Follow Us

  • Share

    Mau Bayar Telkom Lewat Layanan Bank Mandiri? Ini Cara Praktisnya

    Siapa sih, yang tidak mengenal Telkom? Telkom merupakan salah satu perusahaan terbesar di Indonesia. Perusahaan ini berhasil menyita perhatian publik dengan rangkaian produknya yang inovatif. Telkom dinilai mampu mengikuti perkembangan zaman dengan menjadi pelopor teknologi terbaru.

    Tahun 2015, Telkom mempersembahkan pameran teknologi dengan berbagai tema. Salah satu temanya, yaitu Telkom Hadir untuk Negeri dan Telkom Paling Indonesia. Melalui pameran ini, Telkom meluncurkan produk-produk terbarunya. Ternyata, produk tersebut mendapatkan sambutan hangat dari masyarakat Indonesia.

    Pengguna Telkom terus bertambah hingga detik ini. Memasuki tahun 2017, pemakai produk Telkom dimanjakan dengan kehadiran teknologi 4G Lite. Sebuah teknologi yang memberikan layanan data berkecepatan tinggi. Selain itu, Telkom juga mengeluarkan produk Home Solution dengan merek IndiHome.

    Kini, IndiHome merupakan produk yang paling dicari karena menyediakan tiga fitur sekaligus. Tiga fitur IndiHome yang bisa Anda nikmati, yaitu internet cepat, layanan televisi, dan telepon. Lalu, bagaimana cara bayar tagihannya?

    Soal pembayaran tagihan, Anda jangan khawatir. Saat ini, Telkom bekerja sama dengan bank-bank ternama, salah satunya Mandiri. Bank Mandiri melayani pembayaran Telkom melalui empat cara, yaitu lewat ATM, Mobile Banking, Internet Banking, dan SMS Banking.

    Semua fasilitas tersebut bisa Anda akses jika telah menjadi nasabah Mandiri. Cara mendaftarnya mudah, cukup siapkan tanda pengenal berupa KTP dan mengisi formulir pendaftaran. Selanjutnya, Bank Mandiri akan memproses data Anda.

    Setelah Anda terdaftar sebagai nasabah, fasilitas pembayaran secara online bisa dimulai. Berikut ulasannya.

    Cara Bayar Telkom Lewat Layanan Bank Mandiri

    Bayar Telkom Lewat ATM Mandiri

    Bayar Telkom lewat Layanan Bank Mandiri

    Gerai ATM Mandiri telah tersebar di seluruh Indonesia. Jumlahnya mencapai lebih dari 10.360 gerai. Nasabah Mandiri bisa menemukannya di lokasi-lokasi strategis, seperti di kompleks ruko, mal, swalayan, supermarket, dan masih banyak lagi.

    ATM Mandiri dapat diakses 24 jam setiap hari. Melalui ATM Mandiri, nasabah bisa melakukan berbagai transaksi, antara lain tarik tunai, transfer antar Bank Mandiri, transfer bank lain, isi ulang pulsa, dan pembayaran tagihan.

    ATM Mandiri juga bisa digunakan sebagai alat pembayaran nontunai untuk tagihan Telkom. Berikut langkah-langkah bayar Telkom lewat layanan Bank Mandiri, ATM Mandiri:

    • Siapkan ATM Mandiri, lalu masukkan ke dalam mesin ATM dengan benar dan pilih bahasa yang akan digunakan.
    • Selanjutnya, masukkan nomor PIN ATM Mandiri Anda.
    • Setelah itu muncul menu utama, kemudian pilih opsi “Bayar/Beli”.
    • Langkah berikutnya, tekan menu “Telepon/HP”.
    • Silakan pilih menu “TELKOM/SPEEDY/VISION”.
    • Tahap selanjutnya, masukkan nomor telepon atau ponsel Anda dan klik opsi “BENAR”.
    • Sesudah itu, di layar akan muncul nama Anda, jumlah yang dibayarkan, periode, dan tagihan total. Untuk menyatakan setuju, tekan opsi “BENAR”.

    Pembayaran yang berhasil, ditandai dengan tampilan menu awal. Tekan opsi “SELESAI”, jika Anda ingin mengakhiri transaksi. Mudah, bukan?

    Bayar Telkom Lewat Mobile Banking Mandiri

    Bayar Telkom lewat layanan Bank Mandiri

    Bank Mandiri tidak pernah berhenti berinovasi. Berbagai layanan dan produk diluncurkan untuk memenuhi kebutuhan nasabah. Mobile Banking merupakan salah satu produk Bank Mandiri yang memudahkan nasabah untuk melakukan berbagai transaksi.

    Salah satu transaksi yang bisa dilakukan melalui Mobile Banking Mandiri, yaitu pembayaran tagihan Telkom. Nasabah dapat melakukan pembayaran kapan pun dan di mana pun. Soal keamanan, tidak perlu khawatir, karena Mobile Banking dilengkapi fitur pengunci yang hanya bisa diakses oleh nasabah. Ingin bayar Telkom lewat layanan Bank Mandiri, Mobile Banking Mandiri, ikuti langkah-langkah berikut ini.

    • Sebelumnya, unduh dan pasang aplikasi Mobile Banking Mandiri di ponsel Anda.
    • Setelah terpasang, silakan masuk ke halaman login. Lalu, masukkan kata kuncinya.
    • Pada tampilan berikutnya, muncul beberapa menu. Pilih menu “bayar”.
    • Untuk bayar Telkom, silakan pilih menu “telepon dan cdma”.
    • Kemudian, klik opsi “penyedia layanan”.
    • Langkah berikutnya, masukkan nomor telepon atau ponsel Anda dan tekan opsi “lanjut”.
    • Setelah itu, Anda bisa melihat jumlah tagihan di layar. Untuk menyetujui, isilah nomor PIN SMS Banking, lalu tekan “OK”.

    Opsi “OK” menandai transaksi Anda telah berhasil. Untuk mengakhiri layanan, silakan keluar dari aplikasi Mobile Banking Mandiri.

    Bayar Telkom Lewat Internet Banking Mandiri

    Bayar telkom lewat layanan Bank Mandiri

    Satu lagi layanan praktis dari Bank Mandiri, yaitu Internet Banking. Layanan ini bisa diakses melalui komputer atau laptop. Anda bisa melakukan transaksi jam berapa pun setiap hari.

    Internet Banking merupakan terobosan teknologi Bank Mandiri yang dapat menjangkau semua jenis produk perbankan. Internet Banking aman digunakan untuk berbagai transaksi karena dilapisi token PIN berganda.

    Salah satu transaksi yang bisa Anda lakukan, yaitu bayar Telkom lewat Internet Banking Mandiri. Caranya mudah dan cepat, selama komputer atau laptop Anda terhubung dengan internet. Inilah langkah-langkahnya.

    • Langkah pertama, buka situs halaman bankmandiri.co.id, lalu pilih menu login di menu “mandiri internet” di bagian kanan website.
    • Selanjutnya, masukkan nama pengguna dan PIN Internet Banking dan pilih opsi “kirim”.
    • Pada halaman berikutnya, muncul nomor rekening, nama Anda, mata uang, dan pilihan transaksi. Silakan klik tanda panah dan pilih transaksi “Pembayaran Telepon”.
    • Kemudian, pilih sumber rekening yang akan digunakan dan penyedia jasa (Telkom).
    • Setelah itu, Anda akan melihat informasi berupa nomor rekening, penyedia jasa Telkom, jumlah tagihan, nomor telepon, nama Anda, dan kode wilayah. Untuk menyetujui pembayaran, isilah nomor PIN Mandiri dan klik opsi “kirim”.

    Kalau transaksi berhasil, bukti pembayaran akan ditampilkan di layar. Anda harus mengeklik “simpan” supaya buktinya tidak hangus.

    Bayar Telkom Lewat SMS Banking Mandiri

    Bayar Telkom Lewat Bank Mandiri

    Teknologi perbankan dari Bank Mandiri memang patut diacungi jempol. Pasalnya, nasabah bisa melakukan transaksi hanya melalui SMS. Layanan itu disebut SMS Banking Mandiri.

    SMS Banking Mandiri sangat mudah dan fleksibel. Anda tidak perlu menghubungkan ponsel dengan internet saat menggunakan layanan ini. Cukup dengan mendaftarkan nomor telepon di cabang Mandiri terdekat, Anda sudah bisa memanfaatkan SMS Banking.

    Salah satu transaksi yang bisa dilakukan melalui layanan SMS Banking, yaitu pembayaran Telkom. Langkah-langkah bayar Telkom lewat SMS Banking Mandiri sebagai berikut.

    • Buka aplikasi “Message” atau “Pesan” pada ponsel Anda.
    • Kemudian, ketikkan SMS dengan format BYR <kode rek> <nomor telepon/HP>. Kirim SMS tersebut ke nomor 3355.
    • Setelah itu, Anda akan menerima konfirmasi berupa jumlah tagihan.
    • Selanjutnya, ketik PIN SMS Banking yang ke-6 dan ke-2, lalu kirim lagi ke 3355.
    • Jika transaksi sukses, ponsel akan menerima pesan dari nomor 3355.

    Itulah cara bayar Telkom lewat ATM Mandiri, Mobile Banking, Internet Banking, dan SMS Banking. Semoga bermanfaat.

    Bayar Telkom lewat layanan Bank Mandiri
    Mandiri Mobile via Google Play
    Bayar Tagihan Telkom

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah