Follow Us

  • Share

    Cara Jitu Memilih Kulkas Hemat Listrik (Milenial Wajib Baca!)

    Hai Sepulsa Mate, kalau kamu baca artikel ini tandanya kamu lagi ingin membeli kulkas baru (atau bekas) yang irit listrik, ya kan?

    Kulkas memang bisa dibilang cukup wajib untuk setiap orang, terutama kalau kamu doyan masak ataupun beli snack yang lebih enak disajikan dingin.

    Namun, tidak semua orang perlu beli kulkas dua pintu yang ada fitur dispenser maupun ice dispenser-nya loh.

    Yuk cek cara memilih kulkas hemat listrik.

    1. Cek daya yang dibutuhkan kulkas

    Sama seperti dalam memilih mesin cuci, kebutuhan daya listrik suatu kulkas merupakan salah satu indikator paling akurat dalam menentukan hemat tidaknya sebuah kulkas.

    Cara gampangnya, cari kulkas yang memiliki label Energy Star atau Energy Saver. Namun, lebih baik lagi kalau kamu juga melihat persisnya berapa daya yang dibutuhkan kulkas tersebut.

    Sesuaikan daya kulkas tersebut dengan kapasitas listrik di rumah kamu. Jika rumah kamu memiliki kapasitas listrik 900 VA dan 1.300 VA, kulkas dengan daya 100-115 watt sudah cukup.

    Bagi kamu yang memiliki rumah besar dengan kapasitas listrik di atas 3.500 VA, kulkas dengan daya lebih dari 115 watt bisa kamu pilih.

    2. Perhatikan fitur-fitur penghemat daya

    Beberapa fitur di kulkas mampu membuat kulkas tersebut makin efisien dalam menggunakan listrik.

    Salah satunya adalah kompresor inverter yang mampu membuat kulkas lebih pintar dalam penggunaan daya listrik, apalagi apabila kamu sering membuka tutup pintu kulkas. Membuka pintu kulkas terlalu sering membuat kulkas menjadi boros karena harus mendinginkan kembali makanan akibat masuknya udara panas dari luar.

    Fitur lainnya adalah multi air flow yang membuat suhu di tiap kompartemen kulkas memiliki suhu yang sama. Jika tidak ada teknologi ini, kulkas akan membutuhkan daya lebih untuk mendinginkan makanan.

    3. Hindari kulkas dengan fitur dispenser

    Beberapa kulkas besar dan premium sudah memiliki fitur ini, dan mungkin kamu menyukainya karena hidup kamu jadi lebih praktis. Namun, dengan adanya dispenser, kulkas akan menyerap daya lebih untuk memproses air menjadi lebih dingin atau lebih panas. Kalau ingin benar-benar hemat, lebih baik dinginkan air di dalam botol dan masukkan ke dalam kulkas.

    4. Hindari kulkas dengan fitur automatic ice maker

    Fitur ini jelas membuat kulkas menjadi lebih praktis dan nyaman dari segi user experience, namun fitur ini sangat boros energi dan lebih baik tidak ada jika tidak dibutuh-butuhkan amat, apalagi kalau kamu jarang minum dingin dan lebih suka kopi atau teh panas.

    Lagipula, kamu tetap bisa membuat es secara manual via ice tray di freezer kan? Jangan malas-malas amat lah jadi orang.

    5. Hindari kulkas dengan layar atau smart refrigerator

    Kenapa mesti dihindari? Karena kulkas seperti ini biasanya mahal sekali. Dan ingat, tujuan hemat listrik adalah hemat uang, ya kan? Jadi kalau kamu beli kulkas yang kelewat mahal maka tujuan awal menjadi sia-sia.

    Bukan cuma itu, makin canggih kulkas, maka makin mahal sparepartnya dan juga biaya servisnya. Kulkas dengan teknologi standar lebih murah untuk diservis dan biasanya lebih bandel.

    Sebelum memilih kulkas, pikir baik-baik antara kebutuhan dan keinginan.

    6. Pilih kapasitas sesuai kebutuhan

    Sama seperti mesin cuci, beli lah sesuai kebutuhan.

    Kalau kamu tinggal sendiri dan tidak memasak, kulkas dengan kapasitas <100 L sangatlah cukup.

    Kalau kamu tinggal sendiri dan suka memasak, kulkas dengan kapasitas 100-200 L sudah cukup.

    Kalau kamu punya keluarga kecil, kulkas dengan kapasitas 200-400 L sudah memadai.

    Kalau keluarga kamu lebih dari empat orang, kulkas dengan kapasitas di atas 400 L bisa dijadikan opsi.

    7. Pastikan kulkas bergaransi

    Layaknya alat elektronik lainnya, tujuan kita memilih varian yang hemat listrik tentunya untuk menghemat uang. Sedangkan bila kulkas yang kita beli memang benar hemat listrik namun cepat rusak, tentu akan percuma. Kita akan mengeluarkan biaya ekstra untuk melakukan perbaikan, belum lagi waktu dan energi yang terbuang untuk mengurus dan merawat kulkas tersebut.

    Maka dari itu, pastikan ketika membeli kulkas kamu mendapatkan garansi resmi yang proses klaim-nya tidak ribet dan bertele-tele. Pastikan mereka juga menyediakan spare part dan juga jasa servis yang bisa datang ke rumah.

    Mahal sedikit tidak apa, yang penting hemat dalam jangka panjang.

    8. Beli kulkas dari brand terkemuka dengan reputasi bagus

    Ini cukup sering dilupakan orang, biasanya karena tergiur harga murah atau fitur super canggih yang sebenarnya tidak perlu.

    Kecuali kamu tahu resiko membeli kulkas dengan merk abal-abal, lebih baik kamu beli kulkas dari merk-merk terkemuka yang kualitas produknya terjamin dan biasanya sudah pasti dapat garansi resmi.

    Beberapa merk kulkas yang direkomendasikan adalah Polytron, Sharp, Aqua, LG, Samsung, Toshiba, Haier, Electrolux, Sanken, Hitachi,

    Beli Token Listrik

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah