Follow Us

  • Share

    Bagaimana Cara Setting Internet Indosat? Mari Kita Bahas Bersama

    Bagaimana cara setting internet Indosat? Apa saja pilihan paketnya? Mungkin pertanyaan-pertanyaan itu yang Anda ketikkan di halaman Google ketika memutuskan membeli kartu Indosat. Anda tidak usah kebingungan lagi karena saya akan membantu menjawabnya satu per satu.

    Pertama, cara melakukan setting internet Indosat. Jika Anda menggunakan ponsel, masuklah ke menu setting dari homescreen. Pilih wireless control, lalu mobile network, kemudian access point name atau APN. Tekan tombol menu, pilih new APN.

    Pada kolom APN, ketikkan Indosatgprs. Isi username dan password dengan kata ‘Indosat.’ Pada bagian name, ketik saja Indosat Ooredoo, meskipun tidak diharuskan. Selanjutnya, tekan tombol menu, lalu pilih save.

    PROMO! Isi pulsa dan beli paket data indosat di Sepulsa sekarang dapatkan 3 voucher belanja gratis untuk setiap transaksi, kunjungi situs sepulsa dengan klik disini

    Setiap ponsel memiliki pengaturan yang berbeda-beda. Begitu pula dengan modem. Namun, bagian yang harus diingat untuk setting internet adalah APN. Sedangkan APN untuk Indosat adalah Indosatgprs. Jika ada pilihan dial number, ketikkan *99#.

    Mengapa harus setting internet Indosat? Pihak Indosat berusaha meyakinkan pelanggan dalam sebuah artikel di websitenya, tertulis bahwa Indosat ingin membebaskan pelanggan dari aturan-aturan operator yang selama ini membebani. Misalnya, batasan waktu dalam menggunakan data, atau biaya tersembunyi yang membuat rumit.

    Tertulis pula bahwa pelanggan bisa mendapatkan kuota dengan harga tetap seharian, sehingga pelanggan bebas streaming, browsing, maupun update status. Indosat juga memberikan double kuota tanpa harus bayar ekstra.

    Jadi, bagaimana? Jika Anda semakin mantap dengan Indosat, Anda bisa langsung memilih paket internet. Anda mempunyai banyak pilihan karena Indosat menyediakan beragam paket yang sesuai dengan kebutuhan. Saya akan menjelaskan mulai dari yang paling umum dulu, yaitu paket internet harian, mingguan, dan bulanan.

    Berikut ini adalah daftar tarifnya:
    1. Paket internet harian dengan kuota 5MB dikenakan tarif Rp1000,00.
    2. Paket internet harian dengan kuota 15MB dikenakan tarif Rp3000,00.
    3. Paket internet harian dengan kuota 50MB dikenakan biaya Rp5000,00.
    4. Paket internet mingguan menyediakan kuota 100MB, tarifnya Rp10.000,00.
    5. Paket internet bulanan seharga Rp40.000,00 mendapatkan bonus double kuota 1GB, sehingga totalnya menjadi 2GB.
    6. Paket internet bulanan seharga Rp80.000,00 mendapatkan bonus double kuota 3GB, sehingga totalnya menjadi 6GB.
    7. Paket internet bulanan seharga Rp130.000,00 mendapatkan bonus double kuota 5GB, sehingga totalnya menjadi 10GB.

    Khusus untuk paket internet bulanan, jaringannya berada di 4G. Seperti yang sudah diketahui, Indosat adalah salah satu perusahaan telekomunikasi yang meluncurkan layanan 4G atau fourth-generation technology. Pengembangan dari teknologi 3G itu diklaim mampu menghasilkan kecepatan 100MB per detik dan 1GB per detik.

    Selanjutnya kita beralih pada cara membeli paket internet Indosat. Anda bisa membelinya melalui ponsel atau website. Jika melalui ponsel, begini tahapannya:

    1. Hubungi *123#, lalu pilih menu ‘Internet/Nelp/SMS’ dengan menekan angka 3.
    2. Tekan angka 2 untuk memilih menu Internet.
    3. Selanjutnya akan tertera tiga pilihan. Nomor 1 untuk internet harian, nomor 2 untuk internet mingguan, dan nomor 3 untuk internet bulanan. Pilih salah satu. Setiap opsi yang diakses akan menampilkan daftar harga dan kuota.

    Jika Anda ingin membeli lewat website, begini langkah-langkahnya:
    1. Buka www.indosat.ooredoo.com
    2. Masuk ke menu ‘Internet, Nelpon, dan SMS.’
    3. Halaman akan menampilkan daftar paket dan tombol ‘beli’. Klik tombol tersebut.
    4. Halaman akan menampilkan permintaan pindai barcode. Pindailah jika Anda memiliki aplikasi barcode scanner di smartphone.
    5. Jika tidak, klik sekali lagi tombol beli, maka akan muncul permintaan memasukkan nomor. Ketikkan nomor Anda agar sistem bisa mengirimkan tokennya.

    Selain kedua cara di atas, Anda juga bisa menggunakan layanan Mycare. Mycare adalah akun layanan khusus untuk pengguna Indosat. Berbagai fasilitas, termasuk membeli paket, juga tersedia dalam layanan tersebut.

    Selanjutnya adalah Paket Extra Indosat. Paket Extra 24 jam berlaku untuk Anda yang sedang berlangganan Super Internet Kuota, Super Internet Paket Khusus, SP Mentari Ooredoo 3GB, dan Paket Super Internet Unlimited. Paket Extra Malam berlaku untuk paket-paket yang telah disebutkan sebelumnya, kecuali Super Internet Unlimited. Waktu pemakaiannya adalah 01.00 – 06.00.

    Jadi, jika Anda membeli kartu perdana internet Indosat, kemudian kuotanya telah habis terpakai sebelum masa aktifnya habis, maka Anda bisa menambahkan paket ekstra. Berikut ini daftar harganya:

    1. Paket Extra Malam seharga Rp. 7900,00 mendapatkan ekstra kuota malam 600MB.
    2. Paket Extra Malam seharga Rp. 20.000,00 mendapatkan ekstra kuota 2GB.
    3. Paket Extra seharga Rp. 15.000,00 mendapatkan ekstra kuota 200MB.
    4. Paket Extra seharga Rp. 25.000,00 mendapatkan ekstra kuota 600MB.
    5. Ekstra kuota 2GB dikenakan tarif Rp. 40.000,00.
    6. Ekstra kuota 4GB dikenakan tarif Rp. 60.000,00.
    7. Ekstra kuota 6GB dikenakan tarif Rp. 80.000,00.

    Paket tersebut dapat diaktifkan melalui tiga cara, yaitu:
    1. SMS ke 363. Ketika Extra (spasi) tarif yang dipilih. Misalnya, “Extra 40k”.
    2. Silakan akses *123#, lalu pilih menu Internet, kemudian menu Extra.
    3. Beli langsung melalui website Indosat Ooredoo. Caranya sama seperti pembelian paket yang sebelumnya.

    Misalnya Anda sudah melakukan setting internet Indosat, kemudian ingin mengukur kecepatan internet, Anda bisa menggunakan Speedtest.net, seperti yang dilakukan oleh salah seorang blogger. Dia menguji kecepatan internet Indosat di kawasan Cileungsi, Kabupaten Bogor. Hasilnya, kecepatan unduh untuk server lokal adalah 3,61MB per detik. Sedangkan kecepatan unduh untuk server US mencapai 5,53 MB per detik.

    Kendati begitu, hasil tersebut tidak bisa dijadikan patokan. Sebab, setiap daerah memiliki kualitas jaringan yang berbeda-beda. Tidak menutup kemungkinan sinyal internet Indosat di daerah lainnya malah tersendat-sendat.

    Kesimpulannya, tarif yang relatif murah dan kemudahan dalam membeli paket cukup meyakinkan saya untuk melakukan setting internet Indosat. Nah, bagaimana dengan Anda?

    Beli Pulsa IM3

    2 Komentar

    • Delia
      September 1, 2019 at 11:45 am

      Masa signal nya h+ sih? Padahal udah 4G
      Aku pakek im3

      Balas Komentar
    • No name
      May 20, 2020 at 5:04 am

      Paket saya masih 10gb, tapi pulsa safe malah aktif. Kecepatan nya juga berkurang, itu kayak mana ngatasin nya?

      Balas Komentar

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah

    2 Komentar

    • Delia
      September 1, 2019 at 11:45 am

      Masa signal nya h+ sih? Padahal udah 4G
      Aku pakek im3

      Balas Komentar
    • No name
      May 20, 2020 at 5:04 am

      Paket saya masih 10gb, tapi pulsa safe malah aktif. Kecepatan nya juga berkurang, itu kayak mana ngatasin nya?

      Balas Komentar