Follow Us

  • Share

    Tips Praktis Memulai Hari Pertama Bekerja

    Apakah Anda suka merasa deg-degan hari pertama kerja? Santai saja, kejadian ini cukup umum terjadi bagi para pekerja yang baru saja lulus kuliah ataupun yang sudah pernah bekerja sebelumnya. Rasa deg-degan, gugup, cemas atau gelisah merupakan hal yang wajar karena Anda belum mengenal akrab lingkungan bekerja Anda yang baru. Anda bisa mengatasinya dengan sejumlah persiapan yang membuat Anda akan tenang pada hari-H. Yuk, kita cek tips untuk hari pertama kerja!

    Tips persiapan untuk hari pertama kerja

    Sebelum hari pertama bekerja, ingatlah kenapa Anda mengambil pekerjaan tersebut

    Anda pasti merasa cemas, gelisah atau bahkan bersemangat untuk masuk hari pertama kerja. Tapi kalau Anda merasa “tidak nyaman” atau kurang bersemangat, ambillah waktu sejenak untuk merenungkan mengapa Anda menerima pekerjaan tersebut? Baik itu pekerjaan pertama selepas kuliah atau karena ingin menggali pengalaman lebih jauh lagi.

    Alasan-alasan tersebut juga dapat menjadi motivasi saat Anda berada pada kondisi kurang bersemangat. Nah, jika keesokan hari Anda mulai merasakan gugup Anda bisa mengontrol emosi dengan mengingat kembali motivasi Anda memilih pekerjaan itu.

    Ketahui dengan pasti lokasi tempat bekerja dan datanglah ke kantor tepat waktu

    datanglah ke kantor tepat waktu

    Ketika Anda termasuk orang baru di lokasi bekerja alangkah baiknya Anda telah menelusuri jarak dari tempat tinggal ke lokasi kerja agar Anda tidak terlambat. Selain jarak, hal-hal lain yang perlu dipertimbangkan seperti waktu yang termakan dalam kemacetan ketika waktu-waktu sibuk tiba dan jenis transportasi yang paling efektif yang bisa membawa Anda ke kantor dengan tepat waktu.

    Tidak ada nya jika Anda berusaha berangkat lebih awal dari perkiraan Anda, sehingga Anda pun masih punya cukup waktu untuk merapikan diri sebelum melangkah masuk ke kantor baru.

    Mulailah proaktif bekerja dan mengenal lingkungan sekitar

    mengenal lingkungan sekitar

    Gunakanlah hari pertama Anda bekerja sebagai suatu kesempatan mengenal lebih dalam mengenai perusahaan, pekerjaan dan rekan kerja Anda dengan bersosialisasi. Jika Anda orang yang pemalu, untuk awal Anda bisa ikut makan siang bersama yang mana saat mulai memperkenalkan diri dan bertukar cerita baik itu mengenai diri Anda atau perusahaan tempat Anda bekerja.

    Biasanya HRD perusahaan akan membawa Anda untuk berkeliling untuk berkenalan dengan rekan-rekan kerja dan mengenali lingkungan kantor, gunakan waktu itu untuk mengingat hal-hal penting seperti nama Pimpinan tertinggi di kantor, nama atasan Anda atau anggota tim Anda, nama rekan kerja yang duduk paling dekat dengan Anda, dimana lokasi toilet, lokasi pantry/ tempat Anda bisa mengambil gelas dan air minum, dan nomor telepon yang dapat di hubungi jika Anda memerlukan hal-hal lain. Yang juga penting untuk diingat di hari pertama Anda bekerja adalah lokasi emergency exit untuk berjaga-jaga apabila terjadi hal-hal teerkait dengan bencana.

    Cobalah untuk santai

    berusahalah untuk santai

    Ingat, alokasikan energi Anda dengan cermat. Alihkan kegelisahan dan kegugupan dengan menenangkan diri. Selalu ingat untuk relaks di hari pertama karena hal itu dapat mempengaruhi produktivitas. Sebelum hari pertama bekerja mulai, kamupun sebaiknya telah beristirahat dengan cukup, siap secara mental dan usahakan datang on-time pada hari pertama. Jika Anda berusaha menyelesaikan seluruh tugas dalam to-do list-Anda di hari pertama, Anda akan kewalahan. Rileks, Anda masih bisa menyelesaikannya esok hari.

    Jangan malu untuk bertanya atau meminta bantuan

    Tidak ada yang mengharapkan Anda mengetahui cara menyelesaikan semua perihal tugasmu dalam pekerjaan di hari pertama Anda, kalau pun ada, yakinlah bahwa Anda bisa melakukan itu dengan meminta bantuan kepada atasan atau rekan kerja Anda. Cobalah untuk santai, menarik nafas dan mulai mendekati rekan kerja Anda, tanyakan mengenai beberapa hal yang Anda ragu atau minta bantuan bagaimana cara menyelesaikannya.

    Daripada Anda menyelesaikan tugas dengan cara yang salah dan membuang waktu, lebih baik bertanya dahulu. Tentunya Anda harus berpikiran terbuka untuk menerima jawaban dari rekan kerja. Ingatlah untuk selalu kooperatif (mudah diajak bekerja sama), pendengar yang baik dan aktif berkomunikasi.

    Jangan berusaha terlalu keras, kenali batas Anda

    Biasanya di hari pertama bekerja, kita mencoba memberikan pencitraan yang baik dengan menunjukkan semangat giat bekerja. Dalam hal kerja di hari pertama, jangan terlalu memaksakan diri untuk bekerja sangat keras demi pencitraan yang baik. Lebih baik Anda bekerja sesuai kemampuan Anda dengan penuh konsentrasi. Rekan kerja Anda akan mengerti bahwa Anda baru di perusahaan dan jangan lupa untuk tingkatkan kinerja Anda sejalan dengan waktu.

    Jadilah diri Anda sendiri

    Anda pasti setuju kalau penampilan di hari pertama bekerja memanglah penting. Tetapi Anda harus ingat bahwa menampilkan kepribadian Anda yang sejujurnya akan membuat citra Anda lebih baik. Buat diri Anda nyaman pada hari pertama kerja dengan bersikap terbuka dengan sesama rekan kerja. Ketika bekerja Anda akan menjalin hubungan profesional bersama mereka dan hal itu dapat terjadi jika Anda menerima Anda secara terbuka dan memberikan kesempatan pada mereka untuk mengenal Anda lebih dekat.

    Jadilah Fleksibel

    Anda harus memahami bahwa setiap perusahaan atau lingkungan kerja memiliki nilai dan budaya yang berbeda-beda. Cara yang terbaik untuk masuk dalam lingkungan pergaulan adalah berusaha membuat diri fleksibel terhadap peraturan atau kebiasaan yang ada. Disamping itu membaurkan diri merupakan awal dari membangun jaringan profesional. Ibarat pepatah orang tua, di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung, di manapun Anda berada, hormati dan menyesuaikan diri dengan kebudayaan yang ada.

    Jadi, nikmatilah hari pertamamu, Sepulsa Mate! Selamat datang di dunia bekerja!

    Baca juga

    Beli Pulsa di Sepulsa

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah