Follow Us

  • Share

    Wajib Tahu! 9 Game Edukasi Terbaik Untuk Anak

    Satu pertanyaan sederhana untuk anda, apa korelasi antara permainan, anak-anak, dan orang tua? Pasti sebagian dari Anda yang generasi tua akan menjawab serempak “Dimarahi!” Pun halnya dengan kami, sebagian dari kami generasi 90 an yang merupakan generasi awal-awal dimana Playstation maupun konsol-konsol mulai merebak, akrab dengan omelan orang tua kami.

    Omelan-omelan untuk berhenti bermain Playstation hingga omelan untuk bermain di luar bersama teman sudah puas kami dapatkan di masa-masa muda kami.

    Akan tetapi kami yakin bahwa hal ini tidak banyak dialami oleh anak-anak di generasi milenial, apalagi anak-anak yang lahir kurang dari 10 tahun ke belakang.

    Dunia digital berkembang sangat pesat, hingga saat ini banyak sekali game dan web edukasi yang bermunculan. Mungkin sebagian dari Anda justru adalah penikmat game-game edukasi ini karena sejatinya game edukasi diciptakan bukan hanya untuk anak-anak, tapi juga bagi orang dewasa.

    Nah artikel ini kami sengaja buat untuk Anda semua orang tua muda yang punya anak, dan menginginkan anak Anda tidak berada di jalan yang salah ketika sedang bermain gadget. Kami telah merangkum beberapa game edukasi terbaik yang dapat Anda pilihkan untuk anak Anda, yuk disimak!


    1. Flow Free

    game edukasi anak 1

    Permainan ini merupakan salah satu permainan simpel, mengasah otak, dan menurut kami dapat dimainkan oleh anak-anak maupun orang dewasa.

    Permainan ini terutama mengasah kemampuan spasial sang pemain dan kemampuan antisipasi. Secara umum area otak yang diasah permainan ini mirip dengan permainan catur.

    Permainan ini bagi kami amat adiktif namun sederhana, dan cocok setidaknya dimainkan oleh anak Anda yang sudah memasuki usia sekolah dasar. Karena bagi anak-anak yang terlalu kecil menurut kami akan mengalami kesulitan dalam memahami permainan ini.

    Lihat: 6 Headset Gaming Terbaik Untuk Gamer Sejati!


    2. SpellTower

    game edukasi anak

    Pengembang permainan ini menurut kami pribadi merupakan salah satu pengembang yang cukup kreatif. SpellTower dimainkan dengan cara menyusun kata-kata yang menumpuk untuk menghilangkan kata tersebut dari si menara.

    Jadi jangan sampai menara terlalu tinggi hingga Anda kalah. Mungkin si pengembang semacam menggabungkan ide dari permainan mencari kata dan tetris.

    Permainan ini cocok dimainkan oleh anak di segala usia, namun tentu yang dapat berbahasa Inggris. Selain itu permainan ini juga cocok dijadikan sebagai game edukasi terbaik untuk mengajarkan anak-anak Anda berbahasa Inggris, bahkan bagi anak-anak yang hanya mengenal beberapa kata saja!


    3. Drawing Pad

    game edukasi anak

    Dari nama permainan ini kami yakin Anda sudah bisa menebak permainan apakah ini. Kami memasukkan permainan ini ke dalam salah satu game edukasi terbaik untuk anak karena kami berpendapat game ini sangat cocok mengasah fokus dan kreativitas anak tentunya.

    Seringkali anak-anak kita mencorat-coret dinding, karena memang seperti itulah anak-anak. Bagi Anda yang merupakan full time parent di rumah, tentunya Anda bisa menyediakan peralatan menggambar yang lengkap untuk anak.

    Namun game ini cocok bagi Anda yang sulit melakukannya. Kami jamin anak Anda akan terasah kemampuan imajinasi, fokus, hingga kreativitasnya dengan aplikasi gratis ini!


    4. Monster Physics

    game edukasi anak

    Apakah Anda termasuk orang yang membenci fisika dahulu ketika sekolah? Nah jangan ajarkan anak Anda untuk membenci hal tersebut pula. Menurut bacaboy.com, Monster Physics merupakan game edukasi terbaik untuk mengasah konsepsi, logika, hingga imajinasi dan keuletan anak Anda.

    Dibekali dengan fisika permainan yang nyata serta bentuk-bentuk yang lucu dan penuh warna, kami yakin anak Anda akan betah memainkan permainan ini. Permainan ini cocok dimainkan oleh anak Anda yang sudah memasuki usia sekolah dasar.

    Permainan ini mengajarkan anak Anda konsep fisika sederhana seperti kecepatan, masa, gravitasi, hingga berat jenis. Kami pun merasa game ini merupakan salah satu game edukasi terbaik yang tersedia saat ini.


    5. Fish School HD

    game edukasi anak

    Tidak seperti namanya, permainan ini tidak mengajarkan anak-anak anda mengenai nama-nama ikan. Permainan ini justru mengajarkan anak Anda tentang huruf-huruf alphabet maupun angka-angka. Permainan ini amat cocok dimainkan oleh anak-anak yang berusia 2-4 tahun sebagai alat untuk mengenal angka dan huruf tentunya.

    Selain itu anak-anak anda tidak hanya “disuruh” belajar mengenai angka dan huruf, sang pengembang game juga membuat mini game untuk anak-anak Anda mainkan seusai belajar mengenai angka dan huruf.

    Meski demikian beberapa bentuk angka dan huruf agak sulit terbaca terutama bagi anak-anak yang berusia lebih muda dan benar-benar baru belajar mengenal bentuk huruf dan angka. Permainan ini termasuk ke dalam game edukasi terbaik untuk mengenalkan huruf dan angka pada anak.


    6. Dinosaur Park Math

    game edukasi anak

    Game ini diperuntukkan bagi anak-anak Anda yang berusia agak besar, yakni sekitar 6-10 tahun. Dengan bermain permainan ini, anak Anda akan diasah kemampuan matematika nya, sesuai dengan judul yang ada pada permainan ini.

    Hal yang menarik dari permainan ini adalah terdapat kombinasi antara hitung-hitungan matematika serta fakta-fakta dinosaurus, jadi anak Anda tidak akan selamanya berhitung hingga bosan dengan aplikasi ini.

    Di dalam permainan ini anak Anda diharuskan untuk membuka kepingan-kepingan dinosaurus dengan cara memecahkan permasalahan matematika. Setelah seluruh fosil terbuka, anak Anda akan diberikan pengetahuan menarik tentang dinosaurus tersebut. Menarik bukan?


    7. Smarty Pants

    game edukasi anak

    Jika kebanyakan permainan yang ada sebelumnya diperuntukkan bagi anak-anak kecil, permainan Smarty Pants ini cocok dimainkan orang-orang di segala usia. Hal ini lantaran permainan ini berbasis game trivia dimana Anda harus menjawab berbagai pertanyaan trivia.

    Menariknya adalah bahkan menurut kami permainan ini cocok dimainkan oleh keluarga secara bersama-sama. Di dalam permainan ini Anda akan diberikan berbagai jenis pertanyaan, dengan jumlah pertanyaan total mencapai 20.000 pertanyaan.

    Selain itu agar tidak membosankan sang pengembang sudah membekali permainan ini dengan fitur-fitur yang menarik. Oleh karena itulah menurut kami game ini merupakan game edukasi terbaik yang bisa Anda pilih untuk dimainkan bersama-sama keluarga Anda.


    8. National Geographic Challenge

    game edukasi anak

    Permainan yang berbasis konsol Xbox 360/PS3/Nintendo Wii ini merupakan salah satu permainan trivia yang menarik. Dalam permainan ini Anda bisa bermain bersama hingga empat orang. Cara permainannya adalah dengan cara menjawab pertanyaan-pertanyaan trivia geografi di seluruh dunia dan melengkapi teka-teki dalam rangka mengembangkan kemampuan imperialistik.

    Bagi para pemain muda, di dalam permainan ini tersedia beberapa mini games. Kesimpulannya menurut kami adalah game ini adalah game trivia geografi terbaik yang ada dan dapat dimainkan oleh anak-anak terutama yang berusia agak besar, yakni 9-12 tahun.

    Game ini boleh Anda pertimbangkan jika memang Anda ingin mengajarkan anak-anak Anda pengetahuan umum terutama mengenai tempat-tempat terkenal yang ada di dunia.


    9. Unblock Me

    game edukasi anak

    Permainan ini merupakan salah satu permainan teka-teki yang cukup terkenal, karena banyak kalangan remaja dan orang dewasa yang memainkannya.

    Di dalam permainan ini Anda akan disediakan beberapa persegi panjang yang saling mengunci satu sama lain. Seluruhnya berwarna cokelat dan salah satunya berwarna merah. Tujuan anda hanya satu, yakni mengeluarkan persegi panjang.

    Game ini menurut kami cocok dimainkan bagi anak-anak berusia 9 tahun ke atas, karena membutuhkan daya baying ruang yang lumayan baik. Meski demikian kami tetap beranggapan bahwa game ini merupakan salah satu game edukasi terbaik untuk anak Anda.

    Beli Voucher Game

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah