Follow Us

  • Share

    Begini Cara Bayar Telkom Lewat Layanan Bank BNI

    Nama Telkom sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Perusahaan yang bergerak di bidang telekomunikasi dan jaringan ini mempunyai jutaan pelanggan. Sejak tahun 1856, Telkom terus mengembangkan produk dan layanan sesuai kemajuan teknologi. Telkom menjadi salah satu perusahaan jasa yang kiprahnya tidak bisa diremehkan.

    Hal itu dibuktikan dengan peluncuran satelit Telkom 3S. Satelit tersebut diluncurkan pada tanggal 15 Februari 2017 saat dini hari. Keberadaan satelit 3S mendapatkan respon positif dari pengguna Telkom. Pasalnya, dengan adanya satelit ini, jaringan Telkom mampu menjangkau seluruh wilayah Indonesia, termasuk daerah terpencil.

    Tidak hanya satelit 3S, Telkom juga memasarkan produk terbarunya, yaitu Fiber to the Home (FFTH). Telkom mengutamakan pemasangan di kawasan bandara, rumah sakit, stasiun, dan tempat umum lainnya.

    Terlepas dari semua inovasi Telkom di tahun ini, sebagian besar produk sudah digunakan oleh masyarakat, misalnya, produk IndiHome, Speedy, dan 4G Lite. Untuk memudahkan penggunanya dalam membayar tagihan, Telkom pun menggandeng bank-bank terfavorit di Indonesia.

    Salah satu bank yang menyiapkan layanan pembayaran tagihan, yaitu BNI. Bank ini berdiri sejak tahun 1946, setahun setelah Indonesia merdeka. Visi BNI untuk memberikan layanan terbaik dan menjadi bank unggulan, tampaknya sudah tercapai. Pasalnya, BNI telah memiliki delapan jaringan global yang berada di luar negeri. Selain itu, produk-produk BNI dikenal berkualitas sehingga banyak yang menggunakannya.

    Nah, Anda bisa bayar Telkom lewat layanan Bank BNI, yaitu ATM, Mobile Banking, Internet Banking, dan SMS Banking. Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

    Cara Mudah Bayar Telkom Lewat Layanan Bank BNI

    Bayar Telkom Lewat ATM BNI

    Bayar Telkom Lewat Layanan Bank BNI

    ATM atau Anjungan Tunai Mandiri merupakan produk perbankan yang familier di kalangan masyarakat. Lebih dari 100 juta orang memanfaatkan produk ini untuk melakukan berbagai transaksi. Terlebih, dengan adanya ATM, Anda tidak perlu repot membawa uang tunai.

    Salah satu ATM yang menjadi andalan masyarakat, yaitu ATM BNI. Umumnya, produk ini difungsikan sebagai sarana menarik uang dan mentransfer dana. Tapi kini, ATM BNI bisa digunakan untuk membayar tagihan, seperti listrik, air, dan Telkom. Cara pembayarannya sebagai berikut.

    • Pertama, masukkan kartu ATM ke mesin, lalu pilih bahasa yang ingin dipakai selama transaksi.
    • Langkah kedua, ketikkan PIN dengan benar.
    • Setelah itu, pilih menu “Pembayaran”.
    • Kemudian, tekan opsi “TELKOM”.
    • Selanjutnya, silakan arahkan ke menu “Postpaid”.
    • Pada halaman selanjutnya, Anda harus memasukkan kode area dan nomor telepon.
    • Terakhir, Anda diminta memasukkan 12 digit nomor layanan yang digunakan, misalnya nomor Speedy dan IndiHome.

    Jika transaksi pembayaran berhasil, tampilan layar kembali ke menu pertama. Anda tinggal menekan menu “SELESAI” untuk mengakhiri layanan ATM.

    Bayar Telkom Lewat Internet Banking BNI

    Bayar Telkom Lewat Layanan Bank BNI

    Layanan yang mengandalkan jaringan internet memang menjanjikan kemudahan dalam melakukan berbagai transaksi, salah satunya Internet Banking BNI. Produk perbankan ini tergolong banyak peminatnya. Rata-rata penggunanya berasal dari kalangan menengah ke atas.

    Internet Banking BNI menyediakan jasa transaksi keuangan berupa transfer dana, cek saldo, pengisian pulsa, dan pembayaran tagihan. Cepat dan mudah, itulah Internet Banking BNI. Anda bisa membuka fitur ini melalui ponsel yang kompatibel, komputer, atau laptop. Aplikasi ini dapat dibuka melalui browser tanpa harus mengunduhnya terlebih dahulu.

    Berikut langkah-langkah bayar Telkom lewat Internet Banking BNI.

    • Langkah pertama, buka situs https://ibank.bni.co.di menggunakan browser.
    • Langkah kedua, login dengan nama pengguna dan kata kunci, kemudian klik “TRANSAKSI”.
    • Setelah itu, pilih menu “Pembayaran” dan tekan opsi “Pembayaran Tagihan”.
    • Kemudian, klik opsi “Telepon/Seluler Pascabayar (Kode Area)” dan tekan “OK”.
    • Selanjutnya, isi data yang tertera di layar, seperti operator, kode area, nomor telepon, dan rekening debet.
    • Jika pengisian selesai, konfirmasi tagihan akan muncul. Anda bisa melihat jumlah tagihan yang harus dibayarkan pada bagian ini.
    • Terakhir, silakan masukkan BNI e-Secure Response dan pilih opsi “Bayar”.

    Kalau transaksi berhasil, Anda akan menerima konfirmasi di layar. Jangan lupa mencetak bukti pembayaran dengan cara mengeklik ikon printer.

    Bayar Telkom Lewat Mobile Banking BNI

    Bayar telkom lewat layanan bank BNI
    Mobile Banking BNI via Google Play

    Anda punya ponsel yang kompatibel dengan layanan perbankan berbasis internet? Mobile Banking BNI bisa menjadi alternatif pembayaran tagihan Telkom. Sebelum menggunakannya, terlebih dahulu harus mengunduh aplikasinya.

    Mobile Banking BNI menawarkan kepraktisan dalam melakukan transaksi. Anda bisa membayar tagihan di tempat mana pun melalui ponsel. Berikut cara bayar Telkom lewat Mobile Banking BNI.

    • Tahap pertama, buka aplikasi Mobile Banking yang sudah dipasang pada ponsel.
    • Tahap kedua, masukkan nama pengguna dan kata kunci dengan benar, kemudian klik “Log In”.
    • Selanjutnya, pilih menu “Pembayaran”, sistem akan meneruskan ke tahapan berikutnya.
    • Kemudian, klik opsi “Telepon/Seluler Pascabayar”.
    • Lalu, pilih nama produk dengan cara mencentang kotaknya, terus klik “Lanjut”.
    • Pada bagian berikutnya, Anda harus memilih beberapa opsi dengan mengeklik tanda panahnya atau mengisinya secara manual. Opsi tersebut, yaitu nomor telepon, kode area, dan nomor rekening debet. Kemudian, tekan opsi “Lanjut”.
    • Setelah itu, akan muncul detail konfirmasi yang mewajibkan Anda untuk mengisi kode OTP dan 4 digit PIN Mobile Banking.
    • Tahapan terakhir, Anda harus mencetak bukti pembayaran yang terlihat di layar.

    Sebagai catatan, kode OTP akan diperoleh ketika proses transaksi berlangsung. Anda cukup menyalinnya ke kolom yang disediakan. Mudah, bukan?

    Bayar Telkom Lewat SMS Banking BNI

    Bayar Telkom Lewat Bank BNI

    Layanan SMS Banking merupakan solusi untuk Anda yang tidak bisa mengakses Internet Banking. Fitur yang satu ini tidak membutuhkan kuota data seperti halnya Mobile Banking. Setiap transaksi dibayarkan dengan nominal pulsa antara Rp. 250,00-Rp. 500,00 per transaksi.

    Ada dua layanan yang disediakan fitur SMS Banking, yaitu nonfinansial dan finansial. Nah, pembayaran tagihan Telkom merupakan salah satu jenis layanan finansial. Berikut format pesan untuk bayar Telkom lewat SMS Banking BNI.

    • Tagihan Telkom Speedy, formatnya PAY TELKOM (NOMOR PELANGGAN SPEEDY).
    • Tagihan Flexy Classy, formatnya PAY TELKOM (NOMOR FLEXY)
    • Untuk pembayaran Telkom yang menggunakan kode area, gunakan format TAG<spasi>TELKOM<spasi>4 DIGIT KODE AREA+NOMOR TELEPON.

    Semua jenis transaksi dikirimkan ke nomor 3346. Kalau berhasil, Anda akan menerima konfirmasi data tagihan dan SMS notifikasi pembayaran.

    Itulah cara bayar Telkom lewat layanan Bank BNI, Internet Banking, Mobile Banking, dan SMS Banking. Selalu manfaatkan teknologi untuk menunjang aktivitas keuangan Anda. Semoga sukses!

    Bayar Tagihan Telkom

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah