Follow Us

  • Share

    Begini Cara Mengatasi Keyboard Laptop Yang Tidak Berfungsi!

    Pernahkah Anda di tengah-tengah mengetik sesuatu dalam rangka bekerja atau mengerjakan tugas bagi Anda yang mahasiswa, namun di tengah-tengah pekerjaan anda tiba-tiba huruf “a” laptop Anda tidak bisa ditekan? Atau yang lebih parah lagi seluruh keyboard Anda mendadak tidak respons terhadap aktivitas yang Anda lakukan?

    Ketika sesuatu yang Anda lakukan bukanlah sesuatu yang mendesak, mungkin hal ini bukanlah masalah yang besar. Namun bagi Anda yang sedang di tengah-tengah deadline tugas Anda, pasti hal ini akan sangat membebani Anda. Lalu apa yang bisa Anda lakukan jika di tengah-tengah pekerjaan Anda menemui hal ini? Nah, kami telah merangkum beberapa penyebab dari kerusakan keyboard laptop ataupun komputer personal Anda serta solusi-solusi yang bisa Anda coba di bawah ini.

    Berikut adalah beberapa yang bisa Anda lakukan.


    Bersihkan Keyboard dari Serpihan Makanan

    Ya, Anda tidak salah baca. Saran pertama yang bisa kami berikan adalah bersihkan keyboard Anda dari serpihan-serpihan makanan. Karena masalah sederhana ini menurut kami cukup sering dialami terutama bagi Anda sekalian yang terbiasa mengerjakan tugas sambil makan atau ngemil. Terutama makanan-makanan seperti crackers ataupun keripik. Bisa jadi ada serpihan yang tersangkut di dalam keyboard Anda sehingga keyboard Anda menjadi tidak responsif.

    Cara termudah untuk menyelesaikan hal ini adalah cukup dengan memiringkan laptop Anda dalam posisi keyboard terbuka, atau miringkan keyboard komputer personal Anda, setidaknya 45O sampai 75O dan kemudian sedikit digunjangkan.

    Lebih mudah lagi jika Anda memiliki vacuum cleaner khusus untuk keyboard, atau alat sederhana seperti blower. Cukup dengan menggunakan alat ini dan volia! Keyboard Anda dalam sekejap akan bersih dari serpihan-serpihan makanan.

    mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi 1

    Lain cerita jika penyebabnya adalah percikan-percikan minuman manis yang menyebabkan adanya gumpalan di bawah keyboard. Kami tidak menganjurkan Anda menuangkan cairan apapun langsung ke atas keyboard laptop Anda, walaupun dalam jumlah sedikit. Untuk masalah ini Anda bisa menggunakan kain lap basah atau bahkan sekadar cottonbud yang dibasahi.

    Bagaimana dengan opsi membongkar tombol-tombol keyboard? Kami sangat tidak menyarankan hal ini kecuali Anda adalah orang yang benar-benar memahami hal ini, karena risiko rusak atau bahkan patahnya komponen-komponen kecil dalam keyboard selalu ada.

    Solusi pertama ini mungkin salah satu solusi sederhana ketika keyboard laptop tidak berfungsi, namun percayalah seringkali solusi ini dapat menyelesaikan masalah tersebut.

    Baca Juga: Bingung cara screenshot laptop? Ini tutorial lengkapnya!


    Reboot Piranti Anda

    Ketika keyboard laptop tidak berfungsi secara menyeluruh, bisa jadi ada error-error “gaib” yang terkadang cukup diselesaikan dengan on-off perangkat. Solusi ini merupakan solusi yang paling mudah atau malahan salah satu solusi yang paling sering dicoba oleh para pengguna komputer. Kami tidak memungkiri hal ini, kami yakin bahwa me-reboot piranti Anda dapat menyelesaikan ribuan masalah yang ada dalam komputer Anda. Termasuk keyboard yang tidak responsif.

    Tapi kami menyarankan Anda untuk melihat-lihat dulu situasinya. Masalah keyboard yang kami anjurkan reboot sebagai solusinya hanyalah masalah keyboard yang freeze permanen, atau yang banyak orang awam menyebutnya dengan istilah hang. Cobalah gerakkan cursor mouse Anda. Jika cursor di layar juga tidak dapat bergerak, bisa dipastikan bahwa komputer Anda mengalami hang, segera reboot dan semoga hal ini dapat memperbaiki segalanya.

    Nah jika masalah ini masih belum memperbaiki permaslahan yang ada, kami menyarankan Anda untuk mematikan perangkat yang Anda punya, lalu Anda cabut baterai dan segera pasangkan kembali. Setelah itu Anda bisa mencoba untuk kembali menyalakan perangkat Anda. Seringkali hal sederhana ini, pun kami tidak mengetahui alasannya, bisa menyelesaikan berbagai masalah, termasuk masalah yang menyebabkan keyboard laptop tidak berfungsi.


    Telpon Tech Support Line

    Mungkin solusi ini jarang digunakan oleh orang Indonesia. Alasannya pun bermacam-macam, namun sepengetahuan kami hal ini seringnya disebabkan karena pengalaman buruk kebanyakan konsumen terhadap tech support line berbagai macam produk.

    Meskipun demikian kami cukup menyarankan anda untuk mencoba mengontak tech support line piranti yang Anda punya. Karena dengan cara ini Anda tinggal mengambil alat komunikasi yang Anda punya dan cukup sampaikan tentang masalah keyboard laptop tidak berfungsi sebagaimana mestinya, dan dalam sekejap mereka akan menyampaikan solusinya.

    Namun sebelum mencoba melakukan hal tersebut ada baiknya Anda mengecek waktu garansi piranti Anda. Biasanya jika Anda meyakinkan tech support line bahwa tidak ada riwayat jatuh, atau kemungkinan kerusakan yang Anda sendiri perbuat terhadap keyboard/ laptop Anda, mereka akan mengganti perangkat Anda secara gratis.

    Jika memang berhasil melakukan cara ini. Kami amat menyarankan Anda untuk melakukan back up data-data yang sudah ada di dalam perangkat Anda ke dalam media penyimpanan yang lain, jika perangkat Anda adalah laptop. Jika yang bermasalah adalah keyboard komputer personal Anda, tidak ada hal yang perlu Anda lakukan selain menukarkan keyboard Anda dengan produk yang baru.


    Bereksperimen dengan Sambungan Keyboard

    Nah bagi Anda yang cukup berani mengotak-atik perangkat Anda, kami cukup menyarankan Anda untuk membongkar keyboard Anda. Membongkar yang kami maksud disini bukan sekadar membuka laptop Anda untuk mencari serpihan-serpihan makanan atau membersihkan debu-debu di balik tombol-tombol keyboard Anda.

    Disini kami menyarankan Anda untuk menelusuri apakah laptop Anda kehilangan kontak dengan motherboard laptop Anda sehingga keyboard Anda dapat bekerja normal di satu waktu dan mendadak kehilangan respons di waktu yang lain. Tapi kami benar-benar hanya menyarankan ini bagi Anda yang berani dan tentu saja mengerti, dan kami tidak bertanggung jawab atas kerusakan ataupun kehilangan garansi yang ditimbulkan akibat hal yang Anda lakukan.

    mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi

    Jika Anda telah siap, buka penutup keyboard di laptop Anda, dan cukup Anda lihat apakah ribbon cable keyboard Anda tersambung dengan colokannya. Jika tidak tersambung maka cukup sambungkan dengan benar. Bagian tersulit dari hal ini bukanlah menyambungkan ribbon cable tersebut, melainkan cara-cara membongkar dan menemukan ribbon cable tersebut, maka berhati-hatilah karena pada umumnya beda brand laptop akan memiliki lokasi dan mekanisme yang berbeda pula. Salah-salah keyboard laptop tidak berfungsi permanen dan Anda malah harus menggantinya dengan keyboard yang baru.


    Permasalahan pada Software

    Masalah pada piranti lunak alias software dalam hal ini bisa terbagi menjadi dua kemungkinan. Kemungkinan pertamanya adalah permasalahan pada driver keyboard Anda, dan permasalahan yang kedua adalah karena virus.

    Untuk masalah yang pertama, yakni permsalahan pada driver, Anda cukup melakukan pemeriksaan melaui device manager di dalam perangkat Anda. Biasanya jika ada permasalahan tanda berwarna kuning di sebelah ikon keyboard tidak akan nampak.

    Bagi Anda pengguna komputer personal silahkan periksa driver Anda sesuai dengan merk keyboard yang Anda gunakan, apakah sudah terupdate atau belum. Sementara bagi pengguna laptop, Anda cukup memasuki laman website sesuai dengan brand laptop yang Anda miliki. Umumnya mereka sudah menyediakan driver-driver perangkat keras laptop Anda dalam versi yang paling baru.

    Namun jika Anda pernah menginstall software-software lainnya di luar dari software yang dianjurkan oleh produsen perangkat Anda misalnya driver dari brand lain atau key remapping software, cukup uninstall program-program tersebut.

    Selain itu terkadang juga beberapa pengaturan sistem dapat memengaruhi keyboard Anda. Salah satu contoh paling mudah yang bisa kami berikan adalah bagi Anda pengguna brand Apple. Salah satu pengaturan yang sering tidak sengaja terpencet adalah tombol memperlambat yang terletak pada pilihan pengaturan aksesibilitas.

    Jika Anda mengaktivasi tombol ini maka Anda harus menekan tombol keyboard Anda cukup lama agar dikenali oleh sistem sehingga seringkali disalahartikan oleh penggunanya sebagai tombol keyboard yang tidak responsif

    Sementara jika laptop atau komputer personal Anda, Anda duga terkena virus apapun, Anda cukup melakukan scanning dengan antivirus yang banyak tersebar saat ini. Untuk memilih antivirus terbaik Anda cukup lakukan googling dan kami yakin ada ribuan informasi mengenai virus-virus yang dapat menyebabkan keyboard laptop tidak berfungsi dan antivirus yang dapat melawannya.


    Baca Juga: Pilihan laptop gaming murah untuk dompet pas pasan

    Beli Pulsa di Sepulsa

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah