Follow Us

  • Share

    Cara Membayar Listrik Lewat Layanan Bank Mandiri

    Tidak dapat dipungkiri, listrik memang sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari manusia modern. Kita mengandalkan listrik sebagai sumber energi untuk menghidupkan berbagai peralatan rumah tangga dan juga alat-alat elektronik lainnya. Mulai dari lampu, televisi, mesin cuci, setrika, lemari es, serta peralatan-peralatan lain yang membutuhkan energi listrik dalam pengoperasiannya.

    Di Indonesia, kebutuhan akan energi listrik ini dikelola oleh Perusahaan Listrik Negara atau PLN. Agar kebutuhan listrik sehari-hari kita terpenuhi, maka sebagai masyarakat Indonesia yang juga menjadi pelanggan PLN, kita diharuskan membayar tagihan listrik secara rutin setiap bulannya.

    Pembayaran tagihan listrik ke PLN bisa dilakukan dengan mendatangai loket pembayaran di kantor PLN setempat. Namun, selain cara tersebut, sebenarnya PLN telah bekerja sama dengan beberapa bank di tanah air untuk memberi kemudahan bagi masyarakat dalam melakukan pembayaran tagihan listrik.

    Dengan inovasi layanan yang dijalin PLN dengan pihak perbankan ini, Anda bisa membayar listrik melalui berbagai pilihan cara yang praktis dan juga mudah. Mulai dari menggunakan fasilitas ATM, SMS banking, mobile banking, dan juga internet banking.

    Nah, salah satu bank yang telah bekerja sama dengan PLN ini adalah Bank Mandiri. Melalui sejumlah fasilitas perbankannya, Bank Mandiri membantu para nasabahnya untuk melakukan pembayaran listrik secara praktis, aman, dan juga nyaman.

    Yuk, Cek Cara bayar listrik lewat layanan Bank Mandiri

    Bayar Listrik Lewat ATM Mandiri

    Bayar listrik lewat layanan bank mandiri

    Cara bayar listrik lewat layanan Bank Mandiri yang pertama adalah dengan menggunakan mesin ATM Mandiri. Untuk melakukannya, Anda hanya perlu datang ke ATM Mandiri terdekat dan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

    1. Masukkan kartu ATM Mandiri Anda ke mesin ATM.
    2. Masukkan PIN ATM Mandiri
    3. Pilih menu Bayar/Beli.
    4. Pilih Listrik/Gas.
    5. Pilih Listrik Pasca Bayar.
    6. Masukkan nomor pelanggan PLN Anda. Jika sudah benar, lanjutkan dengan memilih Benar.
    7. Periksa Konfirmasi Pembayaran. Jika sudah benar, lanjutkan dengan memilih Benar.
    8. Tunggu beberapa saat sampai transaksi selesai diproses dan mesin ATM Mandiri mengeluarkan struk transaksi.

    ·Bayar Listrik Lewat SMS Banking Mandiri

    Bayar listrik lewat Layanan Bank Mandiri

    Bayar listrik melalui fitur SMS banking ini sangat praktis dan menyenangkan, karena Anda bisa melakukannya kapan saja dan di mana saja tanpa perlu mengantre di loket pembayaran ataupun di ATM Mandiri. Nah, jika Anda belum tahu caranya, berikut adalah langkah-langkat membayar tagihan listrik melalui SMS banking Mandiri:

    1. Pilih fitur pesan pada ponsel yang Anda gunakan
    2. Buat pesan baru
    3. Ketik BYR <spasi> PLN <spasi> Kode Rekening <spasi> 12 Digit Nomor Pelanggan Anda. Contoh: BYR PLN 2 763900312267
    4. Kirim ke 3355
    5. Tunggu pesan balasan dari pihak Bank Mandiri untuk mengonfirmasi transaksi
    6. Ketik kombinasi PIN yang diminta dan kirim kembali ke 3355. Contohnya, PIN Anda adalah 654321, dan PIN yang diminta adalah PIN ke 5 dan ke 3, maka ketik pesan balasan 24
    7. Tunggu beberapa saat sampai pihak Bank Mandiri mengirim pesan balasan bahawa transaksi pembayaran Anda telah berhasil.

    Mudah dan praktis sekali, bukan? Namun, untuk bisa menikmati layanan SMS banking Mandiri ini, sebelumnya Anda diwajibkan untuk melakukan pendaftaran terlebih dahulu melalui ATM Mandiri atau kantor cabang Bank Mandiri terdekat.

    Bayar Listrik Lewat Mobile Banking Mandiri

    Bayar Listrik lewat Bank Mandiri

    Cara bayar listrik lewat layanan Bank Mandiri selanjutnya adalah melalui fasilitas mobile banking Mandiri. Fasilitas Mandiri Mobile ini juga tidak kalah praktisnya dengan fasilitas SMS banking Mandiri.

    Untuk menggunakan layanan ini, sebelumnya Anda harus sudah memiliki aplikasi Mandiri Mobile dan sudah mengaktifkan layanan SMS banking Mandiri. Jika syarat tersebut sudah terpenuhi, maka Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk melakukan pembayaran listrik pasca bayar:

    1. Jalankan aplikasi Mandiri Mobile yang ada di ponsel
    2. Log in dengan username dan password
    3. Setelah masuk ke menu utama, pilih menu Bayar.
    4. Selanjutnya, pilih menu Listrik.
    5. Pada pilihan penyedia layanan, pilih PLN.
    6. Masukkan nomor pelanggan Anda pada kolom yang tersedia, lalu klik Lanjut
    7. Kemudian, akan muncul jumlah tagihan dan nama pelanggan sesuai dengan nomor pelanggan yang telah Anda masukkan sebelumnya. Jika sudah benar, masukkan PIN SMS banking dan lanjutkan dengan mengeklik Ok
    8. Nantinya, akan muncul notifikasi bahwa transaksi Anda sudah berhasil. Klik Ok untuk mengakhiri.

    Bayar Listrik Lewat Internet Banking Mandiri

    Bayar Listrik lewat layanan Bank Mandiri

    Cara bayar listrik lewat layanan Bank Mandiri yang terakhir adalah dengan menggunakan fasilitas internet banking Mandiri. Sama seperti layanan SMS banking Mandiri dan Mandiri Mobile, cara yang satu ini juga terbilang mudah dan praktis. Karena Anda bisa melakukannya di mana saja dan kapan saja, asalkan Anda memiliki koneksi internet.

    Berikut adalah cara untuk membayar tagihan listrik melalui fasilitas internet banking Mandiri:

    1. Buka situs Mandiri Internet di bankmandiri.co.id .
    2. Pilih Login Personal Mandiri Internet.
    3. Setelah muncul halaman log in, masukkan user id dan PIN Mandiri internet
    4. Lanjutkan dengan mengeklik Kirim.
    5. Setelah log in, Anda akan dibawa ke halaman Mandiri Internet. Pada menu yang ada di sebelah kiri, pilih Bayar. Kemudian pilih Listrik/Gas.
    6. Selanjutnya, pada formulir pembayaran listrik yang ditampilkan, pilih nomor rekening Mandiri Anda, tentukan penyedia layanan, dan isi nomor pelanggan
    7. Jika ingin menyimpan pembayaran, centang check box Simpan di Daftar Pembayaran dan berikan keterangan di kolom keterangan. Lalu klik Lanjutkan
    8. Kemudian, akan muncul halaman konfirmasi pembayaran yang berisi nama pelanggan, bulan tagihan, jumlah tagihan, biaya administrasi, serta jumlah uang yang dipotong dari tagihan
    9. Selanjutnya, hidupkan token Mandiri dengan mengeklik tombol segitiga merah. Maukkan PIN Anda, dan setelah muncul kata APPLY, tekan tombol angka 1.
    10. Masukkan Challenge Code yang muncul di layar Mandiri Internet ke token Mandiri
    11. Tunggu sampai token Mandiri menampilkan 6 digit kode respons. Kemudian, masukkan kode tersebut ke kolom konfirmasi di halaman Mandiri Internet dan pilih Lanjutkan.
    12. Jika token sudah benar, maka akan muncul notifikasi bahwa transaksi pembayaran tagihan listrik Anda sudah berhasil.

    Demikianlah cara bayar listrik lewat layanan Bank Mandiri. Perlu Anda ketahui, untuk fasilitas SMS banking Mandiri, Mandiri Mobile, serta Mandiri Internet, Anda akan dikenai biaya administrasi sebesar Rp.3.500,00 untuk setiap transaksi pembayaran listrik. Jadi, sebelum melakukan pembayaran, pastikan saldo tabungan Anda cukup untuk biaya tagihan dan administrasi, ya! Semoga bermanfaat!

    Beli Token Listrik

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah