Follow Us

  • Share

    Bukan Sekedar Angka, Ini Manfaat dari Serial Number Pulsa

    Serial number pulsa berperan penting dalam transaksi pembelian pulsa atau kuota layanan internet berbasis konvensional. Serial number berupa kode unik yang dijadikan sebagai notifikasi bahwa transaksi pengisian pulsa untuk suatu nomor celular berhasil dilakukan. 

    Bagi kamu yang masih sering membeli pulsa di counter, pasti sudah tidak asing lagi dengan serial number. Sebab, nomor ini pasti kamu dapatkan jika isi ulang pulsa berhasil dilakukan. Seperti bukti transaksi lainnya, serial number ini bisa dijadikan sebagai acuan untuk mengetahui informasi berhasil atau gagalnya suatu transaksi. 

    Kode Serial Number Pulsa

    Apa Itu Kode Serial Number Pulsa?

    Serial number pada pulsa merupakan serangkaian angka unik yang dijadikan sebagai tanda keberhasilan transaksi pada pembelian pulsa atau paket layanan internet. Berdasarkan informasi dari Kumparan yang mengutip Science Direct, pada umumnya, serial number pada pulsa berfungsi sebagai pembeda dari satu produk dengan  produk lainnya. Sehingga pembeli bisa mengetahui bukti transaksi yang dilakukan dengan mudah. 

    Sebagai contoh, pembeli melakukan komplain kepada penjual karena transaksi pulsa yang dilakukan belum masuk. Namun, melalui serial number pulsa, penjual bisa mengetahui informasi status transaksi tersebut. Selain itu, serial number juga bisa digunakan penjual untuk mengetahui sisa saldo yang dimiliki. 

    Baca juga: Jenis-Jenis Aplikasi Jual Beli Pulsa Online Murah 2021 untuk Menambah Penghasilan

    Fungsi Kode Serial Number Saat Mengisi Pulsa 

    Serial number pulsa memiliki beberapa fungsi yang bisa dirasakan oleh pembeli ataupun penjual. Adapun fungsi tersebut sebagai berikut.

    • Menjadi notifikasi bahwa transaksi pengisian pulsa pada suatu nomor berhasil dilakukan.
    • Dijadikan sebagai media informasi transaksi, seperti jumlah pulsa yang dibeli, waktu dan juga tanggal pembelian.
    • Untuk penjual, serial number pulsa bisa melihat saldo yang dimiliki.
    • Menjadi kode yang digunakan untuk pengecekan ulang transaksi yang telah dilakukan. 

    Cara Mengetahui Kode Serial Number

    Cara Mengetahui Kode Serial Number

    Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui serial number pulsa. Pastinya untuk mendapatkan serial number tersebut, kamu harus melakukan pengisian ulang pulsa terlebih dahulu.

    Jika kamu membeli pulsa secara konvensional atau datang langsung ke counter penjual pulsa, biasanya serial number akan dikirimkan melalui pesan singkat atau SMS. Jika kamu merasa tidak mendapatkan SMS, bisa meminta ke penjual untuk mengirimkan serial number ke nomor kamu. 

    Baca juga: Cara Mendapatkan Utang Pulsa Online Anti Ribet

    Berbeda cara jika kamu membeli pulsa secara online. Serial number bisa kamu lihat dari aplikasi. Kamu bisa mengecek riwayat pengisian pulsa pada marketplace tempat kamu melakukan transaksi tersebut. Namun, tidak sedikit juga serial number akan dikirimkan ke alamat email sesuai dengan registrasi.

    Beli Pulsa

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah