Follow Us

  • Share

    Deployment Itu Apa Sih? Yuk Simak!

    Bagi kamu yang sudah lama bekerja di dunia IT pastinya sudah sering mendengar arti kata deployment. Tapi bagi sebagian orang yang masih awam dengan istilah-istilah tersebut akan bertanya-tanya apa itu deployment.

    Deployment adalah kegiatan yang merupakan untuk mengembangkan aplikasi atau website yang tidak bisa lepas dari kegiatan para programmer. Ada beberapa proses yang harus mereka kerjakan hingga akhirnya bisa menciptakan website atau aplikasi sendiri.

    Ssalah satu yang tidak boleh disepelekan adalah saat menyusun kode (coding) untuk dimasukkan ke server dan menyetel server tersebut agar dapat menghasilkan suatu halaman web atau aplikasi.

    Istilah Deployment

    Dalam bidang pemrograman proses tersebut dinamakan deployment. Deployment adalah kegiatan yang bertujuan untuk menyebarkan aplikasi yang telah dikerjakan oleh para orang-orang yang ahli di bidang programmer.

    Cara penyebarannya pun sangat beragam, tergantung dari jenis aplikasinya. Jika kamu pilih aplikasi Web, maka kamu akan di hosting pada server. Sedangkan jika aplikasi mobile, akan terdapat dua deployment. Yang pertama adalah deployment untuk aplikasi ke Playstore atau Appstore, dan yang kedua adalah deployment API (backend) ke server.

    Untuk melakukan deployment kamu harus extra sabar karena akan banyak sesuatu yang tidak diinginkan terjadi. Contoh kendala yang sering dialami adalah sistem yang tiba-tiba down, karena itulah butuh waktu yang tidak sebentar untuk men-deploy suatu program.

    Pilih Hari yang Tepat Untuk Melakukan Deployment

    Banyak programmer memilih untuk melakukan deployment tidak awal minggu atau hari senin, karena akan memiliki banyak waktu untuk merancang suatu program, mereka juga punya waktu untuk mengevaluasi hasil dari program mereka di akhir minggu (kamis, jumat).

    Jika kamu berhasil melakukan deployment di awal minggu dan selesai pada akhir minggu, maka di awal minggu selanjutnya sudah dapat memperkenalkan atau menggunakan website atau aplikasi mereka sendiri.

    Lain halnya jika kamu baru mulai men-deploy di akhir minggu, di samping pengerjaannya akan dikejar oleh deadline, waktu weekend kamu juga akan tersita untuk melakukan mitigasinya. Terlebih lagi, kamu jadi tidak memiliki waktu untuk mengevaluasi program yang telah kamu kerjakan sehingga persiapan untuk menguji program tersebut jadi mepet.

    Itu adalah salah satu dari banyak istilah di dunia IT, jika kamu ingin tahu lebih dalam tentang dunia IT silakan bergabung di coding bootcamp Alterra Academy.

    Siklus Deployment

    Aktivitas deployment pada software engineering meliputi tigas aksi yaitu: delivery (bagian penyampaian), support (pendukung), dan feedback (respon). Karena proses pemodelan software modern terus berkembang secara alami, maka proses deployment terjadi tidak hanya sekali, tapi beberapa kali mengikuti perkembangan penyelesaian software tersebut. Maka dari itu tercipta dari siklus-siklus yang terjadi pada aktifitas deployment.

    Siklus-siklus tersebut adalah:

    1. Siklus Delivery

    Siklus ini menyediakan pengguna perkembangan operasional software beserta fungsi dan fitur-fitur yang dapat digunakan.

    2. Siklus Support

    Tahap ini menyediakan dokumentasi dan campur tangan manusia terhadap semua fungsi dan fitur yang dikenalkan pada proses deployment secara teratur sesuai perkembangan.

    3. Siklus Feedback

    Tahap ini menyediakan tim perancang software dengan petunjuk-petunjuk penting yang mengarah pada modifikasi fungsi, fitur, dan langkah yang akan di ambil untuk perkembangan selanjutnya.

    Beli Pulsa di Sepulsa

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah