Follow Us

  • Share

    Cara Menghilangkan Iklan di Google Chrome

    “Bagaimana cara menghilangkan iklan di Google Chrome?” Apakah pertanyaan itu yang sedang beterbangan di dalam benak Anda?

    Kami yakin Anda, yang sedang membaca artikel ini, merupakan orang yang bisa menghabiskan banyak waktunya berkeliling di internet. Kami pun yakin bahwa Anda sudah paham luar-dalam mengenai iklan-iklan yang berseliweran di dalamnya. Walaupun pada dasarnya iklan-iklan yang muncul sebenarnya berdasarkan pencarian Anda sendiri di Google, kami mengerti bahwa Anda pasti sangat terganggu dengan iklan-iklan tersebut. Terlebih jika iklan tersebut mengandung gambar-gambar tidak senonoh.

    Google Chrome, sebagai salah satu browser paling banyak digunakan di dunia ini, ternyata memiliki banyak plug-in yang sengaja didesain untuk menghalau sesi browsing Anda dari iklan-iklan yang tidak diinginkan.

    Nah, kami ingin membagikan beberapa pengetahuan tentang cara menghilangkan iklan di Google Chrome yang bisa Anda manfaatkan untuk menghalau iklan di internet.


    Cara Menghilangkan Iklan di Google Chrome: Gunakan Saja AdBlock!

    Adblock - Cara Menghilangkan Iklan di

    Menurut kami, ekstensi ini merupakan ekstensi paling mudah, dan, sesuai dengan klaim dari sang pengembang, merupakan ekstensi yang paling banyak digunakan di Google Chrome dan bahkan Safari! Tidak kurang ekstensi ini diklaim oleh sang pengembang sudah diunduh oleh lebih dari 200 juta pengguna jasa internet di seluruh dunia. Tidak heran, kepraktisan serta beberapa fitur membuat kami pribadi menyukai penggunaan ekstensi ini.

    Cara Menghilangkan Iklan di

    Ekstensi ini menggunakan daftar filter yang sangat banyak untuk kemudian secara otomatis melakukan blokir terhadap konten-konten iklan yang diketahui oleh aplikasi ini. Selain itu, setiap pengguna dari AdBlock ini memiliki kebebasan untuk menambahkan daftar iklan default yang ingin diblokir ataupun menambahkan daftar yang tidak ingin diblokir secara otomatis di white list ekstensi ini.

    Selain itu, AdBlock memiliki panel kontrol yang menurut kami cukup mudah bagi para pengguna awam. Seluruh pilihan yang diberikan tinggal diceklis atau tidak. Misalnya, Anda diberikan pilihan untuk membebaskan iklan-iklan nonintrusif, memberikan kebebasan kanal Youtube spesifik, serta diberikan kebebasan oleh AdBlock untuk mengambil data penggunaan ataupun informasi mengenai konten-konten yang diblok. Bahkan, AdBlock memberikan Anda pilihan untuk ditunjukkan debug statements di log konsol. Menarik, bukan?

    Pemasangan ekstensi AdBlock ini di dalam Google Chrome Anda sangatlah mudah. Sama halnya dengan ekstensi lainnya, Anda tinggal membuka Chrome Web Store dan segera cari AdBlock di kolom pencarian dan pilih ekstensi AdBlock dengan logo tangan berlatar segi delapan berwarna merah di belakangnya.

    Lalu, pada pojok kanan atas, Anda bisa pilih ”Add to Chrome” atau “Tambahkan ke chrome” dan voila! Chrome Anda sekarang sudah terbebas dari iklan-iklan aneh nan mengganggu kenikmatan berselancar di dunia maya. Kami jamin, AdBlock merupakan salah satu cara menghilangkan iklan di Google Chrome paling mudah yang bisa Anda lakukan.


    Cara Menghilangkan Iklan di Google Chrome: AdBlock Plus (Tidak Berkaitan dengan AdBlock)

    Cara Menghilangkan Iklan di

    Diklaim sebagai salah satu ekstensi blok iklan terbaik dan terpopuler di dunia (sebenarnya mungkin terpopuler kedua), kami sangat merekomendasikan ekstensi ini untuk dipasangkan di Google Chrome Anda. Sebagai salah satu cara menghilangkan iklan di Google Chrome, pemasangan ekstensi ini pun terbilang mudah.

    Layaknya ekstensi lainnya di Google Chrome, Anda cukup pergi ke Chrome Web Store dan cari Adblock Plus di kolom pencarian. Pilihlah ekstensi dengan judul AdBlock Plus yang seharusnya terletak paling atas dengan logo “ABP.” Setelah itu, Anda bisa klik tombol berwarna biru dengan tulisan “Add to chrome” atau “Tambahkan ke Chrome” berwarna putih di pojok kanan atas panel.

    Cara Menghilangkan Iklan di

    Beberapa kelebihan yang dimiliki ABP ini adalah kemampuannya memblok iklan-iklan di Youtube, Facebook, serta beberapa banner yang tidak mampu diblok oleh AdBlock lainnya. Selain itu, karena kepopulerannya, tentu saja banyak pengguna ABP yang juga berkontribusi terhadap beberapa iklan yang kemudian diblok.

    Beberapa fitur menarik yang dimiliki ABP adalah kemampuan untuk memblok tracker, malware, hingga tombol-tombol di sosial media. Selain itu, bagi Anda yang memiliki preferensi khusus, ABP pun menyediakan menu white list yang bisa Anda isi sebagai menu custom iklan-iklan atau hal-hal tertentu yang tidak perlu diblok oleh ekstensi ini. Pada umumnya, Anda akan memerlukan menu white list ketika mengakses situs-situs tertentu yang “cukup serius” dalam hal periklanan.

    Selain itu, layaknya kebanyakan AdBlock yang beredar di internet, ABP pun memiliki fitur mematikan ad block secara langsung di situsnya. Misalnya, saat Anda sedang membuka salah satu situs yang mengharuskan anda mematikan ad blocker Anda sebelum bisa menikmati konten situs tersebut, Anda tinggal klik ikon ABP di pojok kanan browser Anda dan hapus centang “Enabled on this site” untuk mematikan fitur blok iklan milik ABP.

    Nah, apakah Anda tertarik?


    Cara Menghilangkan Iklan di Google Chrome: Hilangkan Malware dan Hapus Software Mencurigakan

    Menggunakan ad blocker bukan merupakan satu-satunya cara menghilangkan iklan di Google Chrome. Ada satu makhluk yang perlu Anda ketahui yang sebenarnya tidak terlalu berbahaya, tetapi seringkali kehadirannya tidak terasa bagi si user: dialah malware.

    Malware merupakan salah satu sumber masalah yang menyebabkan tingginya jumlah iklan yang mendadak berdatangan di browser Anda. Bagi Anda yang baru pertama kali diserang malware, mungkin akan merasa aneh dengan browser Anda, tetapi tidak mengetahui apa yang terjadi.

    Hal aneh tersebut, misalnya, mendadak mesin pencarian default (default search engine) Anda berubah dari Google menjadi mesin pencari yang namanya saja asing di telinga Anda. Hal lain, misalnya, berupa iklan-iklan banner yang muncul di tempat-tempat yang lazimnya tidak terdapat iklan.

    Misalnya, ketika Anda sedang membuka website kampus Anda, mendadak di kanan kiri dan bawah laman website tersebut terdapat iklan penambah tinggi, iklan elektronik, dan semacamnya. Bisa jadi, hal ini disebabkan oleh malware.

    Solusinya sederhana: Anda bisa segera melakukan scan dengan antivirus terpercaya, seperti Kaspersky, AVG, Avast, atau sekadar SmadAv yang merupakan produk lokal. Percayakan pada antivirus tersebut untuk mencari malware yang tertanam di komputer atau laptop Anda dan biarkan mereka menghapusnya. Bila masih belum berhasil, kami menyarankan Anda googling untuk mencari anti-malware. Salah satu aplikasi anti-malware yang bisa kami rekomendasikan kepada Anda adalah Malwarebytes.

    Cara Menghilangkan Iklan di

    Dengan aplikasi ini, Anda cukup melakukan full scan pada sistem Anda. Kami menyarankan, selama melakukan scan ini, Anda memutuskan koneksi Anda kepada internet, serta, bila memungkinkan, Anda bisa melakukan ini dalam mode aman alias Safe Mode.

    Sebisa mungkin, Anda juga melakukan scan dengan dua aplikasi atau lebih karena seringkali malware ter-update dengan cepat sehingga satu aplikasi saja terkadang kurang baik dalam mendeteksi malware yang bersarang di dalam komputer Anda.

    Jika penggunaan anti-malware belum mampu menyelesaikan masalah Anda terhadap iklan-iklan di Google Chrome, maka kami menyarankan Anda untuk menghapus software mencurigakan via panel kontrol di komputer Anda. Anda bisa buka ke control panel kemudian pilih Add/Remove Programs. Di dalam submenu ini, Anda bisa mencari satu per satu aplikasi yang ada.

    Nah, aplikasi mencurigakan seperti apa yang patut Anda hapus? Anda susuri satu-satu dari daftar aplikasi yang ter-install kemudian cari aplikasi yang Anda merasa tidak pernah Anda install ke dalam komputer Anda. Silahkan hapus aplikasi tersebut. Meski demikian, kami menyarankan Anda untuk berhati-hati dalam menghapus aplikasi via control panel ini karena bisa jadi aplikasi yang Anda hapus merupakan aplikasi yang krusial terhadap kemampuan komputer Anda bekerja.

    Itulah cara-cara menghilangkan iklan di Google Chrome yang bisa Anda coba sendiri di komputer maupun laptop Anda.

    Silahkan mencoba!


    Baca Juga: Cara paling gampang update Mozilla Firefox!

    Beli Pulsa di Sepulsa

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah