Follow Us

  • Share

    Cara Update Driver VGA Komputer dan Laptop Anda!

    Bagi Anda para penggemar game musiman mungkin tidak cukup akrab dengan masalah per-update-an driver VGA. Padahal update driver VGA menurut kami merupakan salah satu hal penting namun cukup sering dilupakan para gamers. Dengan update secara berkala ini, Anda telah memaksimalkan kesehatan VGA Anda. Selain itu Anda pun akan dapat memaksimalkan performa yang dimiliki VGA Anda. Lalu bagaimana cara update driver VGA sebenarnya?

    Cara update driver VGA


    Mengapa Harus Update Driver VGA?

    Sebelum berlanjut ke cara update driver VGA, Anda harus tau beberapa alasan mengapa Anda harus melakukan hal tersebut.

    Memang secara umum update-update driver mobo, jaringan, kartu suara Anda tidak akan membuatnya menjadi jauh lebih cepat. Hanya saja driver yang mengupdate driver sebelumnya ini seharusnya akan menghapuskan segala macam bug yang ada.

    Cara update driver VGA

    Nah akan sedikit berbeda ketika kita membicarakan kartu grafis. Dengan update driver VGA, Anda biasanya akan mendapakan peningkatan performa yang luar biasa. Bagi Anda yang menggunakan NVIDIA maupun AMD pasti sudah cukup familiar dengan hal ini. Para pengguna NVIDIA maupun AMD biasanya mendapatkan notifikasi setiap kali harus mengupdate driver. Kami yakin setelah Anda melakukan itu Anda pasti akan merasakan sensasi yang berbeda ketika bermain game di komputer Anda.

    Cara update driver VGA

    Kita ambil contoh saja, pada tanggal 20 Desember 2017 NVIDIA mengeluarkan driver terbarunya (Release 387). Dengan driver terbaru ini, Anda dapat memainkan beberapa game berat seperti Assassin’s Creed Origins, Call of Duty: WWII, Forza Motorsport 7, Middle-earth: Shadow of War, dan semacamnya secara jauh lebih optimal. Disamping itu NVIDIA melalui release 387 ini telah mengoreksi beberapa bug dan menambahkan beberapa fitur yang baru.

    Lalu apa kesimpulannya? Kesimpulannya, update driver VGA cukup dibutuhkan bagi Anda yang rutin bermain game. Jika Anda jarang bermain game di komputer Anda, dan jika Anda bukan orang yang terlalu peduli dengan performa grafik 3 dimensi, maka Anda tidak benar-benar butuh untuk mengupdate driver VGA Anda.


    Cara Update Driver VGA: Identifikasi Kartu Grafis Anda

    Sebelum mulai mengupdate driver VGA, langkah pertama yang harus Anda lakukan tentu dengan mengidentifikasi kartu grafis Anda. Anda tentu harus tau kartu grafis apa yang Anda gunakan dalam komputer Anda.

    Cara update driver VGA

    Cara paling mudah untuk mengetahui kartu grafis yang Anda miliki adalah dengan mencari aplikasi system information di PC Anda. Cukup Anda ketikkan system information di kotak pencarian di menu start dan Anda akan langsung menemukannya. Di dalam aplikasi tersebut Anda akan menemukan beberapa menu drop down yang berisi masing-masing informasi terkait piranti keras milik PC Anda. Klik menu display dan Anda bisa lihat di samping kanan menu tersebut kartu grafis yang Anda gunakan.

    Cara update driver VGA

    Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui detail piranti keras yang dimiliki oleh PC atau laptop Anda misalnya dengan mengetikkan “msinfor32” di menu Run. Pada dasarnya hal ini akan membukan system information secara tidak langsung. Untuk Anda yang menginginkan info yang jauh lebih detail, Anda bisa menggunakan aplikasi Speccy. Kami rasa aplikasi ini cukup terkenal di kalangan pemain game.

    Aplikasi ini menurut kami lebih ramah tampilannya sehingga bagi Anda yang masih awam ataupun pemula sangat mudah memahami informasi yang diberikan. Selain itu Speccy juga memberikan beberapa informasi yang tidak diberikan system information, misalnya saja detail nomer model piranti keras Anda.

    Pada beberapa laptop di masa kini, terkadang digunakan dua kartu grafis sekaligus. Misalnya kartu grafis Intel dan AMD. Nah bagi Anda yang menemukan hal ini, kemungkinan besar laptop Anda menggunakan sistem switching.

    Biasanya laptop akan secara otomatis mengganti penggunaan kartu grafis menjadi yang lebih kuat ketika Anda sedang bermain game. Jadi jangan kuatir ya, mari kita langsung membahas cara update driver VGA!


    Cara Update Kartu VGA: Mencari Update-an Termutakhir

    Setelah Anda mengetahui jenis dan tipe kartu grafis yang Anda gunakan. Anda tinggal mencari file update-an kartu gravis yang Anda miliki tentunya. Caranya? Anda bisa langsung mendownload driver tersebut langsung di laman website masing-masing pabrikan tentunya.

    Di dalam laman tersebut seharusnya Anda bisa dengan mudah menemukan cara untuk mengunduh file tersebut karena rata-rata saat ini laman website dari beberapa pengembang kartu grafis tersebut sudah memiliki graphic user interface (GUI) yang ramah di mata.

    Cara update driver VGA

    Atau bagi beberapa pengembang, di dalam laman website nya sudah terdapat semacam fitur yang akan melakukan scanning secara otomatis terhadap piranti keras yang ada di dalam laptop ataupun PC Anda. Hal ini tentu akan jauh lebih memudahkan bagi Anda, terutama bagi Anda yang masih pemula.

    Cara lainnya adalah, lagi-lagi pada beberapa pengembang kartu grafis biasanya mereka memiliki aplikasi tertentu yang bisa Anda install ke dalam PC Anda. Bagi Anda yang menggunakan NVIDIA misalnya, mereka telah menyediakan aplikasi yang mereka namakan GeForce Experience.

    Sementara bagi Anda yang menggunakan AMD, sebenarnya dahulu ada aplikasi yang mereka namakan dengan AMD Gaming Evolved, namun sekarang tidak lagi diupdate oleh AMD dan fungsinya tergantikan oleh Raptr. Silahkan Anda coba unduh salah satunya tergantung dari kartu grafis yang Anda gunakan.

    Di dalam aplikasi tersebut selain bisa mempermudah Anda dalam proses update driver, Anda pun bisa melakukan optimalisasi dalam setiap permainan sehingga Anda akan bisa bermain game secara jauh lebih nyaman dan performa kartu grafis Anda pun akan lebih ciamik, kami jamin!

    Cara update driver VGA


    Cara Update Driver VGA: Driver Talent!

    Cara lain yang cukup kami rekomendasikan adalah menggunakan aplikasi yang banyak beredar di internet. Nah salah satu aplikasi yang kami rekomendasikan terkait hal ini adalah Driver Talent. Bahkan jika Anda mencari review dari aplikasi ini, banyak reviewer di luar negeri yang juga merekomendasikan penggunaan aplikasi ini sebagai salah satu cara update driver VGA.

    Dengan driver talent Anda cukup duduk manis dan membiarkan aplikasi ini bekerja. Aplikasi ini akan secara otomatis mengidentifikasi jenis VGA Anda dan langsung mengunduh update driver VGA Anda.

    Hal lain yang menarik dari driver talent ini adalah bahwa aplikasi ini kemudian mampu mencari bug ataupun permasalahan yang timbul setelah Anda menginstall driver terbaru dari VGA Anda dan kemudian segera memperbaiki hal tersebut. Oleh karena itulah kami sangat merekomendasikan penggunaan aplikasi ini, terutama bagi Anda yang masih pemula ataupun anda yang ingin kepraktisan.

    Cara update driver VGA

    Untuk memanfaatkan fitur perbaikan ini, Anda cukup klik scan di dalam aplikasi ini. Tidak banyak tombol yang bisa Anda temui di dalam aplikasi ini jadi Anda tidak perlu bingung. Kemudian secara otomatis aplikasi ini akan mencari beberapa masalah seperti driver yang kadaluarsa, rusak, corrupt, atau bahkan hilang. Kemudian segera klik update agar aplikasi ini secara otomatis mengunduh dan menginstall driver terakhir. Setelah itu klik repair dan segera reboot PC atau laptop Anda.

    Untuk beberapa driver yang dikenali oleh driver VGA Anda bisa melihatnya langsung di laman resmi milik driver talent, namun secara umum aplikasi ini dapat mengenali driver ASUS, ASRock, GeForce, Radeon, Toshibaa, AMD, Nvidia, dan beberapa VGA yang banyak digunakan. Semoga bermanfaat!

    Baca Juga : Cara Downlaod Video di Facebook


     

    Beli Voucher Game

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah