Follow Us

  • Share

    Cara dan Syarat Membuat Visa Amerika

    Amerika merupakan salah satu negara yang bisa jadi paling populer di seluruh dunia. Amerika saat ini menjadi negara tujuan utama baik bagi para pelancong, orang yang ingin mengunjungi kerabat, berobat, hingga orang yang tujuannya ingin menempuh pendidikan.

    Seperti banyak negara maju lainnya, kamu membutuhkan visa apabila mau bepergian ke Amerika. Kebetulan banget, kali ini kami telah membuat ulasan tentang pembuatan visa Amerika yang bisa kalian ikuti dengan mudah!


    Kenali Jenis Visa Amerika yang Harus Kamu Buat

    Secara umum kamu yang ingin membuat visa Amerika, memiliki hak untuk membuat visa non-immigrant yang sifatnya hanya sementara dan visa immigrant apabila kamu ingin menjadi permanent residence.

    Permanent Residence USA

    Kepemilikan Visa Amerika bukan berarti kamu diperbolehkan keluar-masuk ke Amerika Serikat dengan bebas. Kepemilikan visa mengindikasikan bahwa kantor konsulat Amerika telah memberikan hak kepadamu untuk meminta izin masuk ke Amerika.

    Visa immigrant boleh dibuat apabila kamu berencana untuk menjadi residen permanen di Amerika Serikat. Kepemilikan visa ini bisa dibilang merupakan langkah awal bagi kamu yang ingin mendapatkan kewarganegaraan Amerika, dan prosesnya pun jauh lebih rumit.

    Sementara visa non-immigrant boleh dibuat apabila kamu bepergian ke Amerika Serikat sebagai turis, pekerja bisnis, siswa, ataupun pekerja khusus yang ingin memohon izin tinggal sementara waktu di Amerika Serikat.

    Visa non-immigrant yang lazim dibuat bagi para pelancong misalnya visa bisnis atau turis, visa kerja, visa pelajar, visa transit/ship crew, visa pekerja agama, visa pekerja domestik, visa jurnalis, hingga visa exchange visitor, dan sebagainya. Kami akan coba bahas beberapa yang penting ya!

    1. Visa Turis/Bisnis (B1/B2)

    Visa ini dibuat bagi kamu yang ingin bepergian sementara untuk bisnis ataupun pengobatan sementara. Secara umum visa B1 dapat dibuat bagi kamu yang mengunjungi rekan bisnis, mengunjungi konfrensi, hingga negosiasi kontrak.

    Statue of Liberty

    Intinya kamu harus bisa memberikan penjelasan tujuan kedatanganmu ke Amerika apabila kamu berniat untuk membuat visa B1 ataupun B2. Kemudian kamu pun harus bisa menjelaskan itenerarimu selama di Amerika serta bukti keuanganmu selama di Amerika.

    Untuk membuat visa B1/B2 kamu harus memiliki passport yang masih berlaku setidaknya 6 bulan sebelum waktu kedatanganmu di Amerika Serikat, pas foto berukuran 5 cm x 5 cm, serta bukti pembayaran pembuatan visa B1/B2 sejumlah US$ 160.

    Beberapa dokumen tambahan yang bisa kamu berikan adalah bukti pendapatan atau pajak atau aset yang kamu miliki, itenerari atau rencana perjalanan lengkap, bukti kerja di negara asal (Indonesia), serta surat bukti kepolisian apabila kamu pernah melakukan kriminal.

    Bagi siswa kamu perlu membawa transkrip nilai serta bukti support finansial selama di Amerika. Bagi orang dewasa lampirkan bukti kerja dan slip gaji 3 bulan terakhir. Bagi pengunjung bisnis sertakan bukti posisimu di perusahaan.

    Sementara bagi anak dibawah 14 tahun lampirkan kartu keluarga, dan kalau kamu mengunjungi kerabatmu jangan lupa sertakan status relatifmu (misal green card, visa, atau sertifikat naturalisasi).

    Kamu yang pernah mengunjungi Amerika sebelumnya pun bisa menyertakan bukti bahwa kamu pernah mengunjungi Amerika serikat sebelumnya, misalnya dengan status visa atau status keimigrasian sebelumnya.

    Bagi kamu yang khusus ingin berobat di Amerika, maka kamu wajib melampirkan diagnosis lengkap dari doktermu, surat permohonan pengobatan oleh dokter, serta bukti bahwa kamu akan mampu membayar seluruh biaya hidupmu nanti selama berobat di Amerika.

    2. Visa Kerja (H/L/O/P/Q)

    Visa ini dibuat bagi kamu yang ingin bekerja sementara waktu di Amerika Serikat. Masing-masing kode di atas mewakili bidang kerja yang ingin kamu kerjakan nantinya di Amerika Serikat, yakni sebagai berikut:

    1. H-1B adalah visa yang dibuat untuk pekerjaan terspesialisasi (profesional) dengan gelar minimal S1.
    2. H-2A adalah visa yang dibuat bagi kamu yang merupakan pekerja agrikultular musiman.
    3. H-2B dibuat bagi kamu yang merupakan pekerja skilled maupun pekerja unskilled.
    4. H-3 adalah visa yang khusus dibuat bagi orang-orang yang sedang melakukan magang di bidang apapun, dalam jangka waktu maksimal dua tahun. Kamu dizinkan untuk melakukan hands-on work dan kamupun boleh mendapatkan bayaran dari sini.
    5. H-4 merupakan visa khusus yang dibuat bagi pendamping pemegang visa H (apabila mereka adalah pasangan ataupun anak di bawah usia 21 tahun). Tapi pemegang visa H-4 ini tidak diizinkan untuk melakukan pekerjaan apapun di Amerika.
    6. L-1 merupakan visa yang dikeluarkan bagi intra-company transferees dan tentunya memiliki batas waktu yakni 3 tahun.
    7. L-2 sebagaimana visa H-4, namun ditujukan bagi pendamping pemegang visa L.
    8. O adalah visa yang dibuat untuk orang-orang dengan kemampuan khusus di bidang sains, seni, edukasi, bisnis, atletik, ataupun di dunia pertelevisian serta personil pendukung mereka.
    9. P adalah visa khusus bagi para artis, atlet, entertainer, serta personil pendukungnya.
    10. Q merupakan visa yang dibuat apabila kamu bepergian ke Amerika dengan tujuan berpartisipasi dalam program pertukaran budaya internasional.

    Persyaratan dokumen pembuatan visa kerja secara umum sama dengan pembuatan visa turis. Hanya saja kamu harus menyertakan beberapa dokumen tambahan.

    Dokumen pertama adalah bukti kualifikasi kerja, bukti bahwa kamu benar-benar bekerja di suatu perusahaan di Indonesia, slip gaji dan pembayaran pajak, hingga detil kontak manajermu di Indonesia, dan resume atau CV mu.

    3. Visa Pelajar

    Visa ini tentu saja dibuat bagi para pelajar yang ingin datang ke Amerika untuk melanjutkan studi mereka. Seluruhnya harus sudah diterima oleh sekolah ataupun program yang ada di Amerika, baru setelahnya kamu bisa mengurus pembuatan visa jenis ini.

    Visa pelajar sendiri terdiri dari Visa F-1 dan Visa M-1. Visa F-1 merupakan visa yang lazim dibuat bagi para pelajar. Intinya kalau kamu belajar dalam waktu 18 jam per minggunya, kamu akan membutuhkan visa F-1 ini.

    Sementara Visa M-1 dibuat bagi kamu yang ingin belajar non akademik ataupun studi vokasi dan pelatihan di institusi di Amerika Serikat.

    Dokumen utama yang dibutuhkan untuk membuat visa pelajar secara umum sama dengan dokumen yang kamu butuhkan apabila kamu ingin membuat visa turis. Namun tentu saja ada beberapa dokumen tambahan yang harus kamu lengkapi untuk membuat visa pelajar ini.

    Pelajar
    Pertama kamu harus memberikan bukti bahwa kamu kuat secara finansial, sosial, hingga dukungan keluarga mulai dari berangkat hingga kembali nantinya ke Indonesia. Selain itu kamu harus bisa menunjukkan surat asli statemen dari bank tabunganmu ataupun buku tabungan aslimu.

    Dari sisi akademik kamu pun harus bisa membuktikan transkrip sekolah dengan nilai, sertifikasi public (A-level, O-level, dan semacamnya) serta bukti nilai SAT/TOEFL, dan ijazah.


    Cara Membuat Visa Amerika

    Pertama-tama tentu kamu harus menyiapkan seluruh dokumen yang telah kami jabarkan di atas tadi, dan kemudian uruslah pembayaran visamu. Khusus untuk pembayaran ini kamu bisa langsung melakukan pengecekan di laman resmi milik Amerika.

    Setelah itu lengkapilah formulir DS-160 secara cermat dan akurat, karena kamu tidak bisa mengoreksinya setelah kamu mengirimkan formulir tersebut. Setelah itu jadwalkanlah permohonan pembuatan visa berdasarkan nomer DS-160 milikmu.

    Setelah itu buatlah profil di sistem secara online, kamu butuh nomor passport, bukti bayar Bank, serta 10 digit barcode (DS-160). Setelah itu datanglah ke kedubes Amerika sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Semoga sukses!

    Beli Pulsa di Sepulsa

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah