Follow Us

  • Share

    Bisakah Menggunakan BPJS Saat Berada di Luar Kota?

    Sesuai dengan peraturan yang berlaku, mempunyai kartu BPJS adalah kewajiban bagi seluruh warga negara Indonesia. Ditambah dengan membayar iuran secara rutin secara online maupun datang langsung ke kantor BPJS terdekat.

    Ketika menggunakan BPJS, sebaiknya Anda juga memilih fasilitas kesehatan yang jaraknya paling dekat dengan tempat tinggal. Tapi, bagaimana jika Anda sakit dan posisinya sedang di luar kota?

    Baca : Cara Mendaftar BPJS Kesehatan via Online dan Offline

    Nah, ada kalanya Anda berpindah tempat baik itu disebabkan urusan pribadi atau pekerjaan. Contohnya saat berlibur panjang ke luar kota untuk waktu yang cukup lama, perbedaan cuaca atau lingkungan tentunya bisa berdampak pada kesehatan tubuh.

    Tubuh yang terekspos dengan lingkungan baru akan berusaha beradaptasi atau menyesuaikan. Nah, penyesuaian tersebut bisa berupa reaksi tubuh seperti sakit flu, batuk, dan sebagainya.


    Bisakah BPJS Digunakan di Kota Lain?

    Iya, Anda bisa menggunakan BPJS untuk berobat saat berada di luar kota. Akan tetapi Anda harus memenuhi syarat dan menjalani prosedur. Beberapa hal yang harus diperhatikan di bawah ini untuk bisa menggunakan BPJS di luar kota.

    Adapun syarat yang Anda harus penuhi yaitu membawa dokumen penting yang terdiri dari:

    • Kartu Tanda Penduduk.
    • Kartu BPJS Kesehatan.
    • Surat Keterangan domisili.

    Prosedur untuk menggunakan BPJS di luar kota:

    • Anda, peserta BPJS meminta surat pengantar ke fasilitas kesehatan pertama dari kantor cabang BPJS terdekat di luar domisili. (lihat : Alamat kantor BPJS)
    • Saat berkunjung ke kantor cabang BPJS tersebut, sebaiknya Anda membawa surat keterangan domisili dan menunjukkannya kepada petugas BPJS.

    Sebagai contoh, kamu peserta BPJS yang terdaftar di fasilitas kesehatan di Jakarta. Suatu waktu Anda mengambil cuti liburan ke Bandung. Saat Anda menikmati liburan di kota tersebut Anda tiba-tiba terjangkit suatu gejala penyakit.

    Anda mau berobat menggunakan BPJS di Bandung. Anda bisa menggunakannya di Bandung dengan cara mempersiapkan surat domisili dari Kantor BPJS Jakarta dan meminta surat keterangan di kantor BPJS terdekat di Bandung. Dengan surat keterangan itulah Anda bisa berobat di fasilitas kesehatan di Bandung.

    Disamping itu, kalau Anda telah lama menetap di suatu kota (di luar domisili yang tercatat) akan lebih baik Anda memindahkan fasilitas kesehatan ke kota tersebut. Anda bisa menghubungi kantor cabang BPJS terdekat untuk mengajukan perpindahan fasilitas kesehatan.

    Proses perubahan fasilitas kesehatan bisa dilakukan setelah 3 bulan terdaftar di fasilitas kesehatan pertama sebelumnya dengan membawa surat keterangan domisili.

    Suatu contoh, Anda sudah bertahun-tahun menetap di Bandung sedangkan Anda terdaftar sebagai peserta BPJS dan fasilitas kesehatan di Jakarta. Anda bisa menghubungi kantor cabang BPJS terdekat di Jakarta untuk mengurusi perpindahan fasilitas kesehatan.

    Anda baru bisa menunggu perubahan fasilitas kesehatan setelah 3 bulan terdaftar di fasilitas kesehatan pertama dan tentunya jangan lupa membawa surat keterangan domisili.

    BPJS memberikan perlindungan secara nasional, kamu bisa menggunakannya dimana saja asalkan membawa surat keterangan domisili dan sabar mengurus surat keterangan dari kantor BPJS luar kota. 

    Semoga informasinya berguna, ya. Salam sehat, Sepulsa mate!

    Bayar BPJS Kesehatan

    27 Komentar

    • Vhy fi
      August 29, 2019 at 3:27 pm

      Kalau harus urus surat domisili dulu, berarti pulang dulu ke kota asal, terus balik lagi ke luar kota?

      Balas Komentar
      • Asmoga
        January 1, 2020 at 10:53 am

        Aruran yg gk jelas, kita tiap bulan bayar, tapi pas tiba2 sakit d luar domisili msh aja d persulit.
        Judulnya “GOTONG ROYONG” begitu sakit d luar domisili kata gotong royong gk berlaku lagi

        Balas Komentar
        • syamsul bahri
          September 6, 2021 at 8:05 pm

          Betul BPJS kesehta harus di rombak struktur nya entahh apalahh namanya yg penting jangan kalah sama asuransi kesehtan swasta kartunya bisa digesek di rumah sakit yang di tunjuk mana saja di indonesia bahkan dunia,Pak mentri kesehatan tlong solusinya,biar cerdas gitu lho…!

          Balas Komentar
      • Lina
        October 6, 2020 at 3:05 pm

        Hanya sekedar saran smoga aja ada pihak berwenang yg membaca ini, soal sakit tdk ada yg tau kapan akan datang, seharusnya kartu BPJS dapat digunakan dimana saja tanpa harus menggunakan surat domisili, yang pentingkan tidak mempunyai tunggakan.
        Kalau harus pake keterangan domisili kayanya ribet orang sakit kan hrs segera mendapat penanganan agar tdk terjadi hal2 yg tdk diinginkan, gimna bagi orang yang tidak mampu masa harus bolak balik ke tempat asal??!!

        Balas Komentar
        • Nurul
          February 8, 2021 at 8:41 am

          Domisili. Sama KTP APA BEDANYABYAKAN WKWKWKW heran guamah. Jelas2 KTP itu kartu tanda penduduk… masihbaja perlu domisili. Brati ktp buat apa gunanya kalau masih dibikin ribet

          Balas Komentar
          • Gabby
            February 15, 2021 at 11:53 am

            Percuma ya kita semua kerja online, data sdh online..warga masih kudu momdar mandir…birokrasinya makan gaji buta😀

            Balas Komentar
        • jusakiki
          August 11, 2021 at 8:36 am

          Saya termasuk direpotkan dengan urusan harus memindahkan bpjs anak saya ke kota tempat dia bekerja. Entah apakah blog ini memang bisa menampung aspirasi masyarakat, yang pasti harapan masyarakat adalah BPJS (dengan asumsi pemegang kartu BPJS tidak bermasalah dengan tunggakan) bisa digunakan di manapun tanpa embel-embel harus ada keterangan RT/RW dan Puskesmas asal karena orang sakit pertama-tama memerlukan bantuan tindakan, mana mungkin pamit ke kota asal dulu memohon keterangan lalu antri di loket untuk ganti kartu dulu meski mungkin ada keluarga di tempat asal yang menolong. Semoga blog ini dipantau kementrian kesehatan agar bisa ditindaklanjuti.

          Balas Komentar
    • Zain p
      October 27, 2020 at 8:48 pm

      Ini yg bikin sulit, urus2 domisili di daerah asal, jakarta-bandung masih deket gimna kita yg jawa-kalimantan 🤔

      Balas Komentar
    • Apah
      November 4, 2020 at 11:06 am

      Bayar bisa dimana aja pas sakit pulang dulu keburu mati

      Balas Komentar
      • Evi Suryaningsih
        December 27, 2020 at 9:45 am

        Lucu ya aturan pemerintah kita

        Balas Komentar
        • Slamet Purwadi
          July 21, 2021 at 6:45 pm

          klo gitu gak guna namanya E-KTP seharusnya sistem bisa saling terintegrasi satu sama lain

          Balas Komentar
      • Musdapit
        July 17, 2021 at 10:45 pm

        Sangat kecewa dengan BPJS kesehatan bertahun tahun saya bayar,sekalinya mau pake berobat tetap saja di bayar,,ngpain Bpjs di bayar klu tetap di bayar saat berobat,,,

        Balas Komentar
    • Yakin
      November 23, 2020 at 11:28 am

      Kalau bpjs berlaku secara nasional sebaiknya jangan dibuat ribet. Bayarnya boleh dari mana saja tapi pelayanannya kok segitu ribetnya. Ketika peserta bbjs sudah memenuhi kewajibanya, maka haknya ya jangan dibuat ribet.

      Balas Komentar
    • Ams
      January 12, 2021 at 12:16 pm

      Judul nya hotong royong kenapa klo sakit d luar kota harus ad domisili segala kan BPJS nasiaonal seharus nya bisa di gunakan di mana pun dong tidak harus pakai domosisli sgala kita bayar di manapun bisa kenapa gk di sama kan saj.diman pun seharus nya bisa.d gunakan untuk berobat gk harus ad start domisili dong

      Balas Komentar
    • Son78
      January 16, 2021 at 12:37 pm

      Ribet bgt ya…bener negara korup…BCA aja bisa loh ATM JKT ambil di ujung kulon…masa sekelas negara gak bisa bikin seperti itu.. mgkn hrs sabar tunggu 1000 thn lg

      Balas Komentar
    • pake banget
      January 18, 2021 at 11:52 am

      walah dalah mw berobat pke kartu ribet amat ngurus surat lg

      Balas Komentar
    • Andry
      January 19, 2021 at 8:58 am

      Udah sakit, tapi disuruh mondar mandir ngurus surat surat, keburu kelenger orangnya

      Balas Komentar
    • WAWAn
      February 11, 2021 at 10:12 am

      Mestinya pemerintah lebih jelas lagi bikin aturan,klo ada yg ingin ke RS harus langsung diproses ,jgn harus buat surat rujukan dulu…bikin ribet…

      Balas Komentar
    • Gabby
      February 15, 2021 at 11:51 am

      Ribet ya…seperti belum pernah ada internet…apa gunanya ktp dan bpjs yg semuanya online..tapi musti mondar mandir utk keterangan domisili…perbanyak IT deh

      Balas Komentar
    • Wahab
      February 17, 2021 at 12:31 pm

      Nah itu bayar tapi ribet klo Tina”prut mules djalan gimana itu, pemrintah tolonglah kami Yang orang tak mampu jangn di persulit

      Balas Komentar
      • H gumb
        April 17, 2021 at 10:29 am

        Nah gitu gimana nih kalo kaya gitu, masa harus datang dulu ke rt buat bikin domisili, terus pak rt nya lagi ke hajatan dulu, namanya sakit ya harus segera dintangani bukan harus sabar 🥺

        Balas Komentar
    • H gumb
      April 17, 2021 at 10:26 am

      Ya elah. Gimana ini aturan lagi sakit harus sabar bikin domisili aurat keterangan segala. Mana di wajibin ikut, tiap bilang di potong otomatis tapi giliran mau pake di bikin susah. Gimana sih ini pantes kagak maju maju nih negara. Beda banget sama kartu atm yang notabene di kelola swasta, kita bikin rekening jakarta. Di seluruh indonesia bisa ngambil duit asal ada mesin atm nya. Pingin marah marah ama siapa?

      Balas Komentar
    • Siti Asiah
      May 15, 2021 at 6:52 am

      Kl asal kota bpjs di bekasi, skr tinggal sementara di bogor bgmn cara penggunaan bpjs di bgr nya

      Balas Komentar
    • Agus Priyanto
      June 5, 2021 at 9:10 am

      Terlalu ribet urusannya, saat sakit mohon tidak dibebani syarat administrasi seperti keterangan domisili segala. Sebetulnya dari kartu BPJS sudah lengkap datanya. Baik alamat (domisili), nama yang bersangkutan. Untuk itu mohon dipermudah urusannya intinya iurannya tidak terlambat pembayaran nya.

      Balas Komentar
    • dian
      September 7, 2021 at 9:40 pm

      kata siapa perlu srt domisili??saya waktu itu msh trdaftar d bpjs kota padang..stlah menikah saya ikut suami k kota sidoarjo.kbtulan faskes masih d kota padang..nah stlh menetap d sidoarjo..saya akhirnya pndah faskes ..dan tdk perlu srt domisili dr kota asal..mudah kok

      Balas Komentar
    • Marsha pardede
      September 23, 2021 at 5:26 pm

      Kenapa rumit sekali berobat dg BPJS
      saat berada diluar kota. Pd hal saya bayar iuran utk Kelas 1. Tolonglah para pejabat BPJS memperbaiki sistem yang lebih praktis, bukankah yang penting adalah pembayaran iurannya lancar

      Balas Komentar
      • Embrio
        November 8, 2021 at 1:07 pm

        Emang pabeulit, gimana klu sakitnya mencret dan mules perut.

        Balas Komentar

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah

    27 Komentar

    • Vhy fi
      August 29, 2019 at 3:27 pm

      Kalau harus urus surat domisili dulu, berarti pulang dulu ke kota asal, terus balik lagi ke luar kota?

      Balas Komentar
      • Asmoga
        January 1, 2020 at 10:53 am

        Aruran yg gk jelas, kita tiap bulan bayar, tapi pas tiba2 sakit d luar domisili msh aja d persulit.
        Judulnya “GOTONG ROYONG” begitu sakit d luar domisili kata gotong royong gk berlaku lagi

        Balas Komentar
        • syamsul bahri
          September 6, 2021 at 8:05 pm

          Betul BPJS kesehta harus di rombak struktur nya entahh apalahh namanya yg penting jangan kalah sama asuransi kesehtan swasta kartunya bisa digesek di rumah sakit yang di tunjuk mana saja di indonesia bahkan dunia,Pak mentri kesehatan tlong solusinya,biar cerdas gitu lho…!

          Balas Komentar
      • Lina
        October 6, 2020 at 3:05 pm

        Hanya sekedar saran smoga aja ada pihak berwenang yg membaca ini, soal sakit tdk ada yg tau kapan akan datang, seharusnya kartu BPJS dapat digunakan dimana saja tanpa harus menggunakan surat domisili, yang pentingkan tidak mempunyai tunggakan.
        Kalau harus pake keterangan domisili kayanya ribet orang sakit kan hrs segera mendapat penanganan agar tdk terjadi hal2 yg tdk diinginkan, gimna bagi orang yang tidak mampu masa harus bolak balik ke tempat asal??!!

        Balas Komentar
        • Nurul
          February 8, 2021 at 8:41 am

          Domisili. Sama KTP APA BEDANYABYAKAN WKWKWKW heran guamah. Jelas2 KTP itu kartu tanda penduduk… masihbaja perlu domisili. Brati ktp buat apa gunanya kalau masih dibikin ribet

          Balas Komentar
          • Gabby
            February 15, 2021 at 11:53 am

            Percuma ya kita semua kerja online, data sdh online..warga masih kudu momdar mandir…birokrasinya makan gaji buta😀

            Balas Komentar
        • jusakiki
          August 11, 2021 at 8:36 am

          Saya termasuk direpotkan dengan urusan harus memindahkan bpjs anak saya ke kota tempat dia bekerja. Entah apakah blog ini memang bisa menampung aspirasi masyarakat, yang pasti harapan masyarakat adalah BPJS (dengan asumsi pemegang kartu BPJS tidak bermasalah dengan tunggakan) bisa digunakan di manapun tanpa embel-embel harus ada keterangan RT/RW dan Puskesmas asal karena orang sakit pertama-tama memerlukan bantuan tindakan, mana mungkin pamit ke kota asal dulu memohon keterangan lalu antri di loket untuk ganti kartu dulu meski mungkin ada keluarga di tempat asal yang menolong. Semoga blog ini dipantau kementrian kesehatan agar bisa ditindaklanjuti.

          Balas Komentar
    • Zain p
      October 27, 2020 at 8:48 pm

      Ini yg bikin sulit, urus2 domisili di daerah asal, jakarta-bandung masih deket gimna kita yg jawa-kalimantan 🤔

      Balas Komentar
    • Apah
      November 4, 2020 at 11:06 am

      Bayar bisa dimana aja pas sakit pulang dulu keburu mati

      Balas Komentar
      • Evi Suryaningsih
        December 27, 2020 at 9:45 am

        Lucu ya aturan pemerintah kita

        Balas Komentar
        • Slamet Purwadi
          July 21, 2021 at 6:45 pm

          klo gitu gak guna namanya E-KTP seharusnya sistem bisa saling terintegrasi satu sama lain

          Balas Komentar
      • Musdapit
        July 17, 2021 at 10:45 pm

        Sangat kecewa dengan BPJS kesehatan bertahun tahun saya bayar,sekalinya mau pake berobat tetap saja di bayar,,ngpain Bpjs di bayar klu tetap di bayar saat berobat,,,

        Balas Komentar
    • Yakin
      November 23, 2020 at 11:28 am

      Kalau bpjs berlaku secara nasional sebaiknya jangan dibuat ribet. Bayarnya boleh dari mana saja tapi pelayanannya kok segitu ribetnya. Ketika peserta bbjs sudah memenuhi kewajibanya, maka haknya ya jangan dibuat ribet.

      Balas Komentar
    • Ams
      January 12, 2021 at 12:16 pm

      Judul nya hotong royong kenapa klo sakit d luar kota harus ad domisili segala kan BPJS nasiaonal seharus nya bisa di gunakan di mana pun dong tidak harus pakai domosisli sgala kita bayar di manapun bisa kenapa gk di sama kan saj.diman pun seharus nya bisa.d gunakan untuk berobat gk harus ad start domisili dong

      Balas Komentar
    • Son78
      January 16, 2021 at 12:37 pm

      Ribet bgt ya…bener negara korup…BCA aja bisa loh ATM JKT ambil di ujung kulon…masa sekelas negara gak bisa bikin seperti itu.. mgkn hrs sabar tunggu 1000 thn lg

      Balas Komentar
    • pake banget
      January 18, 2021 at 11:52 am

      walah dalah mw berobat pke kartu ribet amat ngurus surat lg

      Balas Komentar
    • Andry
      January 19, 2021 at 8:58 am

      Udah sakit, tapi disuruh mondar mandir ngurus surat surat, keburu kelenger orangnya

      Balas Komentar
    • WAWAn
      February 11, 2021 at 10:12 am

      Mestinya pemerintah lebih jelas lagi bikin aturan,klo ada yg ingin ke RS harus langsung diproses ,jgn harus buat surat rujukan dulu…bikin ribet…

      Balas Komentar
    • Gabby
      February 15, 2021 at 11:51 am

      Ribet ya…seperti belum pernah ada internet…apa gunanya ktp dan bpjs yg semuanya online..tapi musti mondar mandir utk keterangan domisili…perbanyak IT deh

      Balas Komentar
    • Wahab
      February 17, 2021 at 12:31 pm

      Nah itu bayar tapi ribet klo Tina”prut mules djalan gimana itu, pemrintah tolonglah kami Yang orang tak mampu jangn di persulit

      Balas Komentar
      • H gumb
        April 17, 2021 at 10:29 am

        Nah gitu gimana nih kalo kaya gitu, masa harus datang dulu ke rt buat bikin domisili, terus pak rt nya lagi ke hajatan dulu, namanya sakit ya harus segera dintangani bukan harus sabar 🥺

        Balas Komentar
    • H gumb
      April 17, 2021 at 10:26 am

      Ya elah. Gimana ini aturan lagi sakit harus sabar bikin domisili aurat keterangan segala. Mana di wajibin ikut, tiap bilang di potong otomatis tapi giliran mau pake di bikin susah. Gimana sih ini pantes kagak maju maju nih negara. Beda banget sama kartu atm yang notabene di kelola swasta, kita bikin rekening jakarta. Di seluruh indonesia bisa ngambil duit asal ada mesin atm nya. Pingin marah marah ama siapa?

      Balas Komentar
    • Siti Asiah
      May 15, 2021 at 6:52 am

      Kl asal kota bpjs di bekasi, skr tinggal sementara di bogor bgmn cara penggunaan bpjs di bgr nya

      Balas Komentar
    • Agus Priyanto
      June 5, 2021 at 9:10 am

      Terlalu ribet urusannya, saat sakit mohon tidak dibebani syarat administrasi seperti keterangan domisili segala. Sebetulnya dari kartu BPJS sudah lengkap datanya. Baik alamat (domisili), nama yang bersangkutan. Untuk itu mohon dipermudah urusannya intinya iurannya tidak terlambat pembayaran nya.

      Balas Komentar
    • dian
      September 7, 2021 at 9:40 pm

      kata siapa perlu srt domisili??saya waktu itu msh trdaftar d bpjs kota padang..stlah menikah saya ikut suami k kota sidoarjo.kbtulan faskes masih d kota padang..nah stlh menetap d sidoarjo..saya akhirnya pndah faskes ..dan tdk perlu srt domisili dr kota asal..mudah kok

      Balas Komentar
    • Marsha pardede
      September 23, 2021 at 5:26 pm

      Kenapa rumit sekali berobat dg BPJS
      saat berada diluar kota. Pd hal saya bayar iuran utk Kelas 1. Tolonglah para pejabat BPJS memperbaiki sistem yang lebih praktis, bukankah yang penting adalah pembayaran iurannya lancar

      Balas Komentar
      • Embrio
        November 8, 2021 at 1:07 pm

        Emang pabeulit, gimana klu sakitnya mencret dan mules perut.

        Balas Komentar