Follow Us

  • Share

    Kenapa HP Cepat Panas dan Apa Solusinya?

    Ponsel cerdas saat ini merupakan salah satu kebutuhan “nyaris primer” bagi kami. Mungkin banyak dari Anda yang setuju dengan pernyataan kami tadi.

    Meski demikian seberapa Anda memahami ponsel yang Anda miliki? Banyak dari pengguna ponsel cerdas sebenarnya tidak terlalu memahami kondisi ponselnya dan banyak sebenarnya pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan para penggunanya mengenai ponsel yang dimilikinya.

    Salah satu pertanyaan yang paling sering diajukan oleh para pemilik ponsel cerdas adalah “Mengapa HP saya cepat panas?” Maka izinkanlah kami mencoba menjawab pertanyaan ini untuk Anda semua.

    Panas dalam perangkat-perangkat elektronik apapun sebenarnya adalah hal yang sangat wajar. Karena panas merupakan salah satu bentuk energi yang “dilepas” sebagai konsekuensi dari energi yang disalurkan oleh baterai untuk menghidupi perangkat Anda, begitu pula ponsel cerdas Anda.

    Namun Anda pun harus cerdas dalam mengenali gejala-gejala penyakit yang ada terkait panas pada ponsel Anda. Bisa jadi panas yang kadang berlebihan adalah gejala-gejala adanya kerusakan di ponsel Anda.


    Mengetahui Penyebab dari Lokasi Panas

    Sebelum kami berbagai kepada Anda mengenai bermacam penyebab HP cepat panas, kami mencoba memberikan sedikit trik untuk mengenali penyebab HP cepat panas berdasarkan lokasi panas di HP Anda.

    Jika HP panas di bagian belakang, Anda patut mencurigai baterai sebagai salah satu penyebabnya. Terutama jika panas yang muncul terasa di seluruh bagian belakang HP Anda. Jika Anda cukup yakin baterai merupakan salah satu penyebabnya, solusi yang bisa Anda lakukan cukup mengganti baterai HP yang Anda punya.

    Jika HP cepat panas di bagian bawah, maka bisa jadi panas yang timbul berhubungan dengan charger yang Anda miliki. Solusinya, sebagaimana yang telah kami jelaskan di atas cukup ganti charger yang Anda punya. Jika benar-benar hal tersebut merupakan sumber masalahnya, dipastikan ketika Anda mengganti charger yang Anda punya, HP Anda tidak akan menjadi panas.

    kenapa hp cepat panas 2

    Sementara jika Anda memiliki kesulitan dalam melokalisir panas dari HP yang Anda miliki, ada kemungkinan bagian dalam dari HP adalah yang menjadi penyebab dari overheat tersebut. Masalah ini pun biasanya akan semakin terasa saat Anda menelpon, atau saat menggenggam HP Anda.

    Bisa jadi saat menelpon Anda akan merasakan HP Anda jauh lebih panas di kuping Anda daripada biasanya. Atau ketika Anda menggenggam HP Anda, Anda akan merasa HP Anda lebih panas dari biasanya.

    Nah jika sudah bisa memperkirakan penyebab masalahnya silahkan Anda melanjutkan membaca ke bawah.


    Masalah Sederhana yang Mengakibatkan HP Cepat Panas dan Solusinya

    Tren yang sedang berkembang saat ini terkait ponsel adalah banyaknya casing-casing yang bagi kami pun tampak keren dan elegan jika dipasangkan kepada ponsel cerdas yang kami miliki.

    Permasalahannya adalah kita seringkali lupa bahwa kadang casing-casing yang diciptakan itu secara tidak sadar bekerja sebagai “jaket penghangat” bagi ponsel cerdas kita. Maka jika mendadak HP anda menjadi cepat panas, Anda bisa dengan mudah melepas casing ponsel Anda sementara waktu hingga HP Anda kembali dingin.

    Selanjutnya, masih ingat dengan konduksi, konveksi, dan radiasi? Bagi Anda yang ketika sekolah pernah belajar fisika tentu harusnya mengingat hal ini. Nah ketiga hal tersebut merupakan proses perpindahan panas yang mungkin terjadi pada suatu benda, begitu pula dengan HP Anda.

    Meletakkan HP di dalam kantung baju yang berdekatan dengan tubuh, apalagi dalam kondisi cuaca yang panas, merupakan salah satu penyebab semakin panasnya HP Anda. Solusinya sederhana, cukup jauhkan HP anda dari tubuh Anda, misalnya taruh HP Anda di ruangan yang bebas serta hindarkan dari pancaran sinar matahari yang juga dapat memindahkan panasnya kepada HP Anda.

    Overclocking juga bisa menyebabkan hp Anda kepanasan. Kebanyakan orang-orang yang berani melakukan ini kami yakin tidak akan mencari tahu artikel ini, karena pasti memiliki ilmu di bidang IT yang setidaknya sedikit di atas rata-rata. Namun tidak ada salahnya kami berbagi hal ini dengan Anda.

    Overclocking pada Android sama seperti komputer, yakni memanipulasi piranti Android Anda sehingga ia dapat dipacu lebih cepat. Untuk bisa overclock, Anda harus melakukan root pada Android terlebih dahulu untuk membuka semua restriksi yang terpasang secara default. Sederhananya karena Anda “memaksa” smartphone Anda bekerja keras, sudah tentu hal ini akan membuat smartphone cepat panas.

    Kondisi lain yang sering membuat HP Anda terlalu panas adalah ketika Anda melakukan charging baterai HP Anda. Permasalahan yang dapat menyebabkan hal ini bisa diduga berasal dari baterai atau dari charger yang Anda miliki.

    Solusi mudahnya ketika ponsel Anda terasa panas mendadak saat dilakukan charging adalah coba lakukan charging dengan charger lain untuk mengetahui masalah pada charger atau perhatikan baterai HP Anda. Biasanya akan ditemukan baterai yang menggembung jika ada kerusakan pada baterai.

    Selain itu jika melakukan charging lakukanlah di ruangan yang relative dingin, ventilasi cukup, dan hindari mencoloknya sepanjang malam.

    kenapa hp cepat panas 3

    Hal lain yang seringkali membuat HP cepat panas adalah justru hal-hal mendasar yang sering dilakukan oleh para pengguna ponsel pintar.

    Beberapa masalah yang sering kami temui misalnya terlalu lama tersambung dengan speaker Bluetooth, brightness layar terlalu tinggi, terlalu lama terkoneksi dengan WiFi, terlalu lama mengambil video, pengaturan kamera intensitas tinggi, atau Anda terlalu lama bermain games.

    Karena menurut kami di masa-masa sekarang nyaris tidak ada ponsel cerdas yang akan mengalami overheat jika Anda menggunakan dalam batas waktu yang normal.


    Aplikasi, Virus, dan Kamera: Benarkah Menyebabkan HP Cepat Panas?

    Ponsel, tidak seperti kulit manusia tidak memiliki kelenjar keringat yang dapat mengatur suhu tubuhnya.

    Ketika Anda memacu prosesor ponsel Anda secara berlebihan yang berakibat pada lambatnya kinerja prosesor, baterai secara otomatis akan mengompensasi ini dengan cara mengeluarkan energi lebih banyak dari kondisi normal.

    Konsekuensinya adalah panas yang dihasilkan semakin banyak, dan tidak dapat dibuang dengan mudah karena tidak adanya “kelenjar keringat” pada ponsel Anda.

    Ada beberapa kondisi yang dapat memacu ponsel anda secara berlebihan sehingga HP cepat panas. Beberapa kondisi tersebut diantaranya adalah battery draining apps atau fungsi-fungsi tertentu yang kadang tidak Anda perlukan namun teraktivasi secara bersamaan.

    Selain itu Anda bisa melakukan pemeriksaan berkala terhadap instalasi-instalasi aplikasi tertentu yang tidak Anda sadari sehingga membuat HP cepat panas dan menjadi lambat.

    Virus, atau mungkin yang paling sering menyerang ponsel adalah malware, merupakan salah satu permasalahan yang penting namun seringkali tidak disdari oleh penggunanya.

    Malware umumnya tidak akan menyerang “kesehatan” ponsel Anda secara intens, namun biasanya mereka menyedot data Anda secara terus menerus. Solusinya Anda bisa mengunduh berbagai macam antivirus yang tersedia seperti 360 security, Avira Mobile Security, ataupun avast! Mobile Security.


    Penyebab HP Cepat Panas yang Jarang Terjadi

    Meskipun penyebab yang akan kami jelaskan setelah ini jarang terjadi, namun tetap ada kemungkinan hal ini dialami pula oleh HP Anda. Beberapa penyebab itu misalnya kerusakan akibat air.

    Anda cukup mengingat-ingat, pernahkah Anda mendengarkan musik menggunakan HP di kamar mandi Anda? Ataukah pernahkah Anda berlama-lama meletakkan HP Anda di kantung hingga Anda berkeringat? Atau apakah pernah Anda menumpahkan air ke HP Anda?

    Jika Anda cukup yakin Anda bisa mengecek liquid damage indicator yang kebanyakan tersedia di HP masa kini.

    Kenapa hp cepat panas 4

    Baca Juga: Cara mengembalikan file yang terhapus di Android

    Beli Pulsa di Sepulsa

    3 Komentar

    • Secret Youtuber
      May 20, 2020 at 1:51 am

      Baterai pada hp saya menunjukkan beberapa ciri-ciri yang disebutkan diatas. Tapi, saya curiga bahwa penyebabnya adalah kerusakan pada hardware dimana hp saya terasa cepat panas pada beberapa bagian tertentu. Usaha mengganti baterai lama dengan yang baru sudah saya lakukan. Tapi, kondisi yang sama masih terjadi. Yaitu, hp sering mati tiba2 pada angka prosentase baterai sekitar 40%.
      Nah kira-kira komponen hardware apa sajakah yang umumnya menjadi penyebab kasus ini?
      Usaha lain yang sudah dilakukan adalah membawa hp saya ke service center. Hasilnya cek dengan Ic checker menunjukkan semua komponen normal.
      Walaupun, kenyataan sewaktu dioperasikan hp tetap saja mengalami keluhan yang sama.

      Mohon petunjuk

      Balas Komentar
    • Boo
      March 6, 2021 at 11:52 am

      Gk ada yg masuk… Garing. Solusi ganti hp fix beres masalah

      Balas Komentar
    • Berto
      May 29, 2021 at 1:56 pm

      Sblm nya hp sy bagus pas ganti batre pas di masukin kok langsung panas apa nya ya ..

      Balas Komentar

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah

    3 Komentar

    • Secret Youtuber
      May 20, 2020 at 1:51 am

      Baterai pada hp saya menunjukkan beberapa ciri-ciri yang disebutkan diatas. Tapi, saya curiga bahwa penyebabnya adalah kerusakan pada hardware dimana hp saya terasa cepat panas pada beberapa bagian tertentu. Usaha mengganti baterai lama dengan yang baru sudah saya lakukan. Tapi, kondisi yang sama masih terjadi. Yaitu, hp sering mati tiba2 pada angka prosentase baterai sekitar 40%.
      Nah kira-kira komponen hardware apa sajakah yang umumnya menjadi penyebab kasus ini?
      Usaha lain yang sudah dilakukan adalah membawa hp saya ke service center. Hasilnya cek dengan Ic checker menunjukkan semua komponen normal.
      Walaupun, kenyataan sewaktu dioperasikan hp tetap saja mengalami keluhan yang sama.

      Mohon petunjuk

      Balas Komentar
    • Boo
      March 6, 2021 at 11:52 am

      Gk ada yg masuk… Garing. Solusi ganti hp fix beres masalah

      Balas Komentar
    • Berto
      May 29, 2021 at 1:56 pm

      Sblm nya hp sy bagus pas ganti batre pas di masukin kok langsung panas apa nya ya ..

      Balas Komentar