Follow Us

  • Share

    Dampak Negatif Kebanyakan Main Facebook Yang Tidak Kamu Sadari!

    Dengan semakin berkembangnya dunia teknologi, tentunya berdampak pada kehidupan sehari-hari. Yang tadinya bangun tidur langsung mandi, sekarang jadi bangun tidur terus internetan dulu setelahnya baru mandi. Itupun kalau inget.

    Memang bermain sosial media seakan menjadi kebiasaan baru bagi sebagian besar kalangan. Dari mulai muda mudi yang masih belia sampai kakek nenek yang mungkin sudah tidak muda lagi.

    Salah satu sosial media yang paling terkenal adalah Facebook. Siapa sih yang tidak kenal dengan aplikasi buatan Mark Zuckenberg ini? Tentunya kamu adalah salah satu orang yang bisa dipastikan memiliki akun Facebook.

    Facebook menjadi aplikasi paling populer didunia dengan pengguna terbanyak. Facebook pun memiliki fitur yang mumpuni dan selalu diperbarui agar penggunanya tetap nyaman saat memainkan Facebook.

    Terlepas dari fitur yang ditawarkan oleh Facebook, pasti terdapat dampak negatif akibat dari kamu ‘kecanduan’ main Facebook. Kali ini kami akan membahas apa saja kerugian kalau kamu kebanyakan main Facebook.


    Lupa Waktu

    bahaya fb 1

    Dengan bermain Facebook terus menerus, kamu bisa jadi lupa waktu. Lupa kalau kamu harus makan atau mandi misalnya, semua waktu kamu jadi habis terkuras hanya dengan main Facebook.

    Segala sesuatunya jadi kamu habiskan hanya untuk bermain Facebook. Kamu juga bisa kehilangan banyak momen penting akibat dari kebanyakan main sosial media.

    Terlalu sering mengupload foto atau video tentang kegiatan kamu malah bisa bikin kamu jadi kehilangan ‘kenangan’ yang sesungguhnya.

    Main Facebook juga bisa bikin kamu jadi ‘mager’ atau males gerak untuk berkegiatan. Apalagi kalau kamu dikit-dikit upload, membagikan setiap kegiatan kamu di timeline Facebook. Kamu jadi lupa kalau kamu hidup didunia nyata, bukan didunia maya.


    Gampang Termakan Hoax

    bahaya kebanyakan main facebook

    Hoax atau berita palsu seringkali berseliweran di timeline FB kamu. Sampai-sampai kamu jadi tidak bisa membedakan mana berita asli dan mana yang palsu. Hoax memang jauh sekali dengan realita yang terjadi dan kamu sering jadi korban yang ‘termakan’ oleh berita yang ada di Facebook.

    Salah satu cara supaya kamu gak gampang percaya sama Hoax adalah dengan jadi pengguna juga pembaca Facebook yang bijak, tidak semua berita itu benar jadi kamu harus me ‘re-check’ kembali isi dari berita tersebut, misalnya kebenaran informasi yang disampaikan serta narasumbernya.


    Bisa Bikin Kamu Jadi Anti Sosial

    bahaya kebanyakan main facebook

    Kebanyakan main Facebook juga bisa bikin kamu jadi ‘anti sosial’ loh, kamu jadi malas buat berteman atau sekedar ngobrol kalau kamu terlalu sibuk main Facebook.

    Nyatanya memang seseorang yang lebih sering menghabiskan waktu didunia maya cenderung memiliki sikap yang anti sosial atau tidak tertarik untuk berinteraksi atau bersosialisasi dengan orang disekitarnya.

    Sebenarnya kamu boleh saja bermain Faceebok asal tetap tidak mengganggu ruang lingkup kehidupan kamu sebagai seorang ‘manusia’ yang notabene adalah mahkluk sosial.


    Sulit Mengatur Emosi

    bahaya kebanyakan main facebook

    Salah satu dampak negatif dari kebanyakan main Facebook yang satu ini memang kadang tidak kamu sadari. Terlalu sering memainkan Facebook bisa membuat kamu jadi sulit mengatur emosi.

    Contohnya adalah kamu jadi lebih sering merasa marah ketika diingatkan untuk melakukan sesuatu saat sedang asyik memainkan Facebook.

    Lihat saja banyaknya kasus ibu yang menelantarkan anaknya karena terlalu sibuk dengan akun sosial medianya atau anak yang dengan tega membunuh orangtua nya hanya karena diganggu saat sedang berselancar didunia maya.

    Hal yang bisa kamu lakukan untuk mencegah supaya gak gampang ‘terpicu’ adalah dengan sadar waktu kalau sedang bermain sosial media.


    Facebook-an Bikin Boros

    bahaya kebanyakan main facebook

    Mungkin ini yang paling sering kamu alami sebagai manusia yang butuh hiburan tapi juga butuh kuota. Terlalu sering bermain Facebook bisa membuat kamu secara tanpa sadar jadi boros. Bangun tidur buka Facebook, mau makan siang buka Facebook, mau tidur buka Facebook.

    Kamu jadi lebih rutin untuk Facebook-an ketimbang melakukan hal lain yang mungkin bisa jauh lebih bermanfaat. Kamu juga jadi harus lebih sering beli kuota, syukur-syukur kalau ada WiFi gratis kamu bisa internetan sepuasnya.

    Nah ini kalau kamu mesti beli kuota sendiri, tentunya kamu harus merogoh kocek yang gak sedikit cuma untuk internetan.


    Mengganggu Kesehatan

    bahaya kebanyakan main facebook

    Terlalu sering Facebook-an juga bisa mengganggu kesehatan kamu loh. Hayo ngaku apa kamu sering begadang karena asyik Facebook-an? Kalau iya, kamu mesti pelan-pelan menghilangkan kebiasaan buruk itu mulai dari sekarang.

    Terlalu sering Facebook-an juga bisa menggangu kesehatan mata kamu. Menatap layar hp atau monitor laptop kamu terlalu lama bisa bikin mata kamu rentan untuk mengalami kerusakan.

    Kamu bisa mulai untuk hidup sehat dengan mengurangi waktu dalam bermain Facebook. Kamu juga bisa menerapkan untuk memberi jadwal untuk diri kamu sendiri, misalnya dalam satu hari kamu hanya boleh Facebook-an 2 jam sehari dan kamu gak boleh begadang apalagi sampe ketiduran cuma gara-gara keenakan Facebook-an.


    Facebook Sering Jadi Tempat Untuk Sarana Penipuan

    bahaya kebanyakan main facebook

    Dengan semakin berkembangnya dunia teknologi, semakin menyebar pula modus kejahatan baru yang mungkin belum kamu ketahui. Facebook sebagai salah satu sosial media terbesar didunia memang paling sering digunakan untuk penipuan.

    Akibat kurangnya tingkat kemawasan diri, kamu bisa jadi salah satu korban penipuan yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Salah satu teknik kejahatan yang paling terjadi adalah penipuan dengan modus mengajak berkencan atau belanja barang lewat Facebook.

    Kamu bisa terhindar dari kejadian tersebut apabila kamu selalu berhati-hati dalam membagikan informasi penting yang menyangkut data pribadi atau apapun privasi kamu di Facebook karena sesuatu yang telah kamu posting di Facebook bisa dilihat semua orang dan walaupun mungkin kamu sudah menghapusnya dari FB, rekam jejak kamu akan terus bisa dilihat oleh banyak orang.


    Itulah beberapa dampak negatif buat kamu yang terlalu sering main Facebook. Memang suatu hal yang menyenangkan apabila kamu ‘melek’ akan teknologi dan gak mau ketinggalan dalam perkembangan sosial media sekarang ini, tapi alangkah baiknya hal tersebut dibarengi oleh kesadaran kamu untuk menggunakan segala sosial media kamu dengan benar dan bijak.

    Dengan bermain Facebook secara pas dan tidak terlalu berlebihan, kamu bisa terhindar dari berbagai kemungkinan buruk yang dapat menimpa kamu. Kamu juga tetap bisa berteman dengan orang-orang disekitar kamu tanpa harus menjadi anti sosial. Tak ada salahnya bermain Facebook apabila kamu sudah cukup mengerti dan bisa berhati-hati.

    Tetaplah menggunakan sesuatu sesuai dengan porsinya, entah itu sesuatu yang sepele sampai hal yang menurut kamu penting, kamu sudah harus tau kebutuhan kamu sendiri, karena sesuatu yang dilakukan terlalu berlebihan itu tidak baik. Jadi sebaiknya kamu bermain Facebook dengan sewajarnya aja ya.

    Beli Pulsa di Sepulsa

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah