Follow Us

  • Share

    Bagaimana Jika 1 Orang Punya 2 Kartu BPJS?

    BPJS, sudah tak asing lagi didengar. Merupakan suatu asuransi kesehatan nasional yang wajib dimiliki oleh masyarakat Indonesia agar mendapatkan perlindungan kesehatan. Adapun suatu pemikiran mengapa memiliki bpjs penting? BPJS Kesehatan bisa membawa sejumlah manfaat kesehatan yang kita mungkin tidak sadari. Pertama, tentunya adalah menaikkan taraf atau kualitas hidup masyarakat Indonesia.

    Semakin terjamin kesehatan yang mana merupakan faktor pendukung keamanan masyarakat maka semakin besar kemungkinan, mereka menggunakan kemampuannya menciptakan kesempatan untuk mereka sendiri. Kedua, BPJS Kesehatan menanggung sejumlah hal meliputi rawat jalan, rawat inap, persalinan, dan subsidi alat bantu kesehatan. Ketiga, Terjaminnya kesehatan tentunya akan membuat biaya kesehatan terjangkau bagi masyarakat secara luas.

    Telah mengupas mengenai manfaat dari keuntungan dari BPJS, kepemilikan kartu BPJS Kesehatan memang wajib dimiliki bagi seluruh masyarakat. Bagaimana ya caranya mendapatkan kartu BPJS? Caranya gampang. Anda bisa mendaftarkan diri secara online di website BPJS atau secara offline dengan mendatangi kantor BPJS terdekat.

    Jika Anda mendatangi kantor BPJS untuk daftar, Anda harus menyiapkan dokumen penting berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK), dan mengisi formulir BPJS. Anda baru bisa merasakan manfaat dari BPJS jika Anda telah mendaftarkan diri dan membayar iuran pertama.

    Iuran BPJS Kesehatan cukup beragam tergantung dari kelas pelayanan kesehatan yang Anda pilih. Kelas dalam BPJS terdiri dari 3 jenis yaitu kelas 1 dengan pelayanan kesehatan tertinggi, kelas 2 dengan pelayanan kesehatan menengah, dan kelas 3 dengan pelayanan kesehatan terendah atau diperuntukan masyarakat kurang mampu.

    Adapun besaran iuran yang dikeluarkan untuk setiap kelas adalah kelas 1 dikenakan Rp 80.000, kelas 2 dikenakan sebesar Rp 51.000 dan kelas 3 dikenakan sebesar Rp 30.000. Jika Anda kurang cocok dengan kelas yang Anda pilih kamu bisapindah kelas BPJS. Contohnya Anda mendaftar menjadi kelas 2 namun Anda ingin pindah ke kelas 1 karena menginginkan pelayanan kesehatan yang lebih tinggi.

    Jika mendapatkan 2 kartu BPJS, Segera Non-aktifkan salah satunya

    Satu hal yang Anda harus ingat dalam mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS adalah akun BPJS dibentuk atas satu identitas unik atau satu nomor kartu tanda penduduk. Hal ini berarti bahwa satu kartu BPJS untuk satu orang. Anda bisa mengecek identitas aktif atau belum kartu BPJS di website BPJS atau bisa telepon langsung ke hotline BPJS 1500400.

    Namun ada situasi dimana Anda tidak sengaja mendapatkan 2 kartu BPJS. Hal ini merupakan kesalahan teknis. Bisa saja ada kesalahan dalam menginput data nomor KTP atau KK. Hal yang bisa Anda lakukan adalah menonaktifkan kartu dengan input nomor KTP yang salah ke kantor BPJS terdekat dengan lokasi Anda.

    Bayar BPJS Kesehatan

    1 Komentar

    • Triyono
      December 18, 2020 at 12:48 pm

      Daftar bpjs bpu pakai nik ktp cara hapus bpjs yang lama gimana

      Balas Komentar

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah

    1 Komentar

    • Triyono
      December 18, 2020 at 12:48 pm

      Daftar bpjs bpu pakai nik ktp cara hapus bpjs yang lama gimana

      Balas Komentar