Follow Us

  • Share

    Prospek Kerja Akuntansi yang Menjanjikan Setelah Lulus

    Prospek kerja akuntansi merupakan salah satu peluang kerja yang cukup luas tersebar di hampir setiap perusahaan. Fakta ini tentu sangat melegakan buat kamu yang saat ini sedang menempuh pendidikan tinggi di jurusan akuntansi. Selain peluang kerja yang cukup menjanjikan, bidang studi ini juga memungkinkan kamu memiliki jenjang karir yang bagus terutama di bagian keuangan.

    Meski terbilang cukup luas, prospek kerja akuntansi yang bisa kamu dapatkan juga bergantung pada kemampuan apa saja yang kamu miliki yang berkaitan dengan pekerjaan yang ditawarkan. Selain itu, lokasi di mana kamu akan bekerja, pengalaman kerja kamu sebelumnya, serta posisi jabatan turut mempengaruhi jumlah pendapatan yang akan kamu terima nantinya. Nah, langsung saja kita bahas beberapa pilihan prospek kerja akuntansi berikut ini.

    1. Konsultan Pajak

    Profesi ini adalah sebutan untuk seseorang yang menyediakan jasa konsultasi mengenai perpajakan, yaitu kepentingan pajak seseorang maupun perusahaan untuk mengetahui hak dan kewajiban yang harus dilakukan.

    Selain bertanggung jawab mengurus setiap hal yang berkaitan dengan pajak, seperti menghitung, melaporkan dan membayar wajib pajak klien, seorang konsultan pajak juga dapat membantu klien membuat perencanaan pajak yang tepat sesuai kebutuhan mereka. 

    Ketika ada pemeriksaan oleh instansi pemerintahan terkait pajak klien, konsultan pajak berperan dalam mendampingi atau mewakili klien hingga proses pemeriksaan selesai. Begitu pula ketika terjadi sengketa pajak, maka seorang konsultan pajak bertanggung jawab dalam menyelesaikan perkara tersebut mulai dari pengajuan perkara, banding, maupun tindakan lainnya yang diperlukan.

    Nah, apa saja syarat yang harus kamu miliki untuk mendapatkan prospek kerja akuntansi ini? Yang terutama adalah kamu harus lulus dalam Ujian Sertifikasi Konsultan Pajak atau disingkat USKP. Kemudian, kamu tentunya wajib memiliki pemahaman terkait semua ketentuan dalam perpajakan. Juga kemampuan pendukung lainnya seperti kemampuan analisis, pemecahan masalah, dan keterampilan berkomunikasi.

    2. Pegawai Bank

    Prospek kerja akuntansi yang satu ini pastinya sudah menjadi target para lulusan sarjana akuntansi, bukan? Posisi jabatan yang terdapat dalam profesi ini juga cukup beragam, mulai dari customer service, teller, back office staff, bagian marketing, supervisor, manajer, hingga jabatan sebagai kepala cabang.

    Tanggung jawab yang diemban oleh pegawai bank berkaitan dengan keuangan para nasabah, seperti penyimpanan uang, penukaran mata uang, investasi keuangan, ataupun pemberian pinjaman yang disertai bunga. Kemudian, pegawai bank juga bertugas mengatur kegiatan pemasaran yang bertujuan menarik minat para nasabah, serta menganalisis setiap calon penerima kredit dan mengawasi proses pembayaran agar berjalan dengan lancar.

    3. Analis Keuangan

    Prospek kerja akuntansi yang sering disebut juga dengan istilah financial analyst ini bertugas menyusun laporan keuangan secara lengkap dan menjelaskannya dengan terperinci kepada pimpinan perusahaan untuk kemudian dijadikan sebagai pedoman dalam menentukan kebijakan suatu perusahaan.

    Para analis keuangan wajib memahami berbagai macam investasi, seperti obligasi, saham, komoditas, dan jenis investasi lainnya agar dapat mengarahkan para klien dalam mengambil keputusan terkait perkembangan saham yang mereka miliki. Dalam hal bahan baku produksi, analis keuangan juga turut bertanggung jawab dalam proses pembelian atau pembuatan serta pengadaan mesin produksi sesuai kebutuhan perusahaan.

    Mengingat tanggung jawab di bidang keuangan ini cukup serius, maka para analis keuangan perlu mengevaluasi secara rutin perencanaan dan budget suatu perusahaan dengan mempertimbangkan efisiensi dan efektivitas dari kebijakan tersebut. Profesi ini membutuhkan kemampuan analisa yang akurat mengenai kondisi likuiditas perusahaan dan aktif mencari informasi seputar perkembangan ekonomi yang sedang terjadi.

    4. Manajer Akuntansi

    Pekerjaan ini merupakan jabatan yang cukup tinggi dalam prospek kerja akuntansi, sehingga tanggung jawabnya tentu cukup besar. Manajer akuntansi berperan dalam mengelola dan mengontrol semua departemen termasuk bagian laporan keuangan.

    Jadi, manajer akuntansi bertugas menjaga seluruh dokumentasi termasuk laporan keuangan dan mengontrol kegiatan staf akuntansi agar berjalan sesuai dengan prosedur yang sudah ditetapkan. Manajer akuntansi harus memastikan perencanaan akuntansi keuangan dapat terealisasi dengan baik. Mempersiapkan dan menganalisis anggaran keuangan serta pengawasan laporan anggaran juga menjadi tanggung jawab manajer akuntansi. 

    Sebagai manajer akuntansi, kamu akan melakukan audit secara konsisten di setiap tahun dan memperbaiki sistem dan prosedur yang kurang efektif terhadap perkembangan perusahaan. Selain itu, kamu juga bertanggung jawab dalam banyak bidang lain seperti penggajian, pembuatan kas, hutang piutang, aset modal, cek berjalan, aktivitas aset, pendapatan dan pengeluaran.

    5. Auditor

    Auditor merupakan seseorang yang bertugas memeriksa setiap dokumen keuangan dan mengantisipasi tindakan kecurangan. Proses audit dilakukan untuk mencegah terjadinya masalah terkait keuangan maupun secara hukum. Prospek kerja akuntansi sebagai auditor ini terbilang cukup besar peluangnya mengingat perusahaan yang berdiri di Indonesia semakin banyak sedangkan tenaga auditor masih tergolong sedikit.

    Untuk menjadi seorang auditor yang handal, kamu perlu memiliki kemampuan analisis yang baik, dapat berpikir secara logis dan sistematis, memiliki keterampilan berkomunikasi , teliti, serta menguasai bidang informasi dan teknologi terkini.

    6. Makelar Saham

    Prospek kerja akuntansi yang terakhir kita bahas ini disebut juga dengan pialang saham atau broker saham. Makelar saham merupakan seseorang yang menghubungkan para investor dalam melakukan transaksi jual beli saham, mata uang, atau obligasi yang terjadi di pasar modal.

    Sebagai broker saham, kamu harus memiliki wawasan yang cukup luas mengenai investasi saham dan pasar saham. Kamu bahkan bisa menjadi broker saham sekaligus menjadi investor untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Selain itu, kamu perlu meningkatkan kemampuan di bidang analisa ekonomi agar kamu dapat mengelola dana para investor dengan baik dan tidak mengalami kerugian saat melakukan transaksi jual beli saham.

    Selain ilmu akuntansi dan ekonomi, menjadi broker saham membutuhkan kemampuan di bidang pengarsipan dan manajemen. Dan yang tidak kalah penting adalah kemampuan berkomunikasi dengan tepat karena kamu akan berurusan dengan berbagai macam orang yang memiliki latar belakang yang berbeda. Dalam prospek kerja akuntansi ini, terdapat jenjang karir yang turut mempengaruhi penghasilan kamu setiap bulannya. Jenjang awal adalah sebagai broker saham junior, kemudian broker saham senior, analis, dan berikutnya sebagai manajer investasi.

    Nah, prospek kerja akuntansi manakah dari pilihan di atas yang membuatmu tertarik? Yang pasti, semua peluang kerja tersebut cukup menjanjikan dengan gaji yang terbilang tinggi. Jadi, pastikan kamu lulus sebagai sarjana akuntansi dengan nilai terbaik sebagai salah satu modal kamu untuk meraih prospek kerja akuntansi bergengsi tersebut!

    Beli Pulsa di Sepulsa

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah