Follow Us

  • Share

    Prospek Kerja Terbaik Anak IPA di Tahun 2021

    Anak IPA memang sangat identik dengan anak-anak nerds dengan kemampuan logika berfikir yang tinggi. Sebaliknya, banyak yang beranggapan kalau anak-anak IPA memiliki kemampuan sosial yang rendah.

    Walhasil anak-anak IPA dianggap cenderung kaku dan sulit saat mencari kerja. Nah, tapi menurut kami stereotype itu tidak 100% benar juga lho. Nyataya banyak sekali bidang-bidang kerja yang saat ini membutuhkan kemampuan logika anak-anak IPA.

    Lalu, dimana saja ya kira-kira anak IPA bisa menempuh dunia kerja nantinya? Atau dengan kata lain, dimana saja ya kira-kira jurusan kuliah yang prospek kerjanya cukup cemerlang?

    Teknologi Informasi (IT)

    prospek kerja IT

    Saat ini Indonesia dan seluruh dunia sedang memasuki era industri 4.0. Dengan kata lain, kebutuhan akan ahli-ahli di bidang IT menjadi meningkat dengan demikian tajamnya. Artinya prospek kerjanya pun semakin terbuka lebar.

    Lebih jauh lagi ilmu IT sekarang boleh dikatakan berkembang dengan sangat pesat. Walhasil banyak sekali ilmu turunan baru yang dihasilkan dari ilmu IT itu sendiri. Tapi kira-kira apa saja pekerjaan yang bisa diambil oleh anak-anak IT ya?

    Nah adapun beberapa daftar pekerjaan yang bisa kamu pilih nantinya sebagai anak IT adalah sebagai berikut ini:

    • Developer (Full Stack Developer, Front End Developer, Back End Developer, Android Developer, iOS Developer, Game Developer, dsb).
    • SEO Specialist (Writer, Manager).
    • Data Scientist (Analyst, Administrator)
    • Engineer (Software Engineer)
    • Analyst (Data Analyst, QA Analyst, Cyber Security Analyst, dsb).
    • Konsultan, PNS, Dosen, dsb.

    Beberapa poin yang kami sebutkan di atas merupakan produk turunan dari ilmu di bidang teknik informatika. Jadi meski lulusannya saat ini begitu melimpah, kamu tidak perlu khawatir karena lapangan kerjanya pun melimpah.

    Adapun rentang gaji yang bisa didapatkan oleh seseorang di bidang IT sangatlah lebar. Mengingat jumlah bidang yang bisa dimasuki pun sangat banyak, yakni berkisar antara Rp 5.000.000,- hingga Rp 50.000.000,- per bulannya.

    Dengan catatan tambahan, semakin tinggi pengalaman kerjamu maka semakin tinggi gaji yang bisa kamu dapatkan.

    Teknik

    prospek kerja anak teknik

    Teknik terkenal sebagai salah satu jurusan primadona bagi banyak sekali anak-anak IPA. Bila dulu jurusan ini identik dengan laki-laki, lain halnya dengan saat ini dimana banyak sekali perempuan yang menjadi anak-anak teknik.

    Lebih jauh lagi, teknik sendiri bisa dibagi menjadi banyak sekali jurusan yang bisa dipilih. Nah adapun berbagai macam jurusan tersebut bisa kamu lihat di bawah ini ya!

    Teknik Industri

    Teknik industri merupakan salah satu jurusan teknik yang memiliki masa depan yang sangat cerah. Lebih jauh lagi, pemanfaatannya di bidang industri (sesuai namanya) pun sangat luas sehingga kesempatan bekerja disini terbuka lebar.

    Beberapa pekerjaan yang bisa kamu lakukan sebagai anak teknik industri misalnya Cost Control Engineer, Engineering Manager, Logistic Manager, HSE Manager, Project Manager, Project Analyst, dan sebagainya.

    Adapun rentang gaji yang bisa diterima oleh orang-orang yang bekerja di bidang ini mulai dari Rp 6.000.000,- hingga RP 30.000.000,- ++ setiap bulannya.

    Teknik Mesin

    Jurusan yang satu ini terkenal denegan maskulinitasnya, dimana banyak sekali anak laki-laki yang masuk ke dalam jurusan ini. Eits tapi jangan salah, banyak juga kok perempuan yang tertarik masuk ke dalam jurusan ini.

    Nah adapun beberapa prospek kerja di bidang teknik mesin yang bsia kamu geluti misalnya Operation and Maintenance, Designer, Welding Engineer, Consultant, hingga Analyst.

    Sama seperti sarjana teknik industri, rentang gaji yang bisa diterima oleh anak-anak lulusan teknik mesin adalah sekitar Rp 6.000.000,- hingga Rp 30.000.000,- ++ setiap bulannya.

    Teknik Sipil

    Selain teknik industri, teknik sipil juga menjadi salah satu jurusan teknik yang sangat diminati. Pekerjaan dari seorang ahli teknik sipil nantinya erat sekali dengan para arsitek yang membuat rancang bangun.

    Kamu yang ingin menjadi seorang ahli teknik sipil harus mampu melakukan perhitungan rancang bangun yang dibuat oleh seorang arsitek. Sehingga bangunan yang ada bisa kuat, tahan lama, dan tentu sesuai dengan aturan yang ada.

    Beberapa lingkup kerja dari anak-anak jurusan teknik sipil adalah Building Surveyor, Konsultan Konstruksi, Engineer Struktural hingga Air, Manajer Konstruksi, hingga menjadi Kontraktor.

    Adapun rentang pendapatan yang bisa didapatkan oleh seorang ahli teknik sipil masih mirip-mirip dengan ahli teknik di bidang lainnya yakni berkisar antara Rp 6.000.000,- hingga Rp 30.000.000,- ++ setiap bulannya.

    Teknik Kimia

    Pernyataan kami mungkin bisa jadi kontroversial, tapi teknik kimia saat ini menjadi salah satu jurusan yang paling diminati oleh banyak orang di Indonesia. Karena prospek kerjanya yang luas dan cerah.

    Tapi artinya kamu yang ingin menjadi seorang ahli teknik kimia berarti harus belajar dengan giat agar bisa bersaing dengan anak-anak cerdas dari seluruh penjuru Indonesia.

    Adapun beberapa lingkup kerja yang bisa dilakukan oleh seorang ahli teknik kimia misalnya Spesialis Kimia, Ahli Kimia Terapan / Industri, Dosen, Engineer Kimia (Plastic Engineer, Processing Engineer, dsb).

    Bicara soal pendapatan, yah kami bisa bilang kalau pendapatan dari para insinyur teknik kimia ini cukup besar mencakup Rp 9.000.000,- hingga Rp 30.000.000,- ++ setiap bulannya.

    Teknik Lingkungan

    Tidak sepopuler jurusan teknik yang lainnya. Tapi menurut kami jurusan teknik lingkungan juga memiliki prospek kerja yang boleh dibandingkan dengan beberapa jurusan teknik lainnya.

    Beberapa bidang kerja yang bisa dilakukan oleh anak-anak lulusan teknik lingkungan adalah Penelolaan Limbah, Environtment Manager, Ahli Ekologi, Konsultan Lingkungan, Ahli Konservasi Tanah dan Air, dan Perencana Restorasi Lingkungan.

    Adapun rentang pendapatan yang bisa didapatkan oleh seorang ahli teknik lingkungan berkisar antara Rp 4.000.000,- hingga Rp 20.000.000,- ++ dalam setiap bulannya.

    Kesehatan

    prospek kerja dokter

    Sama seperti jurusan teknik, kuliah di bidang kesehatan juga merupakan salah satu cita-cita dari banyak anak IPA yang sekarang masih duduk di bangku SMA.

    Alasannya tentu saja selain uang, banyak sekali value-value yang dimiliki oleh orang-orang yang bekerja di bidang kesehatan yang sesuai dengan bidang kerja mereka.

    Misalnya karena memiliki dampak langsung terhadap hajat hidup orang banyak, hingga bisa bermanfaat secara luas walau lingkupnya “kecil”. Misalnya menjadi dokter di satu wilayah kecil.

    Adapun beberapa prospek kerja di bidang ini adalah sebagai berikut.

    Dokter

    Sudah bukan rahasia lagi kalau dokter merupakan salah satu bidang kerja yang paling diminati oleh anak-anak IPA di seluruh Indonesia. Kebanyakan memiliki alasan pendapatan tinggi hingga karena jurusan ini dianggap prestisius.

    Nah lebih jauh lagi saat ini dokter memagn sangat dibutuhkan di seluruh Indonesia. Apalagi di era pandemi, ditambah pemerataan dokter yang masih jauh dari kata baik.

    Adapun beberapa bidang yang bisa menjadi jenjang karir seorang dokter adalah sebagai berikut ini:

    • Dokter Umum Praktek Mandiri
    • Dokter Umum PNS (Puskesmas)
    • Dokter Peneliti
    • Dokter Umum Konsultan (bisa bekerja di layanan asuransi dan sebagainya).
    • Dokter Spesialis (memiliki lebih dari 20 spesialisasi dan sub-spesialisasi)

    Dari semua jenjang karir di atas tentu menjadi seorang spesialis adalah impian dari banyak orang. Adapun pendapatan seorang dokter umum berkisar antara Rp 5.000.000,- hingga Rp 100.000.000,- per bulannya.

    Sementara bila seseorang memutuskan menjadi dokter spesialis maka rentang pendapatannya bisa menjadi sangat lebar. Bisa antara Rp 20.000.000,- hingga Rp 1-2 miliar ++ per bulannya.

    Nah, sayangnya untuk mencapai titik itu tidaklah mudah, untuk menjadi seorang dokter umum saja dibutuhkan waktu minimal 6 tahun pendidikan, dan bila ingin lanjut menjadi dokter spesialis dibutuhkan waktu antara 3,5 tahun hingga 6 tahun tambahan. Tergantung dari bidang spesialis yang digeluti.

    Lebih jauh lagi, bila ingin berada di puncak karir sebagai seorang subspesialis maka harus kembali bersekolah hingga rata-rata 2-3 tahun. Artinya untuk sampai ke sana seorang dokter harus menempuh pendidikan (tidak digaji) selama minimal 12 hingga maksimal 15 tahun.

    Dokter Gigi

    Sama seperti seorang dokter, menjadi seorang dokter gigi juga menjadi impian banyak anak-anak di jurusan IPA. Lebih jauh lagi bagi anak-anak perempuan.

    Bukan ‘seksis’, namun memang by data saat ini lebih banyak perempuan yang menjadi dokter gigi ketimbang laki-laki. Padahal jurusan ini sah-sah saja lho dilakoni oleh laki-laki.

    Sama seperti dokter, jenjang karir yang bisa dilalui oleh seorang dokter gigi pun bisa menjadi dokter gigi umum, peneliti, pengajar, hingga dokter gigi spesialis dan subspesilasi.

    Rentang pendapatannya pun tidak jauh berbeda, dengan catatan di awal karir rata-rata seorang dokter gigi bisa mendapatkan penghasilan lebih tinggi ketimbang seorang dokter.

    Kesehatan Masyarakat (Public Health)

    Sebagai salah satu ilmu di bidang kesehatan, anak-anak IPA juga banyak yang tertarik bekerja di sini. Nah tapi memang banyak sekali prospek kerja yang terdengar asing di telinga mereka.

    Beberapa bidang kerja yang bisa kamu lakukan seabgai ahli kesehatan masyarakat misalnya adalah Healthcare Administrator, Ahli Gizi, HSE / K3 Engineer, Ahli Epidemiologi, hingga Ahli Biostatistika.

    Adapun rentang pendapatan yang bisa diterima oleh seorang ahli kesehatan masyarakat mencapai Rp 5.000.000,- hingga Rp 20.000.000,- ++ dengan tambahan bisa lebih dari itu bila memutuskan menjadi seorang peneliti.

    Ilmu Murni (Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam)

    prospek kerja fmipa

    Jurusan terakhir yang cukup diminati oleh anak-anak IPA tentu saja adalah jurusan ilmu murni. Biasanya berada di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

    Adapun beberapa lingkup kerja yang bisa dilakoni oleh seorang lulusan sarjana FMIPA adalah sebagai dosen, peneliti, ASN di Lembaga Negara, Industri Kesehatan, Industri Farmasi, Programmer, Penulis, Developer, dan sebagainya.

    Lho kok banyak sekali?

    Nah itu dia keunikan dari jurusan yang satu ini. Dibandingkan dengan jurusan lainnya yang merupakan jurusan terapan, orang-orang yang sekolah di jurusan ilmu murni semacam ini bisa memilih jenjang karir selanjutnya.

    Hal ini lantaran dari masing-masing bidang ilmu, nantinya para lulusan FMIPA bisa mengembangkannya sesuai dengan industri yang akan dijalani selanjutnya.

    Adapun pendapatan bulanan yang bisa dihasilkan oleh seorang lulusan FMIPA tentunya sangatlah beragam. Tergantung dari pekerjaan dan industri yang nantinya akan mereka jalani.

    Profesi Lainnya

    pilot

    Nah, selain dari jenis-jenis profesi yang kami sebutkan di atas, tentu saja masih ada profesi lain yang bisa dilakukan sebagai seorang lulusan IPA. Berikut ini diantaranya.

    Pilot

    Selain dari kampus-kampus di atas, kamu yang lulus dari jurusan IPA tentu saja bisa bekerja sebagai pilot. Nah pendapatan seorang pilot pun bisa dibilang cukup fantastis kok bisa mencapai Rp 20.000.000,- ++ per bulannya.

    Pengusaha

    Selain pilot, tentu salah satu pilihan profesi yang bisa kamu jalani sebagai anak IPA adalah menjadi seorang entrepreneur. Bahkan faktanya lulusan jurusan apapun bisa kok menjadi seorang pengusaha sukses.

    Penulis

    Salah satu kelebihan lain yang bisa dimanfaatkan sebagai anak jurusan IPA adalah kemampuan menulis di bidang-bidang spesifik. Seorang dokter bisa-bisa saja misalnya menulis buku untuk awam, atau bahkan kamu yang memiliki ilmu lainnya, bisa juga kok menulis sesuai dengan bidang tersebut.

    Content Creator

    Nah yang satu ini sih, tidak perlu diragukan lagi. Di era digital seperti saat ini menjadi pembuat konten bukanlah lagi hal yang aneh dan tabu.

    Pendapatannya bisa mencapai ratusan juta per bulan, dengan usaha yang tentu saja sangat melelahkan. Tantangan menjadi seorang pembuat konten tentu saja konsistensi dan ide yang harus mengalir terus, nah!

    Beli Pulsa di Sepulsa

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah