Follow Us

  • Share

    Cara Cek dan Perpanjang Masa Aktif Telkomsel di 3 Kartu SIM Ini

    Masa aktif nomor telepon adalah hal terpenting yang harus kamu pastikan sebagai pengguna operator seluler. Karena, layanan telekomunikasi yang disediakan operator seluler, baik panggilan, SMS atau akses internet tidak akan bisa kamu lakukan, jika kamu berada di masa tenggang.

    Telkomsel setidaknya mempunyai tiga jenis kartu SIM yakni kartu AS, LOOP dan SimPATI untuk pelanggan prabayar, serta Kartu Halo untuk pelanggan pascabayar.

    Cara cek dan perpanjang masa aktif Telkomsel di empat jenis kartu itu tidaklah sulit, kamu bisa melakukan pengecekan melalui SMS, menu dial, aplikasi Telkomsel maupun website. Namun, masing-masing jenis kartu Telkomsel itu memiliki kebijakan masa perpanjangan tertentu.

    Sepulsa merangkum ulasan untuk memudahkan cara cek dan perpanjang masa aktif Telkomsel kamu, sebagai berikut:

    Cara Cek Masa Aktif Telkomsel

    1. Cek Masa Aktif Telkomsel melalui kode USSD Menu Panggilan

    Cara cek masa aktif Telkomsel paling mudah bisa dilakukan melalui kode USSD *888#. Selain mudah, cara cek masa aktif melalui pilihan ini juga gratis.

    Kamu cukup tekan *888# lalu pilih panggil šŸ“ž. Tampilan sisa pulsa berikut masa aktif nomor telepon akan muncul setelah panggilan dial berhasil.

    2. Cek Masa Aktif Telkomsel melalui Aplikasi MyTelkomsel

    Pilihan lain cara cek dan perpanjang masa aktif Telkomsel bisa juga dilakukan melalui aplikasi MyTelkomsel. Aplikasi ini harus kamu unduh dahulu ke smartphone sebelum menggunakannya.

    Setelah itu, buka aplikasi MyTelkomsel, nanti tersedia kolom berisi nomor telepon, lalu masukan nomor telpon Telkomsel kamu, lalu verifikasi.

    Selanjutnya, muncul tampilan informasi mengenai jumlah pulsa Telkomsel berikut masa aktifnya.

    3. Cara Masa Aktif melalui Asisten Virtual Telkomsel

    Selain dua cara di atas, mengecek masa aktif Telkomsel juga bisa dilakukan dengan mengunjungi akun resmi Telkomsel melalui kanal-kanal sebagai berikut:

    • Facebook Messenger: tsel.me/fbV2
    • WhatsApp: tsel.me/wa2
    • situs web: www.telkomsel.com
    • aplikasi MyTelkomsel: my.telkomsel.com/app/chatbot
    • LINE:tsel.me/lineVA2
    • Telegram: tsel.me/telegramVA2

    Jika kamu mengakses salah satu dari kanal tersebut, Kamu cukup ketik ā€œHaiā€ , lalu pilih ā€œCek Pulsaā€ lalu kirim.

    Setelah itu, asisten virtual Telkomsel akan mengirimkan informasi pulsa berikut masa aktif nomor kamu.

    Dikutip dari website resmi Telkomsel, asisten virtual Telkomsel adalah layanan digital berbasis chatting yang memudahkan pelanggan untuk mengecek sisa pulsa, masa aktif kuota Internet, menukar Telkomsel POIN, menemukan lokasi GraPARI paling dekat, pembelian paket, atau informasi lainnya seputar produk dan layanan Telkomsel.

    Cara Perpanjang Masa Aktif Telkomsel

    Setelah mengetahui cara cek masa aktif Telkomsel, kamu juga perlu tahu tentang cara perpanjang masa aktif Telkomsel. Cara perpanjang masa aktif Telkomsel umumnya bisa dilakukan beberapa cara mulai dari pembelian pulsa, membeli masa aktif, menggunakan pulsa yang tersisa.

    Namun, perlu diingat dari beberapa jenis kartu yang dikeluarkan Telkomsel, AS, LOOP dan SimPATI memiliki kebijakan masing-masing terkait perpanjangan masa aktif.Ā 

    Sepulsa akan merangkum cara cek dan perpanjang masa aktif Telkomsel mulai dari SimPATI, AS dan LOOP.

    Cara perpanjang masa aktif Telkomsel paling mudah adalah dengan melakukan pengisian pulsa maupun paket data. Semua pembelian paket akan memperpanjang masa aktif sesuai dengan masa berlaku paket tersebut.

    Begitu juga pembelian paket di masa tenggang kartu SIMĀ  akan mengubah kartu menjadi aktif, dan masa aktif akan disesuaikan dengan masa berlaku paket tersebut.

    1. SimPATI

    Penambahan masa aktif SimPATI setelah melakukan isi ulang pulsa dan aktivasi paket sesuai masa aktif yang tertera baik dalam kondisi kartu aktif maupun kondisi masa tenggang, serta pemakaian data tertentu dengan data sebagai berikut.

    Isi ulang Pulsa SimPATI

    Nominal PulsaMasa Aktif
    Rp5.0007 hari
    Rp10.00015 hari
    Rp15.00020 hari
    Rp20.00030 hari
    Rp25.00030 hari
    Rp50.00045 hari
    Rp100.00060 hari
    Rp200.000120 hari
    Rp300.000180 hari
    Rp500.000240 hari
    Rp.1000.000330 hari

    Aktivasi Paket SimPATI

    KuotaMasa Aktif
    0,5-1,5 GB3 hari
    1-2,5 GB5 hari
    1,5-3,5 GB7 hari
    4GB30 hari
    10 GB30 hari
    14 GB30 hari

    2. Kartu As

    MemperpanjangĀ  masa aktif kartu As, pengguna perlu memastikan ada pemakaian pulsa minimal Rp1 atau dengan memakai kuota paket.

    Sementara untuk pengisian pulsa kartu AS agar berbeda dengan SimPATI. Ini karena, jika isi ulang pulsa di Kartu AS dilakukan di periode masa aktif, tidak akan memperpanjang masa aktif kartu AS.

    Masa aktif dari pembelian pulsa di Kartu AS hanya bertambah, jika dilakukan di masa tenggang dengan masa aktif selama 30 hari.

    Untuk memperpanjang masa aktif kartu AS bisa juga melalui pembelian paket. Aktivasi paket ini akan menambah masa aktif sesuai pembelian masa paketmu.

    3. Kartu LOOP

    Cara memperpanjang masa aktif kartu LOOP bisa juga dengan pengisian pulsa maupun paket data. Jumlah masa aktif akan bertambah sesuai dengan pulsa atau masa berlaku paket tersebut

    Isi Ulang Pulsa

    Nominal PulsaMasa Aktif
    Rp1-50.00030 hari
    Rp50.001-Rp100.00060 hari
    Rp100.001ā€“Rp250.00090 hari
    Rp250.001-Rp500.000120 hari
    >Rp500.00365 hari

    Aktivasi Paket

    Untuk perpanjangan masa aktif dari aktivasiĀ  paket di Kartu LOOP sama dengan kartu SimPATIĀ  pada tabel di atas.

    Perbedaan penambahan masa aktif, kartu LOOP dengan SimPATI dan kartu AS ada di pemakaian pulsa. Di kartu LOOP tersedia penambahan masa aktif setelah pemakaian pulsa minimal Rp1.

    Pemakaian Pulsa Selama 30 HariMasa Aktif
    <Rp1Masuk Masa Tenggang
    Rp5000-50.00030 hari
    Rp50.001-Rp100.00060 hari
    Rp100.001-Rp250.00090 hari
    Rp250.001-Rp500.000120 hari
    >Rp500.000365 hari

    Cara lainnya yang bisa dilakukan untuk memperpanjang masa aktif kartu Telkomsel adalah dengan membeli masa aktif. Operator yang memiliki pelanggan terbesar di Indonesia ini menyediakan pilihan paket untuk menambah masa aktif kartu Telkomsel.

    Cara ini direkomendasikan bagi pengguna Telkomsel yang masih memiliki sisa saldo pulsa, namun masa aktifnya hampir berakhir.

    • Pertama, buka menu dial di telepon seluler
    • Ketik kode USSD *999#
    • Lalu pilih menu panggil šŸ“ž
    • Tunggu tampilan informasi mengenai menu yang dapat dipilih, lalu ketik nomor paket lainnya, tekan kirimkan dan ketik nomor pilihan lainnya, sampai muncul pilihan paket masa aktif lalu pilih
    • Setelah itu, akan muncul tampilan pilihan paket masa aktif:Ā 
    1. 7 hari/Rp5ribu
    2. 30 hari/Rp15ribu
    3. 90 hari/Rp30 ribu
    • Lalu pilih pilihan paket yang kamu inginkan, tekan kirim. Selanjutnya, kamu diminta melakukan konfirmasi pembelian. Beberapa saat kemudian, kamu akan mendapatkan pesan yang menyatakan pembelian masa aktif kamu berhasil dan mulai berlaku.

    Nah, itu semua ulasan mengenai cara cek dan perpanjang masa aktif Telkomsel. Kamu bisa mencobanya sekarang. Semoga bermanfaat!

    Beli Pulsa Simpati

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah