Follow Us

  • Share

    Mau Masuk Jurusan Komunikasi? Baca Ini Dulu!

    Apakah Anda salah satu yang berminat ingin masuk jurusan komunikasi? Atau mungkin Anda belum mengetahui ingin mengambil jurusan apa saat kuliah nanti? Mungkin Anda selalu bertanya-tanya apa saja yang akan dipelajari selama kuliah berlangsung dalam ilmu komunikasi.

    Meskipun jurusan Komunikasi semakin banyak peminat di tiap taunnya di era saat ini, pengetahuan tentang apa sebenarnya tujuan mempelajari Komunikasi sampai prospek lulusannya seperti apa banyak orang yang mempertanyakannya.

    Maka dari itu untuk membantu Anda semua, Sepulsa akan membahas tentang berbagai hal yang penting untuk Anda ketahui sebelum memutuskan untuk menghabiskan empat tahun hidup Anda untuk kuliah di jurusan komunikasi.


    Jurusan Komunikasi, Yang Dipelajari Bukan Hanya Cara Mengobrol Saja

    Pada awal memutuskan untuk belajar Ilmu Komunikasi, anak-anak komunikasi juga engga benar-benar paham mengapa mereka harus mempelajari hal yang sudah biasa dilakukan oleh semua manusia sehari-sehari. Setiap harinya manusia menulis dan mengobrol.

    Sebagai makhluk sosial, semua orang bisa melakukan hal itu. Lalu mengapa kita harus mempelajarinya lagi ?

    Betul, memang semua manusia bisa dan terbiasa berkomunikasi. Tapi, belum tentu juga semua dari mereka paham caranya karena komunikasi itu unik, seperti dia bisa menjadi penyebab sekaligus solusi dari sebuah konflik. Kalau memang benar komunikasi itu hal yang sepele, mengapa kita bertengkar dengan orang hanya karena miskomunikasi?

    Dalam jurusan Ilmu Komunikasi, Anda akan belajar lebih jauh mengenai aspek-aspek komunikasi, baik secara teori dan praktik. Bisa juga dibilang kalau Ilmu Komunikasi itu adalah perpaduan antara ilmu dan seni dalam mengolah pesan. Dengan mempelajari ilmu ini, Anda akan belajar memahami apa saja yang terjadi selama komunikasi berlangsung.

    Seperti siapa saja yang terlibat, prosesnya bagaimana, mengapa bisa terjadi, dan apa akibat yang ditimbulkan. Dengan pertimbangan tersebut, Anda diharapkan bisa membuat pesan dengan cara efektif, bisa dimaknai dan dipahami dengan baik oleh orang lain.

    Anda bisa mendapatkan feedback yang baik jika mampu memberi pesan yang efektif ke setiap orang. Anda juga akan belajar mengenai bentuk-bentuk komunikasi, yaitu Komunikasi Intrapersonal, Interpersonal, Kelompok, dan Massa. Meski sederhana, proses berkomunikasi itu sangat kompleks, maka dari itu komunikasi perlu dipelajari.


    Jurusan Komunikasi Terkenal Dengan Tugas Yang Seru

    Di jurusan Komunikasi Anda nggak cuma belajar teori aja. Anda diberi kesempatan untuk mempraktikannya. Praktikum-praktikum yang diajarkan juga tidak kalah seru dan lingkupnya pun luas, seperti manajemen dan produksi televisi, radio, dan media cetak.

    Anda jadi akan mengetahui bagaimana proses produksi siaran televisi, radio, sampai media cetak. Anda jadi bisa mengetahui bagaimana proses produksi siaran televisi. Anda akan belajar cara jadi kameramen, produser, reporter, team kreatif, floor director, dan juga news anchor atau presenter.

    Ini termasuk proses produksi siaran televisi, proses produksi penyiaran radio dan juga media-media lainnya.

    Ada pula mata kuliah Fotografi, dimana Anda akan belajar tentang teknik cara menghasilkan gambar yang gemilang. Skill fotografi ini bisa berguna untuk banyak hal, seperti pada Anda nanti bekerja sebagai wartawan. Jika Anda ingin kerja di dunia periklanan, kemampuan fotografi Anda bisa berguna untuk memotret produk periklanan.

    Tugas kuliahnya terbilang seru, karena ngga melulu membuat paper, makalah atau presentasi. Biasanya anak komunikasi dapat tugas untuk membuat film, iklan, video klip, dan bahkan event kampus yang bisa dibilang lumayan cukup besar.


    Ilmu Komunikasi Yang Akan Dipelajari

    Pada saat kuliah tahun pertama, Anda akan belajar mengenai ilmu-ilmu dasar sosial dan komunikasi. Mata kuliah yang diajarkan pun masih mata kuliah umum, seperti Pengantar Ilmu Komunikasi, Komunikasi Massa, Sosiologi Komunikasi, dan Psikologi Komunikasi.

    Pada saat tahun ke 3 kuliah, Anda bisa memilih konsentrasi mata kuliah sesuai dengan minat Anda. Penjurusan atau minat konsentrasi ini berbeda-beda pembagiannya, tergantung yang disediakan di Universitas Anda.

    Pada jenjang S1, fakultas atau jurusan Ilmu Komunikasi pada umumnya punya tiga jurusan peminatan: Jurnalistik, Public Relations, dan Manajemen Komunikasi/Komunikasi Media. Tetapi engga semua universitas di Indonesia menyediakan jurusan Manajemen Komunikasi/Komunikasi Media. Kebanyakan hanya menyediakan jurusan peminatan Jurnalistik dan Public Relations saja.


    Kesempatan Berkarir Yang Besar

    Perkembangan media di Indonesia sangat pesat, peluang karir bagi lulusan Komunikasi saat ini bisa dibilang terbuka lebar. Lapangan kerja yang paling besar peluangnya bagi anak-anak Komunikasi adalah media cetak, elektronik, maupun online. Kalau Anda minat bekerja di TV, kamu bisa melamar hampir semua posisi pekerjaan yang ada di media elektronik tersebut.

    Bila mengambil jurusan manajemen komunikasi, Anda bisa melamar di bagian account executive atau tim kreatif. Belum lagi jika Anda mempertimbangkan untuk bekerja di media lain seperti media online, radio, koran, dan majalah.

    Bila tidak ingin bekerja di media Anda bisa memilih juga bekerja di instansi pemerintahan, hampir setiap instansi pemerintahan membutuhkan tenaga kerja dengan latar belakang ilmu Komunikasi, seperti Public Relations. Anda juga bisa menjadi seorang copy writer bila senang menulis.


    Universitas Terbaik Untuk Jurusan Ilmu Komunikasi

    Jurusan Komunikasi yang terbaik di Indonesia adalah di Universitas Airlangga, Surabaya. Unair adalah salah satu kampus favorit di Jawa Timur, kampus ini sudah tidak diragukan lagi soal kualitas pendidikan yang ditawarkannya. Untuk jurusan Ilmu Komunikasi sendiri Unair sudah memperoleh akreditasi A. Anda yang ingin kuliah di jurusan komunikasi sangat disarankan untuk memilih kampus ini sebagai tujuan studi Anda.


    Baca Juga:

    Beli Pulsa di Sepulsa

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah