Follow Us

  • Share

    Cara Mengurus Kartu BPJS Hilang Secara Online dan Offline

    Kartu BPJS Kesehatan merupakan sebuah asuransi kesehatan bagi seluruh warga negara Indonesia yang difasilitasi oleh Pemerintah. Pemerintah mewajibkan bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk memiliki BPJS Kesehatan untuk memastikan kesejahteraan dan keamanan di masa depan. Dengan alasan yang sama, Pemerintah juga mewajibkan institusi-institusi untuk mendaftarkan karyawannya pada BPJS.

    Kartu BPJS Kesehatan dapat digunakan untuk mendapatkan fasilitas kesehatan yang dapat digunakan seumur hidup. Fasilitas kesehatan yang ditanggung oleh BPJS kesehatan antara lain Pelayanan Kesehatan Tingkat Pertama, Pelayanan Kesehatan Rujukan, Persalinan sampai Penggunaan Ambulans.

    Pentingnya kartu BPJS Kesehatan membuat kita membawanya kemana-mana saja. Akan ada disuatu situasi ketika kartu BPJS hilang. Penyebab hilangnya kartu bpjs pun bermacam-macam mulai dari lupa menyimpan, tertinggal di suatu tempat, bahkan hingga hilang karena bencana alam. Hilangnya kartu penting ini tentunya menjadi beban pikiran, bagaimana jaminan kesehatan akan tertanggung jika kartu bpjs hilang?

    Apa yang harus kamu lakukan jika kartu BPJS hilang?

    Tenang, jika kartu BPJS hilang, kamu bisa ikuti panduan mengajukan kartu baru untuk kartu BPJS yang hilang dibawah ini. Pertama, kamu harus menyiapkan persyaratan mengajukan kartu BPJS yang hilang. Setelah kamu melengkapi persyaratannya, kamu bisa mengajukan kartu baru ke kantor BPJS terdekat. Untungnya jika kartu BPJS hilang, belum ada ketentuan harus membayar denda ke BPJS. Detil pengurusan kartu BPJS yang hilang sebagai berikut:

    Persyaratan Mengurus Kartu BPJS yang Hilang

    Saat kehilangan kartu BPJS, ada beberapa dokumen yang perlu kamu siapkan untuk mendaptkan kartu BPJS yang baru sebagai berikut :

    • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
    • Surat Pernyataan kartu BPJS hilang dari Kepolisian
    • Kartu Keluarga (KK)
    • Memiliki Aplikasi Jaminan Kesehatan Nasional

    Setelah kamu mempersiapkan hal – hal di atas, kami akan memberikan informasi mengurus BPJS hilang secara online dan offline agar kamu dapat mencetak kartu BPJS baru dan dapat menggunakan fasilitas kesehatan kembali.

    Cara Mengurusi Kartu BPJS yang Hilang Secara Online

    Buat kamu yang tidak memiliki waktu banyak dan mengalami kehilangan kartu BPJS, kamu bisa menggunakan cara online untuk mengurus kartu BPJS kamu yang hilang sebagai berikut :

    • Pastikan kamu sudah menginstall aplikasi jaminan kesehatan nasional di ponsel kamu
    • Silahkan buka aplikasi JKN tersebut
    • Kemudian lakukan pendaftaran dengan mengisi data diri pribadi seperti nomor kartu BPJS, KTP dan nomor telepon
    • Setelah itu silahkan login menggunakan nomor kartu bpjs/e-mail/username dan kata sandi yang telah kamu daftarkan
    • Klik ikon email dan ikuti arahan yang tersedia
    • Setelah mengikuti arahan, kamu akan diberikan e-mail dari BPJS yang di dalamnya terdapat kartu baru atas nama kamu
    • Silahkan cetak kartu tersebut dan kamu sudah memiliki kartu BPJS kembali

    Cara Mengurusi Kartu BPJS yang Hilang Secara Offline

    Buat kamu yang memiliki waktu lebih banyak dan tidak memiliki kuota untuk mengurus BPJS kamu yang hilang secara online, kamu dapat mengurusnya dengan cara offline sebagai berikut :

    • Siapkan dokumen yang diperlukan untuk mengurus Kartu BPJS yang hilang
    • Kunjungi kantor BPJS terdekat dan ajukan pengurusan Kartu BPJS yang hilang
    • Waktu pemrosesan kartu baru  biasanya membutuhkan 1 hari. Setelah itu, ambillah kartu BPJS yag baru di kantor BPJS tersebut.

    PROMO! Bayar BPJS di sepulsa sekarang dapatkan 3 voucher belanja gratis untuk setiap transaksi, kunjungi website sepulsa disini

    Bayar BPJS Kesehatan

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah