Follow Us

  • Share

    Penjelasan, Syarat, serta Cara Kredit Mobil

    Mobil sebagai salah satu benda yang memiliki fungsi mobilitas alias benda bergerak, saat ini tampaknya sudah bukan barang mewah lagi. Jika dahulu hanya orang-orang kelas menengah ke atas saja yang mampu memiliki mobil, saat ini semua orang nyaris bisa memiliki mobil.

    Selain itu di masa sekarang, mobil pun seolah mengalami pergeseran nilai. Mobil yang dahulunya menjadi perlambang kekayaan dan prestisi, saat ini mulai kembali dicari karena fungsinya yang memang sebagai kendaraan.

    Akibatnya pasar mobil saat ini kembali bergairah. Ditambah lagi dengan kemajuan zaman, di era digital macam sekarang amat mudah bagi seseorang untuk mendapatkan sebuah mobil tanpa harus repot-repot pergi mencari mobil itu sendiri.

    Apapun itu, salah satu metode pembelian mobil yang lumayan diminati masyarakat saat ini adalah dengan cara mencicil alias kredit mobil. Cicilan mobil saat ini pun kami nilai variatif, mulai dari kredit pada umumnya hingga kredit syariah yang khusus disediakan bagi pasar-pasar muslim yang tentunya ingin menghindari riba.

    Adira Finance

    Lalu bagaimana sebenarnya syarat maupun cara kredit mobil? Kami punya beberapa tips dan syarat serta caranya dalam artikel ini. Tapi seperti biasanya, khusus artikel macam ini kami selalu memberikan disclaimer khusus.

    Di belahan dunia manapun, proses kredit alias mencicil hanya diizinkan bagi Anda yang secara keuangan stabil. Oleh karena itu Sepulsa tidak pernah menganjurkan Anda secara khusus untuk mencicil hanya demi sebuah kendaraan bermotor.


    Apa Syarat Cicilan Mobil?

    Khusus pembahasan ini sebenarnya Anda bisa  membacanya sendiri di leasing tempat Anda ingin mengajukan cicilan, karena umumnya masing-masing perusahaan memiliki persyaratannya tersendiri. Tapi kami coba rangkum seluruhnya di dalam sini ya.

    Cicil mobil

    Pengajuan kredit sendiri biasanya terbagi persyaratannya khusus ke dalam empat golongan. Pembagian tersebut yakni persyaratan khusus bagi perusahaan, profesional, wiraswasta, hingga karyawan. Bagaimana syaratnya bagi masing-masing kelompok? Yuk disimak!

    Di bawah ini adalah beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi apabila kamu adalah seorang karyawan baik pegawai negeri maupun swasta:

    1. Bukti bahwa Anda merupakan seorang Warga Negara Indonesia (WNI)
    2. Lama kerja minimal. Biasanya masing-masing leasing menetapkan lama kerja yang berbeda-beda, namun rata-rata mereka memberikan syarat lama kerja minimal 1 tahun.
    3. Berusia minimal 21 tahun, sudah menikah dan/ atau pernah menikah bagi kamu yang berusia kurang dari 21 tahun.
    4. Bagi yang sudah menikah sertakan fotokopi KTP Anda serta fotokopi KTP pasangan Anda.
    5. Fotokopi kartu keluarga dan/ atau akte nikah
    6. Fotokopi bukti kepemilikan rumah ataupun bukti bahwa Anda tinggal di Indonesia. Anda bisa menyertakan beberapa bukti misalnya bukti pembayaran Pajak Bumi Bangunan, tagihan rekening listrik, tagihan PDAM, hingga tagihan telepon rumah.
    7. Fotokopi slip gaji ataupun surat keterangan gaji. Khusus syarat ini pun biasanya antar leasing memiliki ketentuan khusus, namun rata-rata meminta Anda untuk menyertakan slip gaji setidaknya 2-3 bulan terakhir.
    8. Fotokopi NPWP
    9. Usia maksimal. Ada beberapa leasing yang menetapkan usia maksimal ketika kredit lunas. Biasanya usia maksimal adalah rentang-rentang usia pensiun (saat Anda sudah tidak bekerja lagi)

    Nah kalau Anda adalah seorang wiraswasta dan profesional inilah persyaratan kredit mobil yang harus Anda penuhi:

    1. Warga Negara Indonesia yang dapat dibuktikan dengan dokumen resmi
    2. Lama usaha minimal, yang lagi-lagi berbeda-beda antar leasing. Biasanya lama usaha minimal yang diminta adalah 2-3 tahun.
    3. Berusia minimal 21 tahun, sudah menikah dan/ atau pernah menikah bagi Anda yang berusia kurang dari 21 tahun.
    4. Bagi yang sudah menikah sertakan fotokopi KTP Anda serta fotokopi KTP pasangan Anda.
    5. Fotokopi kartu keluarga dan/ atau akte nikah
    6. Fotokopi bukti kepemilikan rumah ataupun bukti bahwa Anda tinggal di Indonesia. Anda bisa menyertakan beberapa bukti misalnya bukti pembayaran Pajak Bumi Bangunan, tagihan rekening listrik, tagihan PDAM, hingga tagihan telepon rumah.
    7. Fotokopi rekening koran/ tabungan/ bon usaha, atau apapun yang bisa menggambarkan kondisi keuangan usaha Anda, misalnya rekapitulasi pendapatan Anda.
    8. Foto aktivitas serta lokasi usaha Anda.
    9. Surat-surat resmi usaha, bisa berupa SIUP, SKDP, SITU, TDR, atau bahkan surat keterangan sederhana yang dibubuhi tanda tangan ketua RT, RW, Camat, ataupun lurah. Intinya Anda harus bisa membuktikan bahwa usaha Anda adalah legal dan benar (bukan usaha bodong).
    10. Fotokopi NPWP.
    11. Usia maksimal saat kredit lunas.

    Sementara bagi Anda yang ingin mengajukan kredit mobil atas nama perusahaan berikut ini syarat-syarat yang harus Anda penuhi:

    1. Persyaratan lamanya perjalanan perusahaan. Lamanya berbeda-beda tergantung leasing tempat Anda mengajukan kredit. Umumnya leasing meminta perusahaan Anda setidaknya sudah berdiri selama 2-3 tahun.
    2. Fotokopi pejabat tinggi perusahaan yang sesuai dengan akta pembuatan perusahaan.
    3. Fotokpi akta pendirian perusahaan yang disertakan dengan amandemennya apabila pernah terjadi perubahan.
    4. Fotokopi bukti usaha serta bukti keuangan perusahaan.

    Intinya sih, Anda harus membuktikan identitas diri Anda yang legal. Dalam hal ini tentu Anda harus memberikan KTP, KK, hingga akta nikah dan bahkan KTP pasangan Anda bagi yang telah menikah. Sementara bagi perusahaan harus menyertakan bukti bahwa perusahaan tersebut adalah legal secara hukum.

    kredir plus

    Selain itu syarat utama kedua adalah Anda ataupun perusahaan Anda harus stabil secara keuangan. Stabil bisa dalam bentuk gaji ataupun pendapatan usaha. Maka dari itu Anda harus bisa membuktikannya, misalnya dengan rekening koran.

    Terakhir Anda harus membaca beberapa syarat-syarat khusus yang memang selalu ada dan biasanya antar leasing berbeda-beda. Intinya sebelum mulai kredit Anda harus cermat ya membaca syarat kredit nya.


    Setelah Memenuhi Syarat, Gimana Caranya Kredit Mobil?

    Oke jadi begini, Anda sudah selesai memenuhi persyaratan yang diminta. Jangan lupa pula membaca seluruh klausul tambahan yang pasti tertulis di sana. Jangan sampai Anda menyesal karena kurang teliti lho!

    Pertama-tama Anda harus cari mobil yang diinginkan. Tentu saja, kalau Anda belum menentukan mobil apa yang mau Anda beli, kredit macam apa yang nanti Anda ajukan kepada pihak pemberi kredit?

    Mobil kredit

    Jika Anda ingin membeli mobil baru, tentu Anda hanya bisa mencarinya di showroom resmi. Hal ini akan menjadi berbeda apabila Anda ingin mengajukan kredit mobil bekas. Kami ada beberapa tipsnya.

    Pertama-tama cari harga mobil bekas secara umum di internet. Setelah itu cari mobil bekas incaran Anda, carilah dari pemakai yang memang apik dalam merawat mobil. Tapi pastikan bahwa Anda mengerti mobil.

    Kalau Anda mengerti mobil akan lebih baik Anda mencarinya sendiri, dan hindari showroom mobil bekas, karena pasti mereka juga mengambil keuntungan dari penjualan mobil bekas mereka. Tapi jika Anda tidak mengerti, showroom mobil bekas adalah solusinya!

    Setelah itu Anda bisa mencari leasing yang tepat. Inilah saatnya Anda membaca klausul-klausul terntentu. Jangan sampai di kemudian hari Anda malah berat dalam mencicil. Terakhir ajukan kredit!


    Penutup

    Itu adalah rangkaian syarat serta cara yang bisa Anda lakukan untuk kredit mobil. Intinya pastikan keuangan Anda stabil, dan kami pun secara khhusus tidak menyarankan kredit, melainkan beli saja dengan cash jika Anda mampu. Terakhir baca selalu persyaratan kredit dari leasing dengan cermat, dan selamat membeli mobil baru!

    Beli Pulsa di Sepulsa

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah