Follow Us

  • Share

    Syarat dan Cara Daftar Grab (Bike atau Car) Terbaru 2021

    Kemunculan Grab sebagai e-commerce yang bergerak di bidang transportasi massal memang telah mengubah wajah transportasi massal seluruhnya.

    Tingginya penghasilan yang bisa didapatkan hanya dari menjadi pengemudi Grab menyebabkan banyak orang berlomba-lomba menjadi mitra Grab. Mulai dari lulusan SMA atau kuliah hingga karyawan swasta yang mencari usaha sampingan.

    Anda yang sedang membaca ini barangkali sedang mempertimbangkan untuk jadi mitra Grab, kan? Nah, cara daftar Grab nyatanya sangat mudah.

    Mau tau syarat dan cara daftar jadi mitra Grab? Simak langsung ulasannya di bawah ini!


    Syarat Menjadi Mitra Grab

    Saat ini persyaratan untuk menjadi mitra Grab jauh lebih mudah ketimbang saat awal kemunculannya.

    1. Belum Pernah Terdaftar Sebagai Mitra Grab

    Syarat pertama adalah bahwa Anda belum terdaftar sebagai mitra grab sebelumnya. Anda yang sedang atau pernah terdaftar sebelumnya menjadi mitra Grab tidak bisa mendaftar lagi.

    2. Wajib Memiliki Kendaraan

    Selain itu untuk menjadi mitra Grab, Anda juga diharuskan untuk memiliki kendaraan yang kemudian akan digunakan untuk menjalani profesi sebagai pengendara Grab, baik GrabCar atau pun GrabBike.

    Khusus untuk GrabBike, Grab menetapkan sekurang-kurangnya kendaraan Anda berumur 9 tahun, atau minimal terdaftar pada tahun 2010. Sementara untuk mobil sendiri, Grab menetapkan sekurang-kurangnya terdaftar pada tahun 2014.

    3. Kendaraan Wajib Sesuai dengan Kategori yang Sudah Ditetapkan

    Kendaraan yang Anda miliki pun harus disesuaikan dengan kategori yang diberikan. Grab menggolongkan jenis kendaraan menjadi mobil keluarga (7/8 seater), mobil sedan, dan hatchback. Khusus LCGC, Anda bisa menanyakan kembali apakah LCGC diperbolehkan tergantung di mana Anda mendaftar.

    Khusus untuk kendaraan roda dua alias sepeda motor, seluruh jenis motor kecuali tracker diperbolehkan untuk digunakan selama motor Anda layak jalan dan aman untuk dikendarai. Selain itu pastikan motor Anda adalah motor standar non-modifikasi.

    4. Kendaraan Wajib Memiliki Surat 

    Kendaraan yang Anda miliki pun harus dilengkapi dengan surat-surat standar dari kepolisian.

    Pengecualian apabila nama di STNK tidak sesuai dengan nama Anda, maka Anda harus melampirkan surat jual beli atau surat izin menggunakan kendaraan dari pemilik yang namanya tertera di STNK.

    5. Wajib Memiliki Smartphone

    Setelah persyaratan kendaraan, Anda pun diwajibkan untuk memiliki smartphone sendiri. Smartphone ini pun harus memiliki RAM minimal 1 GB.

    6. Menyiapkan Dokumen Pribadi

    Syarat terakhir adalah melengkapi dokumen yang diminta. Dokumen tersebut antara lain adalah :

    • Foto Profil
    • KTP
    • SIM (A/B)
    • STNK
    • SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian)
    • Kartu Keluarga
    • Buku Tabungan
    • NPWP
    • Surat Keterangan Sehat (khusus pendaftar yang usianya di atas 50 tahun)
    • Surat Keterangan Domisili (untuk KTP di luar wilayah pendaftaran)

    Cara Daftar Grab Online

    Setelah Anda melengkapi seluruh persyaratan yang dibutuhkan untuk menjadi mitra Grab, Anda bisa langsung mendaftar!

    Nah, saat ini Grab telah mempermudah para pendaftarnya dengan membuka pendaftaran online, baik untuk GrabBike maupun GrabCar.

    Freedom untuk mengatur hidupmu

    Untuk melakukan pendaftaran secara online, Anda bisa langsung mengakses laman website milik Grab dan masuk ke dalam laman pendaftaran. Setelah itu Anda bisa mengisi seluruh data-data yang diminta oleh pihak Grab. Isilah data ini dengan benar.

    Khusus untuk Anda yang ingin menjadi mitra GrabCar, Anda bisa membuka formulir pendaftarannya di laman pendaftaran GrabCar. Lamannya secara garis besar sama, tapi ada beberapa dokumen tambahan yang harus dipenuhi.

    OTP Grab

    Setelah itu Anda akan diminta untuk mengisi kolom verifikasi sesuai dengan 4 digit angka unik (kode OTP) yang telah dikirimkan kepada nomor yang Anda daftarkan sebelumnya. Kemudian Anda bisa klik lanjutkan.

    Form isian data diri grab

    Setelah itu Anda akan diminta untuk kembali mengisi data diri secara lengkap. Nah, laman ini bisa Anda akses kapan pun Anda mau.

    Untuk pengisian foto profil, gunakan foto profil dengan wajah yang terlihat secara jelas. Kemudian gunakan background polos berwarna apapun dan tidak terhalang objek apapun. Selain itu, Anda tidak boleh memakai aksesori apapun dalam foto ini.

    Kemudian untuk foto SKCK, STNK, KK, KTP dan SIM, Anda harus menggunakan foto yang difoto menggunakan ponsel dan bukan scanner. Selain itu foto harus tampak jelas dan dokumen yang Anda foto harus berlaku saat Anda mendaftarkan diri.

    Setelah semua data-data yang diminta oleh Grab telah diisi, Anda bisa klik lanjutkan untuk proses selanjutnya. Sisanya cukup ikuti sesuai yang diminta oleh Grab. Mudah,kan? Prosesnya cepat dan tidak makan waktu lama, kok.

    Khusus bagi Anda yang mendaftar GrabCar, Anda nantinya akan diminta untuk mendaftarkan diri ke koperasi, melakukan uji KIR, serta memiliki SIM A. Apabila persyaratan tambahan ini tidak dipenuhi, Anda tidak akan lolos seleksi untuk jadi mitra Grab.


    Cara Daftar Grab Offline

    Tentu saja Anda juga bisa mendaftar menjadi mitra Grab secara offline. Namun cara ini mungkin cukup rumit dan memakan waktu. Selain itu Anda hanya mendaftarkan diri di lokasi tertentu.

    Selain itu ada beberapa dokumen yang harus Anda penuhi untuk mendaftar secara offline.

    Dokumen tersebut sama seperti dokumen-dokumen umum seperti yang telah kami sebutkan di atas (KTP, STNK, SKCK, SIM, KK). Tapi Anda harus menambahkan fotocopy polis asuransi untuk mendaftar GrabCar secara offline.

    Buku pemilik kendaraan bermotor

    Selain itu Anda juga harus mengunduh tiga formulir tambahan yakni formulir pendaftaran Grab Car, kode etik pengemudi, serta checklist yang seluruhnya harus dicetak dan isi dengan jelas serta lengkap.

    Seluruh dokumen ini haruslah lengkap dan tidak bisa saling menyusul. Artinya Anda harus mengumpulkannya langsung dalam satu waktu ketika mendaftar menjadi mitra GrabCar. Jika kamu tidak memenuhinya, tentu saja dokumen kamu akan ditolak oleh manajemen.

    Nah khusus untuk mitra GrabCar ada beberapa persyaratan tambahan, yakni wajib mengikuti proses uji KIR. Tapi tenang saja karena proses ini akan dibantu dan dipandu secara penuh oleh pihak GrabCar nantinya.

    Proses uji kir

    Anda yang mau jadi mitra GrabCar harus menjadi anggota koperasi dan harus mengikuti proses balik nama. Anda juga tidak perlu khawatir karena proses balik nama ini tak mengikat dan tidak memindahkan kepemilikan mobil Anda!

    Nah itulah cara-cara untuk mendaftar Grab dari mulai GrabBike hingga GrabCar, mudah, kan?

    Selama Anda melakukannya secara legal, melalui jalur resmi, dan mengikuti aturan main, hal ini bukanlah masalah besar.

    Jadi, selamat mencoba! Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda, ya!

    Beli Pulsa di Sepulsa

    4 Komentar

    • Suyanti
      October 12, 2020 at 5:16 pm

      Apa masih belum buka pendaftaran grab bike secara onlein pa offlein

      Balas Komentar
    • Budi susanto
      January 13, 2021 at 6:07 pm

      Blom juga buka pendaftaran nya ibu/bapak….saya sudah mengirim kan syarat2 untuk menjadi grab driver,,tapi blom juga mendapat kan undangan dari ibu/bapak

      Balas Komentar
    • Ade Deswara Permana
      April 1, 2021 at 9:49 am

      saya punya motor satu satu nya,tahun 2006 masih bagus,kelengkapan ss kumplit,apa bisa?

      Balas Komentar
    • Ahmad faozi
      June 8, 2021 at 6:34 am

      Kota Tegal jateng, apakah masih ada pendaftaran driver grab bike bulan Juni ini?
      Terimakasih.

      Balas Komentar

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah

    4 Komentar

    • Suyanti
      October 12, 2020 at 5:16 pm

      Apa masih belum buka pendaftaran grab bike secara onlein pa offlein

      Balas Komentar
    • Budi susanto
      January 13, 2021 at 6:07 pm

      Blom juga buka pendaftaran nya ibu/bapak….saya sudah mengirim kan syarat2 untuk menjadi grab driver,,tapi blom juga mendapat kan undangan dari ibu/bapak

      Balas Komentar
    • Ade Deswara Permana
      April 1, 2021 at 9:49 am

      saya punya motor satu satu nya,tahun 2006 masih bagus,kelengkapan ss kumplit,apa bisa?

      Balas Komentar
    • Ahmad faozi
      June 8, 2021 at 6:34 am

      Kota Tegal jateng, apakah masih ada pendaftaran driver grab bike bulan Juni ini?
      Terimakasih.

      Balas Komentar