Follow Us

  • Share

    Cicilan Motor Bekas Yang Terbaik

    Cicilan motor bekas yang terbaik adalah cicilan motor bekas yang tidak membuat kantong bolong. Bagi seorang cowo yang sudah bekerja maka wajib hukumnya untuk memiliki kendaraan sendiri. Apalagi kalau kita sedang melakukan PDKT (pendekatan) kepada cewe idaman kita. Sebab dengan memiliki kendaraan sendiri maka kita bisa menjadi lebih percaya diri saat sedang PDKT. Maklum saja, kita kan dapat mengantar kemana saja cewe idaman kita pergi dengan kendaraan kita sendiri. Sedangkan kalau naik kendaraan umum kan ribet bawaannya.

    Kendaraan sendiri VS kendaraan umum, mana yang lebih baik?

    Berkunjung ke rumah gebetan dengan naik kendaraan umum pasti ribet sekali. Gimana ga ribet kalau rumah cewe idaman kita, jauh dari rumah kita sehingga kita harus beberapa kali naik turun atau berganti kendaraan umum. Belum dari rumah cewe gebetan kita tersebut, kita jalan-jalan keluar rumah maka kita harus naik turun kendaraan umum lagi.

    Setelah jalan-jalan maka kembali kita naik turun kendaraan umum untuk mengantar cewe kita pulang ke rumahnya. Dan yang terakhir adalah kita masih harus naik turun kendaraan umum untuk pulang ke rumah kita sendiri. Dengan kendaraan sendiri maka kita tidak perlu lagi berjalan kaki atau menunggu karena kendaraan kita akan langsung membawa kita sampai ke rumah gebetan. Jadi memiliki kendaraan sendiri jauh lebih baik dari pada memakai kendaraan umum.

    Kendaraan sendiri: Mobil atau motor?

    Tentu saja kita semua pasti ingin mempunyai mobil sendiri, saat sedang PDKT dengan cewe idaman kita. Tetapi kalau kondisi keuangan kita belum mampu untuk membeli mobil, walaupun mobil bekas, maka ada baiknya kendaraan yang kita beli adalah motor. Jadi, jika kita mempunyai cukup uang maka lebih baik membeli mobil dari pada membeli motor. Tetapi jika kita tidak mempunyai uang maka membeli motor adalah pilihan terbaik bagi kita.

    banner-blog-barubekas-27apr2016.png

    Motor baru atau motor bekas?

    Membeli motor baru atau motor bekas, mana yang lebih baik? Tentu saja membeli motor baru. Tetapi jika kondisi keuangan kita belum mampu untuk membeli motor baru, maka tidak ada salahnya kita membeli motor bekas. Tetapi jika kondisi ekonomi kita tetap tidak mampu membeli motor bekas secara kontan, maka ada baiknya kita membeli motor bekas secara kredit. Kita jangan merasa malu, walaupun motor yang kita beli adalah motor bekas, dan kita beli secara kedit pula. Yang penting kan, motor milik kita sendiri.

    Yang penting adalah kita bisa bayar cicilan motor bekas yang kita beli. Sebab kalau kita tidak bisa membayar cicilan motor bekas setiap bulannya maka motor kita akan ditarik oleh perusahaan pembiayaan kredit (leasing). Dan jika motor kita ditarik paksa oleh perusahaan pembiayaan kredit, maka kita akan kehilangan semua uang yang telah kita keluarkan, baik uang ketika membayar uang muka pembelian motor (down payment) maupun uang untuk membayar cicilan motor bekas setiap bulannya. Tentu saja kita semua tidak ingin hal itu sampai terjadi. Betul-betul-betul? Yah, pasti betul lah

    Keuntungan membeli motor bekas secara kredit

    Harga motor bekas lebih murah sehingga uang muka, angsuran pertama dari cicilan motor bekas juga lebih murah. Demikian juga cicilan motor bekas setiap bulannya jauh lebih murah dibandingkan dengan cicilan motor baru.
    Membeli motor bekas tidak disertai dengan asuransi kendaraan bermotor seperti kalau kita membeli motor baru, sehingga biaya cicilan motor bekas setiap bulannya menjadi jauh lebih murah. Motor bekas bisa langsung dibawa pulang setelah segala persyaratan dipenuhi.

    Jika beli motor baru kadang-kadang kita harus indent alias menunggu selama berbulan-bulan, baru motor diantar ke rumah kita. Seringkali ada motor bekas yang masih bagus karena jarang dipakai oleh pemiliknya atau pemiliknya bisa merawat motor dengan baik. Pajak kendaraan yang harus dibayar pada motor bekas pasti lebih murah dari pada motor baru. Biaya balik nama motor bekas lebih murah.

    Kerugian membeli motor bekas secara kredit

    1. Uang yang kita keluarkan sampai motor lunas dibayar lebih mahal 60 %-90 % lebih mahal dari pada kalau kita membelinya secara kontan.
    2. Tidak ada asuransi kendaraan bermotor sehingga kalau motor kita hilang atau kecelakaan maka tidak ada yang menggantinya.
    3. Kualitas dan mesin motor tidak terjamin.
    4. Harus keluar biaya untuk membalik nama (BPKB dan STNK).
    5. Tiap bulan harus keluar uang untuk membayar cicilan motor bekas.

    banner-blog-tipstrick-27apr2016.png

    Tips dalam membeli motor bekas

    Untuk mendapatkan hasil yang maksimal saat membeli motor bekas maka ada baiknya kita melakukan tips berikut ini:

    1. Menentukan budget pembelian dan cicilan motor bekas setiap bulannya yang sesuai dengan kemampuan keuangan kita. Jangan lupa untuk menyiapkan anggaran buat mengganti nama dan servis motor juga.
    2. Menentukan merk motor yang ingin kita beli berdasarkan budget yang sudah kita tentukan sebelumnya.
    3. Riset harga dari motor baru serta harga motor bekasnya. Harga motor tergantung dari merk, jenis motor, tahun, kapasitas cc mesin, dll.
    4. Ingatlah ini. Beli motor bekas yang kalau dijual kembali masih bagus harganya. Jangan membeli motor bekas yang murah tetapi saat kita ingin menjualnya kembali tetapi tidak ada yang mau membelinya, seperti motor-motor dari Cina (mocin) pada tahun 2000-an dulu. Gampang untuk dibeli tetapi susah untuk menjualnya kembali.
    5. Harus teliti sebelum membeli. Inilah beberapa hal yang Anda harus teliti. Pertama, cek kelengkapan surat-suratnya (BPKB, STNK). Kedua, cek motor secara fisik. Yang dicek adalah mesin motor, ban motor apakah sudah gundul atau tidak, kopling (kalau ada), rem, gas, kunci motor, kunci/gembok pengaman tambahan, lampu-lampu, kapan terakhir kali servis motor dan ganti oli, dll.

    Inilah daftar dari perusahaan pembiayaan kredit motor yang terpercaya:

    1. Adira Finance.
    2. Bussan Auto Finance.
    3. Mega Auto Finance.
    4. Mega Central Finance.
    5. Wahana Ottomitra Multiartha.
    Dll.

    Tips untuk mendapatkan cicilan motor bekas yang terbaik

    Setelah kita menemukan jenis dan merk motor yang kita suka serta menemukan juga leasing tempat kita mendapatkan kredit motor bekas, maka ada baiknya kita pelajari tips berikut ini:

    1. Bayar cicilan motor bekas setiap awal bulan. Kenapa begitu? Supaya uangnya tidak dipakai buat hal-hal lainnya karena kalau kita terlambat membayar maka kita akan didenda harian. Dan jika menunggak pembayaran cicilan motor bekas selama dua bulan atau lebih, maka motor bekas kita bisa disita oleh pihak leasing.
    2. Bayar cicilan motor bekas setiap bulannya lewat Sepulsa karena lebih menguntungkan. Gimana tidak menguntungkan kalau saat kita membayar cicilan motor bekas lewat Sepulsa maka kita akan diberikan tiga voucher gratis bernilai ratusan ribu rupiah.
    3. Jika kita tidak dapat membayar cicilan motor bekas maka ada baiknya kita ngomong secara baik-baik dengan pihak leasing. Minta keringanan khusus, misalnya minta waktu cicilan motor bekas diperpanjang sehingga cicilan motor bekas setiap bulannya menjadi lebih murah. Kita jangan kabur dan sembunyi karena nanti kita akan dicari dan dikejar-kejar oleh debt collector dari pihak leasing.

    Kesimpulan
    Pergi dengan memakai kendaraan sendiri jauh lebih baik dari pada memakai kendaraan umum. Pergi dengan mobil sendiri jauh lebih baik dari pada memakai motor. Tetapi jika kita tidak mampu membeli mobil maka apa salahnya kita membeli motor?

    Membeli motor baru jauh lebih baik dari pada membeli motor bekas. Tetapi jika kita tidak mampu membeli motor baru maka apa salahnya kita membeli motor bekas? Membeli motor bekas secara kontan jauh lebih baik dari pada membeli motor bekas secara kredit. Tetapi jika kita tidak mampu membeli motor bekas secara kontan maka apa salahnya kita membeli motor bekas secara kredit?

    Setelah membeli motor bekas secara kredit maka kita harus bisa membayar cicilan motor bekas setiap bulannya agar motor kita tidak disita oleh pihak leasing. Cicilan motor bekas yang terbaik adalah cicilan motor bekas yang tidak membuat kantong bolong.

    Tempat terbaik untuk membayar cicilan motor bekas setiap bulannya adalah di Sepulsa karena setiap kali kita membayar cicilan motor bekas lewat Sepulsa maka kita akan diberikan tiga voucher gratis bernilai ratusan ribu rupiah.

    Ditulis oleh Richard Nata

    Beli Pulsa di Sepulsa

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah