Follow Us

  • Share

    Syarat Lengkap dan Cara Membuat Visa Taiwan

    Taiwan yang masih merupakan saudara dari negara Tiongkok saat ini mulai mencari kepopulerannya di mata dunia. Beberapa tahun terakhir bahkan Taiwan gencar mempromosikan berbagai wisatanya.

    Mulai dari wisata alam, wisata sejarah, hingga wisata edukasi yang masing-masing memiliki pasarnya tersendiri. Hal ini tentu berimbas dengan meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan asing yang bepergian ke sana.

    Tidak terkecuali dengan warga negara indonesia (WNI), yang akhir-akhir ini mulai menjadikan Taiwan menjadi salah satu destinasi wisata populer. Mungkin Anda adalah salah satu WNI yang ingin bepergian kesana?

    Sebelum Anda bepergian ke Taiwan, tentu Anda harus memahami cara dan syarat membuat visa Taiwan. Setelah itu baru Anda bisa dengan leluasa bepergian ke negara Taiwan, dengan tujuan apapun yang penting tak melanggar hukum ya!


    eVisa Taiwan Khusus Untuk Indonesia

    eVisa Taiwan Khusus Indonesia

    Salah satu kebijakan baru dari Taiwan yang tentunya sangat menguntungkan bagi Anda yang merupakan warga negara Indonesia adalah kemudahan untuk membuat visa, dalam bentuk eVisa. Tidak tanggung-tanggung, Taiwan hanya memberikan kemudahan ini khusus untuk 23 negara saja dan salah satunya adalah Indonesia.

    Perbedaan mendasar eVisa dengan Visa biasa adalah, seluruh proses pembuatan eVisa ini tidak membutuhkan kehadiran Anda secara fisik. Melainkan seluruh prosesnya dibuat melalui internet alias secara online.

    Meski demikian eVisa memiliki nilai legalitas yang sama dengan Visa, tidak ada perbeaannya sama sekali. Jadi sayang sekali kalau Anda tidak memanfaatkan kemudahan yang diberikan oleh pemerintah Taiwan ini dengan maksimal.


    Dokumen Apa Saja Yang Perlu Anda Siapkan untuk Membuat eVisa Taiwan?

    Pada dasarnya dokumen yang dibutuhkan untuk membuat eVisa Taiwan tidak jauh berbeda dengan pembuatan visa-visa ketika Anda ingin bepergian ke negara lain, selain Taiwan. Bahkan menurut kami dokumen yang dibutuhkan jauh lebih mudah!

    Pertama-tama Anda harus memberikan bukti akomodasi. Artinya Anda harus memberikan dimana nantinya Anda akan tinggal. Bukti akomodasi bisa berupa surat resmi dari pengundang di Taiwan, atau sesimpel bukti booking hotel di Taiwan.

    Hotel di Taiwan

    Selain itu apabila Anda bepergian dengan tujuan bisnis, Anda boleh menyertakan surat undangan resmi/ invitation letter dari pengundangnya. Tentu saja harus nama institusi ataupun perwakilan institusi. Surat ini bisa jadi bermanfaat bisa jadi tidak.

    Kemudian berikan pula bukti bahwa Anda “tidak miskin” alias bank statement. Intinya Anda bisa membuktikan bahwa Anda bisa membiayai dirimu selama tinggal di Taiwan, agar kemudian tidak menyulitkan negara tersebut.

    Kemudian berikan pula bukti tiket pesawat pulang, fotokopi lembar utama passport Anda, serta softcopy foto ukuran passport. Setidaknya itulah dokumen-dokumen utama yang harus Anda berikan kalau Anda ingin membuat eVisa Taiwan.


    Formulir Aplikasi eVisa Taiwan

    Sama seperti negara-negara lain yang diberikan hak khusus untuk membuat eVisa oleh Taiwan, seorang WNI harus mengisi formulir aplikasi sebagai salah satu persyaratan membuat eVisa Taiwan. Isinya pun mudah kok jadi jangan khawatir ya.

    Formulir ini terdiri atas tiga bagian utama. Bagian utama yang pertama, sebagaimana formulir pengajuan visa di negara lain terdiri atas data-data dasar diri Anda. Di bagian inipun Anda nanti akan diminta tipe entri eVisa nya, bisa single ataupun double. Selain itu Anda juga diberikan pilihan waktu pemrosesan eVisa Anda.

    Anda yang memilih pemrosesan standar akan dikenai biaya sekitar 79 dollar Taiwan, biayanya akan bergantung dengan kurs saat Anda mengurus ya. Lamanya pemrosesan standar ini bisa mencapai 7 hari kerja dari pertama kali pengajuan eVisa.

    Jika Anda memiliki waktu terbatas dan uang yang terbatas maka kami menyarankanmu untuk memilih pemrosesan rush. Dengan pilihan ini Anda akan segera diberikan eVisa nya dalam waktu 5 hari kerja, namun Anda harus membayar sejumlah $109.

    Terakhir kalau Anda memang benar-benar tidak punya waktu untuk membuat eVisa Anda, Anda bisa memilih pemrosesan super rush. Dengan ini proses visa Anda akan dikerjakan dalam waktu 3 hari kerja saja, namun biaya yang harus Anda keluarkan untuk pembuatannya adalah $129.

    Setelah Anda selesai mengisi formulir permintaan eVisa, pastikan kembali bahwa data-data yang Anda isi adalah benar. Jangan sampai ada kesalahan dalam pengisian formulir ini karena bisa jadi bermasalah di kemudian hari.

    Setelah itu Anda bisa melanjutkan untuk memilih pembayaran pembuatan eVisa Taiwan Anda ini. Dalam pembuatannya, mereka menerima pembayaran melalui kartu kredit, kartu debit, hingga menggunakan PayPal Anda.

    Beberapa dokumen tambahan akan dimintai apabila Anda pergi dengan ketentuan-ketentuan khusus. Misalnya kalau Anda bepergian dengan anak di bawah umur, Anda pasti akan diminta surat keterangan khusus. Informasi ini bisa Anda dapatkan di pusat pembuatan visa di Taiwan.

    Proses pembuatan ini memakan waktu maksimal 7 hari kerja sesuai dengan biaya pembuatan yang Anda bayarkan. Dokumen eVisa berlaku selama 90 hari dan memberikan Anda izin tinggal selama paling lama 30 hari di Taiwan.


    Tampilan eVisa Taiwan

    eVisa Taiwan

    Seperti gambar besar yang kami berikan di atas, itulah tampilan eVisa yang nantinya akan Anda dapatkan. Di dalamnya berisi data dasar, tanggal eVisa dikeluarkan hingga waktu maksimal Anda tinggal di Taiwan.

    Beli Pulsa di Sepulsa

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah