Follow Us

  • Share

    Beberapa Situs Game Internasional untuk Nyari Game Bagus!

    Makin ke sini makin banyak game yang dirilis setiap harinya. Saking banyaknya kadang kita sampai bingung mau main yang mana.

    Mungkin kamu sudah coba googling “game PS4 terbaik” atau “game Switch terbaik”, tapi masih bingung karena rata-rata website hanya menampilkan game itu-itu saja atau bahkan tidak membahas game yang kurang populer walaupun bagus.

    Nah, kali ini Sepulsa akan coba kasih tahu kamu sepuluh website internasional yang bisa ngebantu kamu dalam mencari game bagus yang belum pernah kamu mainkan.

    Yuk, langsung aja kita lihat 10 website tersebut.

    1. Metacritic

    metacritic

    Merupakan salah satu website agregator review terbesar di dunia, Metacritic tidak hanya menyajikan rating untuk video game, tapi juga untuk film, series, dan juga musik.

    Buat para gamer yang doyan nongkrong di forum-forum game internasional, nama Metacritic tentu tidak asing lagi karena website yang satu ini memang sangat legendaris.

    Dan untuk kalian yang suka menyuarakan pendapat kalian terkait game yang kalian mainkan, kalian juga bisa berpartisipasi dalam merating sebuah game.

    Jadi, bisa dibilang skor penilaian Metacritic cukup valid karena terdapat penilaian berdasar kritikus profesional dan juga penilaian berdasarkan user.

    2. VideoGamer

    videogamer

    Mirip seperti Metacritic, namun VideoGamer lebih ke portal gaming yang juga menyajikan sekilas review singkat terkait game yang di-mention.

    Kamu bisa memilih berdasarkan konsol, genre, sampai tahun rilis. Kurang lengkap apa coba?

    Kalau kamu membuka page dari masing-masing game, juga terdapat berita terkait game tersebut dan juga beberapa screenshot gameplay.

    3. ProFanboy

    profanboy

    Kalau website-website sebelumnya merupakan media besar, ProFanBoy merupakan semacam blog kecil yang terfokus hanya pada list-list game terbaik dari semua konsol dan juga genre.

    Jadi, jangan harap kamu akan menemukan news ataupun review lengkap ya, karena website ini memang fokusnya hanya list saja.

    Kalau kamu pengen liat gambar screenshot gameplay dari game-nya terlebih dahulu, ProFanboy merupakan pilihan yang tepat karena selalu dilengkapi screenshot gameplay.

    Tidak cuma itu, artikel juga dilengkapi dengan sinopsis dan juga review singkat dari tiap game yang dicantumkan. Selain game, ProFanboy juga kadang membahas tentang novel video game atau bahkan aksesoris gaming terbaik.

    Kamu juga bisa meninggalkan komentar apabila merasa list kurang cocok atau bahkan karena memang sedang ingin berdiskusi saja.

    4. Ranker

    rankergaming

    Sesuai namanya, website ini memang hanya me-ranking banyak hal, mulai dari film, tv, seleb, musik, video game, anime, komik, dan masih banyak lagi.

    Pokoknya selama sesuatu itu populer dan bisa diurutkan dari yang terbaik, maka kemungkinan besar akan dibahas oleh Ranker. Bukan cuma itu, kamu juga bisa ikutan voting terhadap siapa saja yang patut masuk list-list tersebut, tanpa perlu LOGIN!

    Salah satu contoh uniknya adalah artikel berjudul “The Best Gamer Girls On YouTube”, di situ dicantumkan nama-nama Gamer Girl terkenal, seperti AzzyLand, SSSniperWolf, dan bahkan Pokimane!

    5. whatoplay

    whatoplay

    Nah, whatoplay juga mirip-mirip Ranker tapi fokusnya hanya pada video game saja.

    Kamu bisa mencari game-game terbaik berdasar platform, genre, bahkan tahun rilis. Setelah hasilnya muncul, kamu juga bisa menyortirnya berdasar skor ataupun tanggal rilis. Dan sama seperti Metacritic, kamu juga bisa ikutan memberi review dan juga skor.

    Tidak cuma website, tapi whatoplay juga punya channel YouTube lho!

    6. GamesRadar

    gamesradar

    Nah, kalau yang ini sebenarnya adalah media yang berkiprah di dunia video game, namun sangat getol merilis artikel-artikel tentang game-game terbaik.

    Coba saja kamu googling “best PS4 games” atau “best PC games”, kemungkinan besar GamesRadar akan muncul di halaman pertama Google.

    Yang keren dari GamesRadar ini adalah artikelnya hampir selalu diupdate secara berkala setiap beberapa bulan, terutama setelah musim-musim rilisnya game-game baru. Jadi, hampir bisa dipastikan kalau list-list di GamesRadar selalu fresh dan up to date.

    7. Kotaku

    kotaku

    Buat kalian weaboo dan otaku, nama Kotaku pasti sudah tidak asing lagi, karena website ini memang isinya seputar gaming dari sudut pandang nerd, geek, weaboo, otaku, dan kawan-kawannya.

    Mempunyai format blog sederhana minimalis (namun tetap elegan), Kotaku sering merilis artikel-artikel bertajuk The Bests, yang isinya adalah 12 game-game terbaik dari suatu platform dan genre.

    Kotaku sendiri merupakan bagian dari G/O Media, yang juga menaungi website-website besar lainnya seperti Gizmodo, Deadspin, Jezebel, dan juga The Onion.

    Jadi, dari segi kualitas konten, Kotaku sama sekali tidak usah diragukan.

    8. ListChallenges

    list challenges

    Walau ListChallenges merupakan website agregator khusus list yang bukan khusus untuk video game, namun kamu bisa menemukan konten khusus video game bila jeli mencarinya.

    Cukup ketik list game apa yang kamu mau di search bar-nya, maka akan muncul list-list yang dibuat oleh orang lain.

    Beberapa list memang tidak begitu niat dibuatnya, tapi ada beberapa list yang cukup lengkap dan masif dan bisa dibilang wajib dibookmark.

    9. Retro-Sanctuary

    retrosanctuary

    Nah, dari nama websitenya sudah ketebak kalau website ini khusus membahas video game jadul a.k.a retro.

    Kalau kamu angkatan tua, kamu pasti kangen dengan N64, Dreamcast, atau bahkan SNES. Retro-Sanctuary cukup lengkap menyediakan list game-game terbaik dari konsol-konsol lawas yang sangat melegenda pada eranya masing-masing.

    Tapi awas, tampilan website ini pun sangat retro karena terkesan dibuat pada tahun 90-an dan tidak pernah diupdate. Entahlah, mungkin memang sengaja agar vibe retro-nya makin dapet.

    10. TheGamer

    thegamer

    Nah, yang ini mirip-mirip ProFanboy namun sudah lebih besar, lengkap, dan established.

    Kamu bisa menemukan list-list lucu seperti “10 Weirdest WWE Games Ever Made” atau yang lebih serius seperti “The 10 Best Video Games by Hideo Kojima, Ranked”.

    Selain list, layaknya media game mainstream, TheGamer juga menyajikan news dan juga review. Buat kamu yang ingin mendapatkan list unik yang jarang dibahas website game lainnya, TheGamer boleh dicoba!

    Nah, itu tadi 10 website game internasional yang bisa bermanfaat kalau kamu sedang kebingungan mencari inspirasi game apa yang mesti kamu mainkan.

    Kalau kamu punya rekomendasi lain, silakan komentar di bawah, siapa tahu akan kami masukkan!

    Beli Voucher Game

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah