Follow Us

  • Share

    Gunakan Metode Ini Untuk Menghemat Air, Kurangi Biaya Tagihan Bulanan

    Sama seperti banyaknya kebutuhan lain, tagihan bulanan untuk air memang menyebalkan jika penggunaan air yang Anda dan sekeluarga gunakan memang tidak sesuai ketentuan maka hasilnya tagihan air Anda akan membengkak. Hemat air itu memang tidak mudah, terlebih jika Anda memiliki keluarga besar maka akan sulit mengontrol pengeluaran air.

    Pada artikel ini kita akan membahas beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk mengurangi biaya pemakaian air, nah sebelum Anda mengetahui bagaimana caranya ada baiknya Anda harus tau juga tarif yang perlu Anda keluarkan untuk beberapa golongan pelanggan PDAM.

    tarif PDAM pergolongan pelanggan

    Setelah Anda dapat gambaran berapa yang perlu Anda bayarkan, nah sekarang mari kita bahas cara menghemat air.

    Cara Menghemat Air Kebutuhan Rumah Tangga

    Managemen penggunaan air

    pengecekan penggunaan air
    pengecekan penggunaan air

    Mengatur dan memantau penggunaan air adalah faktor terpenting untuk menjaga biaya penggunaan air yang stabil, karena beberapa kesalahan seperti membiarkan air yang mengucur terlalu banyak di bak mandi akan membuat tagihan Anda membangkak. Ada lagi kecerobohan saat air dirumah mati dan Anda tidak sengaja membuka keran dan lupa menutupnya kembali dan hasilnya kamu tidak sadar bahwa air keluar terlalu banyak dan air akan terbuang sia-sia. Oleh karena itu bagus jika Anda melakukan pemantauan rutin untuk memeriksa penggunaan air.

    Mencuci kendaraan dengan air secukupnya

    mencuci kendaraan

    Ada 2 tipikal orang saat mencuci kendaraan, yang pertama mereka akan menggunakan air dengan menyiram langsung dari keran atau menggunakan penampung seperti bak air sebagai wadah. Orang yang terbiasa menggunakan bak sebagai wadah akan lebih mengirit pemakaian air ketimbang orang yang terbiasa menggunakan selang air, ini dikarenakan orang yang menggunakan bak air sudah memperhitungkan jumlah air yang diperlukan untuk mencuci sebuah kendaraan tanpa harus membuang air sia-sia.

    Anda dapat menggunakan mesin dan selang bertekanan (pressure washer), maka diyakini hal ini akan mampu menghemat hingga 80 persen penggunaan air, trik ini yang biasa digunakan beberapa tempat pencucian kendaraan dimana mereka menggunakan selang bertekanan untuk mencuci kendaraan pelanggan mereka

    Pilih keran hemat air

    keran hemat air
    keran hemat air

    Keran yang menggunakan mulu sambungan berbentuk bunga akan membuat air yang keluar akan lebih efektif dan lebih deras dan dapat menghemat sekitar 30% – 50% penggunaan air. Beberapa produk dijual di banyak toko online yang ada di Indonesia, Anda dapat memilih produk yang Anda sukai.

    Menggunakan pompa air otomatis

    pompa air otomatis

    Dengan menggunakan pompa air otomatis Anda akan secara langsung menghemat penggunaan air dan listrik. Pada mesin ini akan ada saklar otomatis yang bekerja pada tekanan air, dengan metode ini akan membuat kerja pompa menjadi otomatis ketika kran di buka pompa akan hidup dan begitu pula sebaliknya. Tetapi Anda harus mengatur agar anggota keluarga juga mengerti cara pemakaian sehingga pemakaian lebih efektif, jika tidak terjadwalkan dengan baik maka pemborosan malah pada energi listriknya. Jika Anda tidak biasa menggunakan pompa air otomatis, Anda juga dapat menggunakan pompa air manual dengan watt yang kecil.

    Reuse water

    air kotor
    bijaksana menggunakan air kotor

    Penggunaan air yang sudah terpakai untuk kebutuhan lain, mungkin ada yang bertanya apakah bisa menggunakan air yang sudah kotor yang sudah terpakai? tentu saja bisa, Anda dapat menggunakan air kotor sisa mencuci baju atau piring kotor untuk menyiram tanaman atau membersihkan garasi. Dengan begitu tidak akan ada air yang terbuang percuma.

    Aktivitas mandi

    hemat air saat mandi

    Boros penggunaan air saat mandi mungkin adalah kebiasaan banyak orang, tanpa disadari orang yang senang berlama-lama saat mandi akan membuang banyak air bersih yang menyebabkan membengkaknya tagihan air. Biasanya Anda yang menggunakan shower pancuran dirumah akan lebih banyak memboroskan air ketimbang Anda yang terbiasa menggunakan bak mandi, tetapi jika memang Anda harus menggunakan shower maka gunakan shower dengan sambungan berbentuk bunga sehingga Anda dapat mengirit pengeluaran air sampai 30%-50%.

    Gunakan wadah untuk mencuci piring

    cuci piring hemat

    Banyak dari masyarakat Indonesia terlebih daerah perkotaan pasti sudah terbiasa menggunakan wastafel untuk mencuci piring tetapi banyak orang mengatakan bahwa metode ini akan banyak membuang air. Menggunakan dua wadah untuk mencuci piring akan lebih membuat air yang dikeluarkan akan lebih terukur walaupun nampaknya hal ini kurang praktis untuk digunakan.

    Memandikan hewan peliharaan di taman

    memandikan hewan di taman rumah
    memandikan hewan di taman rumah image by gadget news

    Anda dapat memandikan hewan peliharaan Anda di taman, jika Anda memiliki hewan peliharaan dan juga taman dirumah maka Anda dapat mencoba metode ini, karena hal ini akan sangat menghemat pemakaian air.

    Cek kebocoran pipa

    pipa rumah bocor

    Tanpa disadari mungkin pipa air yang ada dirumah mengalami kebocoran sehingga pemakaian air akan lebih banyak. Oleh karena itu memang perlu memastikan bahwa setiap sudut pipa terpasang dengan benar dan ketika melihat ada kebocoran maka Anda harus segera membetulkannya.

    Kloset duduk hemat air

    kloset hemat air
    kloset hemat air image by kompas.com

    Gunakan kloset hemat air yang banyak dipasarkan oleh beberapa produk seperti american standard, Fitur utama kloset duduk  koleksi Acacia Evolution memiliki sistem pembilasan yang dilengkapi pusaran ganda (Double Vortex) untuk memaksimalkan proses pembilasan dan mengurangi penggunaan air secara bersamaan.

    Bayar PDAM

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah