Follow Us

  • Share

    Seluk Beluk Kerja dan Bisnis Online 2018

    Peluang di tahun 2018 ini semakin lama tampak nyaris semakin tidak terbatas. Apalagi dengan berkembangnya teknologi digital informasi, nyaris semua hal saat ini mengandung embel-embel digital alias online.

    Hal yang menarik dari bisnis digital adalah kehadiran Anda yang amat minimal namun keuntungan yang amat besar. Anda bahkan bisa menjadi seorang digital nomad businessman/entrepreneur, dimana Anda menjalankan bisnis Anda sambil berjalan-jalan mengelilingi Indonesia misalnya.

    Kami akan memberikan kamu seluk beluk kerja dan bisnis online di tahun 2018, serta beberapa contoh pekerjaan online yang siapa tahu bisa menjadi inspirasimu di tahun 2018 ini.


    Apa yang Anda Cari?

    Apa yang Kamu Cari?

    Kebanyakan millenials di zaman ini mencari kebebasan dan keleluasaan. Hal ini amat dipengaruhi dari berkembangnya teknologi informasi saat ini. Sejak kecil para millenials sudah dipaparkan dengan berbagai macam teknologi digital yang memudahkan.

    Selain itu menurut kami ada tiga faktor penting mengapa para millenials mencari pekerjaan dan bisnis online. Hal tersebut adalah uang, kebebasan, kepastian.

    Borgol

    Dalam berbisnis tentu saja uang menjadi salah satu faktor utama, dan pilihan Anda untuk bekerja dan berbisnis secara online amatlah tepat. Banyak orang yang sudah membuktikan bahwa bekerja di bidang ini dapat menghasilkan banyak uang.

    Sebut saja para blogger-blogger kondang, para penggiat Google AdSense, atau bahkan para pekerja lepas yang memberikan karya seni mereka baik berupa penulis lepas, fotografer lepas, hingga para kreator logo dan seni lainnya.

    Laptop pantai

    Kebebasan dan kepastian pun merupakan hal yang harus Anda pastikan sebelum terjun dan mulai kerja dan bisnis online di tahun 2018 ini. Pilihlah pekerjaan yang tidak membutuhkan banyak waktu (walau faktanya kamu harus memiliki banyak waktu jika membangun bisnis, apapun, pada awalnya).

    Sementara soal kepastian, percayalah dengan perkembangan zaman yang seperti ini nyaris barang atau jasa apapun dapat Anda bisniskan secara online. Seluruhnya terpantau, terkendali, dan sangat bisa diprediksi!


    Mengapa Harus Kerja dan Bisnis Online?

    Banyak alasan yang bisa Anda cari mengapa saat ini Anda harus memulai bisnis dengan basis digital alias online. Kita bisa memulai hal ini dengan membandingkan bisnis online dengan bisnis konvensional.

    Dengan memiliki bisnis konvensional, Anda tentu harus memikirkan segala tetek bengek yang berkaitan dengan legalitas. Bagaimana dengan bisnis online? Beruntunglah Anda yang hidup di zaman ini, karena belum ada hukum yang pasti terkait bisnis online.

    Setidaknya Anda bisa memanfaatkan waktu-waktu seperti ini, di saat bisnis online baru mulai menjamur namun belum banyak aturan yang membatasi. Artinya pasar saat ini sedang meledak-ledak di saat pemerintah masih berdiam diri, mudahnya: peluang!

    Selanjutnya, bisnis konvensional sangat berkaitan dengan sektor riil. Artinya Anda harus menyediakan barang-barang tersebut secara jelas, dan tentu butuh modal. Ada beberapa bisnis online yang juga butuh modal, tapi justru banyak orang yang meminati bisnis online tanpa modal, apakah ada? Tentu saja!

    Masa depan cerah

    Anda yang memiliki bisnis online pun tidak perlu banyak berkutat dengan staff dan segala tetek bengeknya. Anda tidak perlu repot-repot dengan manajemen manusia, hingga pengembangan staff, pelatihan staff, dan semacamnya.

    Dari itu semua, Anda bisa simpulkan sendiri kan? Bahwa bisnis online amat layak Anda jalani karena bisnis ini bermodal kecil hingga nol rupiah, bisa Anda jalankan di belahan dunia manapun, dan yang menariknya Anda bisa menjalankan bisnis online sebagai sampingan!

    Ya Anda tidak salah membaca. Anda yang saat ini sedang sibuk menjadi budak korporat, alias karyawan, atau bahkan yang bekerja sebagai profesional, sangat mungkin membuat bisnis online pertama Anda sendiri.

    Lalu apa contoh bisnis online yang bisa Anda mulai sendiri? Kami punya beberapa, silahkan amati, tiru, lalu modifikasi!


    Dropshipping, Affiliate Marketing, hingga Program FBA Amazon

    Fulfillment by Amazon

    Cara termudah memanfaatkan e-Commerce seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee, Lazada, hingga Amazone, eBay, dan AliExpress adalah dengan bisnis dropshipping.

    Langkah-langkah dropshipping dimulai dengan riset pasar yang baik. Anda bisa melakukan riset pasar secara sederhana, misalnya dengan riset kata kunci pencarian di Google, atau dengan memperhatikan tren yang sedang muncul di masyarakat.

    Setelah Anda tahu apa yang banyak dicari oleh masyarakat, silahkan Anda cari supplier dari barang tersebut. Nah dalam proses pencarian supplier pastikan Anda mendapatkan supplier yang terpercaya.

    Anda bisa mencari supplier yang terpercaya berdasarkan riwayat transaksi hingga komentar-komentar pembeli sebelumnya. Tips dari kami, carilah supplier yang sudah memiliki riwayat transaksi yang cukup banyak.

    Dengan riwayat transaksi yang banyak, Anda bisa menganalisis supplier tersebut secara lebih baik. Apalagi di beberapa e-commerce Anda bisa melihat seluruh komentar dari riwayat transaksi yang ada.

    Internet of things

    Nah setelah itu buatlah toko Anda sendiri, dan silahkan mulai menjual kepada calon-calon pembeli Anda sesuai dengan riset pasar yang Anda lakukan sebelumnya. Khusus untuk ini Anda mungkin harus banyak-banyak belajar mengenai copywritingsehingga “toko” Anda lebih menarik bagi pasar.

    Jika Anda merasa tidak cocok untuk menjadi seorang dropshipper maka Anda boleh berbisnis affiliate marketing. Dengan bisnis affiliate marketing Anda bisa mendapatkan komisi dari penjualan barang, tanpa harus repot berhubungan dengan konsumen.

    Mudahnya Anda membuat website, Instagram, dan berbagai platform online milik Anda sendiri dan buatlah agar follower/traffic/pengunjungnya tinggi. Nantinya akan ada produsen-produsen yang ingin ‘menitip’ jual barangnya melalui Anda. Nah setiap orang yang membeli barang mereka melalui media sosial Anda, Anda akan mendapatkan komisi dari sana.

    Tentunya bagi Anda yang memilih untuk melakukan bisnis ini, Anda harus pandai dalam mengelola media sosial Anda. Andapun harus tahu bagaimana caranya meningkatkan pengunjung ataupun follower media sosial Anda. Disinilah tantangannya!

    Kalau Anda masih merasa pusing dengan kedua hal di atas, kami punya alternative lainnya. Hal tersebut adalah FBA alias Fullfillment By Amazon. FBA merupakan salah satu model bisnis terbaru yang dikembangkan oleh Amazone dan cocok bagi Anda yang ingin belajar berbisnis.

    Intinya dengan program FBA ini, Anda berikan ide bisnis Anda yang tentunya Anda harapkan dapat terjual secara online. Setelah itu biarkan Amazon yang melakukan pekerjaan-pekerjaan berat untuk diri Anda!

    Amazon secara cuma-cuma akan menyiapkan advertising, picking, packaging, hingga pengantaran, pengembalian barang, dan seluruh tetek bengek urusan yang berhubungan dengan konsumen!

    Menarik bukan? Tapi bagaimana caranya, ini dia langkah-langkah yang akan Anda jalani kalau kamu mengikuti program FBA:

    1. Rancanglah seluruh produk yang ingin Anda jual. Pastikan Anda merancang dengan baik, bahkan ada baiknya Anda membaca-baca ilmu dasar mengenai branding dan ilmu dasar desain produk dan semacamnya.
    2. Lakukanlah riset market yang baik. Setidaknya lakukan riset di bidang produk (popularitas, jenis produk, permintaan pasar), harga jual, dan tentunya margin penjualan.
    3. Kemudian Anda harus mencari perusahaan yang Anda harapkan bisa menjadi produsen dari produk Anda, dan percayalah hal ini akan sangat mudah apabila Anda mengikuti program FBA.
    4. Setelah itu Anda bisa mengatur sehingga produsen Anda melakukan shipping di Amazon fulfillment center.
    5. Setelah itu produk Anda akan mulai masuk di toko Amazon, dan kalau ada yang membeli tentu saja Anda akan mendapatkan penjualan dari Amazon.

    Khusus untuk FBA ini, tentu Anda harus membacanya dengan lebih terperinci, dan percayalah Anda bisa mendapatkan jutaan hingga milyaran rupiah dari sana. Kalau tidak percaya silahkan Anda cari Spencer Haws dan Chris Guthrie, bacalah kisahnya!


    Penutup

    Itulah tadi beberapa tips yang bisa kami berikan mengenai kerja serta bisnis online di tahun 2018. Intinya bisnis online di tahun 2018 ini sangat menggeliat dan Anda bisa menjadi kaya dari sana, percayalah.

    Sekarang tinggal Anda sendiri yang harus menentukan. Anda harus banyak-banyak membaca, belajar, meniru, dan memodifikasi bisnis Anda sendiri. Percayalah ketika Anda mendapatkan uang pertama Anda dari bisnis, Anda akan merasakan kesenangan yang belum pernah Anda rasakan sebelumnya!

    Top Up e-Wallet

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah