Follow Us

  • Share

    Cara Membuat Kartu Kredit Semua Bank Dengan Mudah

    Sebagai alat transaksi yang cukup praktis kini memang kartu kredit telah memikat banyak orang, walaupun beberapa orang berpikir bahwa kartu kredit dapat membawa kesulitan jika kalian tidak dapat mengatur keuangan dengan baik tetapi pengguna kartu kredit tetap mengalami peningkatan misalnya saja pada tahun 2022 sebesar pengguna kartu kredit untuk semua bank adalah 126,47 juta dengan jumlah transaksi 152,31 jt kali, sementara nilai transaksi adalah Rp131,494 triliun.

    Setiap bank memiliki penilaian tersendiri untuk mendapatkan pengguna baru dari kartu kredit mereka hal itu yang menyebabkan tidak semua orang yang mengajukan kartu kredit dapat berhasil. Bagi kalian yang pernah bermasalah dengan pihak bank, kemungkinan akan sulit untuk kalian berhasil mengajukan kartu kredit karena hal pertama yang dinilai oleh pihak bak adalah riwayat dari calon customer mereka.

    Tetapi untuk kalian yang pernah menggunakan kartu kredit atau pernah mengajukan pinjaman dan semua proses pembayaran tidak pernah ada kendala maka kemungkinan kalian akan sukses mengajukan kartu kredit.

    Cara membuat pengajuan kartu kredit dengan mudah hanya dengan mengikuti prosedur dibawah ini

    Hal yang perlu dipikirkan sebelum apply kartu kredit untuk pegawai

    Karena bank juga tidak mau mengambil resiko dengan mendaftarkan pemohon kartu kredit yang salah maka mereka pun selektif mencari nasabah. Oleh karena itu berikut ini sepulsa akan memberikan tips langkah-langkah yang dapat kalian gunakan agar permohonan pengajuan kartu kredit kalian dapat berhasil.

    pengajuan kartu kredit untuk pegawai

    Riwayat kredit macet

    Sekarang coba pikir kembali apakah kalian memiliki hutang atau pinjaman yang macet? jika iya maka akan lebih sulit untuk kalian sukses melakukan permohonan pengajuan kartu kredit, pihak bank akan sangat mempertimbangkan riwayat kalian sebelumnya. Misalnya kalian pernah bermasalah dalam pengembaliaan hutang atau sekarang ini kalian memang sangat banyak memiliki hutang sehingga pihak bank tidak berani menyetujui penerbitan kartu kredit, semua riwayat kalian tentang status peminjaman bank telah tercatat di daftar peminjaman kredit bank indonesia ( BI ).

    Formulir

    Untuk mengajukan kartu kredit tahap awal adalah kalian harus mengisi formulir yang telah tersedia pada setiap bank penerbit kartu kredit, setelah mengisi formulir barulah bank terkait akan menganalisa apakah kalian pantas untuk mendapatkan kartu kredit. Bagi pemohon kartu kredit biasanya bank menetapkan syarat kepemilikan, misalnya saja gaji / pendapatan kalian harus minimal 3 juta dengan umur minimum 21 tahun.

    Syarat pengajuan kartu kredit umumnya akan mencakup:

    • Karyawan : fotocopy KTP, SK Pangkat Terakhir, dan bukti penghasilan (Slip gaji/SKP/SPT).
    • Wirausaha : fotocopy KTP/Paspor & Kitas (untuk WNA), fotocopy rekening tabungan 3 bulan terakhir, dan fotokopi akta pendirian/SIUP/TDP.
    • Khusus pegawai negara seperti TNI/Polisi/PNS : fotocopy KTP, SK Pangkat Terakhir dan fotocopy rekening tabungan 3 bulan terakhir.
    • Profesional seperti dokter / arsitektur : fotocopy KTP/Paspor & Kitas (untuk WNA), bukti penghasilan (Slip gaji/SKP/SPT), dan fotocopy Surat Izin Profesi.
    • Kartu Tambahan : fotocopy KTP.

    Cari tau kartu kredit yang kalian ingin ambil

    Setiap kartu kredit akan memiliki benefit yang berbeda, contohnya reward pertransaksi yang bisa customer dapatkan, beberapa kartu kredit juga menawarkan harga cashback dan diskon dengan menggunakan kartu kredit yang bersangkutan, banyak juga kartu kredit yang dibuat untuk promo produk tertentu seperti danamon manchester united yang memang di buat kalian fans klub sepak bola manchester united, dengan menggunakan kartu kredit tersebut kalian akan berkesempatan menoton langsung pertandingan sepak bola di old trafford atau memungkinkan mendapatkan jersey yang telah di tanda tangani langsung oleh pemain MU.

    Selain benefit di atas, kalian juga harus memperhatikan apa saja biaya yang harus kalian bayar di setiap transaksi biasanya setiap peminjaman akan dikenakan bunga sebesar 2,95%, juga biaya tahunan yang perlu kalian bayar.

    Jika kartu kredit yang kalian ambil tidak sesuai dengan kebutuhan kalian, maka kalian dapat menutup kartu kredit tersebut dan menggantinya dengan kartu kredit lain. ( baca: prosedur penutupan kartu kredit yang benar )

    Pengajuan bagi non-pegawai

    Selain kartu kredit untuk pegawai, kalian para wirausaha, pekerja freelance atau mahasiswa juga dapat mengajukan permohonan kartu kredit, ada juga yang perlu kalian persiapkan sebelum mengajukan kartu kredit sebagai non-pegawai.

    pengajuan kartu kredit untuk non-pegawai

    Lembaga keuangan

    Kalian yang merasa sulit mengajukan kartu kredit karena formulir yang telah diisi selalu ditolak oleh bank, ini saatnya kalian harus mengajukan permohonan melalui lembaga keuangan dimana kalian tidak perlu repot untuk mengajukan sendiri permohonan kartu kredit, biasanya lembaga keuangan seperti akan lebih gampang direstui oleh bank dari pada pengajuan secara individu.

    Tetapi sayangnya pengajuan melalui lembaga keuangan pun kadang memiliki masalah yang tidak kita harapkan, contoh kasus akan dijelaskan dibawah ini.

    • Tidak semua lembaga keuangan melakukan tanggung jawab mereka secara profesional, misalnya saja mereka tidak melengkapi persyaratan pengajuan yang sudah menjadi tanggung jawab mereka tanpa ada follow up ke pihak customer.
    • Perlu diingat, kesempatan pengajuan kartu kredit memang lebih mudah jika menggunakan lembaga keuangan, tetapi ini juga bukan jaminan karena banyak pengajuan dari mereka pun ditolak.
    • Data pribadi kalian tersebar.

    Gunakan bank dimana kalian menabung

    Karena setiap bank akan mengecek kembali kondisi keuangan pada saat pengajuan maka dengan menggunakan bank dimana kalian menabung hal ini pasti akan lebih cepat karena bank tersebut sudah mengetahui kondisi keuangan kalian sebelumnya. Maka untuk pemohon ada baiknya menggunakan tabungan dengan bank terkait dan melakukan setiap transaksi dengan bank tersebut, alur pengiriman uang dan penerimaan uang dengan bank tersebut sehingga lebih mudah untuk bank bersangkutan mengetahui kesehatan keuangan kalian.

    Jaminan

    Pengajuan akan lebih mudah jika kalian memiliki jaminan, biasanya jaminan kartu kredit adalah uang deposito, kalian harus menanamkan uang di bank dimana kalian ingin mengajukan kartu kredit juga, misalnya kalian mengajukan kartu kredit CIMB niaga maka kalian juga harus mendeposit sejumlah uang di bank CIMB niaga juga.

    Limit nominal penggunaan juga tergantung dari jumlah deposito yang ditanamkan, misalnya kalian deposito uang sebesar 25 juta maka jumlah limit yang akan kalian dapatkan juga berkisar jumlah tersebut.

    Pengajuan dilakukan di kota asal

    Walaupun sulit tetapi dengan mengajukan permohonan di bank daerah asal kita maka kemungkinan bank akan mengabulkan permohonan kalian akan lebih besar, ada kemungkinan bank akan approve permohonan dengan alasan kalian sebagai calon customer tidak akan lari kemana-mana jika terjadi masalah pada pembayaran hutang.

    Kesimpulan

    Sekian artikel dari Sepulsa, kesimpulannya adalah metode di atas akan efektif digunakan jika memang kalian telah memenuhi persyaratan bank tersebut. Penggunaan kartu kredit akan sangat bermanfaat jika kalian menggunakannya secara tepat dan akan menimbulkan masalah jika kalian tidak menggunakan dengan bijak, oleh karena itu kalian harus memikirkannya berulang kali sebelum menggunakannya, terlebih bila kalian baru perdana menggunakan kartu kredit.

    Top Up e-Wallet

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah