Follow Us

  • Share

    Teknologi-Teknologi Dengan Nama Teraneh

    Anda mungkin sudah gak asing lagi dengan perusahaan teknologi ternama seperti Google, Facebook atau Amazon. Tapi tahukah Anda ada banyak sekali teknologi didunia ini yang mungkin agak nyeleneh dan bikin Anda bingung sampe geleng-geleng kepala.

    Mungkin menurut pembuatnya gak ada yang aneh sama nama teknologi ini, tapi menurut orang Indonesia mungkin nama itu memiliki arti yang  unik atau jorok dan bahkan bisa bikin Anda ketawa.

    Kali ini kami akan membahas tentang teknologi apa saja yang memiliki nama aneh yang ada didunia ini. Yuk mari langsung saja :


    TOKAI

    Mungkin nama ini sudah tidak asing lagi ditelinga Anda. Ya, TOKAI ini adalah nama dari sebuah produsen korek gas ternama di Indonesia, bisa jadi kamu adalah salah satu pengguna dari barang yang memiliki banyak fungsi ini.

    Tokai juga dijadikan sebagai nama salah satu produsen pembuat gitar dari Australia lho.  Walaupun namanya memiliki arti ‘kotoran’ bagi orang Indonesia, tapi tetap saja  menjadi nama yang populer dikalangan anak muda.


    ITIL

    Bikin nama dengan menyingkat huruf pertama dari setiap kata sih memang keren, tapi alangkah baiknya kalau Anda mencari tau terlebih dahulu perihal arti dari nama tersebut. Mungkin Anda yang asli sunda atau jawa, tabu sekali untuk mengucapkan kata-kata ini.

    Padahal  Teknologi yang bernama ITIL ini sebenernya adalah singkatan dari Information Technology Infrastructure Library atau dalam bahasa Indonesia-nya Pustaka Infrastruktur Teknologi Informasi.

    Menurut informasi yang didapat dari Wikipedia, ITIL diterbitkan dalam suatu rangkaian buku yang masing-masing membahas suatu topik pengelolaan TI. Nama ITIL dan IT Infrastructure Library merupakan merek dagang yang terdaftar dari Office of Government Commerce (OGC), Britania Raya.


    Tempix

    Teknologi yang  merupakan alat indikator untuk kulkas, freezer, dan chiller yang ditemukan oleh Thomas Oberg dan Jon Halvarsson asal Swedia ini diberi nama Tempix.

    Tempix sendiri yang kalau Anda berani nyebut didepan orang jawa, bisa-bisa Anda digampar karena udah dianggap menghina dia. Di suatu daerah di Indonesia, kata ini terdengar kasar dan jorok. Padahal teknologi ini memiliki fungsi yang banyak ya.


    Pantex

    Sebenernya Pantex ini adalah sebuah tempat yang memfasilitasi pembuatan nuklir di Amerika Serikat. Namun penelitian yang serius juga menegangkan yang terjadi di dalam Pantex jelas akan sia-sia begitu saja ketika orang Indonesia atau lebih tepatnya orang asli Padang denger.

    Yup, pantex mirip dengan suatu kata yang artinya alat kemaluan wanita bagi orang Padang. Cukup terkejut bukan?


    Memex

    Tahun 2015 yang lalu sebuah perusahaan asal Amerika Serikat mengatakan kalau mereka akan meluncurkan search engine yang jauh lebih bagus dari Google.

    Usut punya usut nih search engine ini bisa mencari hal-hal yang bahkan tidak bisa Anda temukan di Google sekalipun dan search engine yang hebat ini diberi nama Memex.

    MEMEX adalah mesin pencarian serupa dengan Google, namun search engine ini dikembangkan khusus oleh DARPA (Defense Advance Researce Prohect Agency) untuk mencari tindak kriminal yang terjadi di internet, seperti Dark Web.


    SemPac

    Di Indonesia, SemPac (dibaca sempak) memang mempunyai arti yang lucu yaitu celana dalam. Tapi lain halnya dengan didunia teknologi, SemPac sendiri dikenal sebagai perusahaan packaging asal California yang membuat casing dari bahan semikonduktor. Cukup kaget?


    Turkiye Atom Enerjisi Kurumu (TAEK)

    Sebenarnya TAEK ini memiliki arti Badan Energi Atom dan Nuklir milik negara Turki lho. Mungkin memang namanya yang berkonotasi negatif bagi orang Indonesia yang berarti kotoran. Walaupun begitu, nama ini cukup menggelitik untuk didengar.


    PELI

    Mungkin Anda salah satu yang pengen ketawa mendengar nama ini. Kalau Anda bingung, Peli merupakan perusahaan multinasional asal Amerika Serikat yang memproduksi casing dan lampu LED. Tapi di Indonesia, Peli bisa berkonotasi negatif yang berarti alat kelamin perempuan.

     


    DELL-PEJU

    Tahun 2011 yang lalu DELL yang menjadi salah satu produsen gadget terbaik meluncurkan tablet komputer yang memiliki nama yang cukup unik. Ya, DELL-PEJU. Bisa dibayangkan reaksi orang Indonesia terhadap nama tersebut.

    Walaupun memiliki nama yang terbilang ‘jorok’, DELL-PEJU tetap dinantikan kehadirannya oleh banyak kalangan pada saat itu.


    TeTex

    Jangan dulu tertawa, TeTex disini adalah sebuah produsen teknologi yang pertama kali diperkenalkan oleh Thomas Esser untuk pembuatan sistem arsitektur dari Linux, MacOs dan Solaris.

    Tak hanya itu, TeTex sendiri mendukung sistem operasi untuk Microsoft Windows. Walaupun namanya kini telah berganti menjadi Tex Live, teknologi ini tetap memiliki nama unik yang selalu terkenang dihati orang Indonesia.

    Itulah beberapa teknologi yang mempunyai nama aneh bagi orang Indonesia, memang membuat sebuah nama perusahaan tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Tapi mungkin nama-nama teknologi diatas telah membantu Anda dalam banyak hal. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan juga pengetahuan Anda.

    Baca Juga: Kota-kota mengerikan di dunia akibat kerusakan Teknologi


     

    Beli Pulsa di Sepulsa

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah