk mengisi uang di rekening bank berbeda adalah dengan transfer dari bank lain lewat mobile banking. Cara tersebut lebih cepat dan efisien tapi dipungut biaya sekali melakukan transaksi sebesar Rp 6.500 untuk setiap kali transaksi. 

    Nah, bagi kamu yang hendak melakukan setor tunai Bank Mandiri. Berikut cara setor tunai Bank Mandiri dengan mudah. 

    Cara Setor Tunai Bank Mandiri Lewat ATM

    Bank Mandiri dikenal sebagai bank dengan jaringan yang paling luas. Tak hanya memiliki jaringan di perkotaan, Bank Mandiri juga memiliki jaringan luas hingga kabupaten kota dan menjangkau seluruh kepulauan Indonesia. 

    Berdasarkan website resmi Bank Mandiri, hingga Desember 2014, Bank Mandiri telah memiliki 2.312 cabang dan 15.344 unit ATM. Selain itu jaringan bisnis mikro sehingga menjadi 1.833 unit. Dengan jaringan yang luas ini, kebutuhan masyarakat akan keuangan mudah terpenuhi. 

    Salah satu cara melakukan setor tunai Bank Mandiri dengan ATM dengan mesin setor tunai. Sebab belum semua mesin ATM Bank Mandiri dapat melayani setor tunai saat ini. Biasanya mesin ATM Bank Mandiri setor tunai berada di pusat perbelanjaan atau kantor cabang terdekat. 

    Adanya mesin setor tunai ATM Bank Mandiri memudahkan nasabah karena bisa dilakukan kapan saja tanpa terkendala waktu jam operasional bank. Selain itu, tidak dipungut biaya untuk melakukan transaksi ini. 

    Beriku cara setor tunai Bank Mandiri lewat ATM: 

    1. Rapikan dulu uang yang hendak disetor ke ATM dan pastikan tidak ada yang terlipat, robek atau basah karena ATM akan otomatis menolak dan mengembalikan uang tersebut
    2. Masukkan kartu ATM Bank Mandiri 
    3. Pilih bahasa
    4. Masukkan PIN pastikan pin sesuai yang didaftarkan karena jika salah memasukkan pin hingga tiga kali otomatis akan terblokir 
    5. Pilih menu setor tunai 
    6. Selanjutnya mesin akan terbuka pada satu dashboard dan Anda bisa memasukkan uang yang hendak disetor
    7. Mesin akan menghitung jumlah uang yang Anda setor berdasarkan pecahan uang yang Anda masukkan 
    8. Tunggu sampai layar menunjukkan jumlah yang Anda setor 
    9. Selanjutnya tekan setor 
    10. Pilih rekening yang hendak dituju, jika itu adalah rekening Anda atau rekening Bank Mandiri lainnya 

    Yang perlu diperhatikan saat melakukan setor tunai Bank Mandiri: 

    1. Pastikan sebelum melakukan transaksi, mesin ATM Bank Mandiri yang hendak kamu tuju merupakan mesin ATM Setor Tunai bukan hanya mesin ATM tarik tunai. 
    2. Pecahan uang yang disetor sesuai dengan mesin ATM Setor Tunai yang bisa menerimanya. 
    3. Apabila kamu gagal menyetorkan uangnya, misalnya uangnya kembali muncul di mesin atau tidak semua uang yang disetorkan masuk dalam mesin. Periksa apakah terdapat uang yang tidak rapi atau robek. 
    4. Kemungkinan juga mesin ATM Setor Tunai Bank Mandiri tersebut tidak lagi dapat menampung karena penuh. 
    5. Kondisi lingkungan setempat, waspada dengan gerak gerik orang lain di sekitar Anda ketika melakukan transaksi. Hindari tempat sepi. 

    Cara Setor Tunai Bank Mandiri Lewat Teller 

    Cara lain untuk melakukan setor tunai adalah dengan datang ke kantor cabang Bank Mandiri terdekat. Cara ini menjadi bagian paling konvensional ketika harus melakukan setor tunai lewat teller. 

    Memang melakukan setor tunai Bank Mandiri lewat teller dinilai lebih aman dan nyaman, terutama apabila nasabah melakukan setor tunai dengan nominal uang cukup besar. Misalnya belasan juta atau ratusan juta. 

    Uang kamu akan dihitung oleh teller dan persoalan seperti: uang robek, rusak atau terlipat tidak akan menjadi masalah sebab bank akan selalu menerima uang yang secara fisik mengalami kerusakan. Asalkan nominalnya masih dapat dibaca dan yang pasti uang asli ya bukan uang palsu. 

    Meski begitu, terdapat kelemahan dari setor tunai lewat teller Bank Mandiri adalah memakan waktu dan tidak bisa diwakilkan oleh orang lain. Berbeda dengan cara setor tunai lewat ATM Bank Mandiri setor tunai yang bisa dilakukan oleh orang lain tanpa harus pemilik rekening atau kartu debit.

    Ketika kamu melakukan setor tunai lewat teller Bank Mandiri, salah satu syarat transaksi tersebut bisa dilakukan adalah kesesuaian nama di kartu identitas penduduk dengan nomor rekening yang tertulis. Pengecekan itu akan dilakukan ketika kamu berada di teller, bila kamu bukan pemilik nomor rekening tersebut atau tidak membawa identitas diri sudah dapat dipastikan kamu akan ditolak melakukan transaksi. 

    Cara setor tunai lewat Bank Mandiri ini bisa dilakukan di sejumlah kantor cabang, kantor cabang pembantu, kantor kas hingga Mandiri Mobil. Sebagai informasi, sekarang ini Bank Mandiri memiliki unit mobil yang berkeliling di sejumlah daerah yang mungkin tidak memiliki kantor Bank Mandiri. 

    Berikut cara setor tunai Bank Mandiri lewat teller: 

    1. Pastikan telah menghitung uang yang akan di setor di rumah atau tempat yang aman. Lalu bawa kartu identitas diri dan buku tabungan Bank Mandiri milik kamu. 
    2. Kamu adalah pemilik sah dari rekening yang akan menerima uang yang disetorkan. 
    3. Datang ke kantor cabang Bank Mandiri terdekat dari lokasi kamu saat ini. 
    4. Ambil nomor antrian dan tunggu sampai giliran akan dipanggil 
    5. Kamu perlu mengisi sejumlah data diri dan beberapa keterangan pada kertas ‘Setor Tunai’ seperti: Alamat tinggal kamu, rekening yang akan dituju hingga nilai nominal yang akan disetor
    6. Serahkan identitas dan buku rekening kamu ke teller ketika diminta 
    7. Selanjutnya serahkan uang yang akan di setor 
    8. Cermati ketika teller akan menghitung uang kamu di mesin dan pastikan jumlahnya telah sesuai 
    9. Jika uang telah dihitung semua, teller akan menyebut nilai nominal yang akan disetor
    10. Teller akan memproses sambil menyiapkan bukti transfer dan memprint slip sebagai bukti setor tunai kamu 
    11. Kamu akan diminta melakukan tanda tangan sebagai bukti uang telah di setor 

    Nah, sudah tahu dan memahami kan cara setor tunai Bank Mandiri. Kamu tinggal memilih cara paling sesuai dengan kondisimu ketika melakukan setor tunai. Oya sekadar mengingatkan, karena kegiatan ini kamu membawa uang yang tidak sedikit jadi pastikan keamanan kamu terjaga ketika dalam perjalanan menuju ATM setor Tunai Bank Mandiri atau ke kantor cabang Bank Mandiri. 

    Gunakan tas dengan kancing atau penutup untuk menghindari potensi terjadinya kejahatan. Selain itu, jika kamu menggunakan kendaraan umum untuk berencana setor tunai Bank Mandiri pastikan penampilan kamu tidak mencolok dan menggunakan tas yang transparan. Sementara bila kamu menggunakan kendaraan pribadi, pastikan rencana kamu untuk melakukan setor tunai tidak diketahui oleh pihak manapun.  

    Top Up e-Wallet

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah