Follow Us

  • Share

    Berbagai Macam Keuntungan Menggunakan Kartu Kredit

    Tidak seperti zaman dulu saat kartu kredit hanya diperuntukkan bagi orang yang punya penghasilan berlebih, sekarang ini bank telah membidik semua kalangan agar dapat menggunakan kartu kredit sebagai alat transaksi mereka.

    Selain peraturan persyaratan kepemilikan kartu kredit yang tidak terlalu sulit, kini kartu kredit juga dapat diajukan oleh pengusaha baru bahkan hingga mahasiswa.

    Anda hanya perlu mengikuti proses pengajuan, lalu bank akan menganalisa apakah Anda layak untuk mendapatkan kartu kredit.

    Kartu kredit juga menawarkan banyak fitur yang menguntungkan nasabah dan jadi daya tarik tersendiri bagi customer baru.

    Baca Juga : Perdana Membuat Kartu Kredit? Perhatikan Hal Berikut Ini 

    Selain itu, banyak sekali keuntungan yang bisa kalian dapatkan dengan menggunakan kartu kredit, pada artikel ini Sepulsa akan menjabarkan apa saja keuntungan dari menggunakan kartu kredit.


    Berbagai Keuntungan Saat Menggunakan Kartu Kredit

    1. Diskon dan Cashback

    Salah satu alasan mengapa orang menggunakan kartu kredit adalah banyaknya cashback dan diskon jika menggunakan kartu kredit tertentu. Cara ini tentunya akan sangat membantu keuangan Anda jadi lebih irit.

    diskon dan cashback

    Contoh cashback dan diskon pada beberapa kartu kredit:

    • Permata Hero menawarkan cashback 3.5% untuk pembelanjaan di Giant, Hero, dan Guardian seluruh Indonesia
    • BCA Everday menawarkan cashback 5% tiap berbelanja minimal Rp250.000 di supermarket Carrefour, Hypermart, Giant, dan Lotte Mart.
    • ANZ Master Card menawarkan cashback 5% untuk transaksi online, Cashback hingga Rp300.000 per-bulan bisa diklaim dengan mudah via SMS.
    • CIMB Niaga Ultimed menawarkan cashback 4% untuk tiap kalian bertransaksi di beberapa ritel di Jepang, Korea Selatan, China, dan Taiwan dengan jumlah nominal keuntungan maksimal Rp 2 juta per-bulan.

    2. Praktis

    Dengan membawa kartu kredit, Anda dapat membeli apapun hanya dengan menggesekan kartu saja. Cara ini sangat membantu Anda yang tidak suka bertransaksi dengan uang cash.

    Perbedaannya dengan debit yaitu, Anda tidak perlu pergi ke ATM terdekat hanya untuk mencairkan uang. Bukan hanya itu, kartu debit mengharuskan Anda untuk menabung terlebih dahulu dalam jumlah tertentu agar bisa digunakan, berbeda dengan kartu kredit di mana Anda tidak perlu menabung dulu hanya untuk belanja.

    praktis menggunakan kartu kredit

    Pada era online shop seperti sekarang, keuntungan menggunakan kartu kredit begitu sangat terasa karena Anda tidak perlu pergi ke ATM, lalu membawa bukti transaksi untuk di upload. Dengan kartu kredit, semuanya bisa dilakukan di rumah.

    3. Aman

    Walaupun bisa saja kartu kredit disalahgunakan oleh orang jahat, tetapi tetap lebih aman menggunakan kartu kredit karena Anda bisa mengajukan pemblokiran bila kartu kredit hilang atau dicuri orang.

    Baca Juga : Cara Tepat Menggunakan Kartu Kredit

    asuransi dari kartu kredit

    Belakangan ini semua penerbit kartu kredit di Indonesia diwajibkan untuk menggunakan 3D Secure pada kartu mereka. 3DS adalah singkatan dari 3 Domain Secure.

    3DS akan memberikan perlindungan kartu kredit di mana yang bertanggung jawab adalah 3 pihak, yaitu Bank yang mengambil uang, Bank yang menerbitkan kartu kredit dan Payment Gateway & Merchant (Sistem yang memproses transaksi).

    Sistem biasa digunakan untuk beberapa toko online agar proses transaksi bisa berjalan dengan aman.

    4. Garansi dan Asuransi

    Kelebihan lain menggunakan kartu kredit adalah bank penerbit kartu kredit memberikan asuransi kepada customer yang membeli barang dalam kondisi rusak via online atau offline.

    Beberapa kartu kredit akan memberikan garansi berupa barang baru atau menggantinya dengan uang, walaupun tidak semua penerbit kartu kredit memberikan jaminan seperti itu.

    Beberapa kartu kredit juga menawarkan gratis asuransi, berikut adalah jenis kartu kredit yang menawarkan asuransi.

    asuransi dan garansi dari kartu kredit

    • Standard Chartered Visa Black Platinum – Gratis Asuransi Jiwa.
    • Danamon World MasterCard – Gratis Asuransi Perjalanan.
    • Danamon Platinum MasterCard – Gratis Asuransi Perjalanan & Akses Airport Lounge.
    • Bukopin Visa Platinum – Gratis Asuransi Perjalanan & Akses ke Berbagai Lounge Bandara Pilihan.
    • Bukopin MasterCard Platinum – Gratis Asuransi Perjalanan & Akses ke Berbaga Lounge Bandara Pilihan.

    5. Reward

    Umumnya kartu kredit akan memberikan reward untuk setiap transaksi yang Anda lakukan. Benefit reward ini dapat digunakan sebagai potongan harga di transaksi belanja berikutnya. Reward juga bisa ditukar dengan hadiah tertentu dan berfungsi sebagai voucher belanja.

    Berikut ini adalah beberapa bank penerbit kartu kredit yang memberikan reward untuk para nasabahnya.

    reward kartu kredit

    • Danamon World MasterCard – Anda akan diberikan reward 1.5 poin untuk tiap pembelanjaan sebesar Rp1.000 di mana saja. Poin reward bisa dipakai untuk mengurangi tagihan, ditukar voucher belanja, dan masih banyak lagi.
    • Citi Rewards Visa – Nikmati 3x Citi Reward Points tiap bertransaksi Rp3.000 kategori shopping dan dining di hari Sabtu dan Minggu.
    • BNI MasterCard Lottemart Gold – Kalian akan mendapatkan 3x poin reward untuk tiap pembelanjaan Rp2.500 di Lotte Mart.
    • HSBC Visa Platinum – Dapatkan 3 poin reward tiap pembelanjaan Rp1.250 untuk di toko fashion dan atau restoran.
    • UOB Preferred Platinum Visa – Dapatkan 1 poin reward untuk tiap kali kalian melakukan transaksi dengan nominal Rp1.000 dengan UOB Preferred Platinum dan tukarkan dengan beragam produk pilihan.
    • Permata Shopping Card Platinum – 1 poin reward dapat dinikmati untuk tiap transaksi ritel atau pembayaran tagihan rutin senilai Rp2.000.
    • Mandiri Silver Visa – Dapatkan 1 Mandiri Power Point untuk tiap transaksi Rp2.500.

    6. Dapat Digunakan di Seluruh Negara

    Berbeda dengan uang cash yang harus ditukar di money changer untuk melakukan transaksi di luar negeri, dengan kartu kredit Anda bisa menggunakannya langsung.

    Ini akan mempermudah Anda yang sering bolak-balik luar negeri untuk keperluan bisnis atau hanya untuk travelling.

    menetap di luar negeri

    7. Cicilan

    Kartu kredit menerapkan konsep bahwa setiap transaksi yang Anda lakukan merupakan hutang, pinjaman yang kalian lakukan akan di dibayarkan perbulannya dengan potongan otomatis serta memiliki bulan masa pinjaman yang bisa diatur sendiri.

    Bunga yang akan di dapat tergantung dari bank tersebut dengan maksimal bunga adalah 2,95% standard yang di berikan oleh Bank Indonesia.

    Ada beberapa produk yang menawarkan 0% cicilan dengan menggunakan kartu kredit misalnya iBox yang menjual semua produknya 0% mengunakan kartu kredit.

    cicilan kartu kredit

    Nah, itu dia beberapa keuntungan jika Anda menggunakan kartu kredit. Tertarik untuk mencobanya?

    Top Up e-Wallet

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah