Follow Us

  • Share

    Cara dan Syarat Daftar CPNS !

    Pada tanggal 26 April bapak Presiden bersama jajaran pemerintah mulai kembali membuka pendaftaran pegawai negeri sipil. Bagi kalian angkatan muda yang baru lulus dari bangku kuliah, pasti kalian juga ingin bergabung bersama pemerintah kan?

    Saat ini jumlah formasi yang dibuat oleh pemerintah adalah 238.015. Seluruhnya tersebar luas di daerah maupun di pemerintah pusat. Detilnya Anda bisa memilih di antara 51.271 formasi CPNS di pusat ataupun 186.744 formasi CPNS di daerah.

    Tapi sebelum kalian daftar sebagai CPNS ada baiknya Anda mempersiapkan diri. Mungkin pendaftaran di tahun ini sudah ditutup, tapi tidak ada salahnya loh kalian tetap bersiap diri. Siapa tahu di tahun depan pendaftaran CPNS akan dibuka kembali.


    Ketentuan dan Persyaratan Umum Pendaftaran CPNS

    Untuk ketentuan umum yang ada dalam pendaftaran CPNS ini tentunya cukup mudah, hanya dua poin. Ketentuan pertama adalah proses seleksi penerimaan CPNS di tahun ini terbuka secara khusus bagi seluruh Warga Negara Indonesia.

    CPNS

    Ketentuan umum selanjutnya adalah kalian yang ingin mendaftar menjadi CPNS harus bersedia untuk ikut serta dalam seluruh rangkaian proses seleksi di lokasi manapun yang akan ditentukan selanjutnya, dan tentunya dengan menggunakan biaya kalian sendiri ya.

    Sementara persyaratan umum bagi kalian yang ingin mendaftar sebagai CPNS telah ditentukan oleh pemerintah sebanyak 5 poin, apa saja poin-poin umum yang bisa kalian penuhi itu?

    Syarat pertama adalah Warga Negara Indonesiayang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan taat terhadap Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, serta Negara Kesatuan Republik Indonesia. Anda juga diharuskan untuk sehat baik secara rohani dan jasmani.

    Kemudian kalian harus berkelakuan baik dan tidak pernah sekalipun Anda dihukum penjara maupun kurungan yang ditetapkan oleh putusan pengadilan dengan kekuatan hukum yang tetap akibat melakukan tindak pidana kejahatan. Khusus untuk ini Anda juga bisa lho minta kepada pihak kepolisian untuk dibuatkan surat berkelakuan baik.

    Ketiga Anda tidak boleh memiliki riwayat diberhentikan secara tidak hormat dan/atau bukan atas permintaan Anda sendiri sebagai PNS, anggota TNI/Polri, ataupun pegawai swasta di tempat kamu bekerja sebelumnya.

    PNS pusing

    Peraturan keempat, ketika Anda mendaftarkan diri menjadi CPNS Anda tidak boleh lho menjabat sebagai CPNS, PNS, Calon anggota TNI POLRI ataupun malah sedang menjadi anggota TNI Polri. Selain itu pastikan kalau Anda tidak sedang terikat kontrak kerja dengan pihak manapun.

    Nah peraturan umum terakhir yang harus Anda patuhi adalah, Anda tidak boleh menjadi pengurus ataupun anggota dari partai politik apapun ketika Anda memutuskan untuk mendaftar CPNS.


    Persyaratan Khusus Daftar CPNS

    Jika tadi Sepulsa sudah membahas ketentuan maupun persyaratan umum yang harus Anda penuhi, sekarang mari kita bahas beberapa persyaratan khusus yang harus Anda penuhi juga jika Anda ingin mendaftar CPNS.

    Pertama-tama Anda harus memiliki ijazah minimal D3 untuk mendaftar menjadi CPNS. Selain itu pastikan bahwa ijazah yang Anda miliki sesuai bidangnya dengan formasi jabatan yang Anda pilih kemudian, jangan sampai Anda memilih formasi yang tidak sesuai ya.

    Nah ijazah yang Anda miliki juga tidak boleh ijazah sembarangan ya. Pastikan perguruan tinggi negeri atau perguruan tinggi swasta tempat Anda sekolah sudah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).

    CPNS pusing

    Bagi Anda yang kuliah di Perguruan Tinggi Luar Negeri, tentunya tidak ada akreditasi BAN PT. Pantitia seleksi CPNS memberikan syarat khusus bagi Anda yang termasuk golongan ini. Jika Anda lulus S1 dari Perguruan Tinggi Luar Negeri Anda harus memiliki IPK minimal 2,65. Sementara lulusan S2 nya minimal harus memiliki IPK sebesar 3,00.

    Syarat selanjutnya adalah usia minimal Anda haruslah 18 tahun. Usia 18 tahun ini dihitung pada tanggal 1 Desember 2018, yang berarti Anda harus lahir sebelum 30 November 1996. Selain itu untuk pelamar S1 Anda maksimal harus berusia 30 tahun yang berarti lahir setelah tanggal 30 November 1984. Terakhir bagi Anda lulusan S2, Anda harus berusia maksimal 32 tahun yang berarti maksimal Anda lahir tanggal 30 November 1982.

    Mengisi jawaban ujian dengan pensil

    Syarat terakhir bagi Anda pelamar S1 haruslah memiliki nilai TOEFL minimal 400, dan bagi Anda pelamar S2 wajib memiliki nilai TOEFL minimal 500. Khusus untuk ini silahkan Anda lakukan tes TOEFL di lembaga-lembaga resmi yang banyak tersebar di Indonesia, bagi yang belum pernah tes TOEFL sebelumnya.


    Bagaimana Tata Cara Daftar CPNS?

    Setelah Anda melengkapi seluruh persyaratan dalam mendaftar CPNS, saatnya Anda mulai melakukan pendaftaran, tentunya. Untuk mendaftar CPNS Anda bisa segera mengakses laman-laman website kementrian ataupun CPNS daerah yang kalian inginkan.

    Di sana Anda akan diberikan formulir pendaftaran CPNS online. Anda harus mengisi formulir itu untuk kemudian Anda cetak. Setelah Anda cetak, Anda diharuskan untuk menandatangani formulir tersebut menggunakan pulpen bertinta hitam. Ingat ya jangan gunakan wana lain. Setelah itu Anda akan diberikan nomor pendaftaran, simpan ya.

    Langkah selanjutnya adalah mengunggah beberapa dokumen yang diminta oleh instansi. Secara umum ada tiga berkas yang mereka minta.

    Berkas pertama adalah pas foto terbaru dengan tampilan wajah yang terlihat jelas. Latar belakang dari foto tersebut harus berwarna merah. Kemudian foto harus kalian unggah dalam format JPG dan maksimal ukurannya 400 kB.

    Berkas selanjutnya adalah ijazah. Untuk ijazah inipun Anda harus mengunggahnya secara online. Anda cukup melakukan pemindaian/scanning ijazah terakhir Anda untuk kemudian Anda ubah formatnya ke dalam JPG. Ukuran maksimal file ini adalah 400kB.

    Berkas ketiga adalah transkrip nilai. Lampirkan transkrip nilai asli akademik Anda yang telah discan sebelumnya. Kemudian unggah pula dalam format JPG dengan ukuran file maksimal 400kB.

    Setelah melakukan seluruh rangkaian pendaftaran secara online, Anda tetap harus mengirimkan beberapa berkas secara offline. Beberapa berkas tersebut adalah:

    1. Formulir pendaftaran yang telah Anda cetak. Formulir ini harus Anda tempelkan di depan sampul map berkas yang akan Anda kirimkan.
    2. Anda juga harus mencetak Daftar Riwayat Hidup (DRH) yang bisa Anda unduh dari akun Anda sebagai pelamar di laman web.
    3. Berkas ketiga adalah fotokopi ijazah yang telah disertai dengan transkrip nilai akademik Anda. Khusus untuk ini jangan lupa untuk dilegalisir dengan menggunakan cap dan tanda tangan asli dari dekan kampus Anda.
    4. Lampirkan juga fotokopi surat keterangan sehat. Khusus untuk berkas ini Anda hanya bisa meminta surat keterangan sehata dari dokter di instansi kesehatan pemerintah saja ya, jangan menggunakan surat keterangan sehat dari swasta, bisa-bisa berkas Anda ditolak.
    5. Surat pernyataan bahwa Anda akan menyetujui ketentuan dan syarat seleksi CPNS. Anda harus menandatangani surat ini di atas materai Rp 6.000,- dan surat inipun bisa Anda unduh di laman akun Anda.
    6. Pas foto dengan format yang sama, yang Anda kirimkan secara online. Kirimkan pas foto berukuran 3×4 dengan latar belakang merah 3 lembar. Tempelkan 1 lembar di formulir pendaftaran, 2 lembar ditulisi nama Anda di bagian belakangnya.
    7. Fotokopi sertifikat TOEFL Anda
    8. Fotokopi KTP yang masih berlaku pada saat Anda mendaftar.

    Ingat ya, selalu susun rapi berkas-berkas tersebut. Selain itu Anda juga harus menyusunnya sesuai dengan poin-poin yang kami tuliskan di atas, jangan sampai urutannya tertukar. Masukkan ke dalam amplop coklat.

    Amplop coklat

    Di pojok kiri atas amplop coklat tersebut tempelkanlah nomor pendaftaran Anda dan kirimkan melalui kantor pos terdekat. Alamat tujuan pengirimannya bisa Anda lihat di situs tempat Anda mendaftarkan diri.

    Nah bagaimana? Cara dan syarat pendaftaran CPNS saat ini menurut kami sudah jauh lebih mudah dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Harapannya di tahun berikutnya hal-hal ini akan jauh lebih simpel. Jadi jangan sampai Anda tertolak hanya karena tidak melengkapi persyaratannya ya. Semoga sukses!

    Beli Pulsa di Sepulsa

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah