Follow Us

  • Share

    Cara Upgrade 4G Tri

    Selain provider-provider mentereng di Indonesia macam Indosat, Telkomsel, maupun XL, kami pun membahas beberapa provider kartu telepon seluler yang mungkin jarang digunakan oleh orang-orang.

    Alasan kami cukup sederhana, karena pun kartu-kartu yang non mayoritas tersebut pasti memiliki segmen pasarnya masing-masing, dan salah satu dari Anda bisa jadi termasuk orang tersebut.

    Selain itu masing-masing provider kartu telepon seluler pasti memiliki keunggulan maupun kelemahannya tersendiri, jadi apa salahnya bukan kami membuat uraian beberapa provider kartu seluler dari berbagai macam perusahaan?

    “3” (selanjutnya dibaca Tri) merupakan salah satu brand jaringan telekomunikasi yang sebenarnya sudah mendunia. Asalnya Tri merupakan salah satu perusahaan telekomunikasi yang digunakan di sembilan jaringan di Eropa, Asia, hingga Australia.

    Tri sendiri sebetulnya merupakan salah satu merk dagang dari perusahaan CK Hutchison Holdings. Jadi walaupun Tri baru muncul pada tahun 2007 di Indonesia, sebenarnya Tri bukanlah pemain baru dan bileh dibilang termasuk salah satu pemain kawakan.

    Meski termasuk operator “kecil” di Indonesia, nyata-nyatanya Tri pernah menduduki posisi keempat terkait jumlah pelanggan dan bahkan ketika itu Tri menguasai pangsa pasar hingga 10% nya.

    Cara Upgrade 4G Tri

    Cukup sudah intermezzo nya. Kali ini kami akan membahas cara untuk melakukan upgrade ataupun migrasi dari kartu SIM 3G lama Anda menjadi kartu USIM 4G LTE baru.

    Nah sama seperti beberapa artikel serupa, artikel ini khusus dibuat tentunya bagi Anda yang telah memiliki kartu SIM Tri sejak lama, ketika dahulu belum ada teknologi 4G.


    Cara Upgrade 4G Tri: Mengapa Harus 4G LTE?

    Cara Upgrade 4G Tri

    Tri sejak satu tahun terakhir sebagaimana lawan-lawannya, sudah merencanakan ekspansi jaringan 4G LTE nya di Indonesia secara besar-besaran.

    Hal ini terbukti dengan misi Tri untuk menjangkau tidak kurang dari 277 Kabupaten dan Kota di seluruh Indonesia dengan jaringan 4G LTE baru nya.

    Tentu saja dengan embel-embel 4G LTE, Tri akan memberikan jaringan yang jauh lebih cepat dan mudah dibandingkan teknologi sebelumnya.

    Beberapa kelebihan yang dapat Anda nikmati jika Anda memanfaatkan jaringan 4G LTE milik tri ini, Anda tentunya akan menikmati akses data yang jauh lebih stabil dan jauh lebih cepat dibandingkan dengan jaringan 2G ataupun 3G.

    Selain itu dengan penggunaan jaringan 4G LTE Tri terbaru ini tentunya Anda bisa menikmati pengalaman berkomunikasi semisal video call, ataupun multimedia seperti streaming, browsing, hingga akses media sosial dan bermain game secara online dengan jauh lebih baik dan lebih menyenangkan.

    Selain itu tentunya Anda dapat melakukan serah terima data dengan jauh lebih cepat dan lebih praktis.


    Cara Upgrade 4G Tri: Apa Persiapan yang Bisa Dilakukan?

    Sebagaimana artikel serupa kami sebelumnya mengenai migrasi kartu, tentunya untuk melakukan migrasi kartu Tri ini Anda pun bisa melakukan beberapa persiapan sebelumnya.

    Persiapan mendasar paling pertama tentunya Anda harus memastikan bahwa ponsel cerdas yang sedang Anda gunakan saat ini sudah mendukung teknologi jaringan 4G LTE, dan jika belum maka kami sarankan Anda untuk mengganti ponsel tersebut tentunya.

    Setelah Anda pastikan bahwa ponsel Anda memang sudah mendukung teknologi jaringan 4G LTE, tentunya Anda yang perlu diubah adalah pilihan jaringan sehingga ponsel Anda secara otomatis kemudian akan mampu menangkap dan berjalan di jaringan 4G milik Tri ini.

    Cara Upgrade 4G Tri

    Selanjutnya tentu Anda sudah harus memiliki USIM 4G untuk kemudian menggantikan kartu 3G lama Anda.

    Cara untuk mendapatkan kartu USIM 4G terbaru ini tentu dengan mendatangi outlet-outlet yang telah ditunjuk Tri ataupun 3Store manapun yang paling dekat dengan domisili Anda masing-masing.

    Cara lain adalah dengan cara menghubungi nomer 123 menggunakan ponsel Anda, untuk kemudian Anda meminta dikirimkan kartu USIM 4G LTE Tri terbaru Anda.

    Cara kedua ini tentu lebih memakan waktu dibandingkan cara pertama, karena Anda tidak tahu dengan tepat kapan kartu USIM 4G baru Anda akan sampai ke rumah Anda.

    Terakhir tentu saja Anda harus memastikan bahwa Anda sudah berada di wilayah cakupan jaringan 4G LTE milik Tri. Anda bisa melakukan pengecekan wilayah cakupan di laman milik Tri yakni http://tri.co.id/coverage.

    Terakhir setelah memastikan bahwa domisili Anda sudah termasuk ke dalam cakupan wilayah 4G LTE milik Tri, tentu saja Anda harus memastikan bahwa Anda memiliki paket data. Karena paket data memang dibutuhkan untuk melakukan proses registrasi ini.

    Catatan khusus yang perlu Anda ketahui adalah, jika Anda termasuk ke dalam wilayah yang tidak tercakup dengan 4G LTE maka Anda secara otomatis akan berpindah ke jaringan 3G atau 2G milik Tri tergantung dari yang tersedia disana.

    Namun terlebih dahulu pada setting jaringan yang ada di ponsel Anda, Anda harus mengubahnya menjadi autoconnect LTE/ WCDMA/ GSM sehingga akan berubah otomatis ketika tidak mendapatkan sinyal 4G.


    Cara Upgrade 4G Tri: Mandiri

    Cara yang pertama sebenarnya sudah tergolong usang, kami terakhir mengetahui cara ini berhasil beberapa bulan yang lalu, namun tidak ada salahnya bukan Anda mencoba cara ini.

    Untuk melakukan cara upgrade 4G Tri via fanpage FB Tri Indonesia Anda pertama-tama bisa membuka fanpage Tri tersebut tentunya. Di dalam sana Anda cukup memberikan beberapa data diri yang diminta oleh administrator.

    Sebenarnya cara ini merupakan salah satu cara memesan kartu USIM 4G Tri sehingga Anda bisa melakukan upgrade kartu 3G atau 2G Anda menjadi katu USIM 4G untuk kemudian diaktivasi. Normalnya dalam waktu paling lama 14 hari kerja, kartu USIM 4G terbaru anda pasti akan sampai ke rumah anda.

    Jika cara ini tidak bisa, prinsipnya adalah Anda harus bisa mendapatkan kartu USIM 4G Tri terbaru bagaimanapun caranya, bisa dengan membeli di konter-konter pulsa di sekitar domisili Anda, maupun pesan online seperti cara di atas.

    Cara Upgrade 4G Tri

    Nah setelah menerima kartu USIM 4G terbaru Anda, Anda harus menemukan 20 angka ICCID yang terletak di belakang kartu USIM 4G terbaru Anda tersebut.

    Nah dengan kartu lama Anda bisa melakukan pengiriman SMS ke nomer 123 dengan mengetikkan “SIM(spasi)nomer ICCID baru Anda”. Seharusnya dalam waktu singkat Anda akan menerima SMS balasan dari nomer 765 yang berisi kode aktivasi Anda.

    Anda akan diberikan pilihan berupa (1) Jika kartu fisik SIM 4G LTE Tri ada ditangan Anda, balas OK, atau (2) Jika tidak, harap proses dihentikan. Pilihlah pilihan yang pertama.

    Jika sudah kami menyarankan Anda untuk mencatat baik-baik kode aktivasi tersebut. Setelah itu cabut kartu SIM lama Anda dan segera ganti dengan kartu USIM 4G terbaru Anda. Terakhir tunggu SMS masuk dari nomer 765.

    Setelah Anda mendapatkan SMS balasan tersebut, Anda bisa membalas dengan  format “CODE(spasi)kodeaktivasi”.

    Jika Anda melakukannya dengan benar, seharusnya Anda kembali akan dikirimkan balasan SMS notifikasi dan kemudian Anda segera bisa menikmati fitur-fitur 4G yang dimiliki oleh Tri. Selamat!


    Cara Upgrade 4G Tri: Datang Langsung Ke 3Store

    Cara ini tentunya cara paling praktis namun memakan waktu. Akan tetapi cara inilah yang paling kita sarankan. Sebagaimana judul dari paragraph ini cara upgrade 4G Tri kali ini dapat Anda lakukan dengan pergi langsung ke 3Store terdekat dari domisili Anda.

    Di 3Store Anda cukup datang dengan ramah, tunggu antrian, dan duduk dengan manis. Jika sudah tiba giliran Anda maka Anda pasti akan dipanggil ke bagian customer service Tri.

    Cukup sampaikan bahwa Anda ingin melakukan upgrade kartu 3G Anda menjadi kartu USIM 4G. Dengan waktu sekitar 3-4 menit, voila! Kartu 4G anda selesai di upgrade bahkan selesai diaktivasi.

    Satu kelebihan CS dari Tri ini adalah, tidak seperti provider lain, ketika melakukan proses aktivasi ini Anda tidak akan diminta untuk mengisi berbagai macam fomulir yang rumit.

    Selain itu biaya yang dibutuhkan pun tergolong murah, gratis! Namun dengan syarat membeli pulsa Tri baru sebesar Rp20.000,-.

    Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk mengupgrade kartu Tri Anda setelah membaca artikel tentang cara upgrade 4G Tri ini?

    Beli Pulsa Tri

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah