Follow Us

  • Share

    Film Hacker Paling Seru yang Wajib Kamu Tonton!

    Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin pesat, kejahatan yang dilakukan manusia pun menjadi semakin beragam. Tak hanya melulu dilakukan didunia nyata, kini kejahatan bisa terjadi di dunia virtual juga. Contoh yang paling sering terjadi adalah hacking.

    Mungkin kamu termasuk salah satu orang yang salah mengartikan apa itu hacker. Jangan salah sangka dulu, hacker adalah sebutan untuk seorang atau sekelompok orang yang memiliki keinginan untuk mengetahui secara spesifik mengenai cara bekerjanya suatu sistem, baik itu pada komputer atau jaringan dan pengkodean sehingga menjadi ahli dalam penguasaan teknik dalam komputer.

    Hacker memang mencari kelemahan pada suatu sistem yang kemudian mereka akan memberikan cara atau solusi untuk memperbaiki kelemahan atau kesalahan yang terjadi pada sistem tersebut.

    Kalau yang kamu maksud selama ini adalah orang yang mencari kelemahan suatu sistem untuk mencari keuntungan atau demi kepentingan pribadi, orang itu bisa disebut dengan cracker. Jadi hacker dan cracker tentu memiliki arti juga pekerjaan yang berbeda.

    Meskipun termasuk kedalam pekerjaan keren yang membutuhkan keahlian khusus, telah banyak kasus kejahatan yang terjadi diberbagai negara akibat ulah para hacker. Tak jarang pula hacker tersebut ditangkap oleh pihak berwajib dan akhirnya mendekam dipenjara.

    Meski begitu, hal tersebut menjadi inspirasi bagi para pembuat film untuk mengangkat tema tentang ‘peretasan’ yang bisa dijadikan sebuah tontonan menarik. Kali ini kami akan memberikan daftar film tentang hacker terbaik yang wajib banget buat kamu nonton. Kira-kira apa aja ya?


    1. WHO AM I (2014)

    film hacker 1 baru

    Film yang berjudul Who am I : No System Is Safe ini adalah film bertemakan hacker yang mesti banget kamu tonton.

    Film yang dibintangi oleh Tom Schiling, Wotan Wilke dan Elyas M’Barek ini diproduksi di Jerman yang memiliki alur cerita tentang beberapa orang yang tergabung dalam sebuah organisasi hacker paling dicari dan diburu didunia karena keahlian para anggotanya.

    Berjamin (Tom Schiling) awalnya berperan sebagai remaja yang lugu dan selalu dikucilkan oleh orang-orang disekitarnya. Kehidupan Benjamin berubah setelah bertemu dengan Max (Elyas M’Barek) dan Stephan (Wotan Wilke).

    Mereka berdua membutuhkan kemampuan terpendam yang dimiliki oleh Benjamin dalam hal peretasan situs-situs terkenal didunia. Benjamin pun bergabung dengan CLAY yang adalah kelompok hacker paling dicari oleh Europe Interpol dan tentunya kelompok paling rahasia.

    Akhirnya terjadi pertempuran Cyber yang melibatkan mereka dalam masalah yang rumit terutama dalam pelacakan sosok penjahat utama yang dinamakan Mr.X.


    2. Live Free or Die Hard (2007)

    Film Tentang Hacker Yang Perlu Kamu Tonton

    Siapa sih yang gak kenal dengan film action terbaik yang satu ini? Yup, film Die Hard yang mungkin salah satu sekuelnya pernah kamu tonton ini memiliki cerita yang menarik buat diikuti. Film arahan Len Wiseman ini menghadirkan Bruce Willis sebagai pemeran utamanya.

    Film yang rilis pada tahun 2007 ini menceritakan tentang pengkhianatan Thomas Gabriel (Timothy Olyphant) yang merasa dibuang saat bertugas di NSA karena karyanya yang dianggap buruk.

    Sejak saat itu Thomas merekrut banyak hacker professional yang bertujuan untuk melumpuhkan jaringan computer diseluruh Amerika Serikat.

    Sialnya salah satu bawahannya membelot, Mat Farrel (Justin Long) memilih untuk membantu John McClane (Bruce Willis) yang merupakan anggota FBI untuk melakukan penangkapan terhadap Thomas Gabriel yang merupakan pemimpinnya.


    3. CyberBully (2015)

    Film Tentang Hacker Yang Perlu Kamu Tonton

    Film garapan Ben Chanan yang rilis pada tahun 2015 lalu ini merupakan sebuah gambaran nyata dari kehidupan sosial yang semakin marak terjadi. Film ini menceritakan tentang Megan (Maisie Williams) yang ingin membela sahabatnya Casey karena komentar buruk yang dilontarkan oleh mantan kekasihnya.

    Megan pun meminta bantuan seorang hacker yang bernama Alex namun ia menolaknya. Akhirnya Megan melakukan upayanya sendiri untuk menolong Casey.

    Tak lama, Megan mendapatkan sebuah alamat situs yang bisa meretas akun mantan kekasihnya Casey yang dikirimkan oleh orang tak dikenal dan mengaku menyukai Megan.

    Film ini semakin seru dan menantang manakala hacker yang terkesan psikopat itu mengancam Megan jika menolak sesuatu yang dia minta.


    4. Hackers (1995)

    Film Tentang Hacker Yang Perlu Kamu Tonton

    Film yang terlampau jadul ini menceritakan tentang seorang anak dengan intelegensi yang tinggi yang bernama Dude Murphy. Johny Lee Miller yang berperan sebagai Dude sempat menghebohkan seantero Amerika Serikat karena telah menyebarkan virus komputer yang menyebabkan 1.507 mengalami crash.

    Ia ditangkap polisi dan dijadikan tahanan rumah dengan masa percobaan 7 tahun. Dude pun dilarang untuk menggunakan komputer sampai usianya 18 tahun.

    Namun setelah masa hukumannya habis, Dude kembali beraksi dengan ditemani-teman hackersnya untuk melakukan tindak kejahatan yang lebih besar.

    Film yang juga dibintangi oleh Angelina Jolie ini juga menceritakan tentang usaha Dude Murphy untuk membersihkan namanya dari fitnah seorang hacker senior yang memanfaatkan masa lalu dirinya yang kelam untuk dijadikan kejahatan.


    5. SWORDFISH (2001)

    Film Tentang Hacker Yang Perlu Kamu Tonton

    Film ini merupakan film bertemakan hacker yang populer dan cukup menantang. Swordfish merupakan film yang berlatar belakang aksi untuk meretas sistem keuangan internasional.

    Film ini mengisahkan tentang seorang hacker yang handal , Stanley (Hugh Jcakman) yang pernah mengalami masa sulit karena meretas situs-situs penting milik pemerintah. Sebagai gantinya ia harus rela mendekam dipenjara dan ditinggalkan oleh istrinya.

    Ketika ia masih didalam penjara, Ginger (Halle Bery) datang dan menawarkan Stanley pekerjaan besar yang dikepalai oleh Gabriel Shear (John Travolta).

    Film yang disutradarai oleh Dominic Sena ini menyuguhkan berbagai macam aksi besar nan canggih yang bisa dilakukan oleh hacker.

    Alur film Swordfish yang ditulis begitu apik oleh Skip Wood ini bisa menjadi salah satu film andalan buat kamu yang suka dengan film yang bertemakan kehidupan seorang hacker.

    6. Snowden (2016)

    Snowden merupakan salah satu film hacker paling seru asal Amerika Serikat yang disutradarai oleh Oliver Stone. Film ini bercerita seorang profesional komputer sekaligus mantan agen CIA Amerika Serikat bernama Edward Snowden yang membocorkan informasi rahasia dari Badan Keamanan Nasional kepada media massa di Amerika Serikat termasuk The Guardian. 

    Informasi yang dibocorkan memberikan kesimpulan bahwa pemerintah Amerika Serikat menyadap seluruh ponsel masyarakat Amerika Serikat. Karena peretasan ini, Edward Snowden menjadi buronan karena dianggap berkhianat oleh Amerika Serikat.

    Edward Snowden

    7. Blackhat (2015)

    Blackhat merupakan film hacker yang disutradari oleh Michael Mann. Film ini menceritakan tentang Nick Hathaway seorang peretas yang berbakat. Nick Hathaway menjadi tahanan pemerintah Amerika Serikat karena aksinya membobol sebuah bank. Namun, pemerintah Amerika Serikat memberinya kesempatan untuk bebas dengan memberikan tugas gabungan bersama Kepolisian Amerika Serikat dengan Tiongkok untuk melacak cybercrime di seluruh dunia.

    Dalam menjalankan tugas ini, Nick Hathaway bekerja dengan Ceng Da Wai. Ceng Da Wai merupakan teman lamanya yang bekerja di Kementerian pertahanan Tiongkok untuk meretas sindikat peretas.

    Ternyata, setelah diindentifikasi oleh Nick Hathaway dan Ceng Da Wai, peretas tersebut menggunakan malware yang dibuat oleh mereka berdua.

    Blackhat 2015

    8. Biohacker (2020)

    Biohacker berkisah tentang Mia Akerlund, seorang mahasiswi kedokteran di Universitas Freidburg. Dia berkenalan dengan temannya yang aneh Nikal dan Jasper. Mia sangat tertarik dengan dunia teknologi biohacking, teknologi rahasia yang mampu merubah nasib manusia.

    Lalu Mia dibantu oleh Nikal dan Jasper untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan bioteknologi Professor Lorenz. Mia pun akhirnya terlibat dalam dunia eksperimen ilegal. Sebenarnya, Mia ingin mengetahui penyebab kematian sang kakak.

    Di film ini, Mia akhirnya ingin meretas hasil eksperimen tersebut yang ternyata jatuh ke tangan orang yang salah.


    Itulah beberapa film tentang hacker yang kami rekomendasikan buat kamu. Untuk kamu yang merasa terinspirasi oleh kisah hidup dari hacker seperti contoh film diatas, sebaiknya kamu tetap harus bisa menggunakan teknologi dengan bijak ya.

    Karena walaupun menjadi seorang hacker adalah pekerjaan yang keren juga menegangkan, kamu tetap tidak boleh merugikan orang lain demi kepentingan dan keuntungan kamu pribadi. Selain itu, banyak juga yang bisa kamu lakukan kalau kamu memiliki kemampuan yang bisa dibilang setara dengan hacker.

    Kamu bisa membuat situs kamu sendiri atau membuat rekam jejak dan portofolio kamu agar bisa bekerja diberbagai perusahaan atau instansi pemerintahan terkait yang bisa menggunakan kemampuan kamu supaya kamu bisa mengembangkan diri juga menambah bakat serta pengalaman kamu agar apa yang kamu lakukan bisa digunakan sebagai hal yang bermanfaat untuk orang banyak.

    Semoga artikel ini bisa menambah passion kamu untuk terus bekerja keras dan pantang menyerah untuk mencapai keberhasilan agar kamu bisa sukses dalam pekerjaanmu.

    Baca Juga : Film Drama Korea Paling Seru

    Beli Voucher Streaming

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah