Follow Us

  • Share

    Prospek Kerja Teknik Elektro & Mengapa Memilihnya?

    Bagi beberapa orang, jurusan teknik elektro hanya mempelajari seputar masalah listrik saja, dan ujung-ujungnya hanya menjadi tukang listrik. Padahal, kenyataannya prospek kerja teknik elektro sangat luas karena jurusan ini dibutuhkan di hampir semua bidang dalam kehidupan sehari-hari.

    Dalam bidang studi teknik elektro, selain kamu akan mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan kelistrikan, kamu juga akan mendapat ilmu di bidang perancangan, konsep, pengembangan, dan juga pengetahuan mengenai produksi berbagai perangkat listrik serta perangkat elektronik.

    Mengapa Mempertimbangkan Jurusan Teknik Elektro

    Setidaknya ada beberapa alasan mengapa kamu wajib mempertimbangkan jurusan teknik elektro sebagai salah satu pilihan menuju kesuksesan dalam dunia kerja. 

    Pertama, jurusan ini sangat cocok buat kamu yang memiliki minat yang tinggi terhadap eksperimen ataupun melakukan berbagai percobaan di laboratorium dalam menemukan desain baru di bidang ilmu teknik. Kedua, perkembangan infrastruktur  di bidang teknologi dan telekomunikasi yang semakin luas tentunya berbanding lurus dengan kebutuhan akan sumber daya manusia yang kompeten di bidang teknik elektro.

    Ketiga, para lulusan teknik elektro sangat dibutuhkan oleh industri yang memanfaatkan energi listrik dalam jumlah besar, misalnya pada perusahaan minyak dan gas. Nah, yang terakhir, para lulusan teknik elektro memiliki prospekm kerja teknik elektro yang mencakup hampir seluruh perusahaan khususnya dalam menangani masalah kelistrikan maupun sistem perangkat elektronik.

    7 Pilihan Prospek kerja Teknik Elektro

    1. Mekanik Otomotif

    Sebagai lulusan teknik elektro, kamu bisa mempertimbangkan prospek kerja teknik elektro sebagai mekanik di bidang otomotif. Pekerjaan seorang mekanik tentunya adalah seputar perbaikan kendaraan seperti mobil, bus, truk maupun jenis kendaraan lainnya. Oleh sebab itu, mekanik otomotif wajib menguasai penggunaan berbagai peralatan mekanik dan menangani masalah yang terjadi pada kendaraan.

    Selain dalam hal perbaikan, seorang mekanik otomotif juga bertugas melakukan uji komponen, sistem, serta menggunakan peralatan diagnostik yang berbasis komputerisasi untuk memeriksa kemungkinan terjadinya kerusakan terutama pada bagian-bagian yang sangat penting yang umumnya dicatat pada daftar periksa, seperti bagian kemudi, rem, bahan bakar, selang, dan bagian lainnya.

    2. Ahli Robotik

    Prospek kerja teknik elektro yang satu ini harus didukung oleh pengetahuan yang memadai dalam bidang komputer, desain, teknologi, matematika, serta mekanisme mesin.

    Tugas seorang ahli robotik tidak lain adalah merancang dan melakukan pengembangan serta pengujian terhadap sistem robotika yang dibutuhkan oleh suatu perusahaan, misalnya pada perusahaan otomotif. Kemudian, dalam prospek kerja teknik elektro ini, kamu juga bertanggung jawab menganalisis, merawat, dan mengevaluasi sistem perangkat lunak pada mesin robotik guna meningkatkan kinerja dan fungsi produksi.

    Selain itu, ahli robotik jugalah yang akan memperhitungkan serta menyetujui kalkulasi biaya yang akan dikeluarkan dari tahap awal hingga selesai. Karena itu, ahli robotik harus mampu berpikir secara kritis, aktif dalam mendengarkan, dan mampu memberi solusi yang tepat ketika terjadi masalah.

    3. Manajer Produk

    Siapa sih yang tidak mau mendapatkan prospek kerja teknik elektro sebagai manajer? Di sini, kamu akan bertanggung jawab terhadap seluruh tindakan yang berkaitan dengan perencanaan dan proses produksi, mulai dari analisa produk, riset pasar, menyusun spesifikasi produk, hingga menentukan strategi pemasaran yang tepat.

    Untuk menjadi manajer produk, kamu harus memiliki pengetahuan di bidang penelitian dan analisis, keterampilan berkomunikasi, pengetahuan mengenai manajemen bisnis, perkembangan ekonomi, serta ahli dalam menganalisis data. 

    Jenjang karir manajer produk juga bertahap dan berbanding lurus dengan gaji yang didapatkan. Pada tahap awal dimulai dari posisi Associate Product Manager atau disingkat APM. Kemudian, memasuki jenjang Product Manager, dan selanjutnya posisi Senior Product Manager (SPM). 

    4. Teknik Penerbangan

    Menjadi seorang teknik penerbangan juga merupakan prospek kerja teknik elektro yang patut diacungi jempol lho! Profesi yang bergaji mulai dari 5 jutaan ini bertugas menangani berbagai hal yang berkaitan dengan mesin penerbangan, misalnya merancang pembuatan pesawat, memperbaiki mesin, mengevaluasi bahan dan peralatan yang digunakan selama proses pengembangan.

    Ada beberapa pilihan jabatan yang bisa kamu geluti dalam prospek kerja teknik elektro ini, antara lain sebagai ahli sistem, ahli desain, ahli aeronautical, ahli analis struktural, dan ahli penguji penerbangan. 

    Selain ilmu di bidang teknik elektro, untuk menjadi seorang teknik perbangan yang handal, kamu juga perlu dibekali beberapa kemampuan tambahan. Misalnya, memiliki penalaran deduktif ketika menangani suatu masalah, kemampuan menyusun informasi, serta kemampuan dalam mengidentifikasi terjadinya masalah serta menemukan solusinya.

    5. Bagian Perencanaan Produk Otomotif

    Pilihan karir yang satu ini tentunya sangat cocok buat kamu yang memang pada dasarnya menyukai dunia otomotif. Prospek kerja teknik elektro ini berperan dalam menemukan ide-ide kreatif untuk merancang mobil terbaru yang akan diproduksi oleh perusahaan.

    Selain menghasilkan ide, seorang perencanaan produk otomotif juga bertanggung jawab dalam menentukan harga penjualan dari produk yang dihasilkan dan strategi pemasaran yang akan dilakukan. Bagian perencanaan ini pada umumnya terdiri dari beberapa orang yang terbentuk dalam sebuah tim. Oleh sebab itu, posisi ini membutuhkan seseorang yang mampu bekerja sama dan berkomunikasi dengan baik.

    6. Ahli Teknik Sistem Solar Energi

    Meski terdengar baru, prospek kerja teknik elektro ini sebenarnya sudah lama dibutuhkan di banyak perusahaan. Profesi ini bertugas menganalisis dan mengevaluasi efisiensi proyek surya maupun energi yang berkaitan dengan perumahan ataupun industri komersial.

    Pada pekerjaan ini, kamu berperan mengembangkan dan menguji diagram listrik, melaksanakan audit teknisi berkaitan dengan sistem kelistrikan dan tenaga surya, juga memeriksa spesifikasi dan melakukan perubahan yang diperlukan sesuai tujuan perencanaan sistem energi solar.

    7. Teknisi Listrik

    Prospek kerja teknik elektro ini merupakan profesi yang paling umum digeluti oleh para lulusan teknik elektro. Menjadi teknisi listrik bisa berpeluang bekerja di perusahaan maupun membuka usaha sendiri berupa penawaran jasa sebagai teknisi listrik.

    Profesi ini pasti akan terus dibutuhkan dari hari ke hari, karena penggunaan listrik sangat luas, mulai dari masyarakat biasa hingga perusahaan besar. Sebagai teknisi listrik, ada beberapa peran dan tanggung jawab yang harus mampu untuk kamu lakukan dengan tepat. 

    Misalnya, menemukan masalah kelistrikan dan memperbaikinya sesegera mungkin sehingga tidak mengganggu kegiatan operasional perusahaan. Kemudian, kamu juga bertugas melakukan pemeriksaan secara rutin pada setiap peralatan yang menggunakan energi listrik, menyusun rencana penggunaan listrik, serta melakukan instalasi listrik sesuai kebutuhan.

    Pada beberapa negara, menjadi seorang teknisi listrik diwajibkan memiliki sertifikat resmi, terutama jika kamu ingin bergelut di dalam pasar tenaga kerja ASEAN.

    Prospek kerja teknik elektro ini cukup menjanjikan karena di Indonesia sendiri ada banyak pembangkit listrik yang memanfaatkan sumber energi terbaru, seperti Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP), Pembangkit Listrik Tenaga Biogas (PLTBg), dan masih banyak lagi.

    Beli Pulsa di Sepulsa

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah