Follow Us

  • Share

    Daftar Kartu Prakerja Ternyata Segampang Ini!

    Indonesia saat ini sedang bersiap-siap menuju apa yang disebut dengan bonus demografi. Dimana dalam beberapa tahun ke depan, Indonesia akan kebanjiran penduduk berusia produktif yang seharusnya bisa mengakselerasi pertumbuhan Indonesia secara umum.

    Sayangnya hingga saat ini tingkat pengangguran dan pendidikan di Indonesia terbilang masih berada di level yang memprihatinkan. Bahkan sejak pandemi 2019 hingga sekarang, tercatat jumlah pengangguran saat ini mencapai 8,75 juta di 2021 meningkat dari 6,93 juta di tahun 2020.

    Salah satu usaha pemerintah untuk memecahkan masalah tersebut adalah dengan meluncurkan program prakerja. Dimana kamu bisa memanfaatkan layanan prakerja untuk meningkatkan skill, yang nantinya bisa kamu gunakan untuk mencari uang sendiri!

    Tapi bagaimana sih caranya mendaftarkan diri di kartu Prakerja? Ini dia caranya!

    Baca Juga Gaji PNS di Tahun 2021, Gaji Polisi di Indonesia

    Cara Daftar Kartu Prakerja

    kartu prakerja

    Untuk bisa mendaftarkan diri di dalam program kartu prakerja, ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan. Nah kami akan coba menjelaskan langkah tersebut satu persatu, agar bisa lebih mudah kamu pahami ya!

    Adapun persyaratan utama mendaftarkan diri di Program Kartu Prakerja adalah:

    1. Merupakan seorang Warga Negara Indonesia.
    2. Berusia minimal 18 tahun.
    3. Ketika mendaftar, tidak sedang menempuh pendidikan formal.

    Mudah ya! Langsung saja yuk masuk ke langkah-langkah pendaftaran Program Kartu PraKerja.

    #1 Registrasi Online

    Untuk bisa mendaftarkan diri, kamu bisa langsung membuka laman resmi Program Kartu Prakerja disini. Lalu isilah dengan alamat email dan password yang kamu inginkan.

    Setelah itu buka email yang kamu miliki dan lakukanlah verifikasi akun di dalam email tersebut. Bila tidak menemukan email dari pihak Kartu Prakerja, kamu bisa cek di bagian Spam.

    #2 Login Akun Prakerja

    Setelah mendaftarkan diri, kamu bisa langsung melakukan logik ke akun Prakerja yang kamu miliki di laman ini. Masukkan email dan password yang telah didaftarkan sebelumnya.

    #3 Daftar Via Dashboard Akun Prakerja

    Setelah mendaftarkan diri, kamu bisa langsung masuk ke dalam dashboard akun Prakerja yang kamu punya. Adapun tahapannya adalah sebagai berikut:

    1. Verifikasi data; kamu harus mengisi KTP, NIK, dan nomor KK serta tanggal lahir yang sesuai.
    2. Melengkapi data diri; cukup isi data diri sesuai dengan yang diminta, jangan lupa untuk meng-upload KTP yang kamu miliki.
    3. Verifikasi via handphone; setelah itu kamu akan dikirimkan OTP via SMS. Isi OTP sesuai dengan yang diberikan.

    #4 Mengisi Pertanyaan Pendaftar

    Setelah melakukan pengisian data, pihak Prakerja akan memberikan beberapa pertanyaan seputar kondisimu saat ini. Kamu cukup mengisinya sesuai dengan kondisi yang ada, dan bila sudah selesai klik Oke.

    #5 Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar

    Karena memang peminat dari Kartu Prakerja ini cukup banyak, maka ada pula tes khusus. Tes ini akan melihat motivasi diri serta kemampuan dasar yang kamu miliki sebagai calon pendaftar.

    Nah kamu bisa langsung memulai tes motivasi dan kemampuan dasar dengan cara klik Mulai Tes Sekarang. Isi sesuai dengan pertanyaan yang diminta dan kemudian tunggulah hasilnya.

    #6 Memilih Gelombang Pendaftar

    Sebagaimana yang kita ketahui pula bahwa program ini dibuat dalam beberapa gelombang, kamu yang ingin mendaftar juga akan diminta kesediaannya untuk mengisi di gelombang mana kamu akan mengisi.

    Cukup isi sesuai dengan domisili serta keinginanmu saja. Setelah itu kamu tinggal klik Gabung dan secara otomatis kamu akan di bawa ke laman persetujuan.

    #7 Mengisi Persetujuan Prakerja

    Di laman ini kamu akan mendapatkan beberapa pertanyaan tambahan, dan pada akhirnya kamu akan dibawa ke laman yang secara khusus berisi beberapa poin persetujuan.

    Silahkan baca poin-poin tersebut, dan tunggu hingga evaluasi dari pihak Prakerja selesai dilakukan. Nah tahapan evaluasi inilah yang memang membutuhkan kesabaran.

    Mengetahui Hasil Seleksi Kartu Prakerja

    Dari namanya saja, seleksi. Artinya memang ada pendaftar yang diterima di dalam program ini dan ada pula pendaftar yang tidak diterima. Pertanyaannya adalah bagaimana cara mengetahui hasil seleksi tersebut?

    Berikut ini caranya!

    #1 Login dan Masuk ke Dashboard

    Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan cara Login dan masuk ke Dashboard dari akun Prakerja yang kamu miliki. Jika tidak lolos, kamu akan mendapatkan notifikasi khusus di dashboard tersebut.

    #2 Bila Lolos Seleksi

    Bila lolos seleksi, kamu akan diberitahu via SMS dan kamu harus masuk ke dalam dashboard. Setelah itu tonton 3 video wajib yang diberikan, mengenai kartu prakerja tersebut sebagai syarat akses ke nomor kartu prakerja yang kamu miliki.

    #3 Bila Tidak Lolos Seleksi

    Sebagaimana yang kami jelaskan, bila tidak lolos kamu akan mendapatkan notifikasi khusus di Dashboard yang kamu miliki. Lebih jauh lagi kamu juga bisa mengetahui alasan apa yang menyebabkan kamu tidak lolos.

    Selain itu kamu bisa mendaftarkan diri kembali di gelombang selanjutnya, tanpa daftar ulang. Maksudnya tanpa harus mengisi data lengkap seperti yang kami jelaskan di atas.

    Penutup

    Nah itulah tadi langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk mendaftarkan diri di kartu prakerja, dan beberapa kemungkinan yang bisa kamu dapatkan.

    Bila memang masih belom lolos, semangat ya! Coba lagi dan siapa tahu kamu bisa lolos di seleksi gelombang berikutnya.

    Baca Juga Gaji Karyawan Pertamina Sekarang

    Beli Pulsa di Sepulsa

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah