Follow Us

  • Share

    Mudahnya Mengambil Uang Tunai di ATM CIMB Niaga

    Bicara soal ATM, CIMB Niaga merupakan pionirnya. Di tahun 1987, bank yang awalnya bernama Bank Niaga ini membedakan dirinya dengan layanan perbankan lain di kancah domestic dengan membuka layanan mesin ATM. Atas terobosan ini, Indonesia kemudian memasui era baru, yakni perbankan modern.

    Tentu dengan perkembangan zaman dan teknologi, sebagian fungsi kartu ATM pun dibuat pula dalam bentuk layanan e-banking. Meski belum banyak, beberapa bank kini bahkan juga menyediakan fasilitas pengambilan uang tunai di ATM tanpa kartu ATM.

    CIMB Niaga adalah salah satunya. Sejak lebih dari tiga tahun lalu, bank ini sudah mempelopori terobosan ini. Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui cara mengambil uang di ATM CIMB Niaga baik menggunakan kartu ATM maupun tidak, simak langkah-langkahnya berikut ini.

    Cara Mengambil Uang di ATM CIMB Niaga dengan Kartu ATM

    Meski layanan e-bangking sudah mulai banyak digunakan di era digital ini, sebagian orang masih merasa nyaman menggunakan cara konvensional, termasuk mencairkan uang melalui kartu ATM.  Bagi Anda nasabah CIMB Niaga, berikut adalah cara mengambil uang di ATM CIMB Niaga menggunakan kartu ATM.

    Cari ATM CIMB Niaga terdekatMeski merupakan bank swasta, CIMB Niaga memiliki jaringan ATM yang cukup banyak. Anda bisa dengan mudah menemukan ATM CIMB Niaga dengan warna merah yang menjadi trademarknya.

    Pilih mesin ATM dengan pecahan rupiah yang dibutuhkanSeperti pada mesin ATM lainnya, mesin ATM Bank CIMB Niaga juga hanya menyediakan satu buah pecahan pada setiap mesin. Anda bisa memilih pecahan Rp. 50.000,00 atau Rp1. 00.000,00.

    Masukkan kartu ATMApabila sudah mendapatkan mesin ATM yang sesuai, awali transaksi dengan memasukkan kartu ATM pada celah alias slot yang tersedia (entry card slot). Umumnya lokasi slot ini berada di sisi kanan ATM, sejajar dengan pinpad (tombol berisi angka dan beberapa perintah manual).

    Pehatikan posisi kartu ATM saat akan dimasukkan. Sesuai standar, permukaan yang bertuliskan CIMB Niaga berada di atas. Indikator lampu berwarna hijau akan berkedip-kedip saat Anda memasukkan kartu.

    Masukkan kode PINSetelah kartu masuk ke dalam mesin dan diproses, Anda akan diminta untuk memasukkan kode PIN. CIMB Niaga memberi pengamanan terhadap kartu ATM dengan memberikan enam digit angka yang dapat diubah-ubah oleh pemilik kartu.

    Pastikan Anda memasukkan angka dengan benar. Jika salah memencet angka sebelum menekan tombol ENTER, Anda bisa menghapusnya dengan tombol CLEAR. Setelah selesai memasukkan kombinasi angka PIN dengan benar, tekan tombol ENTER. Apabila salah memasukkan PIN tiga kali berturut-turut, kartu ATM akan diblokir.

    Pilih menu Tarik Tunai atau lanjutkan dengan Transaksi Lain-Lain

    Jika PIN benar, Anda akan diteruskan pada laman pilihan menu. Pilih menu Tarik Tunai di sisi kanan atas. Layar akan secara otomatis menampilkan beberapa pilihan nominal. Tekan tombol di sebelah nominal yang Anda kehendaki.

    Apabila jumlah yang Anda inginkan tidak muncul pada layar elektronik berwarna oranye tersebut, pilih menu Transaksi Lain-Lain di sisi kiri bawah. Masukkan jumlah uang yang akan Anda ambil, lalu akhiri dengan perintah Proses.

    Konfirmasi sumber rekeningSebelum penghitungan uang diproses, Anda harus lebih dulu mengonfirmasi sumber rekening. Layar akan menunjukkan tulisan ‘TABUNGAN’ diikuti nomor rekening. Lanjutkan dengan menekan tombol di sebelah tulisan tersebut.

    Ambil uangMesin akan segera memproses perintah untuk mengeluarkan sejumlah uang sesuai nominal yang Anda masukkan. Ambil lembaran rupiah tersebut dan simpan di tempat yang aman.

    Konfirmasi pencetakan struk Layar akan menampilkan pilihan untuk mencetak struk atau tidak. Struk ini merupakan rincian transaksi penarikan tunai yang baru Anda lakukan. Jika menekan ya, Anda akan mendapatkan struk dari printer slot. Jika tidak, Anda akan segera diminta untuk melakukan konfirmasi akhir transaksi.

    Konfirmasi akhir transaksiAnda akan mendapati perintah ‘Anda ingin melanjutkan transaksi lainnya?’. Jika ingin mengecek saldo, melakukan transfer, atau beragam transaksi lainnya, tekan ya. Jika tidak, maka tekan tidak. Kartu ATM akan keluar dalam hitungan detik.

    Cara Mengambil Uang di ATM CIMB Niaga dengan Rekening Telepon

    Bila Anda yang terbiasa dengan gaya hidup digital, manfaatkan Rekening Telepon dari CIMB Niaga. Selain memudahkan dalam melakukan transaksi perbankan di mana saja dan kapan saja, Anda juga bisa mengambil uang di ATM meski tidak membawa kartu ATM.

    • Cari ATM CIMB Niaga terdekat.
    • Pilih menu Rekening Ponsel yang ada di pojok kanan bawah.
    • Pilih bahasa yang akan digunakan.
    • Masukkan nomor ponsel (nomor ponsel ini adalah nomor yang Anda daftarkan pada Rekening Ponsel), klik OK atau tekan ENTER.
    • Masukkan nomor PIN enam digit Rekening Ponsel yang sudah didaftarkan, klik OK atau tekan ENTER.
    • Anda akan menerima pesan berisi empat digit passcode yang dikirim via SMS. Sebagai catatan, pastikan ponsel Anda dalam keadaan aktif dan memiliki saldo pulsa untuk menerima SMS tersebut.
    • Masukkan passcode, pilih OK atau tekan ENTER.
    • Pilih jumlah uang yang akan Anda cairkan. Seperti cara mengambil uang di ATM CIMB Niaga dengan kartu ATM, Anda bisa memilih pilihan nominal atau memasukkan secara manual pada menu Nominal Lain di sisi kiri bawah layar. Klik OK atau tekan ENTER.
    • Uang dan struk keluar.

    Mudah, bukan? Baik menggunakan kartu ATM maupun tidak, cara mengambil uang di ATM CIMB Niaga sama mudahnya. Nah, mana cara yang jadi favorit Anda?

    Baca juga

    Top Up

    1 Komentar

    • Muhamamad Raizaldi Yahya
      September 4, 2019 at 8:04 am

      Apakah bisa transfer dana dari rekening ponsel cimb ke rekening bank lain? Terima kasih

      Balas Komentar

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah

    1 Komentar

    • Muhamamad Raizaldi Yahya
      September 4, 2019 at 8:04 am

      Apakah bisa transfer dana dari rekening ponsel cimb ke rekening bank lain? Terima kasih

      Balas Komentar