Follow Us

  • Share

    Jangan Sembarangan! Begini Cara Mengajukan Resign yang Benar

    Terkadang anda merasa bosan terus menerus bekerja ditempat yang sama? Anda butuh suatu perubahan dalam karir dan tantangan yang baru? Atau mungkin keadaan yang memaksa Anda untuk berhenti dari pekerjaan Anda yang sekarang?

    Resign dari pekerjaan tidaklah mudah karena Anda harus menyiapkan beberapa hal sebelum keluar dari rutinitas bekerja yang biasa Anda lakukan.

    Tentunya untuk mengajukan resign kepada atasan diperlukan prosedur agar anda tidak terkesan ‘kabur’ dari pekerjaan Anda. Kali ini kami akan memberikan beberapa tips untuk mengajukan resign.


    1. Pilih alasan yang tepat

    Sebelum Anda mengajukan pengunduran diri dari perusahaan, sebaiknya gunakanlah alasan yang tepat dan bisa diterima oleh atasan Anda. Hindari alasan yang berkaitan dengan permasalahan Anda dengan rekan kerja karena hal itu bisa saja diselesaikan. Pilih alasan yang memungkinkan Anda untuk tidak lagi bekerja diperusahaan Anda.


    2. Pilih waktu yang tepat

    Memilih waktu yang tepat untuk mengajukan resign sangat diperlukan. Diusahakan Anda memberitahukan kepada atasan Anda minimal 2 minggu sebelumnya agar tidak terlalu mendadak dan juga supaya perusahaan Anda bisa bersiap mencari orang baru untuk mengisi posisi Anda.


    3. Menemui atasan

    Meminta atasan untuk meluangkan waktu dan membicarakan tentang pengunduran diri Anda adalah hal yang baik. Tunggulah saat yang tepat untuk berbicara dengan atasan karena mungkin atasan Anda tidak memiliki banyak waktu untuk berdiskusi dengan Anda.

    Siapkan kata-kata yang baik untuk diucapkan dan tetaplah bersikap sopan. Utarakan keinginan Anda untuk mengundurkan diri Anda dengan lugas dan jangan bertele-tele. Siapkan juga jawaban dari pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan oleh atasan Anda. Gunakanlah kalimat yang singkat dan mudah dipahami.


    4. Tetap menunjukan sisi positif

    Tunjukanlah sisi positif anda seperti jujur dan selalu sopan. Menggunakan kata-kata yang baik ketika berbicara membuat Anda terlihat menghargai atasan juga pekerjaan Anda. Beritahu atasan Anda jika Anda senang bekerja  diperusahaan Anda namun Anda tidak bisa melanjutkan untuk bekerja lagi karena Anda memiliki alasan lain.

    Katakan alasan tersebut kepada atasan Anda dengan jujur. Jangan lupa juga untuk berfikir tentang masa depan Anda. jika Anda bersikap buruk selama bekerja itu mungkin akan menjadi bom waktu untuk Anda karena perusahaan Anda mungkin tidak mau menulis surat rekomendasi baik tentang Anda.

    Tetap bersikap baik selama bekerja membuat perusahaan Anda tahu kalau anda juga telah mengusahakan yang terbaik untuk diri Anda sendiri maupun perusahaan Anda.


    5. Pertimbangkan untuk menerima tawaran baik

    Apabila Anda telah menjelaskan kepada atasan Anda dan ia memberikan tawaran baik kepada Anda. Anda perlu mempertimbangkan apakah Anda akan tetap bertahan apabila Anda mendapatkan kenaikan gaji atau mendapatkan promosi atau insentif yang lain.

    Karena hal tersebut bisa jadi baik untuk Anda. Namun apabila Anda sudah memiliki tekad yang bulat untuk mengundurkan diri dari perusahaan Anda, Anda tetap harus mengatakan keputusan Anda dengan sopan agar atasan Anda bisa menghargai pilihan Anda untuk resign dari pekerjaan Anda.


    6. Membuat surat pengunduran diri

    Anda harus mengetahui apa saja yang tidak boleh ditulis dalam surat pengunduran diri. Jangan menuliskan sesuatu yang kasar atau menghina seseorang, lebih baik tuliskan surat pengunduran diri tersebut dengan kalimat yang baik dan juga bernada positif karena mungkin Anda masih akan berhubungan lagi dengan perusahaan Anda.

    Tetap bersikap bersahabat akan membuat Anda dihargai oleh perusahaan Anda. Jangan lupa juga untuk menunjukan apresiasi Anda terhadap perusahaan Anda, meskipun Anda tidak terlalu menyukai pekerjaan Anda tapi tetap Anda harus menunjukan loyalitas Anda selama bekerja diperusahaan tersebut.


    7. Selesaikan kewajiban terlebih dahulu

    Sebelum Anda memutuskan untuk resign dari pekerjaan Anda, sebaiknya Anda menyelesaikan pekerjaan Anda yang belum selesai. Bersikap professional tentunya masih harus Anda lakukan untuk membuktikan kalau Anda memang pekerja yang baik.


    8. Rahasiakan tentang pengunduran diri Anda

    Akan ada banyak berita tentang Anda apabila Anda mengumbar tentang pengunduran diri Anda. Sebaiknya jangan beritahu pada siapapun perihal pengunduran diri Anda sampai pengajuan untuk resign Anda diterima oleh perusahaan.


    9. Mengikuti aturan resign di kantor

    Sebagian perusahaan memiliki peraturan dan prosedur tersendiri  untuk pengunduran diri. Pastikan Anda mengetahui bagaimana prosedur yang benar diperusahaan Anda sebelum memutuskan untuk mengundurkan diri dan apabila Anda masih memiliki banyak tugas yang belum dikerjakan, sebaiknya Anda harus menyelesaikannya terlebih dahulu.

    Anda juga perlu bekerja dengan maksimal walaupun sudah merencanakan resign dari perusahaan Anda. Bukan berarti Anda bisa bekerja seenaknya dan seadanya untuk perusahaan. Tetap tunjukan potensi terbaik anda ya.


    10. Meninggalkan kesan yang baik

    Beberapa orang mengundurkan diri dari pekerjaan mereka karena sudah merasa bosan dan lelah. Perasaan ini seringkali juga membuat produktivitas menurun. Namun apabila Anda tidak ingin mengakhiri hubungan dengan suatu yang buruk yang bisa memunculkan halangan bagi peluang Anda di masa depan, sebaiknya Anda harus bertindak hati-hati dan juga bijaksana.

    Mengajukan resign memang mudah, tapi bagaimana caranya agar Anda bisa dikenang sebagai pekerja keras yang baik dan selalu menyelesaikan pekerjaannya. Itu juga menjadi salah satu hal yang penting bagi Anda.


    Itulah beberapa tips bagi kami untuk Anda yang akan mengajukan resign dari pekerjaan Anda. Sikap yang baik akan membuat segalanya menjadi lancar untuk masa depan Anda. Jika Anda diingat sebagai orang yang memiliki sifat positif dan baik di masa lalu, semua hal baik yang Anda lakukan akan berimbas yang baik juga untuk diri Anda sendiri. Tak ada salahnya untuk bersikap baik kepada rekan kerja atau kepada siapapun diperusahaan Anda sebelum Anda mengajukan resign dari pekerjaan Anda.

    Beli Pulsa di Sepulsa

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah