Follow Us

  • Share

    Cara Paling Gampang Update Mozilla Firefox!

    Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan search engine yang satu ini bukan? Ya, Mozilla Firefox. Menurut Wikipedia, Mozilla Firefox (atau hanya Firefox) adalah browser web open source yang dikembangkan oleh Mozilla Foundation dan anak perusahaannya, Mozilla Corporation.

    Firefox tersedia untuk sistem operasi Windows, macos dan Linux. Saudara kandungnya, Firefox for Android, tersedia untuk Android. Firefox menggunakan mesin tata letak Gecko untuk merender halaman web, yang menerapkan standar web saat ini dan yang diantisipasi.

    Versi tambahan, Firefox untuk iOS, dirilis pada akhir 2015. Namun, karena pembatasan buatan Apple Inc, terpaksa menggunakan engine layout berlapis platform WebKit.

    Firefox diciptakan pada tahun 2002 dengan kode nama “Phoenix” oleh anggota komunitas Mozilla yang menginginkan browser mandiri, bukan bundel Mozilla Application Suite.

    Selama fase beta, Firefox terbukti populer dengan penguji dan dipuji karena kecepatan, keamanan, dan pengayanya dibandingkan dengan Internet Explorer yang dominan di Microsoft 6. Firefox dirilis pada bulan November 2004 dan menantang Internet Explorer dominasi dengan 60 juta unduhan dalam waktu sembilan bulan.

    Firefox adalah penerus spiritual Netscape Navigator, karena komunitas Mozilla diciptakan oleh Netscape pada tahun 1998 sebelum akuisisi mereka oleh AOL.

    Penggunaan Firefox tumbuh sampai puncak 32% pada akhir tahun 2009, sementara membuat versi 3.5 browser paling populer di dunia. Penggunaan kemudian ditolak dalam persaingan dengan Google Chrome.

    Pada bulan September 2017, Firefox memiliki antara 5,96% dan 13,6% penggunaan di seluruh dunia sebagai browser “desktop”, menjadikannya browser web terpopuler kedua. Firefox masih merupakan browser desktop yang paling populer di Kuba (bahkan yang paling populer secara keseluruhan adalah 67,37%) dan Eritrea masing-masing dengan 82,6% dan 87,17% pangsa pasar.

    Ini juga merupakan browser desktop terpopuler di banyak negara Afrika dan Oseanik lainnya. Menurut Mozilla, per Desember 2014 ada setengah miliar pengguna Firefox di seluruh dunia.


    Sejarah Diciptakannya Mozilla Firefox

    Cara Update Mozilla Firefox

    Proyek Firefox dimulai sebagai cabang eksperimental proyek Mozilla oleh Dave Hyatt, Joe Hewitt, dan Blake Ross. Mereka percaya bahwa persyaratan komersial dari sponsor Netscape dan creep fitur yang didorong oleh pengembang membahayakan utilitas browser Mozilla.

    Untuk mengatasi apa yang mereka lihat sebagai perangkat lunak Mozilla Suite, mereka menciptakan browser yang berdiri sendiri, yang dengannya mereka bermaksud mengganti Suite Mozilla.

    Pada tanggal 3 April 2003, Organisasi Mozilla mengumumkan bahwa mereka berencana untuk mengubah fokus mereka dari Mozilla Suite menjadi Firefox dan Thunderbird. SeaMonkey yang berbasis komunitas dibentuk dan akhirnya menggantikan Mozilla Application Suite pada tahun 2005.

    Proyek Firefox telah mengalami beberapa perubahan nama. Mozilla awalnya bernama Phoenix, yang membawa implikasi dari burung hantu mitos yang bangkit dengan penuh kemenangan dari abu pendahulunya yang telah meninggal, dalam kasus ini dari “abu” Netscape Navigator setelah dipecat oleh Microsoft Internet Explorer di “perang pertama untuk browser “.

    Phoenix dinamai karena masalah merek dagang dengan Phoenix Technologies; nama pengganti, Firebird, memicu respons yang kuat dari proyek perangkat lunak database Firebird.

    Sebagai tanggapan, Mozilla Foundation menyatakan bahwa browser akan selalu menanggung nama Mozilla Firebird untuk menghindari kebingungan. Setelah mendapat tekanan lebih lanjut, pada tanggal 9 Februari 2004, Mozilla Firebird menjadi Mozilla Firefox.

    Nama Firefox dikatakan berasal dari nama panggilan panda merah yang menjadi maskot untuk proyek yang baru dinamai. Untuk kependekan Firefox, Mozilla lebih menyukai Fx atau fx, meski sering disingkat FF. Proyek Firefox melewati banyak versi sebelum versi 1.0 dirilis pada 9 November 2004.

    Pada 2016, Mozilla mengumumkan sebuah proyek yang dikenal sebagai Quantum, yang berusaha memperbaiki engine Gecko Firefox dan komponen lainnya untuk memperbaiki kinerja Firefox, memodernisasi arsitekturnya, dan mentransisikan browser ke model multi proses.

    Perbaikan ini terjadi setelah turunnya pangsa pasar ke Google Chrome, dan juga kekhawatiran bahwa kinerjanya mulai meningkat. Meskipun perbaikannya, perubahan ini mengharuskan pengaya yang ada agar Firefox dibuat tidak kompatibel dengan versi yang lebih baru, yang mendukung sistem ekstensi baru yang dirancang serupa dengan Chrome dan browser terbaru lainnya.

    Firefox 57, yang dirilis pada bulan November 2017, adalah versi pertama yang berisi perangkat tambahan dari Quantum, dan dengan demikian diberi nama Firefox Quantum. Seorang eksekutif Mozilla menyatakan bahwa Quantum adalah “update terbesar” bagi browser sejak versi 1.0.


    Bagaimana Cara Update Mozilla Firefox?

    Cara Update Mozilla Firefox

    Secara default, Firefox diatur untuk mengupdate secara otomatis tapi Anda selalu bisa melakukan update manual. Begini caranya:

    1. Klik tombol menu , klik help  dan pilih About Firefox.

    2. Jendela About Mozilla Firefox akan terbuka. Firefox akan mulai memeriksa update dan mendownloadnya secara otomatis.

    Cara Update Mozilla Firefox

    3. Saat update siap untuk diinstal, klik Restart untuk mengupdate Firefox

    Cara Update Mozilla Firefox

    Tips: Bergantung pada bagaimana Anda mengkonfigurasi Firefox, update bisa dilakukan secara otomatis, artinya Anda tidak perlu mendownload dan menginstal setiap pembaruan secara manual.

    Bergantung pada versi Firefox yang Anda miliki, Anda dapat memeriksa setelan pembaruan di Firefox dari Options> Firefox Updates atau Options> Advanced> Update.


    Apa Ada Versi Terbaru dari Firefox?

    Cara Update Mozilla Firefox

    Versi terbaru Firefox adalah Firefox 57.0.4, yang dirilis pada tanggal 4 Januari 2018.

    Lihat Firefox 57.0.4 Release Notes untuk gambaran lengkap tentang apa yang Anda dapatkan di versi baru ini.


    Versi Firefox lainnya

    Cara Update Mozilla Firefox

    Firefox tersedia dalam banyak bahasa untuk Windows, Mac, dan Linux, di kedua 32-bit dan 64-bit. Anda bisa melihat semua download ini di satu halaman di situs Mozilla secara langsung.

    Firefox juga tersedia untuk perangkat Android melalui Google Play Store dan perangkat Apple dari iTunes.

    Versi pra-rilis Firefox juga tersedia untuk diunduh. Anda bisa menemukannya di Mozilla’s Releases Page.

    Penting: Sejumlah “situs download” menawarkan versi terbaru Firefox, namun beberapa di antaranya melengkapi perangkat lunak tambahan yang mungkin tidak diinginkan untuk didownload oleh browser mereka.


    Mengalami kesulitan mengupdate Firefox?

    Cara Update Mozilla Firefox

    Lihat Bantuan lebih lanjut untuk informasi tentang cara meng-update Mozilla Firefox disitus resminya atau postingan di forum dukungan teknis, dan banyak lagi.

    Pastikan untuk memberi tahu versi Firefox apa yang Anda gunakan (atau mencoba memperbarui atau menginstal), versi Windows atau sistem operasi lain yang Anda gunakan atau kesalahan yang Anda terima dan langkah apa yang telah Anda lakukan untuk mencoba memperbaiki masalah yang terjadi pada browser Anda.


    Itulah ulasan kami tentang bagaimana cara untuk update Mozila Firefox beserta pengertian dan sejarah terciptanya Firefox itu sendiri. Dalam peng-update-an aplikasi Firefox tentunya Anda harus berhati-hati, karena saat ini telah banyak aplikasi tipuan atau palsu yang berisi ‘Malware’ dan bisa membahayakan Komputer atau Laptop Anda.

    Anda disarankan untuk memeriksa terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menginstall atau meng-update setiap aplikasi. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.


    Baca Juga : Cara membuat Google Forms

    Beli Pulsa di Sepulsa

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah